10 Rekomendasi Mukena Batik Terbaik Buat Anda yang Nggak Suka Mukena Polos (2022)

10 Rekomendasi Mukena Batik Terbaik Buat Anda yang Nggak Suka Mukena Polos (2022)

Sumber gambar hijabenka.com

Mukena batik kini jadi salah satu tren yang disukai kaum hawa. Motif batik yang cantik memberikan sentuhan berbeda ketika Anda beribadah. Yuk, simak rekomendasi mukena batik dari BP-Guide dalam artikel berikut!

Buat Anda yang Tidak Suka Mukena Polos, Pilih Mukena Batik Aja!

Sumber gambar tokopedia.com

Mukena tidak lagi mempunyai desain monoton dan warna putih atau desain yang polos. Saat ini, telah banyak merek lokal yang merilis koleksi mukena terbaru dengan model yang bervariasi. Anda pun bisa memilih warna dan motif yang sesuai dengan keinginan. Salah satu motif yang dapat Anda pilih adalah motif batik.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mukena Batik

Jenis Bahan

Sumber gambar tokopedia.com

Memilih mukena memang bukan perkara yang mudah, apalagi mukena merupakan fashion item yang sering digunakan sehari-hari. Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memilih mukena adalah bahan yang digunakan untuk membuat mukena.

Pada dasarnya ada banyak bahan mukena yang terasa nyaman untuk digunakan sehari-hari. Anda bisa memilih bahan katun, sutra, spandek, dan rayon. Bahan-bahan ini dikenal sebagai bahan kain yang nyaman karena terasa halus, ringan, dan dingin saat digunakan.

Dengan memilih bahan mukena yang digunakan, Anda bisa beribadah dengan nyaman dan tenang. Apalagi jika Anda melaksanakan shalat berjamaah di masjid, di mana banyaknya orang di masjid kadang membuat ruangan terasa lebih panas.

Ukuran Mukena

Sumber gambar tokopedia.com

Hal yang juga perlu diperhatikan saat memilih mukena adalah memerhatikan ukurannya. Pastikan Anda memilih ukuran mukena yang pas dengan tubuh agar lebih nyaman. Ukuran all size pun belum tentu benar-benar pas untuk Anda, karena standar setiap brand bisa berbeda.

Anda perlu memeriksa kembali ukuran mukena dan roknya apakah betul-betul sesuai dengan tinggi badan Anda. Anda juga sebaiknya memerhatikan ukuran lebar bagian bawah mukena agar bisa lebih leluasa dalam melakukan gerakan sholat.

Anda juga perlu mengecek lubang wajah agar sesuai dengan ukuran wajah Anda, tidak terlalu sempit, dan tidak terlalu besar sehingga membuat rambut keluar. Cobalah mukena sebelum membelinya. Jika Anda membeli via daring, baca dulu deskripsi dan review pembeli.

Model

Sumber gambar zilingotrade.id

Model yang dimaksud di sini bukanlah soal motif dan warna mukena. Tetapi lebih ke bagaimana desain potongan mukena itu dibuat. Secara umum, mukena terdiri dari tiga model, yaitu model mukena konvensional, terusan, dan model ponco.

Mukena konvensional merupakan mukena yang kita kenal pada umumnya, tersedia dalam satu atau dua potong bahan. Selanjutnya ada mukena terusan yang hanya terdiri dari satu atasan panjang saja. Kemudian mukena ponco yang hadir tanpa tutup kepala, dan bisa terdiri dari satu atau dua potong bahan.

Setiap model mukena ini memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing untuk Anda kenakan. Oleh karena itu, cari tahulah model mana yang membuat Anda paling nyaman dalam mengenakan mukena ini.

Kerapian Jahitan

Sumber gambar tokopedia.com

Tips selanjutnya agar Anda bisa nyaman beribadah adalah dengan memperhatikan jahitan dari mukena yang akan digunakan. Jika mukena yang Anda gunakan itu berkualitas, maka jahitannya akan terlihat lebih rapi.

