Inspirasi Berbagai Jenis Gantungan yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menggantung Jilbab (2020)

Inspirasi Berbagai Jenis Gantungan yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menggantung Jilbab (2020)

Kamu para Hijabers pasti sering mengalami lemari jilbab yang berantakan dan tidak beraturan bukan? Melalui artikel ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi gantungan jilbab yang akan membantumu merapikan koleksi hijabmu yang menggunung. Apa aja sih? Yuk, simak!

Menyimpan Jilbab Itu Gampang-Gampang Susah Loh

Sumber gambar livingyourtruth.ca

Jangan ngaku Hijabers masa kini kalau kamu belum punya sederet koleksi jilbab. Tapi jangan cuma terus menerus membeli jilbab baru tanpa memikirkan bagaimana cara menata dan menyimpannya dengan baik. Lemari jilbabmu pasti sering berantakan karena kamu suka asal comot dan sering buru-buru sebelum keluar bukan?

Padahal kalau kamu sembarangan menyimpannya, jilbab akan jadi kusut saat kamu pakai. Nggak usah khawatir! Dalam artikel ini BP-Guide akan memberikan saran bagaimana cara menyimpan jilbab yang baik agar tetap tertata rapi dan tidak berubah bentuk.

Berbagai Cara Menyimpan Jilbab

Gantung Hijab yang Paling Sering Kamu Gunakan

Sumber gambar hipwee.com

Dari sekian banyak jilbab yang kamu miliki, pasti ada beberapa yang jadi kesayangan karena sering kamu pakai. Supaya jilbab tetap rapi dan tidak mudah berantakan, gantung saja jilbab yang sering kamu pakai. Simpan di tempat terpisah agar bisa kamu comot dengan cepat tanpa mengacak-acak yang lainnya. Dengan demikian, lemari jilbabmu akan tetap rapi dan kamu tidak akan kebingungan mencarinya.

Susun Sesuai Warna

Sumber gambar gulalives.com

Trik selanjutnya adalah dengan menyusun jilbab sesuai dengan warnanya. Kamu tidak akan bingung saat mencari jilbab tertentu. karena mereka sudah mengelompok bersama dengan warnanya masing-masing. Tidak hanya rapi, tatanan jilbabmu akan terlihat cantik dan bergradasi. Hal ini juga mempermudah kamu untuk memadu madankan jilbab dengan busana yang tepat saat akan beraktivitas.

Perhatikan Material Setiap Jilbab

Sumber gambar ethica-collection.com

Setiap jilbab memiliki bahan pembuat yang berbeda-beda. Ada yang bahannya tebal, licin, atau bertekstur. Jilbab dengan bahan licin tentu lebih cocok untuk menghadiri kondangan dan acara formal lainnya. Sementara untuk sehari-hari, kamu pasti lebih suka jilbab yang simpel bukan?

Bedakan jilbabmu dberdasarkan materialnya. Ini untuk mencegah kamu salah ambil jilbab. Jangan sampai ingin ambil jilbab bahan katun, eh kamu justru mengambil jilbab licin berbahan satin.

Simpan di Balik Pintu Lemari

Sumber gambar hipwee.com

Jika isi lemarimu sudah sangat penuh hingga tidak tersisa ruang untuk menyimpan jilbab, manfaatkan saja ruang kosong di balik pintu lemari. Kamu bisa menggantungkan jilbabmu di sana. Jadi setelah disetrikan, kamu tidak perlu melipat jilbabmu. Cara ini juga bisa mencegah lemari berantakan saat kamu sedang mencari jilbab favoritmu.

Tempat Khusus untuk Menyimpan Jilbab

Sumber gambar batasketik.com

Agar koleksi jilbab terlihat selalu rapi dan pada tempatnya, kamu bisa menyediakan tempat khusus untuk menyimpan jilbab. Cocok untuk kamu yang gak mau riset soal menyimpan jilbab. Misalnya di rak, keranjang, atau lemari khusus.

Saat ini sudah banyak tempat khusus menyimpan jilbab dengan beragam model yang bisa jadi pilihan. Tapi jika kamu ingin terlihat lebih ringkas, kamu bisa menggunakan gantungan jilbab yang kekinian.

