Hibur Anak dengan 10 Rekomendasi Mainan Anak yang Bisa Dinaiki (2018)

Hibur Anak dengan 10 Rekomendasi Mainan Anak yang Bisa Dinaiki (2018)

Mainan anak kini makin banyak ragamnya. Tak hanya bisa dimainkan, beberapa mainan anak juga bisa dinaiki atau dikendarai. Tertarik membelikannya untuk putra putri Anda? Simak tips dan rekomendasinya berikut ini!

Kini Mobil Mainan Bisa Dinaiki dan Dikendarai Lho!

Sumber gambar ridetoyzone.com

Perkembangan zaman menghasilkan sedikit banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali aspek yang berkaitan dengan kehidupan anak-anak. Contohnya adalah perkembangan mainan untuk mereka. Saat ini, fungsi mainan tidak lagi hanya sebagai alat untuk menghibur mereka. Fungsi mainan saat ini jauh lebih besar, yaitu juga untuk mengedukasi mereka.

Salah satu jenis mainan yang paling umum, yaitu mobil-mobilan, juga tak luput dari perkembangannya. Untuk memberikan fasilitas pendidikan motorik dan kecerdasan kepada anak dengan lebih baik, mainan ini dibuat lebih canggih daripada sebelumnya.

Saat ini, sudah banyak keberadaan mobil mainan yang dapat benar-benar dikendarai oleh anak Anda. Hal ini tentu saja dapat dijadikan sebagai sarana perkenalan kepada anak tentang konsep-konsep kendaraan di sekitarnya.

Walau untuk menggerakkan mobil ini tidak perlu menggunakan remote control, penggunaannya tetap harus ada di bawah pengawasan orang dewasa.

Mainan Anak yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis

Mobil dan Motor Aki

Target pasar anak-anak tidak akan pernah ada habisnya. Ditambah lagi saat ini semakin banyak jumlah pusat perbelanjaan modern yang juga semakin memperbesar peluang usaha bagi pelaku bisnis yang cermat. Salah satu bisnis yang bisa dipilih adalah persewaan mainan tunggangan anak.

Permintaan konsumen yang cukup tinggi ini perlu diolah menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Asal cermat memilih lokasi, Anda dapat meraup keuntungan dari jasa persewaan mainan anak.

Selain di pusat perbelanjaan modern, Anda juga bisa memilih lokasi lain untuk menjalankan jasa persewaan permainan ini. Di beberapa kota kecil di Pulau Jawa, banyak sekali usaha persewaan mobil-mobilan yang menggunakan baterai atau aki di sekitar alun-alun kota.

Dengan demikian, anak-anak dapat menyewa permainan ini sambil berkendara di sekitar alun-alun. Sementara para orang tua juga tetap dapat menikmati keramaian di alun-alun sambil mengawasi anaknya bermain.

Lego

Sumber gambar www.lego.com

Bagi Anda yang belum paham tentang sejarah Lego, sebenarnya Lego adalah perusahaan produsen mainan dari Denmark yang sudah berdiri sejak tahun 1932. Perusahaan ini telah menjadi produsen mainan terlaris di dunia yang produknya telah dijual di lebih dari 140 negara di dunia.

Penjualan produk Lego di seluruh dunia tahun ini sendiri mengalami peningkatan sebesar 15%, terutama di pasar-pasar utama yaitu Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Tiongkok.

Lego adalah salah satu mainan edukatif dalam bentuk menyusun balok-balok agar dapat menjadi satu bentuk tertentu. Biasanya, bentuk yang dimaksud adalah sebuah bangunan, seperti rumah dan istana.

Namun, baru-baru ini, Lego juga menyediakan bentuk-bentuk balok untuk menyusun sebuah monster. Pengembangan produk dilakukan oleh Lego demi mengasah kreativitas anak-anak. Daya kreativitas yang tersalurkan dengan baik akan berdampak baik pula terhadap perkembangan daya pikir dan kecerdasan anak.

Rumah Balon

Sumber gambar www.tokopedia.com

Salah satu jenis mainan yang sangat menarik bagi anak-anak adalah Istana Balon. Istana Balon telah memberikan kesenangan bagi jutaan anak di seluruh dunia. Usaha ini tidak membutuhkan pemikiran yang terlalu rumit, namun, dapat memberikan keuntungan yang relatif besar dan pencapaian break event point dalam waktu yang relatif singkat.

