10 Rekomendasi Produk Skincare Pagi yang Bikin Kamu Lebih Siap Beraktivitas (2021)

10 Rekomendasi Produk Skincare Pagi yang Bikin Kamu Lebih Siap Beraktivitas (2021)

Jangan lewatkan merawat kulit setiap pagi usai bangun tidur. Rawat kulit dengan memakai skincare pagi. Jangan asal pakai saja, ada urutan yang harus kamu ikuti agar hasilnya bisa lebih maksimal. BP-Guide menunjukkan urutan yang benar dalam memakai skincare pagi. Jangan khawatir karena kami juga merekomendasikan deretan produk terbaik untuk melengkapi skincare pagi kamu. Cek segera, ya!

Tak Perlu Makeup Tebal Kalau Kamu Rajin Pakai Skincare

Skincare berbeda dengan makeup. Memakai makeup bisa bikin wajah tampak sempurna namun hasilnya tidak permanen. Skincare berfungsi merawat kulit sehingga kesehatannya terjaga dan bikin wajah lebih cantik alami. Banyak wanita yang mulai merawat kulitnya dengan skincare sehingga tidak perlu lagi makeup tebal untuk menyempurnakan tampilan wajah.

Skincare sendiri wajib dipakai pagi dan malam hari. Hal ini untuk memaksimalkan perawatan kulit. Di pagi dan malam hari, perawatannya berbeda dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Pada artikel kali ini, kita akan membahas pentingnya skincare pagi.

Skincare pagi adalah deretan produk skincare yang wajib kita gunakan di pagi hari saat kita bangun dan sebelum memulai aktivitas pagi. Pemakaian skincare pagi secara rutin bisa membuat kulit jadi lebih ternutrisi dan lebih sehat. Kulit jadi lebih siap berhadapan dengan radikal bebas, sinar UV, polusi, dan lain sebagainya.

Memakai skincare pagi akan membersihkan kulitmu dari sebum selama kamu tidur. Skincare pagi juga akan mempersiapkan kulitmu agar lebih siap sebelum dipakaikan makeup untuk beraktivitas. Skincare juga akan menutrisi kulit agar lembap seharian sehingga elastisitasnya terjaga, terbebas dari iritasi dan kulit kering, serta bisa tampak lebih awet muda.

Urutan Memakai Skincare Pagi

Awali dengan Cleanser lalu Gunakan Facial Wash

Awali pagimu dengan memakai cleanser yang dilanjutnya dengan memakai facial wash. Pemakaian cleanser berfungsi untuk mengangkat residu yang tersisa saat tidur sehingga bisa terangkat sempurna. Ketika kita tidur, kulit memproduksi minyak seperti sebum yang bisa menutup pori-pori. Jika tidak dibersihkan maka bisa menyebabkan komedo hingga jerawat.

Memakai cleanser akan membersihkan sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit dengan lebih baik. Setelahnya sempurnakan pembersihkan kulit dengan memakai facial wash. Ini akan membuat wajah lebih segar dan bersih.

Pilih facial wash dan cleanser sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

Gunakan Toner atau Essence

Gunakan toner atau essence untuk perawatan kulit pagi selanjutnya. Pemakaian toner atau essence bisa membuat penyerapan skincare selanjutnya bisa lebih maksimal. Kedua produk ini sama fungsinya namun memiliki perbedaan juga.

Toner bisa mengembalikan kelembapan alami wajah yang hilang setelah pemakaian cleanser dan facial wash. Toner juga memastikan kulit terhidrasi dengan baik. Gunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Essence hampir mirip dengan toner namun bisa lebih melembapkan. Kamu bisa memakai toner dan essence berurutan. Atau bisa juga memilih salah satunya saja.

Essence merupakan cairan bening dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Produk ini bisa menghidrasi dan menyeimbangkan kembali lapisan kulit. Bahannya memiliki tekstur ringan sehingga lebih cepat meresap ke kulit. Cukup tuang ke tangan lalu oles dan tepuk-tepuk ke seluruh wajah.

Aplikasikan Serum

Gunakan serum pada wajah usai memakai toner. Serum wajah memiliki formula yang terkonsentrasi sehingga bisa diserap kulit dengan cepat. Dibuat dengan ramuan khusus, produk serum akan bisa mengatasi kulit sesuai keluhannya.

Ada banyak jenis serum di pasaran. Kamu bisa memilih sesuai hasil yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin hasil kulit lebih cerah, lebih lembap, lebih bebas minyak, bebas noda, tampak lebih muda, dan lain sebagainya.

Kamu bisa juga memilih serum wajah dari kandungannya. Ada yang mengandung vitamin C, vitamin E, hyaluronic acid, niacinamide, dan lain sebagainya. Sesuaikan kandungan dengan jenis kulit dan kondisi kulit untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemakaian serum.

