10 Rekomendasi Dasi Pria yang Paling Banyak Dicari untuk Tampil Trendi (2020)

10 Rekomendasi Dasi Pria yang Paling Banyak Dicari untuk Tampil Trendi (2020)

Tampil rapi dan modis adalah kunci untuk membuatmu terlihat lebih profesional dan berwibawa. Melalui artikel berikut ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk dasi untuk menunjang penampilan para pria. Simak bersama yuk!

Dasi Merupakan Aksesori Leher yang Biasa Dipakai oleh Pria

Sumber gambar unsplash.com

Pria memang sangat jarang mengenakan aksesoris. Namun dalam sebuah tampilan formal dengan setelan jas, dasi adalah jenis aksesoris yang wajib ada. Dasi akan membuat perbedaan besar pada penampilan seorang pria lho.

Dengan memakai dasi, penampilan pria akan terlihat lebih rapi, profesional, dan sangat berwibawa. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi dasi untuk menunjang penampilan pria agar semakin kece.

Dasi Telah Menjadi Bagian dari Fashion Pria

Sumber gambar unsplash.com

Dalam sebuah penampilan formal dengan setelan jas, rasanya tidak akan lengkap tanpa mengenakan dasi. Bagi kaum pria, dasi bukan sekedar aksesoris. Dasi bisa menjadi statement tersendiri dalam fashion formal mereka. Selain untuk outfit formal dengan jas, dasi juga bisa digunakan untuk berbagai outfit non-formal lho. Asalkan bisa memilih jenis dan model yang tepat, kamu pasti akan terlihat semakin cool dan maskulin dengan mengenakan dasi.

Dasi juga sering digunakan untuk menunjukkan status atau jabatan seseorang dalam sebuah perusahaan. Mereka yang mengenakan setelan jas lengkap dengan dasinya biasanya menduduki jabatang yang tinggi dan penting. Oleh karena itu, pemilihan dasi tidak boleh sembarangan. Pastikan dasi yang kamu pakai akan menunjang penampilanmu, bukan sebaliknya.

Perkembangan dunia fashion membuat dasi kini tidak hanya untuk kaum pria saja. Para wanita juga banyak melengkapi penampilan mereka dengan mengenakan dasi, tentu saja tergantung dari acara yang mereka hadiri.

Tips Memilih Dasi agar Serasi dengan Kemeja yang Dipakai

Pilih Warna Dasi yang Sesuai

Sumber gambar pinterest.com

Memilih dasi sebaiknya yang bisa menarik perhatian orang ketika melihat penampilanmu. Namun bukan berarti kamu boleh memilih dari yang warnanya norak dan tidak serasi. Memilih dasi dengan warna yang sesuai dengan jas dan kemeja yang kamu kenakan tetap yang paling penting.

Tips yang tidak kalah penting adalah, pilih warna dasi yang lebih gelap dari kemeja yang kamu kenakan. Sebaliknya, jika warna kemeja yang kamu kenakan sudah gelap, kamu sebaiknya memilih dasi yang terang warnanya. Tujuannya tentu membuat dasi lebih menonjol tanpa membuatnya terlihat norak. Jangan takut untuk mencoba berbagai kombinasi warna untuk menemukan gaya yang sesuai dengan seleramu.

Misalnya saat kamu mengenakan kemeja warna merah gelap, coba deh dasi dengan warna terang seperti krem atau biru muda. Perpaduan antara warna hijau muda untuk kemeja yang berwarna hijau lumut juga sangat keren lho. Agar kamu tidak bingung dan menghabiskan waktu untuk memilih dasi, kamu bisa mengoleksi dasi dengan warna-warna netral.

Hindari Motif Dasi yang Sama dengan Motif Kemeja

Sumber gambar unsplash.com

Dasi formal biasanya memiliki motif, ada yang sangat menonjol dan ada yang motifnya lebih detail dan lembut. Oleh karena itu, hindari memilih motif dasi yang sama dengan motif kemeja. Kombinasi yang ideal memang motif dan tidak motif. Artinya, jika kamu sudah mengenakan dasi bermotif, pilih kemeja yang polos dan sebaliknya.