Ada dua aspek penting dalam merintis usaha ini. Pertama adalah lokasi, pilih lokasi yang cenderung memiliki banyak populasi anak. Apabila lokasi yang Anda pilih sudah tepat, kemungkinan besar bisnis Anda akan berjalan dengan lancar. Kemudian faktor kedua adalah rekan bisnis.

Mengajak rekan bisnis pemilik wahana untuk bergabung dengan usaha Anda akan semakin meningkatkan daya tarik bisnis Anda. Pengunjung tentu saja akan lebih senang apabila ada alternatif mainan istana yang bisa mereka pilih. Dengan begini, Anda akan menarik semakin banyak pengunjung.

Mobil Remote Control

Sumber gambar www.dronesglobe.com

Mainan adalah hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia karena berkaitan erat dengan dunia imajinasi kita. Terutama untuk para laki-laki yang masih suka mengoleksi mainan sampai usia dewasa sekalipun. Mainan dapat membantu mengaktifkan perkembangan otak kiri, membangkitkan kecerdasan psikologis, dan kreativitas berpikir.

Mayoritas dari mereka menyukai mainan yang berhubungan dengan kendaraan-kendaraan, salah satunya adalah mobil remote control (mobil RC). Sehingga banyak dari mereka yang terus mengoleksi mobil RC karena tidak puas dengan satu jenis mobil RC.

Tingginya permintaan tersebut membuat bisnis mobil RC menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Satu-satunya hal yang perlu dicatat dari perjalanan bisnis ini adalah agar Anda tetap mengikuti tren dan keinginan pasar karena pasar berubah-ubah. Untuk mengawali bisnis ini sebenarnya cukup mudah, yaitu tinggal membuka toko offline atau online sebagai tempat usaha Anda.

Urusan mitra bisnis, Anda tidak perlu khawatir karena produsen mobil RC jumlahnya cukup banyak yang siap menjadi pemasok kebutuhan toko Anda. Dengan modal browsing dan sedikit riset, mencari pemasok dari dalam atau luar negeri sekali pun, berinteraksi dengan mereka, kemudian Anda sudah dapat melakukan pemesanan-pemesanan. Terakhir, mereka akan mengirimkan produknya untuk Anda jual.

Puzzle

Sumber gambar www.aliexpress.com

Puzzle adalah mainan edukatif pertama bagi anak-anak. Cara bermainnya adalah dengan menyusun dan menyelesaikan teka-teki dari sebuah gambar agar gambar menjadi utuh sesuai dengan contohnya. Untuk tingkat kesulitan dan kerumitan puzzle sendiri dapat disesuaikan dengan usia anak Anda.

Saking menyenangkannya, mainan ini masih menjadi mainan yang paling digemari sehingga cocok untuk dijadikan peluang bisnis. Pilihlah bahan yang lunak dan tidak mudah tertelan sehingga puzzle aman untuk anak-anak. Sedangkan untuk gambar, sesuaikan pula dengan usia anak tersebut.

Sebagai mainan edukatif, puzzle memberikan banyak sekali efek positif terutama untuk anak-anak. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, namun juga meningkatkan dan melatih perkembangan kerja otak anak, melatih ketelitian, kecermatan, konsentrasi, dan daya ingat anak.

Selain itu, puzzle juga dapat meningkatkan kualitas hubungan anak dan orang tua dengan teknik bermain dan belajar bersama.

Beberapa Produk Mainan Anak yang Bisa Dinaiki

Kaptenstore Mainan Mobil Anak Mobil Dorong Polisi SJR 600

Sumber gambar www.jd.id

Rekomendasi mainan mobil yang satu ini cocok untuk anak-anak usia 1-3 tahun yang suka naik mobil-mobilan. Kaptenstore Mainan Mobil Anak Dorong Polisi SJR 600 bergerak dengan cara didorong di bagian belakang mobil.

Mobil-mobilan berukuran 71 cm x 42 cm x 41 cm ini dilengkapi dengan musik, lampu, dan dorongan untuk menggerakkan mobil. Pilihan warnanya acak, tergantung stok yang tersedia. Jika Anda ingin memiliki mobil-mobilan ini, bisa membeli secara online di jd.id Rp 250.000.

Jilsi Toys Gajah Premium Mainan Anak

Di dalam memilih mainan untuk anak, jangan hanya pilih sekedar karena bentuknya yang bagus atau karena mainan tersebut sedang menjadi tren. Ada baiknya jika Anda juga menyesuaikan dengan tahap perkembangan anak, sehingga, dapat memaksimalkan proses belajar mereka sambil bermain.

