Inilah 10 Mainan Indonesia yang Tak Kalah Saing dengan Mainan Impor

Inilah 10 Mainan Indonesia yang Tak Kalah Saing dengan Mainan Impor

Anak kecil menyukai mainan. Mainan pun bisa mainan edukatif atau pun mainan hiburan. Ternyata Indonesia memiliki produk mainan yang tak kalah bersaing dengan impor. Apa saja produknya? Yuk simak ulasan BP-Guide di bawah ini.

Mainan Indonesia Tidak Kalah dari Mainan Impor

Pertanyaannya, kenapa harus mainan lokal? Nah, jawabannya karena sebenarnya Indonesia nggak kalah dalam hal produksi mainan berkualitas. Setidaknya belakangan ini, dari sisi kualitas dan kuantitas.

Industri mainan produksi Indonesia memang semakin diupayakan agar terus berkembang. Dan untungnya, hingga saat ini mainan produksi lokal nggak kalah dengan produk luar, misalnya China.

Dalam hal ini, Indonesia memang patut berbangga, karena setahap demi setahap upaya yang serius ini membuahkan hasil. Industri mainan nasional saat ini sudah menunjukkan daya saingnya, bahkan hingga di kancah global.

Tapi hal ini bukan berarti kita sudah boleh berpuas diri. Dengan target dan investasi, industri Indonesia tetap harus menjalankan sebuah misi yang nantinya juga akan memberi dampak baik bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Industri Mainan Indonesia Mengalahkan Mainan dari Cina

China memang sudah sejak lama terkenal dengan sektor industrinya yang maju dan inovatif. Begitu pula dalam industri mainan. Dalam hal ini, Pasar Bebas Asean menjadi trigger bagi Indonesia untuk mendorong kemajuan industri mainan lokal.

Kerap menjadi pasar dengan potensi besar bagi negara lain, Indonesia memang menyadari tuntutan untuk makin mengembangkan industri, dalam hal ini industri mainan.

Dimulai dari sektor lokal dengan melibatkan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), lalu meningkat menjadi negara produsen untuk beberapa produk yang dipasarkan secara global.

Orang Dewasa juga Hobi Mengoleksi Mainan

Pasti Anda tahu, bahwa beragam jenis permainan dan benda-benda yang berhubungan dengan hobi itu banyak sekali ragamnya. Hal ini karena berbagai jenis permainan dan kegiatan yang sifatnya kesenangan itu memang beragam dan tak terbatas pada anak-anak saja. Bahkan, semakin lama ragamnya semakin bertambah.

Contohnya saja boneka. Siapa bilang boneka hanya dominasi anak-anak? Boneka dengan karakter lucu biasanya juga banyak digemari oleh wanita dewasa maupun remaja.

Sementara, banyak kaum pria dewasa yang menggemari koleksi karakter superhero dengan nilai koleksi dan nilai jual yang tinggi, sehingga selain bisa dikoleksi juga bisa dijual kembali kepada peminat lain.

Ini Alasan Membeli Mainan Produksi Indonesia

Memperluas Lapangan Pekerjaan

Sederhananya, karena Anda sudah memilih produk mainan yang dibuat oleh bangsa sendiri, Anda pun ikut melanggengkan usaha bangsa sendiri dan termasuk para tenaga terampil dan terlatih.


Dengan bersama-sama membeli produk Indonesia, maka bisnis tersebut akan terus berlangsung, berkesinambungan, dan inovasi bisa diadakan. Akhirnya, pengembangan industri tersebut bakalan menyerap makin banyak lagi tenaga kerja Indonesia.

Meningkatkan Standar Mutu Produksi

Pengembangan standar mutu produksi tentunya perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan adanya persaingan yang menyebabkan semua pabrik berusaha meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk yang mereka jual.

Nah, berkaitan dengan standar mutu produksi, semua pabrik berusaha menciptakan sistem kerja dengan menggabungkan tenaga kerja manusia dan teknologi yang mumpuni, yaitu dengan robot industri.