Berbagai Benda yang Bisa Dijadikan Inspirasi untuk Gantungan Jilbab

Hijab Hanger Bulat

Sumber gambar shopee.co.id

Gantungan hijab berbentuk bulat sangat serbaguna lho. Kamu bahkan bisa menaruh semua koleksi jilbab di sana.

DC263 Jilbab Hanger Hijab Organizer Ring Bulat Scarf Kerudung Syal Hanger 12 Ring dan 28 Ring bisa dibeli di Shopee seharga Rp 13.700 s/d Rp 18.000. Hanger terbuat dari besi dengan bulatan berdiameter 9 cm, pas untuk jilbabmu. Tersedia 2 pilihan, yaitu rings 3 susun berisi 12 bulatan atau ring 7 susun berisi 28 bulatan.

Hanger Bulat / Ring / Hijab / Jilbab / Kerudung tersedia di Tokopedia seharga Rp 18.900. Gantungan yang terbuat dari bahan besi ini punya bulatan 7 susun ke bawah, satu deret berisi 4 bulatan. Kamu bisa menempatkan semua koleksi jilbabmu pada gantungan ini.

Tie / Belt Hanger

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kamu juga bisa menggunakan gantungan sabuk atau dari untuk mengorganisir koleksi jilbabmu. Bentuk gantungan yang lurus dan lebar tidak akan merusak bentuk jilbabmu.

Tie Belt hook Rack Hanger holder tersedia di Shopee seharga Rp 15.000. Gantungan berukuran 11x12 cm ini hadir dalam warna putih kekinian. Terbuat dari bahan PP yang kuat, didesain dapat berputar 360 derajat sehingga memudahkan kamu saat memilih jilbab.

Gantungan Berdiri Organizer Lemari Dasi Tali Pinggang Topi dijual di Tokopedia seharga Rp 43.000. Dengan ukuran 125x200 mm, gantungan ini bisa berotasi hingga 360 derajat. Gantungan warna hitam yang satu ini terbuat dari bahan plastik tebal untuk menopang berat jilbab yang kamu gantungkan.

Towel Hanger

Sumber gambar www.blibli.com

Dengan menggunakan towel hanger, jilbabmu tidak akan mudah kusut dan awet kerapiannya.

Gantungan Handuk Toilet - Silver dapat dibeli di Blibli seharga Rp 99.000 Bentuknya yang minimalis tidak memakan banyak tempat, ditambah desain yang kuat dan tahan lama. Ukurannya adalah 59-60 cm, pas untuk menggantung koleksi jilbab milikmu.

Gantungan Handuk Tanpa Paku / Towel Hanger / Rak Handuk Double tersedia di Tokopedia seharga Rp 49.073. Kamu tidak perlu menggunakan paku karena gantungan ini bisa ditempelkan di dinding dengan double tape. Terbuat dari bahan stainless yang kuat dan anti karat, mencegah jilbabmu tampak berantakan.

Shower Curtain Rings

Sumber gambar hipwee.com

Gantungan gorden bathtub juga bisa kamu alih fungsikan menjadi gantungna jilbab lho. Caranya sangat mudah. Kamu tinggal menyiapkan gantungan gorden bekas, 2 buah paku berukuran sedang, 10-12 ring seukuran tangan, dan pita untuk menghias.

Bentangkan penyangga gorden, lalu paku satu sisinya ke dinding. Setelah itu, masukkan semua ring ada kemudian paku lagi sisi yang lainnya. Perhatikan agar tidak miring ya. Selesai! Gantungan jilbab kece milikmu sudah bisa digunakan.

Tangga

Sumber gambar shopee.co.id

Yang satu ini kekinian banget nih. Memanfaatkan tangga sebagai gantungan jilbab bisa memberikan kesan rustic dan vintage pada kamarmu.

Ladder Hanger warna putih bisa dibeli di Shopee seharga Rp 100.000. Hanger yang terbuat dari kayu ini juga bisa digunakan sebagai gantungan mukena dan sajadah. Tingginya 140 dengan lebar 4 cm, dilengkapi 4 anak tangga yang bisa digunakan.