Namun buat kamu yang ingin bereksperimen gaya, boleh lho mengkombinasikan dua motif sekaligus pada kemeja dan dasi yang kamu pakai. Tetapi ingat bahwa kamu tidak boleh memilih motif yang sama besarnya atau sama kecilnya.

Kombinasikan motif kecil dengan motif yang besar agar seimbang. Contoh sederhananya, jika kemejamu sudah bermotif garis-garis, jangan memakai dasi yang garis-garis juga.

Pakailah Dasi yang Bermotif, Tapi Tidak Norak

Sumber gambar unsplash.com

Pemilihan warna dasi harus disesuaikan dengan acara yang dihadiri. Untuk acara formal, piliha dasi yang polos dan berwarna gelap untuk menunjukkan keseriusan. Dalam pakaian setelan jas, dasi akan menjadi pusat perhatian sehingga tidak bisa dipilih sembarangan.

Kalau mau aman, pakai saja kemeja berwarna putih yang cocok dengan berbagai warna jas dan dasi. Tetapi kamu harus tetap bisa memadu padankan warna dasi dan kemejanya. Dasi dengan warna navy atau merah maroon cocok dipasangkan dengan jas berwarna agak terang.

Satu hal yang harus kamu ingat adalah jangan terlalu berani dalam tabrak warna. Pastikan kombinasi warna yang kamu pilih cocok satu sama lain. Pemilihan warna yang terlalu mencolok justru akan membuatmu terlihat norak dan sama sekali tidak menarik.

Jangan Lupa Ukur Panjang Dasi

Sumber gambar unsplash.com

Ini nih aspek selanjutnya yang harus jadi perhatianmu. Sesuaikan panjang dasi dengan postur tubuhmu. Lebar dasi yang paling ideal adalah 6 sampai 9 cm, sementara panjangnya berkisar angtara 130 hingga 150 cm. Semakin tinggi postur tubuhmu, maka kamu boleh memilih dasi yang semakin panjang dan lebar.

Tapi jangan sampai dasimu melebihi kerah kemejamu ya. Kalau terlalu dipaksakan, yang ada kombinasi dasi dan kemejamu malah akan terlihat aneh. Untuk jas berukuran standar, ujung dasi sebaiknya jatuh hingga ke ikat pinggang. Namun jika kamu memilih setelah short suit, panjang dasi yang ideal adalah di atas pusar.

Namun jika kamu punya tubuh yang tinggi, hindari dasi yang terlalu pendek, apalagi yang hanya sampai pusar saja.

Pertimbangkan Model, Dasi Panjang atau Kupu-Kupu?

Sumber gambar unsplash.com

Di antara banyaknya model dasi yang ada, dua yang paling terkenal adalah dasi kupu-kupu dan dasi panjang. Dibandingkan dengan dasi panjang, dasi kupu-kupu atau bow tie memiliki kesan yang lebih formal sehingga sering dikenakan ke acara-acara resmi seperti perjamuan makan malam. Kamu pasti sering juga melihat para selebriti pria mengenakan dasi kupu-kupu saat datang ke acara penghargaan bukan?

Tidak hanya itu, dasi kupu-kupu juga kini banyak digunakan untuk penampilan non-formal hingga kasual, tergantung dari padu padan outfit yang dikenakan saat itu. Sementara dasi panjang lebih identik dengan seragam kantoran dan acara-acara lain yang sifatnya tidak terlalu resmi.

Rekomendasi Dasi Pria (2020)

Executive-Dasi Slim

Buat kamu pekerja kantoran yang diwajibkan memakai dasi, pastikan kamu punya jumlah dasi yang cukup sehingga bisa berganti-ganti dan tidak memakai yang itu-itu saja. Oh iya, mengoleksi warna yang netral akan memudahkan kamu untuk memadu padankan dengan warna jas dan kemejamu.