Mainan Anak Jilsi Toys Gajah adalah mainan berbentuk gajah yang dapat dinaiki dan dijalankan dengan pedal dan kaki. Mainan ini memiliki banyak manfaat untuk anak, di antaranya melatih gerak motorik anak, melatih keseimbangan badan, melatih koordinasi antara otak, tangan, dan kaki, serta membangun rasa percaya diri anak ketika ia sedang mengendarainya.

Desainnya yang fun dengan bahan dasar bulu yang lembut dan struktur internal besi yang kuat, membuat mainan ini aman ditunggangi oleh anak Anda usia 12 bulan ke atas. Jika berminat, silakan beli mainan ini di Blibli Rp 600.000 atau di Tokopedia Rp 720.000.

Mainan Motor Balap Anak Ride On

Sumber gambar indonesia.viastore.co

Apabila dua rekomendasi sebelumnya adalah mainan mobil, yang satu ini yaitu mainan motor yang tak kalah keren dan fun untuk anak.

Mainan Motor Balap Anak Ride On – Mikiwa RX32 dilengkapi efek musik, sangat cocok untuk anak usia 1-3 tahun. Cara menggerakkannya adalah dengan mendorongnya menggunakan kaki, jadi tidak menggunakan aki sama sekali.

Mainan ini terbuat dari material berkualitas tinggi yaitu plastik tebal dan kaki motor dilengkapi dengan empat roda sehingga jauh lebih aman bagi anak Anda. Ukuran dari mainan motor ini yaitu 70 cm x 33 cm x 50 cm dan tersedia dalam warna putih, merah, hijau, dan biru.

Mainan ini dapat dibeli secara online. Untuk harga, sangat bervariasi yaitu Rp 220.000 di Blibli dan Rp 396.000 di Bukalapak.

Pony Cycle Ride On

Sumber gambar kiddi-quad.fr

Berbeda lagi dengan produk-produk sebelumnya, rekomendasi kali ini adalah mainan berbentuk kuda-kudaan yang dilengkapi pedal dan roda bernama Pony Cycle Ride On. Untuk menggerakkannya hanya perlu menggenjot pedal menggunakan kaki. Menariknya lagi, ketika kuda berjalan, tempat duduk juga akan bergerak naik dan turun.

Tentu saja mainan ini menjadi sangat menyenangkan bagi anak Anda sekaligus dapat melatih otot motorik anak. Fungsinya hampir sama dengan bersepeda, namun dengan cara yang berbeda dan lebih seru. Mainan ini tersedia dalam tiga ukuran, yaitu small, medium, dan large. Apabila berminat, dapatkan Pony Cycle Ride On di Shopee dengan harga Rp 3.789.000.

Skuter Scoopy PMB M338

Sumber gambar www.olx.co.id

Selanjutnya kembali ke mainan berbentuk sepeda motor yaitu Skuter Scoopy PMB M338. Mainan sepeda motor berkapasitas 1 kursi ini membutuhkan sumber tenaga baterai 6 Volt 7 Ampere-hour.

Lucunya, mainan ini juga dilengkapi dengan lampu depan dan belakang yang dihubungkan dengan pedal injak transmisi maju mundur. Motor mainan ini bisa bergerak hingga 6 km/jam.

Dengan adanya mainan ini, Anda dapat mulai mengenalkan teknologi pada anak dengan memperlihatkan ban, stir, lampu, baterai, listrik, dan lain-lain, yang bukan tidak mungkin anak Anda akan tertarik dengan teknologi-teknologi tersebut.

Selanjutnya, bisa jadi anak Anda memiliki ketertarikan dalam bidang science dari perkenalan teknologi sedini mungkin tersebut. Jika berminat mencoba, silakan beli mainan ini di Tokopedia dengan harga Rp 790.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 879.200.

ELC Unicorn Hopper Mainan Anak

Sumber gambar www.argos.co.uk

Mainan selanjutnya yaitu ELC Unicorn Hopper Mainan Anak 141494. Mainan berbentuk Unicorn yang dapat dipompa dan dikempiskan dengan mudah menggunakan pompa (pompa dijual terpisah) ini cocok untuk dimainkan anak Anda bersama temannya di luar ruangan.

Beberapa manfaat mainan ini yaitu membangun kepercayaan diri, koordinasi, dan perkembangan fisik anak. Sangat cocok untuk anak usia 12 bulan ke atas dengan berat maksimum 25 kg. Dapatkan ELC Unicorn Hopper Mainan Anak 141494 di Blibli atau Mothercare dengan harga Rp 499.000.