Tangga Gantungan Mukena, Sajadah, Handuk tersedia di Tokopedia seharga Rp 120.000. Hadir dalam berbagai pilihan warna menarik, mulai dari pastel hingga monokrom. Tangga setinggi 120 cm dengan lebar 40 cm ini memiliki cat duco finisihing, terbuat dari kayu jati Belanda.

Folding Hanger (Jemuran Lipat)

Sumber gambar www.blibli.com

Folding Hanger atau jemuran lipat juga bisa kamu manfaatkan untuk menggantung koleksi jilbab milikmu.

MAGIC FOLDING hanger 8in1 dijual di Lazada seharga Rp 95.000. Terbuat dari bahan yang kuat dan tebal, bisa berputar hingga 360 derajat. Selain praktis, gantungan ini juga menghemat tempat. Bagian bahunya tidak licin, sehingga jilbabmu awet rapinya.

DTShop Portabel Model Lipat Jemuran Baju bisa dibeli di Blibli seharga Rp 220.000. Gantungan berbahan besi dengan desain ringan dan ergonomis. Dapat digunakan untuk menggantung hingga 24 jilbab yang kamu miliki.

DIY Vintage Board

Sumber gambar rooang.com

Satu lagi nih gantungan jilbab yang bisa kamu bikin sendiri. Bahan yang diperlukan adalah papan kayu bekas, penjepit jemuran, lem kayu, cat kayu dan kuas, serta bor dan paku. Yuk, simak gimana cara membuatnya.

  • Potong papan kayu sesuai ukuran yang diinginkan, ukuran yang ideal adalah 40-60 cm.
  • Cat ujung penjepit kayu dengan warna yang sudah kamu siapkan, biarkan mengering.
  • Olesi penjepit dengan lem lalu tempelkan pada papan. Lakukan sampai penjepit habis dengan jarak yang teratur.
  • Bor kedua ujung papan kayu bagian atas untuk menempelkan papan pada dinding. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggantung papan kayu dengan kawat.
  • Pasang gantungan jilbab pada dinding dan siap digunakan!

Shoes / Accessories Hanger

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rak sepatu plastik juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menata jilbabmu agar tidak terlihat berantakan. Kamu bisa menggunakan tak bekas yang sudah tidak kamu pakai lagi lho.

Radysa Hanging Shoe Organizer Cream bisa dibeli di Blibli seharga Rp 75.000. Terdapat 11 ruang untuk menggantung jilbab kesayanganmu. Rak yang satu ini sangat praktis dan tidak memakan banyak ruang.

RAK SEPATU GANTUNG Polos Hanging shoes Organizer HSO Murah bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 39.900. Meski fungsi aslinya adalah sebagai penyimpanan sepatu, kamu juga bisa menggunakannya untuk menata jilbabmu. Gantungan ini sangat kuat karena terbuat dari bahan plastik tebal dan berkualitas.

Glass Hanger

Sumber gambar www.blibli.com

Ada lagi nih ide gantungan jilbab yang unik, kali ini terbuat dari gantungan gelas. Kamu bisa memodifikasi gantungan ini agar menjadi tempat penyimpanan jilbab yang cantik.

Uwitan Mug Holder MInimalis Gantungan Cangkir dan Gelas dijual di Blibli seharga Rp 125.000. Terbuat dari bahan Mahogany Wood dengan warna cokelat yang keren, finishing gantungan ini adalah NC Laquer. Dimensinya 15x15 cm, pas untuk kamu tempatnya di dalam lemari.

Terakhir ada GLASS HOLDER minimalis dari brand Informa ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 169.000. Tersedia dalam warna Dark Brow dan Beige yang bisa kamu pilih. Desainnya sangat menarik.

From our editorial team

Jilbab Lebih Tertata, Suasana Hati Ikut Membaik

Ada istilah "lemari yang rapi akan merapikan pikiranmu juga". Dengan rak jilbab rekomendasi BP-Guide di atas, barang-barangmu akan menjadi lebih tertata dan suasana hati juga akan semakin membaik. Yuk, pilih yang mana favoritmu!

Tag