Ibadah Salat Makin Nyaman dengan 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (2020)

Ibadah Salat Makin Nyaman dengan 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (2020)

Mukena jadi produk paling penting untuk wanita saat akan melaksanakan salat. Intip keutamaan salat dan juga cara memilih mukena terbaik dari kami. Jangan lupa cek juga rekomendasi produknya, ya!

Salat Menjadi Ibadah Wajib yang Memiliki Banyak Manfaat

Salat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim. Ini adalah rukun Islam kedua dan yang paling ditekankan usai dua kalimat syahadat. Salat yang diwajibkan adalah salat 5 waktu yakni, subuh, duhur, asar, maghrib, dan isya. Selain itu, ada juga salat yang disunahkan untuk dilakukan sebagai penyempurna salat 5 waktu.

Salat menjadi sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Rabb-nya. Ibadah yang satu ini tak boleh ditinggalkan karena berakibat dosa besar. Salat 5 waktu merupakan amalan pertama yang akan dihisab di akhir kehidupan nanti. Maka dari itu, jangan main-main dalam salat apalagi sampai meninggalkannya.

Sebagai tiang agama, salat memiliki banyak manfaat untuk jasmani dan rohani kita. Dengan salat, maka ini bisa jadi pelipur ragam penyakit di dalam dada dan pengendali segala masalah yang terjadi dalam kehidupan kita. Salat juga bisa mencegah perilaku keji dan munkar.

Mendirikan salat artinya kita menjaga kebersihan. Sebelum salat kita wajib menyucikan diri dengan berwudu. Ini membuat kita suci dari segala bentuk najis dan kotoran sehingga kita diharapkan selalu berlaku bersih dan suci. Dalam sehari kita salat 5 kali dan berwudu 5 kali, artinya kita sangat menjaga kebersihan diri.

Salat juga bisa membuat seorang hamba terlepas dari beban hidupnya. Dengan mempercayakan dan sepenuhnya pasrah pada Allah, hidup akan jadi terasa lebih ringan dan menyenangkan. Segala kekhawatiran jadi sirna karena sadar bahwa segala sesuatu sudah diatur dan sudah ditetapkan oleh Allah.

Berbagai gerakan dalam salat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ini membuat tubuh lebih bugar dan sehat sehingga terhindar dari aneka penyakit.

Ketahui Syarat Sah Salat Supaya Ibadah Tak Sia-sia

Dalam menjalankan ibadah salat, ada beberapa syarat agar salatmu sah dan ibadah tak jadi sia-sia. Yang pertama adalah wajib menutup aurat. Ketahui batasan aurat wanita saat salat supaya kamu bisa menutupnya dengan sempurna. Gunakan pakaian yang baik dan bisa menutup aurat sepenuhnya. Untuk wanita, auratnya adalah seluruh bagian tubuh kecuali telapak tangan dan muka.

Syarat sah salat selanjutnya adalah suci dari hadas kecil dan besar. Hadas bisa membatalkan wudu dan membuat salat jadi tidak sah. Adapun beberapa hadas kecil seperti kentut, buang air kecil, dan BAB. Sementara, hadas besar adalah kondisi saat wanita sedang haid, nifas, atau sedang dalam keadaan junub.

Syarat selanjutnya untuk salat adalah suci badan, pakaian, dan tempat salat. Bukan hanya pakaian dan tubuh saja yang harus bersih saat menghadap Allah. Kita juga wajib memperhatikan tempat salatnya. Usahakan salat di tempat yang bersih dan suci sehingga salat jadi sah.

Syarat sah selanjutnya adalah sudah masuk waktu salat. Pastikan dahulu apakah sudah masuk waktunya sebelum melakukan salat. Utamakan melakukan tepat waktu, tinggalkan segala hal yang sedang dikerjakan dan utamakan menghadap Allah terlebih dahulu. Terakhir, ada syarat sah salat yakni menghadap kiblat. Setiap muslim hendaknya menyesuaikan diri dengan arah kiblat dari posisinya.

