Mari Buat Manisan Cabai yang Segar untuk Cemilan! (2018)

Mari Buat Manisan Cabai yang Segar untuk Cemilan! (2018)

Sumber gambar style.tribunnews.com

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa cabai bisa dibuat manisan. Ya, selain sebagai penyedap masakan, cabai pun bisa diolah menjadi manisan yang enak dan segar yang cocok untuk menemani waktu ngemil bersama keluarga. Seperti apa saja manisan cabai tersebut? Mari simak artikel BP-Guide berikut ini!

Cabai yang Pedas Ternyata bisa Dibuat Manisan

Sumber gambar buahcabai.blogspot.com

Tidak hanya sebagai bahan makanan untuk membuat makanan menjadi lebih pedas, cabai ternyata dapat diolah menjadi manisan. Memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh, manisan cabai juga sangat menyegarkan. Berasal dari Dieng, manisan cabai diproduksi oleh PT Yuasa Food sebagai oleh-oleh khas Wonosobo. Di mana salah satu daerah di Jawa Tengah ini memang terkenal sebagai penghasil cabai yang sangat melimpah.

Manfaat Manisan Cabai untuk Kesehatan

Sumber gambar mediskus.com

Tidak hanya vitamin C, cabai juga memiliki kandungan vitamin lainnya, seperti vitamin A dan vitamin B6. Bahkan dalam sebuah cabai terdapat pula banyak kandungan nutrisi penting seperti protein, zat besi, kalium, karbohidrat, lemak, gula, serta serat. Itu sebabnya, cabai bermanfaat sebagai antioksidan dan mampu mengurangi kolesterol dalam darah.

Uniknya, cabai juga memiliki kandungan capsaicin yang membuat rasanya menjadi pedas. Capsaicin ini punya banyak manfaat. Selain dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat, juga mampu untuk melawan infeksi bakteri penyebab diare. Manfaat capsaicin lainnya adalah dapat menjadi pelindung bagi sel tubuh dari radikal bebas serta menjadi antioksidan. Itu sebabnya, bila Anda sedang influenza, rematik, sakit gigi, atau sariawan, segera makan makanan pedas yang mengandung cabai. Karena cabai bisa menjadi obat alami bagi Anda.

Kamu juga Bisa Membuat Manisan Cabai Sendiri

Sumber gambar goukm.id

Rasanya segar dan nikmat, itu sebabnya manisan cabai sangat disukai. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Wonosobo untuk membelinya. Cara pengolahannya mudah dan bisa Anda membuat sendiri di rumah. Namun tidak semua cabai bisa dibuat manisan. Anda bisa menggunakan jenis cabai tertentu seperti cabai merah, cabai hijau, paprika merah, paprika kuning, serta paprika hijau.

Cara Membuat Manisan Cabai yang Enak dan Sedap

Penasaran ingin membuat sendiri di rumah? Ini dia resep dari BP-Guide, khusus untuk Anda.

Manisan Cabai Kering

Sumber gambar penyuluhpertanian.net

Memiliki daya simpan lebih lama, ini dikarenakan manisan cabai kering diolah dengan cara dijemur hingga kering. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan cabai dengan tekstur yang lunak.

    Bahan-bahan

  • Cabai merah besar ¼ kg
  • Gula pasir ½ kg
  • Garam 1 sdt
  • Air Jeruk nipis/ citrunzuur ½ sdt
  • Kapur sirih 1 sdm
  • Air untuk merendam 2 liter
  • Air untuk merebus 500 ml

    Cara Membuat:

  • Cabai dibersihkan dengan membuang tangkai cabai serta urat putihnya.
  • Di dalam 2 liter air larutkan kapur sirih dan endapkan. Ambil bagian yang bening
  • Rendam cabai selama 6 jam di dalam air kapur.
  • Tiriskan cabai dan cuci hingga bersih.
  • Rebus hingga mendidih 500 ml air. Masukkan gula dan aduk rata hingga larut. Masukkan pula cabai dan masak hingga layu. Matikan kompor dan biarkan cabai terendam hingga semalaman.
  • Panaskan rendaman cabai hingga airnya mendidih. Matikan kompor dan biarkan kembali hingga semalaman. Lakukan hal yang sama selama 3 hari hingga cabai terasa manis.
  • Tiriskan airnya, dan keringkan cabai dengan cara dijemur atau dimasukan ke dalam oven. Setelah kering, beri taburan gula dan masukan ke dalam toples.