Hal ini sangat penting, agar tenaga kerja kita semakin terlindungi dari pekerjaan yang berisiko terlalu besar, seperti segi keamanan.

Jika produksi dalam negeri diminati oleh berbagai kalangan, maka pengembangan standar mutu juga tidak ragu untuk diadakan. Tentunya semua konsumen menginginkan produksi yang terbaik untuk diterima.

Menyumbang Devisa Negara

Kecenderungan masyarakat kita yang berorientasi pada produk luar negeri semestinya bisa sedikit demi sedikit diubah. Dengan meningkatnya kualitas produk lokal, kita bisa juga mengubah keadaan perekonomian bangsa sendiri kalau mau mengutamakan produk lokal.

Begitu juga dalam hal mainan. Pada akhirnya, dengan kontribusi kita maka pengusaha dalam industri ini bisa berinovasi dan berkreasi untuk mengadakan ekspor produk lokal yang berkualitas semakin banyak lagi.

Berkontribusi pada Kesejahteraan

Seperti yang pernah diungkapkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, rupanya kontribusi industri mainan cukup signifikan dalam meningkatkan perekonomian nasional. Hal ini tentu tidak lepas dari pertumbuhan manufaktur yang juga dihasilkan oleh animo masyarakat pada mainan produksi lokal.

Nah, coba Anda bayangkan, dengan peran serta kita untuk kesejahteraan pekerjanya ketika membeli produk dalam negeri, pastinya Anda akan ikut bangga.

Jangan ragu untuk menceritakan kelebihan kualitas produk mainan lokal kepada teman dan saudara, karena peran serta banyak orang akan makin terasa hingga meningkatkan devisa negara.

Fun dan Edukatif, Inilah 10 Rekomendasi Mainan Anak Indonesia

Mainan Edukasi Anak Kayu- Balok Iqro' Warna Warni

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk menarik minat anak mempelajari bacaan Al Quran pasti tak sesulit dulu. Dulu dibutuhkan kreativitas guru dan orang tua untuk menjelaskan kepada anak. Maksudnya agar pelajaran bisa masuk ke dalam benak dan anak tidak merasa terbebani.

Sekarang tetap dibutuhkan perhatian orangtua dan guru dalam hal ini. Namun, orangtua di rumah, atau guru pun bisa mengadakan metode pembelajaran yang fun supaya anak merasa tertarik dan gemar.

Salah satunya ada mainan edukasi buatan lokal yang berupa miniatur Kabah. Uniknya lagi, mainan ini terbilang sangat laku di Malaysia dan Singapura, karena penampilannya yang bagus, sekaligus unsur edukasinya.

Dengan bentuk Kabah, mainan ini tetap menyediakan huruf-huruf hijaiyah yang penting untuk pendidikan agama semenjak dini.

Mainan ini bisa dijadikan hadiah untuk anak, atau keponakan yang berulang tahun. Caranya, kamu tinggal memesannya di Yonbe, dengan harga Rp 95.000.

Huruf hijaiyah dengan harokat yang berbeda pastinya perlu juga dipelajari oleh anak, mulai si anak bisa belajar membaca.

Untuk anak TK atau SD yang sedang dalam tahap melatih kelancaran membaca, tentu belajar huruf hijaiyah bersama beberapa teman, dengan dibimbing orangtua akan sangat menarik. Orang tua pun ikut terbantu, mengetahui tingkat kemajuan kemampuan anak.

Caranya memainkannya, masing-masing anak diminta melempar dadu, kemudian mengucapkan bunyi huruf sesuai hasil lemparan dadu, seperti jenis permainan lainnya. Dengan begitu, anak akan tertantang mengetahui huruf-huruf yang selama ini belum mereka ketahui dan menghafalnya.

Untuk lebih membuat suasana menarik, anak yang berhasil memainkan permainan ini bisa diberi imbalan berupa bintang.

Untuk anak yang menggemari games, permainan ini pastinya sangat positif. Anda bisa segera memesannya di Tokopedia, dengan harga Rp 130.900.

