10 Rekomendasi Sepatu Tenis Termurah Namun Tetap Membuat Anda Maksimal Saat Latihan (2022)

10 Rekomendasi Sepatu Tenis Termurah Namun Tetap Membuat Anda Maksimal Saat Latihan (2022)

Apakah Anda suka olahraga tenis? Nah, sepatu adalah salah satu hal penting untuk mendukung olahraga tenis Anda agar berjalan maksimal. Yuk simak tips memilih sepatu tenis dan beberapa rekomendasi produknya dari BP-Guide.

Sepatu Tenis Agar Bermain Tenis Maksimal

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk tenis. Selain dalam aturan permainan dan lapangan, sepatu yang digunakan juga berbeda dengan olahraga lain. Hal ini dilakukan agar Anda dapat bermain tenis dengan maksimal.

Anda tidak boleh memilih sepatu tenis secara asal. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan. Selain itu, BP-Guide juga akan memberikan beberapa rekomendasi sepatu tenis murah untuk Anda.

Tips Memilih Sepatu tenis

Sesuaikan Dengan Jenis Lapangan

Terdapat tiga jenis lapangan tenis yaitu hard court, clay court, dan grass court. Masing-masing lapangan tersebut memiliki permukaan dan tingkat kekerasan yang berbeda. Oleh sebab itu, ketika Anda akan membeli sepatu tenis penting untuk menyesuaikannya dengan jenis lapangan untuk performa yang maksimal.

Lapangan hard court merupakan jenis lapangan tenis yang memiliki lapisan aspal atau semen dengan dilapisi dengan bahan acrylic dan synthetic. Hal tersebut membuat lapangan tenis ini memiliki permukaan yang keras, yang membuat bola tenis akan memantul lebih tinggi dan cepat. Anda bisa menggunakan pukulan spin di atas lapangan ini, sehingga membutuhkan gerakan yang cepat untuk mengejar bola dan memukulnya kembali.

Gerakan cepat pada lapangan hard court bisa lebih berisiko membuat sepatu menjadi lebih mudah rusak. Jadi, Anda bisa memprioritaskan sepatu tenis dengan sol yang kuat. Selain itu, untuk mengurangi slip saat berlari Anda juga bisa mencari sepatu dengan fitur non-marking.

Kemudian lapangan tenis jenis clay court adalah lapangan dengan permukaan dari tanah liat dengan permukaan yang licin. Hal tersebut memungkinkan alur bola menjadi lambat, akibatnya pantulan bola bisa menjadi rendah meski Anda memukul bola dengan keras.

Oleh karena itu, Anda bisa memenangkan pertandingan tenis di lapangan ini dengan memainkan spinball. Agar maksimal, Anda bisa memilih sepatu tenis dengan grip untuk meminimalkan risiko tergelincir. Selain itu, agar sepatu awet digunakan Anda bisa pertimbangkan juga daya tahan sol dari sepatu tenis yang dipilih.

Jenis lapangan tenis selanjutnya adalah grass court atau lapangan rumput sebagai jenis lapangan tertua dibandingkan dengan dua jenis lainnya. Bermain di lapangan tenis ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal ini disebabkan karena meski memiliki pantulan yang rendah, Anda akan mendapati bola tenis bergerak dengan cepat.

Selain itu, semakin lama lapangan tenis jenis ini digunakan, maka semakin licin pula permukaannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih sepatu dengan sol yang bergerigi. Ini dilakukan agar Anda bisa berdiri tegak dengan mudah.

Kaki Anda juga akan mudah berkeringat jika jenis lapangan ini berada di luar ruangan. Jika seperti itu, Anda bisa memilih upper sepatu tenis yang terbuat dari perpaduan bahan jaring dan sintetis.

Mengenali Gaya Bermain

Penting untuk mengetahui gaya bermain tenis Anda saat memilih sepatu tenis. Pada umumnya terdapat dua gaya bermain, yaitu serve and volley player dan baseline player.

Sedangkan jika Anda memiliki gaya bermain serve and volley maka Anda akan melakukan banyak menyerang. Oleh karena itu, Anda bisa mencari sepatu dengan bagian toe cap atau bagian depannya lebih kuat.

Jika Anda merupakan pemain tenis dengan gaya baseline player ini akan membuat Anda lebih banyak bergerak di area belakang lapangan. Oleh karena itu, sepatu yang cocok adalah yang memiliki support lateral yang baik. Jadi, Anda bisa memilih sepatu tenis dengan bagian samping yang kuat dengan sol yang stabil.

Memilih Bentuk Potongan Sepatu yang Sesuai

Anda bisa memilih bentuk potongan sepatu tenis sesuai yang Anda inginkan. Pemilihan tersebut bisa disesuaikan dengan bentuk potongan yang memiliki keuntungan masing-masing. Pada umumnya, berdasarkan potongannya sepatu tenis memiliki dua tipe yaitu low cut dan mid cut.