Seperti dasi yang satu ini. Dasi Slim dari Executive hadir dalam warna abu-abu yang netral, bisa kamu padukan dengan kemeja yang warnanya lebih gelap. Pilihan motifnya yang elegan dan tidak norak akan memberikan statement berbeda pada gayamu.

Harga Rp. 75.000-125.000

Dasi Executive Kantor Formal Pria Blue Flower

Bicara soal motif, mungkin motif floral sangat jauh dari pikiranmu karena kesannya yang terlalu feminin. Padahal tidak selalu demikian lho. Motif floral juga bisa menambah maskulinitas dalam dirimu. Tidak percaya? Tengok deh Dasi Executive Kantor Formal Pria Blue Flower yang satu ini.

Dasi yang halus berkilau ini terbuat dari bahan South Korea silk berkualitas dengan panjang 145 cm. Lebar yang paling besar adalah 6 cm sementara lebar terkecil adalah 3.5 cm. Kamu masih punya piliha motif lain juga lho dari jenis dasi yang ini. Tinggal pilih saja warna yang sepadan dan serasi dengan kemeja yang kamu pakai pada hari itu.

Harga Rp. 35.200-50.000

Dasi Executive Batik

Batik sebagai identitas bangsa patut kamu hadirkan dalam outfit yang kamu kenakan sehari-hari. Jika kamu khawatir akan terlihat "too much" karena mengenakan kemeja bermotif batik, pilih saja bermotif batik.

Dasi Executive Batik ini hadir dalam berbagai pilihan motif dan warna yang kece. Terbuat dari bahan poliester impor berkualitas yang awet dan tahan lama. Dasi yang satu ini sangat kokoh, tidak mudah lemas dan loyo karena dilengkapi dengan tulang dasi. Dengan bahan yang tebal dan jahitan rapi, dijamin kamu akan semakin percaya diri memakainya.

Produk ini juga cocok untuk dijadikan hadiah bagi orang tersayang karena dilengkapi dengan kemasan kotak elegan.

Dasi Executive Kantor Formal Pria Solid Color Oblique-Black

Padanan antara kemeja dan dasi sangatlah penting. Kombinasi keduanya akan menentukan apakah dasi yang kamu pakai menonjol dan menjadi poin tersendiri dalam penampilanmu.

Untuk kemeja berwarna dasar, pilihan Dasi Executive Kantor Formal Pria Solid Color Oblique-Black adalah yang terbaik buatmu. Dasi berwarna hitam ini hadir dalam motif garis dari tenunan bahannya. Sangat kental dengan gaya klasik dan konservatif, namun tidak ketinggalan zaman.

Kalau ingin yang sedikit berwarna, pilih saja yang ada motifnya. Yang penting dasi yang kamu pilih serasi dengan kemaja dan jas yang kamu kenakan saat itu.

Harga Rp. 100.000-125.000

Dasi Skull Executive

Bergaya formal tidak harus kaku. Tunjukkan keunikan gayamu dengan memilih motif dasi yang tidak biasa. Misalnya Dasi Skull Executive ini. Motif kepala tengkorak memang tidak umum, apalagi buat gara yang formal.

Tapi tidak salahnya lho bereksperimen. Asalkan warna yang motifnya pas, bukan tidak mungkin gayamu malah terlihat unik dan berbeda. Meski motifnya tidak terlalu kaku, kamu bisa mengenakan dasi ini untuk acara-acara yang formal lho. Panjang dasi ini adalah 145 cm dengan lebar 6 cm. Bahan pembuatnya adalah poliester berkualitas yang awet dan tahan lama.

Harga Rp. 48.000-60.000

Dasi Kupu-Kupu Executive

Dasi kupu-kupu memang punya kelebihan membuat seorang pria terlihat lebih gagah dan berwibawa, apalagi jika setelan jas dikenakan bermodel tuksedo. Di acara-acara resmi seperti pernikahan, dasi kupu-kupu juga jadi pilihan yang utama lho. Bila kamu menghadiri acara yang sifatnya sangat resmi, dasi jenis ini patut jadi pilihan.