Mainan Ipad Muslim 4 Bahasa & Nyala Lampu Led Free Baterai

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Untuk anak usia sekolah zaman now, Mainan Ipad Muslim 4 Bahasa ini sangat menarik untuk dijadikan pendekatan pembelajaran.

Karena berupa playpad yang menggunakan baterai, mainan ini berisi konten edukasi yang cukup lengkap untuk pengenalan 4 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Arab, dan Mandarin, dan juga pengenalan akan Islam, seperti sholat dan huruf-huruf hijaiyah.

Penggunaannya juga pastinya menambah antusiasme anak-anak. Playpad dengan ukuran 24 cm x 19 cm x 2 cm dan dilengkapi lampu LED dan baterai ini dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk pendidikan si anak, sekaligus permainan yang mengalihkan anak dari gadget yang terhubung dengan konten internet.

Nah, gimana? Kalau Anda tertarik, pesan segera playpad ini di Tokopedia dengan harga Rp 52.999 atau Rp 69.800 di Elevenia.

Mainan Kayu Edukasi Anak - Tangga Silinder

Sumber gambar tokopedia.com

Kalau Anda punya anak usia TK, coba hadiahkan dia dengan permainan ini. Mainan Kayu Edukasi Anak – Tangga Silinder. Mainan ini juga sangat bagus untuk dimanfaatkan di sebuah Tempat Penitipan Anak atau playgroup.

Selain merasa fun bermain, permainan ini juga mengenalkan anak-anak usia dini tentang konsep tinggi rendah, warna-warna, bahkan berhitung tahap awal.

Pastinya, bagi anak yang masih berusia TK, bermain dengan warna-warna yang cerah dan melakukan aktivitas menyusun mainan akan sangat menghibur sekaligus menyalurkan energinya yang masih sangat banyak.

Mainan ini dibuat dari material kayu campuran dan kayu jati Belanda, dengan cat non toxic dan vernish air yang aman dan tidak meninggalkan racun. Memainkan permainan ini bersama teman-temannya, Anda dapat mengajarkan pula konsep bertoleransi.

Tertarik memesan Mainan Kayu Edukasi Anak – Tangga Silinder? Harganya cukup terjangkau. Pesan di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Mainan Edukatif Edukasi Mainan Kayu Buah Potong Roti Potong

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Anda bisa juga membelikan mainan berbentuk buah-buahan dan roti dari kayu. Uniknya, mainan ini bisa membuat anak-anak memperagakan seolah-olah sedang memotong-motong buah dan roti tanpa harus memegang pisau sungguhan.

Nilai edukasi yang ditawarkan mainan ini adalah untuk memperkenalkan anak-anak pada aktivitas sehari-hari ibu mereka saat di rumah dan berinteraksi dengan menyenangkan bersama teman sepermainan. Di samping itu, aktivitas memainkan mainan ini melatih motorik halus anak-anak.

Mainan Edukatif Edukasi Mainan Kayu Buah Potong Roti Potong ini dibuat dari kayu jati belanda yang dipernis natural, sehingga penampakannya bagus dan menyerupai aslinya.

Bukan hanya buah dan roti tiruan, mainan ini juga dilengkapi talenan dan pisau mainan, yang tetap membutuhkan bimbingan orang dewasa agar anak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar, dan tidak digunakan untuk menyakiti orang lain.

Pastinya, untuk anak-anak, meniru gaya wanita dewasa dengan terampil di dapur adalah permainan yang seru. Untuk mendapatkannya, Anda tinggal memesannya di Elevenia dengan harga Rp 84.700 atau di Shopee dengan harga Rp 88.000.

Puzzle 9 Bentuk Timbul, Mainan Edukatif /Edukasi Kayu SNI Anak Murah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Puzzle bentuk geometri timbul ini cocok untuk anak berusia sekitar 2 tahun, untuk memperkenalkan mereka pada warna-warna sekaligus bentuk-bentuk dasar seperti bundar, segitiga, dan sebagainya.

