Bukan Murahan, Ini Cara Memilih Sepatu Futsal Murah Berkualitas 2017

Bukan Murahan, Ini Cara Memilih Sepatu Futsal Murah Berkualitas 2017

Beli sepatu futsal tidak melulu harus yang merek terkenal. Merek seperti itu sudah pasti harganya mahal. Ada banyak merek sepatu futsal yang tidak akan bikin kantong bolong. Simak terus trik mendapatkan sepatu futsal murah tapi tidak murahan di bawah ini.

Tidak Harus Mahal, yang Penting Kualitas

Seperti sepakbola, olahraga futsal menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia. Futsal menjadi jalan keluar bagi pecinta bola yang berada di kota besar yang kesulitan mendapatkan tanah lapang untuk bermain sepak bola.

Bila Anda termasuk pecinta futsal, maka salah satu yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli sepatu futsal adalah fungsinya. Sebab, fungsi dari sepatu futsal adalah menjaga kaki Anda dari cedera sekaligus nyaman saat bermain.

Ada banyak jenis sepatu futsal berkualitas yang harganya cukup tinggi. Ada beberapa pecinta futsal memilih untuk membeli merek KW karena ingin berhemat. Tapi, selain mudah rusak dan terkelupas, sepatu produk palsu ternyata tidak cukup baik untuk menjaga kaki Anda dari luka.

Meskipun ingin mendapatkan sepatu dengan harga murah, Anda harus tetap mempertimbangkan bahan, kualitas, model hingga harganya. Lebih baik Anda membeli produk asli dengan harga yang cocok dengan kemampuan Anda, daripada memaksa beli sepatu KW dari produk ternama.

Berikut kami paparkan tips dan rekomendasi untuk mencari sepatu futsal murah namun berkualitas.

Cara Mudah Memilih Sepatu Futsal Secara Umum

Memilih sepatu futsal perlu disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Walau ingin cari yang harganya murah, tapi Anda harus berhati-hati dengan sepatu futsal yang palsu atau biasa disebut KW.

Sepatu futsal palsu hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih. Karena kualitasnya buruk dan hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat. Tidak ada jaminan kaki Anda terhindar dari lecet karena perlindungan dari sepatu tersebut tidak prima.

Memang, sepatu tidak berpengaruh signifikan terhadap permainan futsal Anda. Bila Anda punya skill yang mumpuni, meski sepatu palsu tetap akan jago. Begitu juga sebaliknya, meskipun sepatu Anda harganya puluhan juta sekalipun, kalau Anda tidak bisa bermain futsal, tetap saja akan bermain buruk.

Walaupun begitu, sepatu futsal yang tepat bisa membuat perbedaan yang penting. Dua orang yang sama-sama hebat skill-nya, akan menjadi berbeda permainannya karena sepatu yang mereka pakai.

Cari Tahu Jenis Kaki

Ada beberapa jenis bentuk kaki, mulai dari ramping hingga yang lebar. Anda bisa melihatnya dengan memperhatikan jejak kaki Anda. Untuk kaki yang ramping, Anda bisa mencari produk yang dikhususkan untuk pemilik kaki ramping, seperti Nike Mercurial dan Elastico.

Bila jenis kaki Anda melebar, Anda juga bisa mencari produk yang memiliki jenis wide fit. Begitu juga dengan ukuran kaki yang sedang. Kesalahan memilih jenis sepatu, akan membuat kaki Anda cedera. Pun membuat performa Anda akan menurun.

Ukuran Sepatu

Setelah memastikan bentuk kaki dan menemukan tipe sepatu yang cocok, maka sekarang Anda harus memastikan ukuran sepatu yang cocok dengan kaki Anda.

Hindari sepatu kekecilan, karena membuat Anda tersiksa dan berpotensi cedera. Tapi, hindari pula sepatu yang terlalu besar. Karena berpotensi terlepas saat Anda gunakan dan bisa melukai orang lain.