Gunakan Pelembap

Kamu wajib memakai pelembap setiap hari. Pemakaian moisturizer atau pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit dan bikin kulit jadi lebih halus sepanjang hari. Pelembap wajib dipakai semua jenis kulit, bukan hanya kulit kering saja. Kamu yang memiliki kulit berminyak pun wajib memakai pelembap agar kulit terhidrasi dengan baik.

Tentunya pemilihan pelembap harus disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit yang berminyak misalnya, pilih pelembap yang bisa mengurangi produksi sebum di kulit. Untuk kulit yang kering bisa memakai pelembap yang memiliki kandungan yang bisa melembapkan dengan maksimal.

Pilih juga tekstur pelembap sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit kering, kamu bisa utamakan pelembap bertekstur krim. Sementara untuk kamu yang memiliki kulit berminyak bisa memilih tekstur pelembap cair atau gel.

Jangan Lupa Sunscreen

Dalam langkah terakhir pemakaian skincare pagi, kamu wajib memakai sunscreen. Produk yang satu ini berfungsi melindungi kulit kamu dari bahaya efek sinar UV. Meski ada di dalam rumah, ada kalanya kamu terpapar sinar matahari. Jadi, sebaiknya kamu melindungi diri lebih maksimal dengan memakai sunscreen, ya.

Paparan sinar UV bisa jadi salah satu sebab kanker kulit sehingga tidak ada salahnya memakai sunscreen secara teratur. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Ini Loh Produk Skincare yang Bisa Kamu Andalkan di Pagi Hari

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan pembersih wajah yang bisa kamu andalkan setiap pagi. Produk ini begitu populer di pasaran karena cocok untuk semua jenis kulit. Formulanya yang lembut dan ramah kulit bikin kulit jadi terasa nyaman tanpa rasa kering atau rasa berminyak.

Cleanser ini akan membersihkan dengan maksimal. Wajah jadi bebas sel kulit mati, minyak, debu, dan sisa skincare malam. Cleanser tidak meninggalkan residu di kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. pHnya seimbang sehingga tidak mengiritasi kulit. Produk juga tidak mengandung wewangian sehingga aman di kulit. Ada berbagai ukuran kemasan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 38.990-130.000

Nivea MicellAir 0% Alcohol

Nivea MicellAir 0% Alcohol boleh juga kamu gunakan sebagai pembersih di pagi hari saat bangun tidur. Produk ini dipersembahkan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Tidak hanya bisa membersihkan makeup dan kotoran di wajah, micellar water ini juga bisa menutrisi kulit berkat kandungan 3 black minerals di dalamnya. Ada kandungan black tea, blackcurrant, dan blackberries yang bisa mencerahkan kulit, melembutkan kulit, dan menghidrasi kulit secara maksimal.

Harga Rp. 14.740-60.000

ERHA TruWhite Brightening Facial Wash

ERHA TruWhite Brightening Facial Wash ini cocok untuk kamu gunakan di pagi hari. Diperkaya niacinamide yang bisa melembapkan wajah, produk ini juga akan mencerahkan wajah. Ada juga bahan pineapple enzyme yang bisa memperbaiki tampilan pori dan bisa menstimulasi pembentukan kolagen.

Pencuci wajah ini juga bisa meremajakan sekaligus meratakan lapisan kulit. Di dalamnya juga ada formula D-Pathenol dan ekstrak aloe vera yang akan menenangkan kulit yang breakout. Produk juga memiliki kandungan witch hazel yang akan bekerja sebagai antiinflamasi.

Tekstur produknya gel dan ringan. Dibuat tanpa SLS sehingga tidak banyak mengeluarkan busa. Ini aman untuk kulit kering. Kadar pH seimbang sehingga bisa digunakan semua jenis kulit juga.

Harga Rp. 71.100-99.500

Safi White Expert Skin Refiner

Safi White Expert Skin Refiner merupakan toner yang bisa memanjakan kulit kamu. Terbuat dari bahan bermanfaat seperti jintan hitam alias habbatussauda, produk ini akan menutrisi kulit dengan baik. Ada juga kandungan ekstrak jamur dan oxywhite technology yang bisa membantu mencerahkan wajah dan menjaga kelembapan wajah. Produk sudah BPOM sehingga terjamin keamanannya.

Harga Rp. 34.000-49.500

Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner

Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner merupakan toner yang unik dari segi tampilan. Dikemas dalam botol, di dalamnya ada kelopak bunga mawar asli yang pastinya bisa memberikan manfaat lebih baik untuk produknya. Toner ini akan menenangkan kulit kering dan iritasi. Produk juga bisa menghidrasi secara maksimal sehingga kulit bisa menyerap nutrisi dari produk skincare yang digunakan selanjutnya.