Dasi Kupu-Kupu Executive adalah satu set produk yang tidak hanya terdiri dari dasi saja lho. Dalam satu kotaknya kamu bisa mendapatkan 1 buah dasi formal berukuran 145 x 6 cm, 1 buah dasi kupu-kupu berukuran 12 x 6 cm, dan 1 buah sarung tangan berukuran 22 x 22 cm.

Dengan membeli 1 produk ini saja, kamu sudah siap untuk tampil keren dan maskulin lho. Berbagai pilihan warnanya juga menarik. Ada polkadot, flower, clover, dan square.

Harga Rp. 51.000-117.500

Executive-Dasi Motif Garis

Jika kamu berpostur tinggi besar, memilih dasi yang sedikit lebar dari ukuran biasa masih aman kok. Selain itu pertimbangkan juga pemilihan motif dan warnanya. Biru adalah warna yang netral dan mudah dipadukan dengan warna lainnya. Motif garis-garis yang klasik juga akan bisa melengkapi penampilanmu.

Executive-Dasi Motif Garis ini adalah rekomendasi produk yang pas untukmu. Dasi yang terbuat dari bahan poliester ini hadir dalam warna biru yang memukau. Dihiasi dengan motif bergaris yang klasik dan menarik, cara perawatannya pun sangat mudah. Kamu tinggal menggunakan deterjen yang berbahan lembut untuk mencucinya.

Harga Rp. 99.000

Executive-Dasi Motif Bintik Slim

Selain kemeja dan setelan jas, pemilihan warna dasi juga harus disesuaikan dengan warna kulitmu juga. Apabila kamu berkulit gelap, jangan memilih warna dasi yang terlalu gelap juga. Pilih warna yang sedikit ringan, namun tidak terlalu terang. Sementara kamu yang berkulit putih boleh memilih warna dasi yang gelap.

Executive-Dasi Motif Bintik Slim wajib masuk dalam koleksimu. Dasi berwarna gelap ini punya motif bintik dengan berbagai warna yang kecil sehingga tetap membuatmu terlihat keren. Panjang dasi adalah 145 cm sehingga bisa dipakai oleh siapa saja, baik yang bertubuh tinggi maupun pendek. Kenakan dasi ini saat kamu menghadiri berbagai acara formal atau saat bekerja.

Harga Rp. 32.200-79.600

Executive-Dasi Medium

Warna biru telah menjadi standar dalam pemilihan warna dasi. Hal ini memang tidak buruk, tetapi gayamu akan terlihat sangat biasa dengan dasi warna ini. Pilih warna lain untuk membuatmu terlihat berbeda, misalnya seperti warna merah marun.

Executive-Dasi Medium ini misalnya. Dasi dengan tekstur lembut ini pas untuk melengkapi penampilanmu saat memakai jas berwarna gelap dan kemeja yang sedikit terang. Ada juga pilihan motif yang menarik agar penampilanmu tidak terlihat terlalu membosankan.

Harga Rp. 75.000-125.000

Dasi Coklat Tua Motif Executive

Terakhir ada rekomendasi produk yang keren ini. Motif garis-garisnya adalah kombinasi motif yang tebal dan tipis, dengan warna yang tidak biasa pula. Dasi Coklat Tua Motif Executive yang kaya akan motif dan berwarna cerah ini bisa melengkapi penampilanmu saat mengenakan setelan dan kemeja yang warnanya sedikit gelap.

Dasi ini memiliki panjang 134 cm dengan lebar bagian segitiganya adalah 7,5 cm. Terbuat dari bahan poliester impor yang tebal dan berkualitas. Tersedia juga packing yang cantik, cocok sebagai kado.

Harga Rp. 89.000
From our editorial team

Hindari Dasi dengan Warna Norak Agar Penampilan Terlihat Dewasa

Kalau ingin menonjolkan penampilan yang terlihat dewasa dan profesional, sebaiknya kamu memilih dasi dengan warna-warna netral dan gelap. Boleh saja memilih dasi bermotif, tapi jangan motif yang norak ya. Cek lagi rekomendasi dasi BP-Guide di atas lalu pilih mana yang paling pas dengan gayamu.