Cari sepatu yang pas dengan cara mengetahui ukuran kaki Anda. Cara paling aman adalah membelinya di outlet-outlet terdekat. Sedangkan untuk membeli secara online, pastikan bahwa sepatu yang Anda beli benar-benar sesuai ukurannya dengan kaki Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan bahwa sepatu memiliki berbagai standar ukuran. Sepatu keluaran Amerika, Eropa, dan Asia memiliki standar ukuran yang berbeda yang harus Anda ketahui dan perhatikan.

Bahan Sepatu

Kenali macam-macam bahan sepatu dan solnya khusus untuk sepatu futsal. Cari tahu bahwa bahan yang digunakan adalah bahan terbaik, tahan lama, dan tidak gampang rusak. Selain tentu saja tetap melindungi kaki Anda.

Sepatu biasanya berbahan kulit tertentu, sedangkan solnya terbuat dari bahan karet berkualitas. Selain itu, sepatu olahraga merek ternama selalu menyematkan teknologi canggih di dalam sepatunya.

Berat

Sepatu yang baik biasanya tidak terlalu berat, juga tidak terlalu ringan. Meskipun begitu, ada sepatu ringan yang ditujukan untuk meningkatkan kecepatan, juga ada sepatu berat yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan.

Jenis sepatu ringan, biasanya beratnya di bawah 200 gram. Sepatu dengan berat lebih dari 200 gram termasuk jenis sepatu yang berat.

Selain itu, tidak ada standar baku yang ditentukan untuk berat dari sepatu tertentu. Jadi, Anda silahkan pilih sepatu sesuai fungsinya, karakter bermain Anda, dan kenyamanan.

Harga

Sepatu produksi lokal dengan kualitas yang baik perlu diperhitungkan untuk menjadi pilihan. Bahkan dengan kisaran dana Rp 150.000 hingga Rp 250.000, Anda bisa mendapatkan produk lokal yang entry level dengan kualitas yang lebih tinggi daripada produk impor yang entry level.

Kalau punya dana lebih, coba pertimbangkan sepatu kelas middle grade dengan budget mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Kualitas sepatu ini juga lebih baik daripada kualitas branded entry level.

Bagaimana jika memiliki budget di atas Rp 500.000? Beberapa jenis sepatu yang termasuk top grade sudah bisa Anda bawa pulang. Apalagi kalau Anda termasuk pemain profesional, sepatu kelas top grade sudah wajib Anda miliki.

Posisi Bermain Kamu Apa? Ini Cara Memilih Sepatu Sesuai Tipe Permainan

Nah, ini salah satu yang terpenting. Setiap posisi pemain akan membutuhkan jenis sepatu yang berbeda. Seperti contoh, jenis sepatu untuk kiper berbeda dengan bek, karena keduanya mengandalkan hal yang berbeda. Bila kiper memerlukan sepatu yang lebih ringan, bek mengandalkan kekuatan sehingga butuh sepatu yang lebih berat. Begitu juga dengan pemain tengah dan penyerang.

Jadi, cari sepatu yang sesuai dengan gaya permainan juga posisi Anda saat bermain. Berikut kami beri tips untuk Anda mencari sepatu sesuai dengan tipe permainan dan posisi Anda.

Shooter

Bila Anda adalah tipikal pemain "Shooter" yang suka melakukan tembakan langsung. Baik tendangan biasa maupun dari bola mati, maka sepatu yang harus Anda pilih adalah sepatu yang kuat, solid, dan ketat pada sisinya. Sepatu jenis ini akan lebih terasa ketat di kaki Anda. Tujuannya untuk membantu akurasi tembakan Anda lebih baik.

Cirinya, sepatu ini harus membantu tenaga tetap maksimal dan menjaga akurasi tendangan. Beberapa merek yang cocok untuk tipe ini adalah Adidas Predator, Joma Toplex, atau Nike Mercurial.