Jika jahitan mukena tidak rapi, bisa-bisa jahitannya copot saat sedang khusuk beribadah. Apalagi jika jahitan yang copot ini terjadi di daerah lubang wajah, pasti akan sangat mengganggu sekali.

Maka dari itu, perhatikanlah bentuk jahitan pada mukena yang hendak dipilih, pastikan tampak rapi dan tak ada yang semrawut apalagi lepas. Karena jahitan yang jelek akan membuat mukena jadi lebih mudah rusak.

Tas Mukena

Sumber gambar blibli.com

Sebenarnya tips satu ini opsional, tapi akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Sebab, dengan memilih mukena yang dilengkapi dengan tas, Anda jadi tidak perlu repot memegang helaian mukena saat membawanya ke masjid.

Tas mukena juga akan memudahkan Anda untuk membawa mukena saat bepergian. Anda pun akan lebih mudah mengambil mukena ini dari dalam tas, karena terpisah dari benda-benda lainnya di dalam tas Anda.

Mukena yang terlindung di dalam tas juga akan mencegahnya cepat kotor karena berbaur dengan barang-barang lain. Anda tentu tidak ingin mengenakan mukena yang kotor untuk menjalankan ibadah sholat, bukan?

Jenis Bahan Mukena yang Nyaman Dipakai

Katun

Jika Anda ingin memiliki mukena batik dengan daya serap yang tinggi, Anda dapat memiliki mukena yang dibuat dari bahan katun. Bahan katun ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap keringat. Pori-pori itu pun akan membuat sirkulasi udara menjadi bagus, sehingga Anda pun akan merasa adem ketika memakainya.

Sifon

Kain sifon sering digunakan sebagai bahan gaun pesta. Namun, bahan ini juga dipakai untuk membuat produk mukena batik. Karakteristik bahan ini adalah permukaannya yang halus dan licin. Saat digunakan, kain sifon terlihat flowy atau jatuh. Bahan ini akan memberikan kesan mewah dan elegan pada mukena Anda.

Rayon

Rayon merupakan kain semi sintetis yang dibuat dari hasil modifikasi sel tumbuhan. Bahan ini memiliki tekstur yang licin seperti kain sutra. Permukaannya pun halus sehingga kulit tak akan terasa gatal. Bahan ini pun tidak mudah kusut, sehingga akan terlihat rapi ketika dipakai meski Anda belum menyetrikanya.

Rekomendasi Mukena Batik Terbaik Buat Anda

Geembe.id Mukena Batik Elisa

Warna-warna earth tone menjadi tren belakangan ini. Jika Anda menyukai warna-warna tersebut, produk ini mungkin akan cocok untuk Anda. Mukena batik Elisa ini hadir dengan kombinasi empat warna dasar seperti cokelat, biru, abu-abu, dan kuning. Kombinasi warna dan desainnya akan memberikan kesan santai, natural, serta membumi.

Harga Rp. 95.000-100.000

Mukena Zianisa Border 2in1 Aleeza

Ziania menghadirkan mukena 2 in 1 yang bisa digunakan dengan tudung atau tanpa tudung. Mukena ini hadir dengan ukuran plus size dan bahan teradem yang membuat Anda lebih khusyu ketika beribadah. Warnanya yang lembut dipadukan dengan motif yang cantik. Dibuat dari bahan katun rayon grade A yang lembut, dingin, dan tidak mudah kusut.

Harga Rp. 200.000-250.000

Batik Bali Lestari Mukena Bali Motif Batik Parang

Motif batik parang mempunyai makna semangat yang tidak pernah padam. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari mukena dengan balutan motif yang penuh arti sekaligus memesona, liriklah produk mukena yang satu ini. Mukena batik Bali Lestari motif parang ini tersedia dalam empat pilihan warna, yakni hitam, merah, biru tua, dan biru muda.