Itulah syarat sah salat bagi umat muslim. Selain itu ada juga syarat wajib salat yang wajib dipenuhi. Syarat wajibnya adalah beragama Islam, sudah baligh, dan berakal.

Lengkapi Kebutuhan Salat Supaya Ibadah Semakin Semangat

Agar makin semangat dalam beribadah, penuhi dulu kebutuhan kamu ketika hendak salat. Untuk wanita, kebutuhan untuk salat di antaranya adalah sajadah, mukena, dan tasbih. Jika kamu melengkapinya, tentu saat salat jadi terasa lebih istimewa dan kita merasa lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.

Syarat sah salat yang pertama adalah menutup aurat. Dengan mukena, kita bisa menyempurnakan penutupan aurat kita. Mukena akan memudahkan gerakan salat kita tanpa takut aurat kita terlihat.

Sajadah merupakan alas untuk melakukan salat. Ini membuat kita jadi lebih yakin akan tempat ibadah kita. Sajadah bisa membuat kita lebih nyaman melakukan gerakan salat. Terakhir, ada tasbih yang kita perlukan. Benda yang satu ini dibutuhkan usai salat. Tasbih kita gunakan untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah.

Tips Memilih Mukena yang Nyaman Digunakan

Utamakan Memilih Bahan yang Nyaman

Mukena sekarang ini hadir dalam berbagai jenis bahan. Kamu bisa memilih bahan mukena yang sekiranya nyaman dan bisa menunjang aktivitas kamu di mana pun kamu berada. Nah, kenali yuk aneka bahan yang bisa kamu gunakan untuk mukena salat.

Pertama, ada bahan mukena katun jepang. Bahan yang satu ini nyaman dan adem digunakan. Motif mukena katun jepang juga sangat beragam sehingga membuat tampilan mukena lebih menarik. Tak heran jika mukena katun jepang banyak disukai.

Selanjutnya, ada bahan katun paris yang dipakai untuk mukena. Bahan yang satu ini adem dan bikin kita tak mudah gerah saat memakainya. Mukena katun paris cepat menyerap keringat meski tampilan kainnya lebih tipis. Umumnya mukena bahan ini hadir dengan motif beragam.

Jangan lewatkan juga mencoba mukena katun rayon. Mukena yang satu ini bahannya mirip kaos sehingga cepat menyerap keringat. Tekstur mukenanya lembut sehingga bikin kita nyaman memakainya.

Ada juga mukena bahan katun silk. Yang satu ini umumnya terkesan mewah dan mudah diatur. Mukena silk biasanya dipakai untuk seserahan pada saat pernikahan. Bahan ini juga adem jadi nyaman digunakan.

Selanjutnya, ada mukena bahan spandeks yang bisa diandalkan. Mukena yang satu ini mudah diatur dan bahannya sangat adem dikenakan. Seratnya halus sehingga nyaman di kulit. Warna dan motifnya juga sangat beragam membuatnya keren saat digunakan.

Pilih Ukuran yang Pas

Pilih ukuran mukena yang pas saat salat. Mukena yang kebesaran dikhawatirkan melorot atau tersingkap saat salat sehingga kurang nyaman dipakai. Mukena yang kekecilan bisa membentuk tubuh dan membuat kita jadi kurang leluasa bergerak. Kebanyakan produsen memang menjual dalam ukuran all size, kendati demikian ukuran all size tiap produsen tentu berbeda.

Perhatikan panjang mukena, apalagi jika kamu termasuk wanita bertubuh tinggi. Lalu, cek juga ukuran lubang wajah agar sesuai dengan ukuran wajahmu. Cek juga lingkar bawah mukena untuk memastikan kaki kamu nyaman dan bisa melakukan gerakan salat dengan leluasa.

Pilih Model Sesuai Selera

Model mukena ada tiga secara umum, yakni terusan, ponco, dan two pieces. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya nyaman untuk dikenakan. Mukena terusan terkesan lebih praktis karena tinggal memasukkan seluruh tubuh dengan mudah. Mukena model ini cocok juga untuk bepergian. Dulunya model mukena terusan banyak dipakai orang tua sehingga anak muda memandanganya kurang modis dikenakan. Namun, sekarang ini sudah ada banyak variasi motif dan warna sehingga mukena terusan ini bisa terkesan modern dan trendi.