Passer

Mirip dengan tipe penembak, tipe passer atau pengoper juga memerlukan akurasi untuk melakukan operan. Meskipun demikian, sepatu yang dipilih harus lebih tebal untuk meminimalkan risiko.

Beberapa jenis sepatu yang harus dipilih tipe ini hampir sama dengan tipe penembak, yakni Nike Mercurial, Nike Elastico, Adidas Predator, dan Puma Evospeed.

Controller

Bila Anda memiliki tipe permainan seperti Ronaldinho atau Christiano Ronaldo yang lebih suka men-dribbling bola dan menggocek lawan, maka sepatu yang Anda pilih harus lebih lebar bagian solnya. Dengan sol yang lebar, Anda bisa lebih nyaman dalam mengontrol bola dalam waktu lama.

Kemampuan mengontrol dan mendribel juga akan semakin maksimal ketika memilih sepatu yang ringan. Beberapa sepatu yang bisa Anda pilih seperti Nike Tiempo, Nike Five Series, dan Specs Tempaya.

Merk Sepatu Futsal Murah yang Bisa Kamu Jadikan Panduan

Ingin membeli sepatu futsal yang berkualitas, tapi minim budget?

Kami memiliki beberapa saran untuk Anda dalam mencari sepatu yang minim dana namun memiliki kualitas. Beberapa merek seperti Lotto, Specs, Mizuno, dan lain-lain bisa Anda pertimbangkan.

Berikut kami rekomendasikan sepatu dengan harga miring, yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bermain futsal.

Rentang Harga Rp 100.000 - 200.000

Nobleman

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sepatu Nobleman sudah tidak asing bagi pecinta futsal, terutama yang memiliki dana minim. Beberapa jenis sepatu merek Nobleman yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain :

  • Nobleman Kronos V Lifestyle Shoes Sepatu Sneakers Black Charcoal.
    Sepatu ini bisa Anda dapatkan di mataharimall.com dengan harga Rp 139.800 saja.
  • Nobleman Sepatu Futsal Shadow Tosca.
    Sepatu ini juga bisa dipesan di mataharimall.com dengan harga Rp 275.000.
  • Nobleman Tormentor Red Sepatu Futsal (Red).
    Sepatu berbahan PU leather sintetis, dengan desain ilustrator yang membuat sepatu ini tetap menjaga Anda tampil gaya saat bermain. Sepatu yang memiliki heel counter di bagian tumit ini dibanderol seharga Rp 299.800.
  • Nobleman Commando – Black Neon.
    Sepatu futsal ini dibuat dengan bahan kulit sintetis yang mengedepankan kekuatan dan kenyamanan. Sepatu ini juga memiliki heel counter di belakang sepatu untuk melindungi tumit. Harga sepatu ini adalah Rp 229.800.

Catenzo

Sepatu merek Catenzo dikenal karena ringan, nyaman, dan berkualitas tinggi. Namun harganya terjangkau. Beberapa sepatu yang kami rekomendasikan antara lain :

  • Catenzo Fletcher (Black yellow)
    Sepatu ini bernuansa retro dengan tampilan klasik dengan rancangan neat stitching. Sol luar terbuat dari karet berkualitas tinggi.
  • Catenzo Amos
    Juga dibuat dengan bahan PU Leather yang berkualitas tinggi. Desain tampil lebih sporty. Salah satu kelebihan sepatu ini adalah nyaman di kaki, meski dibawa berlari.
  • Catenzo Frankie Black
    Terbuat dari material yang ringan sehingga tepat untuk Anda yang suka kecepatan.

    Harga sepatu Catenzo tersebut berkisar dari Rp 100.000-an hingga Rp 200.000-an.

Keta Zero

Sumber gambar omzae.com

Sepatu futsal berkualitas dengan harga murah lainnya adalah Keta Zero.

