Mau Cari Hadiah yang Ramah Lingkungan? Ini 10 Rekomendasinya dari BP-Guide

Mau Cari Hadiah yang Ramah Lingkungan? Ini 10 Rekomendasinya dari BP-Guide

Terkadang memilih hadiah yang berkesan untuk seseorang cukup membingungkan. Sebenarnya banyak barang yang bisa dijadikan hadiah. Namun, akan lebih baik bila hadiah yang dipilih adalah hadiah yang ramah lingkungan. Berikut beberapa rekomendasi hadiah ramah lingkungan yang bisa jadi pilihan versi BP-Guide.

Butuh Ide untuk Hadiah? Cek Dulu Rekomendasi Hadiah Ramah Lingkungan Ini

Menjelang hari raya atau hari besar tertentu, tidak jarang Anda terpikir ingin memberikan hadiah pada saudara, rekan, sahabat, atau pasangan. Tidak hanya itu, jika mendekati hari-hari spesial seperti ulang tahun, perayaan dengan pasangan, atau syukuran, sering kali kehabisan ide untuk memberi hadiah yang cocok.

Jangan khawatir, hadiah yang ramah lingkungan ini dapat menjadi alternatif Anda. Hadiah-hadiah yang mudah didapatkan di toko daring atau online marketplace ini dibanderol dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. Inilah 10 hadiah yang ramah lingkungan untuk Anda.

Buku Elektronik

Buku elektronik atau biasa disebut e-book terkenal hemat dan ramah lingkungan. Buku elektronik ini cocok dihadiahkan pada rekan, saudara, atau sanak keluarga yang hobi baca.

Masalah yang sering terjadi para pembaca buku adalah merasa keberatan bawa buku. Karena memang buku memiliki beban berat dan malah memberatkan isi tas. Nah, kehadiran buku elektronik mampu meringankan beban tas dan bisa dibaca lewat tablet atau smartphone saja.

Jika Anda ingin menghadiahkan buku elektronik, sebaiknya tanyakan dulu genre buku apa yang disuka. Kemudian, berikan link unduh atau satu buku elektronik lewat surel. Beres kan?

Contohnya seperti e-book How to Psychology Works karya DK, Jo Hemmings yang bisa kamu hadiahkan kepada sahabat yang punya ketertarikan di bidang psikologi.

Harga Rp. 5.000-41.000

Botol Minum

Botol minum atau tumbler sebenarnya sering dijumpai saat kita kecil, yakni saat pergi ke sekolah. Botol minum setia menemani kala haus dan lapar. Atau bahkan menjadi barang pamer dengan teman-teman sekelas.

Kini, botol minum juga bisa menjadi alternatif Anda untuk mengurangi penggunaan botol plastik. Bayangkan saja, satu botol plastik air mineral seharga Rp 2.000-Rp 10.000 dalam seminggu, cukup menguras kantong Anda bukan?

Di samping itu, sampah botolnya juga menumpuk dan butuh waktu daur ulang selama ratusan tahun. Jadi, pilihan bijak jika kamu menghadiahkan sebuah botol minum bergaya futuristik dan modern seperti Mizu Living Smart Thermos Botol Minum Tumbler Vacuum Flask Stainless Steel dengan ukuran 500 ml.

Harga Rp. 128.000-228.500

Jam Meja Kayu

Jam meja kayu bisa menjadi alternatif hadiah yang ramah lingkungan. Saat ini, memang banyak model jam meja yang terbuat dari bahan plastik. Tahan lama, memang iya. Tetapi jika Anda sudah bosan dengan modelnya, tentu langsung dibuang bukan?

Sebagai alternatif, jam meja kayu hadir untuk mengurangi sampah plastik dari jam meja plastik. Bahannya yang terbuat dari kayu akan menambah kesan berkelas atau classy dan antik. Jadi sayang-sayang kan kalau dibuang?

Jam Meja Digital Motif Kayu / Jam Alarm LED Wood - Smart Wooden Clock bisa kamu pilih sebagai hadiah, lho. Jam berukuran 15 x 7 x 4.5 cm ini sangat multifungsi karena memiliki temperatur udara, kalender, dan alarm.

Harga Rp. 69.500-172.000

Kindle

Hampir sama dengan buku elektronik, Kindle juga dapat menyimpan banyak buku elektronik dalam satu tablet khususnya. Dengan Kindle, setidaknya Anda mampu mengurangi pembelian buku berbentuk hardcopy yang menghabiskan banyak kertas.

Kindle mudah dibawa ke mana pun, dan kalau baterainya habis, tinggal diisi ulang saja lewat kabel charger. Mudah bukan? Amazon Kindle Paperwhite4 10th Generation ukuran 6 inci bisa jadi hadiah yang pas untuk sahabatmu yang gemar membaca.

Harga Rp. 2.099.000-2.890.000

Kosmetik dan Skin Care Cruelty Free

Produk kosmetik dan skin care termasuk produk yang laris dicari para kaum hawa. Bahkan, produk-produk ini juga tersedia untuk kaum adam yang rajin merawat diri, lho! Beruntungnya, kini sudah menjamur kosmetik dan skin care yang cruelty free atau bebas dari percobaan pada hewan.