Little Tikes Cozy Coupe 30th Anniversary Edition Mainan Anak

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan Anak Little Tikes Cozy Coupe 30th Anniversary Edition tak kalah dari rekomendasi sebelumnya, adalah mainan anak yang fun dan playful. Dapat melatih kemampuan motorik halus anak ketika anak akan berbelok, menambah kecepatan, atau berhenti dan melatih kemampuan koordinasi antara mata, tangan, dan kaki.

Selain itu, juga melatih dan mengembangkan kecerdasan parsial dan kecerdasan ruang ketika anak mengendarai mainan sambil berbelok, menghindari halangan, berhenti sebelum menabrak, dan bermanuver.

Anda tidak perlu meragukan keamanannya karena mainan ini dilengkapi dengan roda kemudi yang besar dari material yang berkualitas. Desainnya ramping dengan kontur bulat, sehingga interior terasa lebih lapang. Dapatkan mainan anak yang satu ini dengan harga Rp 2.000.000 di Blibli.

Little Forest Rocking Horse Flori Ride

Sumber gambar www.penjualan.co

Rekomendasi berikutnya yaitu jenis mainan bernama Little Forest Rocking Horse Flori Ride. Desainnya cute dan disukai anak-anak, terbuat dari bahan kain yang halus dan lembut yang ramah untuk anak. Mainan ini bisa digunakan untuk anak usia 6-12 bulan. Jika sudah lebih dari 12 bulan, pilihlah kuda-kudaan yang dilengkapi dengan roda di bagian bawahnya sehingga mainan dapat digerakkan.

Hal tersebut akan mendorong anak untuk belajar berjalan. Sebagian besar kuda-kudaan ini dilengkapi dengan musik sehingga anak akan merasa lebih senang sambil mendengarkan alunan musik.

Anda dapat mendapatkan Little Forest Rocking Horse Flori Ride di Blibli dengan harga Rp 2.850.000.

Ocean Toy Ride On PMB Mobil Aki M6168 Muscle Racer

Sumber gambar www.blibli.com

Mainan berikutnya yaitu mobil-mobilan yang dilengkapi dengan remote control bernama Ocean Toy M-6168 Muscle Ride On PMB. Mobil-mobilan yang satu ini dilengkapi dengan tuas gigi maju, mundur, atau netral. Selain itu, ada juga tombol on/off untuk menggunakan mobil-mobilan ini. Agar dapat bergerak, ia dikendalikan menggunakan sebuah remote control dengan baterai AA 2 pcs (baterai dijual terpisah) yang memiliki jarak jangkauan 27 MHz.

Mainan anak yang satu ini bahkan sudah memiliki sertifikat SNI sehingga aman untuk anak Anda usia tiga tahun ke atas dengan berat badan maksimal 30 kg. Sebagai fitur tambahan ada 6 lagu pilihan dan lampu indikator mainan. Mobil-mobilan ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu biru-putih, merah-hitam, dan merah-putih. Dapatkan di Blibli atau Lazada dengan harga Rp 2.499.900.

Ocean Toy Ride On Mobil Pemadam Kebakaran Mainan Anak - MPM

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi produk terakhir yaitu Ocean Toy Ride On, Mobil Pemadam Kebakaran Mainan Anak – MPM. Konsepnya yang unik yaitu mobil pemadam kebakaran dapat memperkenalkan anak kepada jenis profesi yang satu ini. Mainan ini melatih anak agar tetap aktif dalam bergerak, cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Ditambah suara arah belokan dan lagu anak Indonesia yang bisa membuat anak Anda semakin betah dalam mengendarainya. Permainan seperti ini sangat baik untuk perkembangan anak karena menjauhkan mereka dari mainan elektronik, seperti video games dan gadget. Kualitas mainan tidak perlu diragukan karena mainan yang satu ini telah mengantongi sertifikat SNI. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 249.900.

From our editorial team

Awasi dan Temani Anak Ketika Bermain!

Saat bermain, anak tentu tak boleh dibiarkan sendirian terutama jika mereka mengendarai mainan dan usianya belum cukup besar. Pastikan anak bermain di tempat atau jalanan yang aman dan jangan membiarkannya bermain di jalanan umum karena tentu lebih berbahaya. Pilih juga mainan sesuai usianya agar aman dan tak membahayakan.

Tag