Salah satu produk yang direkomendasi adalah Keta Zero Sepatu Futsal original. Bahan terbuat dari polyester sedangkan bahan lain adalah thermo plastic rubber. Seri Keta Zero original terdiri dari KZ 518, 515, dan 516.

Tercatat masih ada sekitar 55 produk lain dari Keta Zero yang beredar di pasaran yang bisa Anda pertimbangkan. Harganya berkisar Rp 100.000-an hingga Rp 200.000-an, cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan sepatu murah berkualitas.

Spotec

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sepatu yang dibuat di Indonesia ini sudah meluncur sejak tahun 1988. Selain itu, sepatu futsal keluaran Spotec juga memiliki kualitas mumpuni, desain yang trendi, serta harga yang terjangkau.

  • Spotec Max Zone
    Ini buatan lokal yang berkualitas tinggi. Terbuat dari bahan berkualitas dan tahan lama.
  • Spotec RX Indoor
    Sepatu berwarna oranye-biru ini juga cocok untuk Anda yang memiliki tipe permainan sebagai defender atau midfielder. Kuat, desain keren, dan mampu melindungi jari-jari kaki Anda dengan baik.

Fialiti

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sepatu Fialiti juga cukup populer di kalangan pecinta futsal. Selain kuat dan terbuat dari bahan berkualitas sehingga awet, desain dari sepatu ini juga menarik. Permukaan sol yang tidak licin, membantu keseimbangan Anda ketika bermain.

Salah satu sepatu Fialiti yang paling murah dan memiliki kualitas cukup baik adalah jenis Fialiti 11 L dengan warna biru dan kuning. Sepatu ini bisa Anda pesan di Lazada dengan harga Rp 135.200.

Beberapa merek Fialiti yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain Fialiti 13L Sepatu Futsal - Black Green, Fialiti Black Orange 3437, Fialiti Blue / White, dan Fialiti 09 IL Sepatu Futsal Pria - Orange Black.

Rentang Harga Rp 200.000 - 400.000

Specs

Pada daftar pertama kami meletakkan karya anak negeri, Specs. Beberapa produksi Specs, seperti Accelerator Bafana menjadi salah satu sepatu yang terkenal karena nyaman, berkualitas, namun harganya tetap terjangkau. Selain itu, masih ada jenis sepatu Specs lain yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Futsal Specs Metasala Showtime
    Sepatu dengan warna hitam ini adalah salah satu unggulan Specs. Dengan bahan kulit sintetis, sol dari pylon, dan disematkan teknologi vertecs dan flexiarc. Sepatu yang bisa menjaga stabilitas pemain dan nyaman digunakan ini dibanderol dengan harga Rp 499.800.
  • Specs Tomahawk
    Desain upper yang unik dan kreatif terbuat dari bahan kulit sintetis. Selain keren, juga disematkan teknologi khusus yang menjadikan pemain memiliki akurasi lebih tinggi. Harga sepatu ini adalah Rp 349.800.
  • Specs Diablo
    Tampil dengan desain sporty menjadikan sepatu ini menjadi salah satu sepatu Specs yang sering dipilih pemain. Harganya juga terjangkau, hanya Rp 279.800. Sepatu ini didukung pula dengan teknologi mutakhir dibalik lapisan kulit sintetisnya. Sepatu futsal Specs bisa didapat di departemen store atau marketplace seperti Lazada.

Mizuno

Sumber gambar sepatufutsalasli.com

Sepatu jenis ini juga memiliki kualitas yang sanggup meladeni produksi dari dua merek ternama, adidas dan Nike.

Dimulai dari sepatu Mizuno Monarcida 2 Fs in Wide yang cocok untuk pemain pemula dapat meningkatkan skill bermain. Sol terbuat dari rubber ditambah lagi dengan bantalan pergelangan kaki dan tumit. Sepatu yang cocok untuk menjaga stabilitas saat berlari ini dihargai Rp 629.800.