Produk kosmetik dan skin care cruelty free juga dianggap ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan-bahan dari tubuh hewan. Tujuannya, penggunaan produk dengan bahan-bahan dari tubuh hewan mampu mengurangi keanekaragaman hayati, merusak lingkungan, dan menghabiskan energi produksi.

Dengan begitu, tidak ada lagi rasa khawatir “merusak lingkungan” karena menggunakan kosmetik dan skin care yang cruelty free. Tetap cantik dan segar sambil menjaga kestabilan lingkungan.

Focallure Cruelty-free 3in1 Pallet ini terdiri dari blush-on, highliter, dan bronzer. Memiliki pigmentasi hanya dengan sedikit ulasan di wajah. Bisa banget jika ingin dijadikan hadiah lho.

Harga Rp. 40.500-45.000

Menstrual Cup

Produk perawatan diri ini merupakan terobosan baru yang dapat mengurangi sampah pembalut sekali pakai. Menstrual cup sebenarnya sudah muncul dan dipatenkan sejak tahun 1932. Menstrual cup tahan sampai 10 tahun dan bebas dari bahan kimia seperti pemutih, lem, parfum, pelembut, dan BPA seperti pembalut sekali pakai.

Keunggulan menggunakan menstrual cup adalah cangkir ini mampu menampung darah menstruasi selama kurang lebih 6-12 jam. Anda bahkan dapat mengosongkan cangkirnya dengan mencuci dan memakainya kembali.

Sebelum memberi hadiah yang ramah lingkungan ini, sebaiknya tanyakan dulu pada yang bersangkutan. Karena penggunaan menstrual cup butuh usaha dan waktu, meski niatnya baik untuk mengurangi sampah pembalut sekali pakai. Kamu bisa memilih produk mestrual cup dari merek OrganiCup.

Harga Rp. 399.900-625.500

Set Peralatan Makan dari Bambu

Set peralatan makan dari bambu ini terdiri dari sendok, garpu, dan sumpit. Terkadang, disertakan pula sedotan dan pisau mini. Satu set peralatan makan dari bambu ini sudah banyak dijual di toko atau pun online marketplace.

Harganya yang terjangkau, mudah dibawa ke mana-mana, dan tampak antik, membuat benda ini cocok sebagai hadiah yang ramah lingkungan. Keuntungan memberikan satu set peralatan makan dari bambu adalah mengurangi sampah peralatan makan plastik sekali pakai.

Selain itu, Anda juga membantu produktivitas pengrajin bambu dalam mengembangkan bisnis mereka. Di samping itu, bahan baku bambu yang terus ada juga bisa dimanfaatkan sebagai produk lain, misalnya kipas bambu, replika rumah mini, perhiasan, atau produk dekorasi rumah. Menarik bukan?

Harga Rp. 61.332-145.700

Shampoo Bar Alami

Sebagai bagian dari produk kecantikan dan perawatan tubuh, shampoo bar atau sampo batang alami ini bisa menjadi hadiah yang ramah lingkungan dan unik. Jika umumnya sampo berbahan cair, kini ada varian bentuk padat.

Sampo batang ini terbuat dari bahan alami seperti ekstrak lidah buaya, minyak kemiri, protein pohon baobab, dan vitamin B5. Bahan-bahan alami ini berfungsi untuk menyeimbangkan minyak alami di kulit kepala.

Bahkan, 1 batang sampo bar ukuran 50 gram setara dengan sampo cair ukuran 350 ml dan tahan selama 3 bulan untuk pemakaian 1 orang. Hemat sekali bukan?

Harga Rp. 50.000

Tanaman Sukulen

Jika yang bersangkutan hobi menanam, pecinta tanaman, pecinta dekorasi taman dan interior, maka tanaman sukulen tepat sebagai hadiah yang ramah lingkungan. Hadiah tanaman sukulen sangat eco-friendly karena menghasilkan minim sampah, tahan lama, dan sebagai terapi diri.

Ada beragam jenis tanaman sukulen yang bisa Anda hadiahkan. Beberapa di antaranya yakni baby succulent, sukulen mawar, kaktus mini, lidah buaya mini, haworthia echeveria, dan sebagainya. Jadi, tanaman sukulen mana yang Anda pilih sebagai hadiah yang ramah lingkungan?

Harga Rp. 6.000-25.000

Tote Bag Kanvas

Tote bag sangat akrab di masa kini. Ada berbagai jenis motif tote bag berbahan kanvas ini yang sangat artsy dan bisa digunakan oleh siapa pun. Pun, menjadikan tote bag yang ramah lingkungan ini sebagai hadiah adalah pilihan yang bagus, lho.

Harga Rp. 12.500-33.000
From our editorial team

Yuk, Kurangi Sampah Plastik!

Nah, itulah 10 ragam hadiah yang ramah lingkungan. Ternyata tidak susah kan mencari produk ramah lingkungan yang bisa digunakan sebagai hadiah. Semoga hadiah yang ramah lingkungan ini bisa mengurangi produksi sampah plastik sekali pakai, ya!