Harga Rp. 150.000-250.000

Leesy.id Mukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik

Mukena ini didesain dengan tudung yang dapat disingkap menjadi model ponco. Praktis! Desainnya pun tampak minimalis dengan warna-warna monokrom. Selain itu, aksen renda pada bagian tepi muka akan memberikan kesan chic pada mukena ini. Mukena ini dibuat dari bahan rayon yang halus dan tipis. Dilengkapi juga dengan tas sehingga makin praktis untuk dibawa.

Harga Rp. 150.000-200.000

Tazbiya Mukena Border Golden Rose Series

Mukena Golden Rose dari Tazbiya menghadirkan motif eksklusif untuk muslimah modern. Detail kepala menggunakan karet lentur sehingga tidak membuat pusing, lengkap dengan fitur karet di lingkar wajah yang melindungi rambut agar tidak keluar. Material yang digunakan adalah katun rayon premium yang mempunyai ciri ringan, adem, menyerap keringat.

Harga Rp. 200.000-250.000

Tazkia Mukena Batik Mega Mendung

Motif batik mega mendung sangat populer di kalangan penyuka batik. Motif batik ini berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas. Kekhasan motifnya sudah dikenal bahkan hingga mancanegara. Apabila Anda menyukai motif asal Cirebon ini, pilih saja mukena batik dari Tazkia. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai batik dengan motif yang khas.

Harga Rp. 200.000-250.000

Putri Dania Mukena Batik Dewasa

Putri Dania juga ikut menghadirkan mukena batik yang cantik, yaitu mukena Bali Motif BATIK CAP ASLI ini. Mukena ini dibuat menggunakan bahan katun rayon yang memiliki karakteristik halus, adem, dan tidak menerawang. Mukena ini pun tersedia dalam ukuran JUMBO yang dapat dikenakan oleh Anda yang memiliki berat badan hingga 80 kg.

Harga Rp. 100.000-120.000

Wearing Klamby Ulos Prayer Set

Wearing Klamby menghadirkan Ulos Prayer Set yaitu mukena yang terdiri dari atasan dan bawahan lengkap dengan tasnya, dan prayer mat atau sajadah. Mukena dari Wearing Klamby ini didesain dengan motif menyerupai bunga yang cantik dan warna amber lime yang lembut. Mukena ini dibuat dari bahan poly satin silk yang halus dan memberikan kesan elegan.

Harga Rp. 250.000-500.000

Tazbiya Mukena Allover Batik Paisley

Bila Anda menginginkan mukena dengan tampilan yang lebih berani, mukena batik ini jawabannya. Motif batik pada mukena ini didesain dengan menyelimuti seluruh bagian mukena, sehingga produk ini tampak stand out. Ukurannya pun tergolong jumbo, sehingga Anda yang berbadan tinggi besar pun dapat merasa nyaman mengenakannya. Terlebih lagi, produk ini terbuat dari katun rayon yang sejuk.

Harga Rp. 150.000-250.000

Batik Alhadi Mukena Bali Dewasa

Mukena batik Alhadi terbuat dari bahan yang sejuk sehingga tidak membuat Anda gerah selama beribadah. Karakter bahan yang digunakan adalah halus, jatuh, dan adem sehingga cocok dipakai di daerah tropis. Warnanya juga tidak mudah luntur, sehingga motif batik yang cantik pada mukena ini pun dapat tahan lama. Mukena ini juga dilengkapi dengan tas.

Harga Rp. 100.000-170.000
From our editorial team

Perhatikan Juga Cara Perawatannya

Dari rekomendasi BP-Guide di atas, apakah Anda menemukan mukena favorit Anda! Bukan hanya punya mukena baru saja lho yang penting. Tetapi Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya. Mencuci mukena dengan cara yang benar bisa membuat mukena Anda lebih awet dan tahan lama!