Selanjutnya, Mizuno Basara 103 In. Bisa menjadi pilihan bagi pemain yang bertipe pengontrol bola dan pelari cepat. Dibuat dari kulit sintetis berkualitas juga didesain lebih ringan. Sepatu ini dihargai Rp 629.000. Bisa dibeli melalui marketplace seperti Lazada atau toko sepatu terdekat.

Pinsv

Sepatu jenis PINSV cocok untuk Anda yang ingin sepatu berkualitas dengan harga lebih miring. Beberapa sepatu yang kami rekomendasikan antara lain PINSV Men's Outdoor Soccer Boots Turf Indoor Soccer Futsal Shoes (Blue), PINSV Men's Outdoor Soccer Boots Turf Indoor Soccer Futsal Shoes BLUE- EU, PINSV Men's Outdoor Soccer Boots Turf Indoor Soccer Futsal Shoes (Grey) dan PINSV TF Futsal Shoes.

Harga sepatu merek Pinsv berkisar di angka Rp 379.999. Bisa Anda dapatkan melalui Lazada atau Omzae.

Eagle

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Eagle juga merupakan produksi sepatu karya anak negeri sendiri. Sepatu dari Eagle memiliki bahan berkualitas, nyaman dipakai, dan bahan midsole terbuat dari phylon.

Beberapa sepatu yang berkualitas dari Eagle antara lain Eagle Futsal Anfield Series for Indoor or outdoor, Futsal Eagle Spin Red Black, dan Eagle New Ventura Citroen.

Harga sepatu produksi Eagle berkisar di angka Rp 200.000-an. Cukup terjangkau bagi semua kalangan. Apalagi produk Eagle mudah ditemukan di toko sepatu biasa hingga departemen store terkemuka di kota Anda.

Calci

Sumber gambar blibli.com

Sepatu futsal merek Calci juga merupakan sepatu futsal berkualitas dengan bahan yang berkualitas tinggi. Desainnya sporty dengan detail neat stitching dan sol luar yang lentur dan ringan dari karet. Untuk mendapatkan sepatu ini Anda bisa mengunjungi marketplace seperti Tokopedia, Blibli, atau Lazada.

Anda bisa beradaptasi dengan berbagai lapangan ketika menggunakan sepatu merek Calci.

  • Untuk tampil gaya dengan sepatu desain keren, Anarchy dari Calci bisa jadi pilihan Anda. Sepatu berwarna Magenta black ini dihargai Rp 399.000.
  • Ingin sepatu yang lentur dan ringan? Rage Id seri F berwarna biru atau hijau dari Calci ini bisa Anda pertimbangkan. Sepatu dengan desain menarik ini dihargai Rp 240.000.
  • Calci Sepatu Futsal Empire - Black Gold bisa jadi pilihan Anda yang memiliki tipe kecepatan dan sering mengontrol bola. Dengan bahan sintetis, didesain sporty, lebih ringan dan lentur. Harga sepatu ini adalah Rp 499.000.
  • Ingin nyaman saat berlari? Sepatu Futsal Calci - Grunge ID Series berbahan synthetic leather kualitas tinggi dan rubber outsole yang lentur dan ringan bisa Anda jadikan pilihan. Sepatu ini dihargai Rp 399.000.
  • Terakhir, Anda bisa menjadikan sepatu Calci Conquest Metalic Pewter Art yang desainnya lebih gaya sebagai andalan. Sepatu ini berbahan synthetic leather kualitas tinggi dan rubber dan phylon outsole yang lentur. Sepatu ini bisa Anda beli dengan harga Rp 499.000.
From our editorial team

Murah Belum Tentu Murahan

Sepatu futsal dari merek terkenal sudah pasti mahal. Tapi jika Anda mau mencari lebih rajin, ada banyak sepatu produk lokal dengan kualitas yang tak kalah dari produk luar. Kelebihannya sudah tentu harganya lebih murah. Jika ada sepatu futsal yang berkualitas dan tidak membuat kantong bolong, kenapa tidak?