10 Rekomendasi Mukena Dewasa untuk Sambut Lebaran 2021 (2021)

10 Rekomendasi Mukena Dewasa untuk Sambut Lebaran 2021 (2021)

Lebaran sudah di depan mata. Saatnya kita mempersiapkan diri menuju hari yang fitri. Persiapkan perlengkapan ibadah untuk salat Id. Agar lebih khusyuk, tak ada salahnya membeli mukena yang baru. Kamu bisa lirik dulu tips dari kami untuk memilih mukena terbaik yang akan dikenakan saat Lebaran. Cek juga rekomendasinya dari kami!

Salat Id Lebih Khusyuk dengan Mukena Baru

Hari raya Idul Fitri merupakan momen istimewa karena hanya terjadi setahun sekali. Di hari yang penuh berkah dan kebahagiaan ini, ada beberapa tradisi yang kerap kita lakukan. Beberapa diantaranya adalah takbiran, mudik, hingga bermaaf-maafan. Pada pagi hari usai salat subuh, salah satu sunnah merayakan hari raya Idul Fitri adalah mengerjakan salat Id secara berjamaah. Salat bisa dilakukan di lapangan, masjid, atau tempat luas lain yang bisa menampung umat Islam dalam jumlah banyak.

Sebelum salat Id, kita dianjurkan untuk mandi dan juga memotong kuku. Kita juga wajib tampil dengan pakaian terbaik, memakai wewangian, dan berpenampilan baik dan rapi. Ini dimaksudkan supaya kita tak mengganggu ibadah orang lain. Jika tampilan kita kotor dan bau, tentunya orang di samping kita jadi risih dan kurang khusyuk beribadah.

Selain tampilan diri, yang perlu kita siapkan lainnya adalah perlengkapan untuk menjalankan salat Id. Bagi wanita, perlengkapan utamanya adalah mukena dan sajadah. Kita boleh memakai mukena milik kita yang biasa kita gunakan dalam keseharian. Namun, pastikan saja mukena tersebut sudah dicuci dan disetrika sehingga tampak rapi, licin, dan wangi.

Jika ada rezeki berlebih, tak ada salahnya kalau kita membeli mukena baru khusus untuk hari raya Idul Fitri. Membeli mukena baru bisa bikin kita jadi lebih semangat beribadah pada saat salat Id dan juga lebih semangat beribadah melakukan salat-salat wajib setelah hari tersebut. Ini juga bisa menambah kekhusyukan salat kita. Mukena baru yang rapi dan wangi tentu bikin kita lebih percaya diri menghadap Allah SWT.

Tips Memilih Mukena Lebaran

Bahan

Untuk memilih mukena Lebaran, yang paling utama adalah memilih bahannya. Ada banyak bahan mukena yang ada di pasaran saat ini. Kita bisa memilih bahan parasut, jersey, katun, satin, sutera, dan lain sebagainya. Tak ada larangan bahan apa saja yang ingin kamu kenakan. hal terpentingnya adalah bahannya nyaman untuk kamu kenakan.

Jika kamu tinggal di area yang hawanya panas, akan lebih baik kalau kamu memilih mukena yang bahannya adem. Ini akan bikin kamu lebih betah beribadah dalam waktu lama. Mukena yang bahannya panas bikin cepat gerah dan bikin kamu malas memakainya dalam waktu lama sehingga ibadah juga jadi kurang khusyuk.

Maka dari itu, sebaiknya, kamu memilih mukena yang bahannya lembut, ringan, dan tetap adem dikenakan dalam berbagai cuaca. Mukena semacam ini bikin kamu lebih khusyuk dan lebih betah beribadah tanpa cepat berkeringat.

Ukuran

Ukuran mukena jadi hal lain yang penting untuk kamu pertimbangkan. Kadang kita yang tidak tahu, asal saja membeli mukena. Umumnya mukena hadir dengan ukuran all size. Kendati demikian tak semua mukena ukuran all size memiliki potonganyang sama. Maka dari itu sebaiknya, tanyakan pada penjual ukuran panjang dan lebar mukenanya. Ini supaya mukena benar-benar pas, tidak kekecilan atau kebesaran untuk kamu. Mukena yang ukurannya kurang pas, bikin kita jadi kurang nyaman beribadah.

Model

Model mukena juga wajib jadi pertimbangan saat kamu membelinya. Pilih model yang sesuai dengan kenyamanan kamu agar kamu lebih tenang beribadah. Sekarang ini di pasaran ada banyak sekali model mukena yang bisa kamu pilih.