Dalam satu paket puzzle ini terdapat 9 bentuk geometri yang bisa dimanfaatkan untuk melatih anak menyusun bentuk sesuai tempatnya.

Terbuat dari material kayu, mainan edukatif ini diberi warna dengan cat non-toxic sehingga aman, dengan finishing yang halus. Sebagai orang dewasa, Anda bisa melatih anak atau keponakan yang masih balita, melakukan aktivitas menarik menyusun puzzle.

Tebal puzzle ini 9 mm dan warna-warnanya sangat menarik bagi anak-anak. Ajarkan anak-anak mengenal berbagai bentuk dasar, dan menyusun puzzle-puzzle tersebut untuk melatih motorik halusnya.

Puzzle Bentuk Timbul ini selain mengandung nilai edukasi yang bermanfaat juga cukup murah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa segera memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 53.000.

Hijaiyah Berdiri Mainan Islami Mainan Edukatif / Edukasi Kayu SNI Anak

Sumber gambar www.tokopedia.com

Masih banyak lagi mainan lokal yang bernilai edukasi dan menghibur sehingga anak tak bosan mengutak-atiknya. Termasuk mainan yang satu ini, yaitu Hijaiyah Berdiri Mainan Islami.

Metode permainan ini cukup unik dengan konsep learning yang fun untuk anak usia dini yang sedang belajar membaca huruf-huruf Alquran. Dalam balok-balok mainan tersebut tertulis huruf-huruf vokal dan konsonan. Dan huruf tersebut adalah huruf awal dari karakter atau gambar yang terdapat di balik balok itu, sebagai bentuk asosiasi agar mudah dipahami anak.

Yang makin menarik, mainan ini rupanya bersertifikat SNI. Yup, mainan ini memang dirancang bukan hanya bernilai edukatif tapi juga aman untuk anak-anak usia dini sekitar 3 tahun. Terbuat dari kayu pinus dengan tebal 9 mm, mainan ini dibuat dengan cat non-toxic.

Desainnya yang cukup unik menjadikan mainan ini bukan hanya menarik bagi anak, tapi juga menarik untuk dipajang dalam ruangan kelas atau kamar anak.

Mainan Edukatif Kayu Hijaiyah Berdiri ini bisa menjadi alat bantu untuk Anda yang mengajarkan anak-anak belajar membaca. Dapatkan segera Mainan Islami ini di Tokopedia atau di Omjoni dengan harga terjangkau, yaitu Rp 123.000.

Rumah Angka Besar, Mainan Edukatif /Edukasi Kayu SNI Anak Murah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Inovasi mainan yang bervariasi pastinya tetap bisa menyisipkan nilai-nilai edukasi supaya anak tetap menyerap nilai-nilai yang akan bermanfaat buat stimulasi otaknya. Dan variasi jenis mainan buatan pengrajin lokal kita menjadikan anak tak kehabisan bahan permainan.

Rumah Angka Besar ini dibuat dalam desain rumah-rumahan dengan biji-biji berbentuk huruf dan angka sebagai awal perkenalan anak pada huruf dan angka.

Prinsip permainannya tetap dengan memasukkan huruf dan angka ke tempatnya yang sesuai dengan bentuknya. Sehingga motorik halus si anak juga dilatih secara menyenangkan.

Dibuat dengan cat warna non-toxic yang terang dan pastinya aman, mainan Rumah Angka Besar berstandar SNI ini cocok untuk anak yang masih berusia 3 tahun. Mainan ini termasuk best seller.

Dengan dimensi 20,5 cm x 18,5 cm x 17,5 cm, Anda bisa mendapatkan mainan ini di Elevenia dengan harga Rp 116.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 117.000.

Rubik Magic Cube 3x3

Sumber gambar www.tokopedia.com

Nah, kalau Anda lagi mencari mainan untuk semua usia, mulai dari usia sekolah sampai dewasa, Rubik Magic Cube 3x3 pilihan yang cocok. Permainan ini pastinya seru karena mengajak pemainnya berpikir memecahkan teka-teki dengan keuletan dan kesabaran.