Sepatu tipe low cut memiliki potongan yang rendah, ini akan membuat Anda lebih leluasa dalam bergerak. Jadi, bagi Anda yang menginginkan pergerakan kaki lebih lincah bisa memilih sepatu tipe ini. Selain itu, sepatu tipe ini juga cocok untuk Anda yang mengutamakan kecepatan, karena biasanya memiliki bobot yang ringan.

Kemudian, sepatu tipe mid cut. Ini memiliki potongan sedang yang dapat membungkus pergelangan kaki Anda dengan kuat. Dengan tipe sepatu ini, akan membuat Anda mendapatkan kestabilan tinggi saat mendarat dan melompat. Jika Anda merasa khawatir kaki keseleo atau terkilir saat bermain tenis, maka bisa memilih tipe sepatu ini.

Memilih Ukuran Sepatu Tenis Sedikit Lebih Besar dari Ukuran Kaki

Ukuran menjadi salah satu faktor penting dalam memilih sepatu tenis. Apalagi tenis merupakan olahraga yang membuat Anda sering berlari dan berhenti. Jadi, Anda bisa memilih sepatu tenis dengan ukuran 0,5 hingga 1 cm lebih besar dari ukuran kaki Anda.

Hal ini bertujuan agar sepatu tidak terlalu sempit dengan memberi ruang bagi kaus kaki Anda. Selain itu, juga untuk mencegah kaki lecet apabila sepatu tenis yang dipilih kesempitan.

Ini Dia Rekomendasi Sepatu Tenis Termurah

Gamecourt 2.0 Tennis Shoes

Adidas merupakan salah satu merek yang terkenal di Indonesia. Oleh karena itu, dengan menggunakan sepatu tenis Gamecourt 2.0 ini akan membuat Anda percaya diri melalui setiap pertandingan. Dengan midsole EVA penuh yang dapat membuat Anda tetap nyaman dan terhubung ke lapangan.

Bagian outsole adiwear untuk memastikan traksi yang mengubah permainan di lapangan keras tanpa mengorbankan daya tahan. Kemudian pada bagian atas terdapat jaring yang ringan dan tumit yang empuk menjadikan sepatu Adidas ini terasa sempurna.

Harga Rp. 720.000-2.011.197

Nike Court Royale 2

Nike Court Royale 2 DH3159-001 dibuat dengan desain yang kekinian. Menggunakan material kulit daur ulang dan sintesis untuk meminimalkan benturan. Sepatu dari Nike ini memiliki sockliner yang nyaman. Terdapat debossed swoosh di bagian tumit dan swoosh besar.

Bagian atas kulit sintetis terlihat tajam, sehingga menambah daya tahan dan mudah ditata. Sol herringbone menambahkan sentuhan baru pada tampilan, traksi, dan daya tahan. Selain itu, sepatu tenis ini dibuat dengan kerah empuk dan berpotongan rendah yang terlihat ramping dan terasa nyaman.

Harga Rp. 549.000-1.154.000

Diadora VOLEE 4

Diadora VOLEE 4 diproduksi dengan sol yang terbuat dari material thermoplastic rubber (TPR). Material ini memiliki beberapa kelebihan yaitu ringan, antiselip, dan berdaya cengkeram tinggi. Jadi, jika lapangan licin Anda tidak perlu khawatir karena bahan tersebut cocok untuk mengatasi slip. Anda yang ingin mengurangi risiko terpeleset saat bermain tenis bisa memilih sepatu ini.

Desain dari sepatu ini juga terlihat bernuansa minimalis yang sangat cocok untuk berbagai kalangan. Apalagi sepatu ini telah dilengkapi teknologi CCB. Teknologi tersebut dapat memberikan keringanan dan stabilitas pada sepatu tanpa mengubah daya serap guncangan.

Harga Rp. 380.300-1.311.000

Sepatu Tenis TS 130

Sepatu tenis wanita TS 130 ini berwarna hitam yang tampak sporty. Diproduksi bantalan sol tengah EVA yang dapat melindungi kaki Anda dari benturan untuk kenyamanan maksimal. Selain itu, memiliki area yang diperkuat menopang kaki, terutama pada bagian tumit.

Sepatu tenis ini juga memiliki kelebihan lain. Memiliki fleksibilitas dengan zona mesh di bagian kaki depan. Kemudian komponen mesh di kaki depan dapat meningkatkan ventilasi secara menyeluruh.

Harga Rp. 486.000-1.166.000

BRODO Active Ace Tennis

Sepatu Ace tennis terbaru dari Brodo ini memiliki desain yang sporty sekaligus casual. Hal ini membuat sepatu ini cocok untuk aktivitas olahraga tenis ringan di lapangan. Selain itu juga bisa melengkapi kebutuhan fashion Anda saat berolahraga.