Pertama, ada model mukena konvensional, yakni mukena yang terdiri dari atasan dan bawahan. Bagian kepalanya memiliki tali atau karet untuk mengencangkannya agar tidak melorot. Lalu, ada juga model terusan. Ini lebih praktis digunakan dan modelnya mirip gamis panjang. Selanjutnya, ada juga model abaya. Ini modelnya terusan namun bagian kepalanya bisa dilepas dan dijadikan model hoodie. Kemudian, ada juga model mukena atasan dan bawahan namun bagian atasannya bisa dilepas untuk dijadikan hoodie.

Warna

Warna juga bisa jadi pertimbangan penting ketika kamu memilih mukena. Pilihan warna bisa berpengaruh juga untuk ibadah kamu. Untuk Lebaran, akan lebih bagus kalau kamu memilih warna putih. Ini karena putih melambangkan kesucian atau kebersihan sehingga kita bisa lebih khusyuk beribadah pada Allah. Namun, boleh juga memilih warna lain selain putih. Kamu bisa memilih warna yang lembut seperti warna-warna pastel karena tidak terlalu mencolok dan mengganggu orang di sekitar kamu. Selain itu, warna yang kalem juga jauh dari kesan norak.

Pilih yang Dilengkapi Tas

Salat Id bisa jadi lokasinya jauh dari rumahmu. Untuk itu, pilih mukena yang sudah dilengkapi dengan tas. Mukena semacam ini bikin kamu lebih praktis membawanya. Mukena bisa dibawa kemana saja tanpa kamu harus repot dan takut mukenanya jatuh, kena cipratan air, dan lainnya. Mukena dengan tas juga bisa lebih rapi dibawa.

Ini Dia Pilihan Mukena Terbaik untuk Lebaran

Nobby Tisya Mukena Exclusive Dewasa Printing

Nobby Tisya Mukena Exclusive Dewasa Printing ini bisa jadi pilihan utama. Mukena yang satu ini cocok untuk dikenakan pada hari raya atau pada hari biasa di rumah. Bahannya dari polysilk printing sehingga terasa lembut dan sangat nyaman di kulit. Bahannya juga adem sehingga cocok untuk daerah yang panas sekalipun. mukena yang satu ini tersedia juga dalam warna hijau dan pink. Ukuran mukenanya all size sehingga dijamin muat untuk ukuran apa saja. Di bagian kepala ada tali sehingga bisa disesuaikan dengan lingkar kepala kamu.

Harga Rp. 399.500

Tatuis Shafwa 022 White

Tatuis Shafwa 022 White pas untuk ibadah hari raya salat Id. Mukena ini warnanya kalem dan pastinya bisa menujukkan kesucian. Potongan mukenanya regular fit. Mukena ini terdiri dari atasan dan juga bawahan. Ada detail tali elastis di bagian kepala. Bawahannya juga memiliki karet elastis yang nyaman dan tidak mudah melorot digunakan.

Bahan mukenanya adalah dari bahan rayon kombinasi tidak transparan, ringan, dan tidak stretch. Dalam pembelian sudah termasuk dengan tas dengan aksen renda yang manis. Ukuran mukenanya all size dengan panjang 120 cm untuk atasannya dan panjang 116 cm untuk bawahannya.

Harga Rp. 155.000-369.000

Mukena Dewasa Gracella Full Bordir Bunga Teratai

Mukena Dewasa Gracella Full Bordir Bunga Teratai ini tampak anggun dan mewah. Kamu tentu lebih percaya diri untuk memakainya kala Lebaran. Bahannya dari katun rayon yang adem, tidak kusut, dan tidak menerawang. Bahannya juga lembut dan nyaman di kulit. Produk ini hadir dengan bordiran cantik yang membuatnya terkesan makin manis.

Mukena ini terdiri dari atasan dan juga bawahan. Produk ini tersedia dalam aneka pilihan warna pastel yang kalem. Ukuran mukenanya jumbo dan cocok untuk yang memiliki tinggi sampai 170 cm dan berat 80 kg. Ukuran panjang atasan depannya 120 cm dan ukuran panjang bawahannya 115 cm.

Harga Rp. 125.000-247.000

Cotton Inch - Attaya Mukena Khadijah Premium

Cotton Inch - Attaya Mukena Khadijah Premium ini juga bisa jadi pilihan yang pas. Produk ini hadir dalam ukuran all size fit to XL dengan panjang atasan 112 cm dan panjang rok 114 cm. Mukenanya nyaman dikenakan karena terbuat dari bahan katun rosella yang ringan, jatuh, dan tidak menerawang.