Manisan Cabai Basah

Sumber gambar youtube.com

Tampilannya lebih menarik dari manisan kering, di mana manisan basah tampak seperti aslinya. Terlihat lebih segar dan menarik. Untuk membuatnya, Anda harus menggunakan buah yang dagingnya lebih keras.

    Bahan-bahan

  • Cabai hijau 250 gr
  • Cabai merah 250 gr
  • Gula pasir 200 gr
  • Kayu manis 3 cm
  • Air garam 300 ml
  • Air 500 ml

    Cara Membuat :

  • Bersihkan cabai dengan cara membuang tangkai dan bijinya serta dicuci. Kemudian rendam ke dalam air garam selama 8 jam, dan tiriskan.
  • Rebus gula bersama kayu manis hingga gula larut dan mendidih. Lalu angkat.
  • Buat larutan gula menjadi dua bagian. Cabai merah dan hijau secara terpisah dimasukkan ke dalam masing-masing larutan gula dan rendam hingga 6 jam.
  • Angkat cabai dan tiriskan. Kemudian, panaskan kembali kedua larutan gula hingga mendidih. Dan rendam lagi cabai ke dalam larutan gula. Lakukan terus berulang kali hingga cabai terasa manis.
  • Tiriskan cabai, dan siap dihidangkan.

Rekomendasi Manisan Cabai yang Bisa Kamu Cicipi

Untuk Anda yang belum pernah mencicipi manisan cabai, kali ini BP-Guide punya rekomandasi manisan cabai yang segar dan yummi. Yuk, lihat apa saja produknya!

Manisan Cabai Khas Dieng

Sumber gambar www.bukalapak.com

Manisan cabai khas Dieng seringkali menjadi oleh-oleh favorit ketika ke daerah Wonosobo. Terbuat dari cabai jumbo yang berukuran besar dan bentuk yang unik. Itu sebabnya cabai ini dijuluki sebagai cabai gendot. Memiliki aneka warna menarik seperti kuning, ungu, merah, dan hijau serta rasa yang super pedas. Terbayang kan segarnya perpaduan rasa manis dan pedasnya?

Bahkan, manisan ini bisa menghangatkan tubuh Anda ketika berada di wilayah Dieng yang dingin. Manisan ini bahkan juga diekspor hingga ke luar negeri. Bila tidak sempat ke Wonosobo, Anda bisa memesannya di Bukalapak seharga Rp 16.000.

Manisan Halua Khas Langkat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kali ini kita bukan membahas manisan dari Dieng, akan tetapi manisan yang berasal dari kota Langkat, Sumatera Utara. Memiliki produk yang serupa, Kota Langkat memiliki makanan tradisional yang dihidangkan pada saat berbuka puasa atau Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi, kini pondok Halua Delima membuat produksi manisan cabai tersebut untuk menjadi salah satu oleh-oleh khas Langkat.

Bahan utamanya menggunakan cabai gombong dan dibuat tanpa menggunakan pengawet. Anda bisa menyimpan Manisan Halua Khas Langkat sekitar 2 hingga 3 bulan, namun hindari dari tempat yang terkena air. Kini, peminat Manisan Halua Khas Langkat semakin banyak. Bahkan, pemasarannya pun tidak hanya mampu mencakup seluruh Nusantara, namun telah diterima oleh pasar Malaysia. Anda pun tidak perlu jauh-jauh ke Sumatra Utara untuk mendapatkannya. Cukup pesan saja ke Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

Manisan Cabai - Yummymommy

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pergi ke Kota Bogor yang sejuk tentu Anda butuh makanan penghangat tubuh bukan? Jangan khawatir, karena Anda bisa mendapatkan Manisan Cabai - Yummymommy. Kota Bogor memang terkenal dengan asinan dan manisannya. Namun manisan cabai tentu memberikan sensasi tersendiri, terutama bila dimakan ketika hujan.

Manisan Cabai Yummymommy bahkan bisa awet hingga 2 bulan bila dimasukkan ke dalam kulkas. Cocok sekali menjadi oleh-oleh bukan? Namun, Anda juga bisa mendapatkannya sekarang juga di Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

From our editorial team

Snacking dengan Manisan Cabai

Bagi Anda yang suka ngemil, tentu saja manisan cabai bisa menjadi salah satu pilihan. Selain karena rasanya yang enak, segar karena perpaduan manis dan pedas, serta manisan cabai pun berkhasiat untuk kesehatan dan menghangatkan tubuh. Selain itu, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya, silakan dicoba resep yang telah disampaikan pada artikel ini.