Lalu ada juga mukena model two pieces. Ini adalah mukena yang terdiri dari bawahan dan atasan. Bagian kepala memiliki karet untuk pengikat. Motif dan warna mukena model ini sangat beragam sehingga banyak diminati semua kalangan.

Berikutnya ada mukena model ponco yang terbilang unik. Ini adalah mukena abaya di mana terdapat lubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala. Mukena ponco nyaman dipakai bepergian.

Warna dan Motif juga Penting

Pemilihan warna dan motif juga penting saat membeli mukena. Kamu bisa memilih sesuai dengan karakter dan favoritmu. Selain itu pemilihan warna dan motif juga bisa disesuaikan dengan segmentasi usia dan ukuran. Dengan memilih mukena yang memiliki warna dan motif menarik, kamu jadi lebih semangat beribadah dan bisa lebih khusyuk.

Ini Dia Rekomendasi Mukena Terbaik untuk Ibadah Lebih Khusyuk

MUKENA RAYYA By PRICILLA

MUKENA RAYYA By PRICILLA bisa jadi pilihan pertama kamu. Mukena terbaik yang satu ini terbuat dari bahan shinning hyget premium sehingga terkesan mewah dan elegan. Kainnya merupakan campuran poliester dan katun yang nyaman. Tekstur kainnya mengkilap dan ringan. Kain ini dingin dan tak mudah kusut sehingga cocok dikenakan kapan saja. Produk ini hadir dengan softpad yang nyaman di muka. Ada resleting di bagian dagu sehingga bisa menyesuaikan dengan bentuk dan lebar muka. Aksen renda rajut pada mukena ini membuat kesannya makin manis. Ini adalah mukena two pieces yang bagian tasnya bisa digunakan sebagai khimat. Panjang mukenda depan dari dagu adalah 105 cm sementara panjang belakang dari bawah pad 140 cm. Produk ini memiliki lingkar perut 160 cm dan panjang bawahan 125 cm.

Harga Rp. 150.000-200.000

Mukena Tatuis Allura 048

Mukena Tatuis Allura 048 ini merupakan mukena dua warna yang bisa diandalkan. Tak hanya memberi kesan cantik namun juga elegan saat digunakan. Ada empat pilihan warna dengan dua kombinasi warna pastel. Bagian lengan dan roknya memiliki warna yang berbeda. Terbuat dari bahan katun, mukena ini adem dan nyaman dipakai kapan saja. Dalam pembelian sudah lengkap dengan tas sehingga nyaman dibawa kemana saja. Mukena ini memiliki panjang 120 cm dan lebar 125 cm untuk atasannya. Sementara, bagian bawahannya memiliki panjang 112 cm dan lebar 72 cm.

Harga Rp. 107.000-239.000

MUKENA RAYON SHARLA

Jangan lewatkan mukena terbaik selanjutnya, yakni MUKENA RAYON SHARLA. Produk yang satu ini ukurannya sedikit jumbo jadi sangat nyaman digunakan. Bagian atasannya memiliki tali ikat. Mukena ini terbuat dari bahan rayon super yang adem di kulit. Dalam pembelian sudah ada tas untuk membawanya dengan mudah kemana saja. Bagian atasannya memiliki panjang 120-125 cm. Sementara itu, bagian bawahannya memiliki panjang 115 cm dengan lebar 70 cm.

Harga Rp. 110.000-150.000

Tazkia Winter Artwork

Ada juga produk Tazkia Winter Artwork yang bisa jadi pilihan. Mukena terbaik yang satu ini terkesan begitu elegan. Terbuat dari bahan katun rayon, mukena ini nyaman. lembut, dan adem dikenakan. Panjang bagian depan mencapai 116 cm dan panjang belakangnya mencapai 137 cm. Bagian bawahan mukena memiliki panjang 110 cm. Mukena two pieces ini memiliki lingkar 150 cm. Modelnya modis dengan motif dan warna yang menarik.