Desainnya polos dengan bordir floral sehingga kesannya manis dan elegan. Produk ini dijamin tidak bikin gerah selama ibadah. Ada banyak pilihan warna tersedia, seperti putih, abu-abu, navy, biru langit, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 199.000-328.000

MUKENA TAZBIYA ABAYA FADYA

MUKENA TAZBIYA ABAYA FADYA ini berbahan rayon. Bahan ini terkenal tipis, adem, ringan, dan tidak bikin cepat gerah. Mukena ini mudah dibawa kemana saja. Produk ini merupakan mukena terusan yang praktis dan simpel dikenakan. Ukuran lingkar dada 116 cm dengan lingkar ketiak 60 cm. Lebar bahunya 44 cm dan panjang tangannya 76 cm. Panjang mukenanya 160 cm. Saat pembelian sudah lengkap dengan tas cantik yang mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 144.000-383.000

Mylady Mukena Mirella

Mylady Mukena Mirella hadir dengan tas yang keren sehingga kamu mudah membawanya kemana saja untuk beribadah. Mukena yang satu ini terbuat dari bahan berlin glow yang premium dan eksklusif. Bahannya ringan, jatuh, dan adem saat dikenakan. Mukena ini sudah lengkap dengan sajadah dari bahan scuba premium. Ada label logo Myladi di bagian tas dan juga di bagian kepala. Ukurannya all size, dengan panjang atasan 120 cm dan panjang bawahan 117 cm.

Harga Rp. 625.000-675.000

Tazbiya Azmaara

Tazbiya Azmaara hadir dalam deretan warna kalem yang bikin kita makin adem saat ibadah. Motif putihnya jugabisa memberikan kesan lebih adem dan tenang. Mukena terusan ini bikin kita jadi lebih hemat waktu saat akan memakainya. Ada tas warna senada yang melengkapinya sehingga kamu lebih mudah membawanya beribadah kemana saja. Terbuat dari bahan viscose, mukena ini tak mudah kusut. Ukurannya all size dengan panjang 184 cm dan lebar 190 cm.

Harga Rp. 157.000-190.000

Tatuis Mukena Tiara 450 Broken White

Tatuis Mukena Tiara 450 Broken White cocok untuk jadi pilihan saat salat Id. Mukena keren ini hadir dengan model sederhana dengan aksen renda yang membuatnya tampak manis. Dalam pembelian sudah ada tas senada yang cantik.

Mukena ini dilengkapi detail tali elastis. Terbuat dari bahan poly cotton, mukenanya tidak transparan, ringan, dan tidak stretch. Mukena atasan dan bawahan ini bagian bawahannya dilengkapi karet pinggang elastis.

Harga Rp. 164.000-302.000

Mukena Dewasa Hanifah

Mukena Dewasa Hanifah terbuat dari bahan satin velvet. Ini membuat mukenanya memiliki kesan berkilau yang elegan. Warnanya kalem sehingga bikin kita juga lebih khusyuk beribadah. Produk ini terdiri dari atasan dan juga bawahan. Bagian atasan memiliki panjang 130 cm dan bagian bawahan memiliki panjang 115 cm. Lebar bawahannya adalah 72 cm sehingga kamu masih leluasa bergerak. Produk ini memiliki berat 800 gram.

Harga Rp. 254.000-344.000

Mukena Dewasa Bordir Lace Belinda

Mukena Dewasa Bordir Lace Belinda adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini terbuat dari bahan semi sutera velvet. Bahannya lembut, adem, dan jatuh. Produk ini terdiri dari atasan dan juga bawahan. Ukuran atasannya memiliki panjang 125 cm dan ukuran panjang bawahannya 120 cm dengan lebar 70 cm. Ada tas untuk mempermudah kamu membawanya kemana saja.

Harga Rp. 224.900-338.000
From our editorial team

Milikilah Mukena Cadangan di Rumah

Sebagai muslim, salat adalah ibadah yang paling utama. Kita tentu tak mungkin hanya memiliki satu mukena saja. Minimal kita harus punya dua atau tiga buah mukena. Adanya mukena cadangan ini berguna jika satu mukena sedang dicuci dan tidak langsung kering. Dengan adanya mukena cadangan, kita bisa tetap beribadah tanpa harus menunggu mukena lainnya kering. Saat hendak Lebaran, tak ada salahnya membeli mukena baru sebagai cadangan. Jadi semisal mukena yang biasa dikenakan di rumah sudah kurang layak pakai, kamu bisa kenakan mukena baru untuk salat Id. Dengan begini, ibadah kamu juga jadi lebih lancar.