Sepatu tenis ini juga telah dirancang untuk melindungi serta menopang kaki ketika bergerak aktif di lapangan. Meski sepatu ini licin, namun tetap nyaman digunakan karena ringan. Hal ini juga memudahkan kaki Anda bernafas selama digunakan.

Harga Rp. 439.000-1.050.000

Asics Gel Dedicate 7 Men Tennis Shoes

Asics Gel Dedicate 7 Men Tennis Shoes menawarkan stabilitas dan pemakaian yang fleksibel sehingga Anda bisa fokus selama pertandingan. Bagian atas sepatu ini dibuat dengan bahan kulit sintetis untuk meningkatkan penyangga.

Selain itu, dengan material yang digunakan pada bagian atas sepatu tersebut dapat membuat kaki Anda terkunci saat Anda mengubah arah dan mengejar tembakan yang menantang. Dengan unit pendukung Trusstic™ dan sol luar dapat meningkatkan stabilitas dan membuat Anda nyaman bergerak dari sisi ke sisi.

Harga Rp. 900.000-2.042.500

Artengo TS160

Artengo TS160 putih ini merupakan sepatu tenis yang nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan menggunakan busa tebal pada lidah sepatu dan pinggiran lubang sepatu.

Sepatu ini juga memiliki ketahanan dengan tempurung pengaman dan ujung kaki berbahan karet diperkuat dengan PU yang awet. Selain itu, sepatu tenis ini memiliki bagian atas kulit sintetis dengan penguat di ujung jari dan kaki bagian tengah.

Sol pada sepatu tenis ini juga tebal untuk stabilitas. Kemudian untuk bantalan dengan sol dalam dan sol bagian tengah EVA (20 mm di tumit sepatu).

Harga Rp. 450.000-880.000

Eagle Sepatu Sky Garden

Eagle Sky Garden diproduksi dengan desain dan teknologi yang modern. Dengan upper mesh untuk menjaga sirkulasi udara dan synthetic leather yang merupakan bahan yang kuat dan awet. Tersedia dalam dua variasi yaitu putih merah dan putih biru.

Bagian kerah sepatu dibuat dengan bahan yang lembut. Dengan midsole phylon yang membuat pijakan terasa nyaman dan outsole non marking rubber yang dapat mencegah kaki terpeleset. Selain itu, sepatu tenis ini fleksibel dan nyaman digunakan serta cocok digunakan untuk pria dan wanita.

Harga Rp. 272.000-939.815

Lotto Sepatu Tennis Mirage 200

Lotto Sepatu Tennis Mirage 200 didesain untuk pemain tenis tingkat menengah atau tinggi. Diproduksi dengan dua elemen penting yaitu kaus kaki bagian dalam yang terbuat dari bahan elastis.

Ini dapat meningkatkan sirkulasi udara. Sepatu ini menjamin dukungan untuk gerakan multi arah untuk pemain tenis. Memiliki outsole terdiri dari FAS (Foot Arch Support). Kemudian stabilizer medial untuk memastikan elastisitas gerakan putaran yang tepat.

Serta material Longlast 40 yang merupakan campuran khusus karet dengan ketahanan abrasi yang tinggi. Sepatu tenis Lotto ini juga menjadi paling ringan untuk Anda yang mencari kelincahan di lapangan.

Harga Rp. 599.500-1.279.200

Spotec Tennis Shoes Centerline

Sepatu tenis Spotec Centerline ini merupakan sepatu berkategori tenis. Memiliki konstruksi material upper yang kokoh dengan menggunakan mesh dan synthetic leather. Ini sangat baik untuk menjaga dan menahan permukaan kaki Anda saat beraktifitas di lapangan.

Pada bagian sol sepatu tenis ini menggunakan karet berkualitas. Material tersebut mempunyai daya abrasif yang baik dan berlabel non-marking. Hal ini tidak akan menimbulkan goresan di permukaan lapangan.

Beberapa fitur dan teknologi dari sepatu ini adalah air flow, dikenal sebagai teknologi material yang menawarkan kenyamanan dan sensasi ringan pada lapisan mesh. Kemudian ergo fit yang juga teknologi untuk memberikan kestabilan material dan kekuatan maksimal saat dipakai. Selain itu, ada juga RGB+ atau Rubber Grip Balance sebagai material outsole khusus yang menghasilkan cengkraman dan kestabilan yang baik.

Harga Rp. 251.900-1.680.000
From our editorial team

Pertimbangkan Sepatu yang Sesuai dan Berkualitas

Itulah tips memilih sepatu tenis yang bisa dijadikan panduan. Selain itu, beberapa rekomendasi sepatu tenis tersebut juga bisa dijadikan pilihan. Meski harga merupakan sesuatu yang relatif, penting untuk dipertimbangkan agar sepatu tenis yang Anda miliki sesuai kebutuhan dan memiliki kualitas yang baik.