Rubik membosankan? Justru dengan permainan yang sudah lama terkenal di seluruh dunia ini, Anda bisa bergabung dengan komunitas penyuka rubik. Karena banyak yang menyukai permainan yang menguji nalar, memori, dan mental ini.

Rubik 3x3 layer berbentuk kubus ini berdimensi 6 cm x 6 cm x 6 cm yang terbuat dari plastik ABS dengan warna-warna cerah.

Anda bisa segera memperoleh Rubik Magic Cube 3x3 melalui Tokopedia dengan harga Rp 23.500. Atau bisa pula dengan memesannya di Jakmall seharga Rp 20.000.

Sliding Geo, Mainan Edukatif Edukasi Kayu SNI Anak Murah Ape TK Paud

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pilihan permainan untuk anak-anak usia dini pastinya banyak sekali, ya. Namun, bukan berarti Anda bisa memberikannya sebagaimana memberikan mainan ke anak yang sudah cukup besar.

Karena anak usia sekitar 2 tahun tetap membutuhkan bimbingan, bagaimana cara memainkannya, dan yang lebih penting adalah karena anak suka memasukkan mainan dalam bentuk kecil ke dalam mulut.

Mainan yang satu ini dinamakan Sliding Geo. Dengan dimensi 1,5 cm x 16,5 cm x 12,5 cm, mainan ini juga menyediakan biji-bijian berbagai bentuk dan warna. Memainkannya cukup menarik buat anak usia dini yang ingin serba tahu, selain juga baik untuk motorik halusnya yang sedang berkembang.

Sebagai media berinteraksi orangtua dengan anak, Anda pun bisa mengajak anak bermain bersama dengan mengidentifikasi bentuk dari biji-biji setebal 1,5 cm. Jika anak berhasil, orang tua bisa memberinya pujian, dan bertepuk-tangan sehingga suasana terasa seru dan happy.

Mainan ini cukup aman, dalam arti tak mengandung racun jika anak suka menggigit-gigit. Bahkan mainan ini termasuk mainan yang berstandar SNI. Maka, yang perlu Anda lakukan memang mengajaknya bermain bersama sambil mengawasinya, agar anak tak selalu memasukkan benda di tangannya ke dalam mulut.

Untuk memperoleh mainan Sliding Geo ini, Anda bisa memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 97.000 atau Rp 129.000 di Shopee.

Truk Geo Besar, Mainan Edukatif /Edukasi Kayu SNI Anak Murah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Punya anak atau keponakan lelaki usia taman kanak-kanak? Mainan yang satu ini bisa Anda jadikan hadiah ulang tahun yang mengejutkan sekaligus menyenangkan. Pasalnya, ukuran mainan ini cukup besar. Apalagi mobil atau truk, berkesan cukup maskulin.

Keunikan dari geo truck ini adalah, terdapat beberapa bagian dari truk, seperti muatan truk yang bisa dilepas dan dipasang kembali.

Jadi cara memainkan truk geo ini bukan sekadar dijalankan untuk mengembangkan imajinasi anak, tapi juga ada aktivitas memasang komponen yang akan melatih motorik halus anak. Anak pun belajar mengenal berbagai jenis kendaraan.

Truk geo dibuat dengan material kayu pinus yang tebal. Dan bagian dari truk ini juga dicat dan disablon. Mainan edukatif dengan standar SNI ini termasuk murah, karena Anda bisa membelinya dengan harga Rp 176.000 saja di Shopee.

From our editorial team

Mainan Anak Produksi Indonesia

Siapa bilang mainan produksi ketinggalan zaman? Justru mainan produksi Indonesia sedang berada menuju puncak. Kualitas bahan dan materi serta tema mainan mendidik anak dalam range usia tertentu. Bahkan banyak pembeli negara lain memfavoritkan mainan produksi Indonesia.