Harga Rp. 140.000-160.000

Mukena TERUSAN TEROMPAH

Jangan lewatkan juga Mukena TERUSAN TEROMPAH. Ini adalah mukena polos dengan aneka pilihan warna menarik. Kamu bisa memilih warna navy, pink, tosca, krem, marun, dan dusty pink. Mukena ini sudah lengkap dengan tas yang memudahkan untuk dibawa. Produk ini terbuat dari bahan rayon super yang adem dan nyaman dipakai. Ukuran panjang mukena kurang lebih 2 meter dengan lingkar dada 90 cm.

Harga Rp. 80.000-125.000

MUKENA TERUSAN ZAHRA

MUKENA TERUSAN ZAHRA adalah produk selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Mukena ukuran besar ini memiliki motif batik yang elegan. Terbuat dari bahan rayon super halus membuatnya sangat nyaman dipakai. Mukena terbaik ini memiliki panjang 220 cm dengan lingkar 200 cm. Motif batik dari produk ini sangat beragam sehingga saat pengiriman akan dikirim acak.

Harga Rp. 120.000-150.000

Mukena Terusan Batik Cap Hitam Encim Bunga Jumbo Pekalongan

Mukena Terusan Batik Cap Hitam Encim Bunga Jumbo Pekalongan adalah produk yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Mukena terbaik yang satu ini adalah mukena jumbo yang nyaman dipakai bergerak. Produk ini memiliki panjang 220 cm dengan lebar 200 cm. Bahan kainnya sangat halus dan jatuh. Dengan warna dasar putih, mukena yang satu ini memliki motif yang beragam.

Harga Rp. 135.000-351.000

MUKENA BORDIR CASSANDRA SEMI JUMBO By Khadijah

MUKENA BORDIR CASSANDRA SEMI JUMBO By Khadijah tentu tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini bagian atasannya dilengkapi ikat karet. Pada bagian wajahnya memakai karet di bagian dahi sehingga lebih rapat dan tak gampang geser. Mukena terbaik ini terbuat dari bahan katun dengan aksen bordir di selurub permukaannya. Mukena two pieces ini panjangnya 120 cm di depan dan 130 cm di bagian belakang. Bagian bawahannya memiliki panjang 115 cm dengan lebar 70 cm. Ada banyak pilihan warna menarik yang bisa dipilih.

Harga Rp. 275.000-377.000

Mukena Bali Jumbo Rample Sakura Jepang

Mukena Bali Jumbo Rample Sakura Jepang tentu tak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini memiliki atasan dengan panjang 120 cm dan panjang rok 110 cm. Lebar roknya adalah 70 cm. Mukena terbaik ini terbuat dari bahan rayon janger dan rayon print yang nyaman dipakai dalam berbagai suasana. Motif dan warnanya sangat menarik dan elegan.

Harga Rp. 80.000-185.000

Mukena Terusan Prada Catalina

Mukena Terusan Prada Catalina juga bisa jadi pilihan. Produk ini terbuat dari bahan sutera paris yang nyaman dipakai kapan saja. Produk ini memiliki panjang 170 cm dan lebar dada 70 cm. Ada banyak warna menarik yang bisa dipilih. Ukurannya semi jumbo sehingga bisa membuat kita bebas bergerak.

Harga Rp. 199.000-315.000
From our editorial team

Bedakan Mukena untuk di Rumah dan untuk Bepergian

Ketika memilih mukena, tak ada salahnya membedakan mukena untuk digunakan di rumah dan mukena untuk dipakai bepergian. Untuk di rumah, Anda bisa memilih mukena bahan katu yang halus dan kuat. Mukena katun bahannya adem sehingga nyaman digunakan dalam berbagai cuaca. Untuk bepergian tak ada salahnya memakai mukena bahan parasut atau rayon. Mukena semacam ini bahannya ringan, antikusut, dan nyaman digunakan. Ukurannya kecil jadi lebih mudah dibawa kemana saja. Pilih mukena yang dilengkapi tas sehingga mudah dibawa dan praktis.