Formulanya bekerja seperti pelembab alami kulit. Toner akan mengikat air pada lapisan terluar kulit dan menjaga kulit lembap selama 72 jam. Produk juga kaya antioksidan yang bagus untuk membantu menghalau radikal bebas penyebab masalah kulit.

Harga Rp. 93.000-112.000

PIXY White Aqua Hydra Moist Essence

PIXY White Aqua Hydra Moist Essence adalah produk yang cocok untuk kulit wajah sensitif. Produk sudah diuji klinis sehingga terjamin keamanannya. Essence bebas alkohol sehingga dijamin tidak akan bikin kulit jadi mudah iritasi.

Di dalamnya ada formula moisture lock agent dan intense hydra active sehingga bisa menghidrasi kulit secara maksimal dan bisa melembapkan wajah dengan baik. Ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kusam dan ingin mencerahkan wajah karena di dalamnya ada bahan niacinamide yang bisa meratakan warna kulit wajah dan memutihkannya.

Harga Rp. 50.000-75.000

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum bisa kamu andalkan jadi serum andalan setiap pagi. Somethinc sukses menghasilkan produk serum wajah terbaik versi lokal yang diminati sebagian wanita Indonesia. Ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Di dalamnya ada niacinamide yang bisa memperkuat skin barrier. Ada juga kandungan pencerah wajah yang bisa membantu produksi ceramide. Bahan beet di dalamnya bisa melawan radikal bebas dan menstabilkan kelembapan kulit. Tekstur kulit jadi lebih baik dan kulit juga lebih cerah.

Produk hadir dengan tekstur ringan seperti air. Selain cepat diserap wajah, produk tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

Harga Rp. 89.000-149.000

Wardah Crystal Secret Refreshing Day Gel

Wardah Crystal Secret Refreshing Day Gel hadir dengan tekstur ringan. Produk ini tidak lengket di kulit. Day gel cepat diserap kulit dan bisa melembapkan tanpa membuat kulit jadi tampak berminyak. Ada efek segar yang bisa menghidrasi kulit wajah jadi lebih baik. Formulanya juga bisa memperkuat skin barrier.

Produk hadir dengan SPF 35 PA+++ sehingga bisa melindungi kulit dengan baik dari paparan sinar UVA dan UVB. Ada juga bahan kombinasi alpha arbutin dan niacinamide yang bisa membantu meratakan dan mencerahkan warna kulit. Day gel ini cocok untuk kulit dehidrasi dan normal cenderung berminyak.

Harga Rp. 37.000-79.000

Innisfree Orchid Day Cream

Innisfree Orchid Day Cream membantu kamu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Dibuat dengan ekstra bunga anggrek dari pulau Jeju, day cream ini akan menjaga elastisitas kulit. Bahan tersebut juga bisa membantu menghambar munculnya garis halus, menyamarkan noda hitam, dan membuat kerutan memudar.

Kamu bisa memakainya di ujung usia 20 tahun atau di awal 30 an. Produk juga dibekali dengan SPF 30. Day cream sudah memiliki sertifikasi BPOM sehingga dijamin keamanannya.

Harga Rp. 295.000-501.600

Vaseline Daily Sun Care UV Protection Stick

Vaseline Daily Sun Care UV Protection Stick merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini praktis dibawa kemana saja. Pengaplikasian produk juga sangat mudah. Kamu tinggal munculkan produknya dengan memutar bagian bawahnya lalu oles ke seluruh wajah dan leher secara merata.

Uniknya, produk tidak hanya bisa melindungi wajah dari efek sinar buruk sinar UV, sunscreen ini juga bisa melembapkan wajah sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Di dalamnya ada SPF 50+ PA++++ yang maksimal melindungi kulit. Selain itu, ada juga bahan seperti sunflower oil, petroleum jelly, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 112.000-166.000
From our editorial team

Skincare Pagi Bisa Menghemat Keuangan

Pemakaian skincare pagi sangat penting dilakukan agar wajah lebih ternutrisi dan lebih terawat sehingga terhindar dari berbagai masalah wajah. Selain itu, ini juga bisa menghemat keuangan kamu. Misalnya saja kamu tidak rajin pakai skincare dan hanya pakai kosmetik secara terus menerus. Kulit kamu jadi kurang terawat dan akhirnya timbul aneka masalah kulit serius. Ini tentu bikin kamu jadi keluar banyak uang untuk pengobatan kulit. Daripada uangmu habis untuk ke dokter kulit dan membeli obat yang harganya mahal, bukankah lebih baik jika kamu merawat kulit dengan skincare agar tidak sampai berobat ke dokter.