Modis dan Bikin Kamu Makin Gaya, Intip Rekomendasi 10+ Dompet Lokal yang Keren di Sini

Modis dan Bikin Kamu Makin Gaya, Intip Rekomendasi 10+ Dompet Lokal yang Keren di Sini

Sumber gambar fjb.kaskus.co.id

Soal kreativitas, Indonesia memang tidak kalah dengan negara-negara maju. Di industri mode, para desainer telah menunjukkan potensi serta menegaskan Indonesia sebagai negara berpotensi yang sanggup bersaing. Tak terkecuali untuk produk mode seperti dompet. Benda satu ini memang jadi kebutuhan dan menilik Indonesia yang kaya akan potensi alam serta sumber daya manusia, tak mengherankan jika dompet-dompet berkualitas pun hadir. Simak dalam referensinya berikut ini.

Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia Membuat Semakin Banyak Anak Muda Memproduksi Produk Fashion Lokal, Termasuk Dompet

Sumber gambar carryology.com

Kalau dipikir-pikir, sebagai orang Indonesia kita sudah sepatutnya bersyukur dengan adanya perkembangan industri kreatif di negeri sendiri. Dari yang dulunya kita hanya bisa mengagumi produk-produk luar, merasa produk-produk lokal itu nggak keren, nggak bisa menyaingi produk luar yang dijual diimpor ke sini, sekarang selangkah demi selangkah kita bisa mewujudkan jati diri produk sendiri.

Sekarang, keadaan jelas beda dibandingkan dulu. Bidang retailer dan fashion kita mengalami perkembangan, bahkan ternyata kaum muda kita banyak yang kreatif dan bermental pengusaha. Bayangkan saja, range usia pengusaha di industri yang menuntut kreativitas dan mental pengusaha ini berkisar 18 sampai 35 tahun! Wah, keren ya?

Sudah banyak produk-produk lokal yang proses pembuatannya bukan hanya melibatkan pengrajin saja tapi juga anak-anak Indonesia yang cerdas dan punya visi yang jelas. Sebut saja dompet handmade, dompet lokal yang pembuatannya membutuhkan keakuratan dan desain yang keren untuk kepentingan gaya kaum muda yang sukses.

Mereka melakukan semuanya, mulai dari menyeleksi bahan baku yang memenuhi standar kualitas, desain yang nggak kalah bagus dengan brand pesaing–termasuk brand luar, pembuatan, hingga memasarkan.

Dengan segala upaya dan kreativitas, faktanya brand-brand kita juga mampu tembus ke pasar internasional, kok. Bahkan, beberapa brand lokal kita malah sering dikira brand luar, karena kualitas dan penampilan yang nggak kalah. Masih belum percaya? Nah, artinya kamu perlu terus membaca artikel ini.

Keunggulan Produk Indonesia

Bahan Berkualitas

Sumber gambar mediumc.com

Indonesia kaya akan berbagai bahan baku berkualitas, itu tentu nggak usah kamu ragukan lagi. Dengan tangan-tangan dingin pengrajin dan pengusaha lokal, bahan baku berkualitas kita diolah jadi produk yang unik, keren, berkualitas, dan yang pasti mengusung brand sendiri yang notabene buatan dalam negeri.

Apakah kamu tipe yang jarang sekali melirik produk dalam negeri, karena setiap shopping memang cenderung mengacu kepada produk branded? Nah, ini dia. Kamu perlu sesekali mempertimbangkan produk lokal kita. Dengan kualitas dan daya tahan bahan bakunya, produk dalam negeri kita seperti dompet lokal bisa menyamai kualitas dan prestise produk sejenis.

Well, lagipula kalau kita sampai mengartikan “lokal” sebagai “nggak bermerek” itu kurang tepat karena buatan lokal sekarang sudah banyak yang menggunakan brand orisinal.Tampilan, kualitas dan desainnya pun tidak kalah dengan produk luar yang terkenal.

Harga yang Lebih Murah

Sumber gambar theregister.co.uk

Bicara soal persaingan harga, ini dia yang cukup menopang pengusaha-pengusaha muda lokal. Dengan value produk yang sama, pengusaha lokal kita bisa menjual produk, misalnya dompet wanita yang mewah, dengan harga lebih murah.

Produk luar yang masuk ke Indonesia tentunya akan mahal harganya karena pajak. Sementara, produk lokal justru dengan kualitas dompet wanita yang sama harganya lebih terjangkau. Bahkan Kementerian Keuangan sudah memutuskan untuk menghapus beberapa barang dari daftar Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM).

Penghapusan itu tentu jadi berita bagus buat pengusaha dalam negeri, dan tentunya bagi konsumen. Maklum saja, karena tahun demi tahun kebutuhan hidup meningkat, sementara barang-barang dengan kualitas bagus semakin punya peranan bagi bisnis dan personal yang sedang membangun branding. Pembebasan PPnBM pada beberapa barang mewah akan membuat harga barang itu lebih terjangkau.

Memang, sekarang sudah bukan eranya lagi merasa inferior. Karena produk lokal saat ini nggak kalah bagus dan punya kualitas yang layak dibanggakan dengan harga yang lebih terjangkau.

Mendukung Karya Anak Negeri

Sumber gambar kumparan.com

Nah, ini yang nggak kalah penting. Kenapa nggak diubah mindsetnya, dari bangga menggunakan brand luar (yang super mahal) jadi bangga menggunakan brand lokal? Bukan hanya bijaksana karena sudah menyelamatkan keuangan pribadi, tapi juga tanpa kamu sadari kamu pun ikut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan pengusaha lokal.

Lebih Mudah Didapatkan

Sumber gambar carolynfrith.com

Nah, ini keunggulan produk Indonesia yang paling mudah dipahami. Produk Indonesia memang mudah diperoleh, apalagi semenjak era digital. Produk Indonesia mudah didapatkan, baik dengan keliling pertokoan yang tersebar di mana-mana, atau hanya dengan menyentuhkan telunjuk di layar ponsel.

Di antara berbagai produk yang banyak ditawarkan, yang paling banyak ditawarkan adalah produk fashion dan aksesoris. Targetnya, biasanya ibu-ibu dan para remaja perempuan yang sudah tahu berpenampilan cantik dan keren.

Melihat konsumtifnya masyarakat kita, memang alangkah baiknya kalau pengusaha lokal tidak menyia-nyiakan hal ini sebagai peluang. Karena dana yang terpakai untuk pengeluaran itu akan mengalir ke pengrajin dan pengusaha lokal, meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Rekomendasi Dompet Handmade Buatan Asli Indonesia yang Berkualitas

Dompet Kulit Wanita Tan Coco Premium/Dompet Panjang Kulit Asli

Sumber gambar qlapa.com

Kalau kamu termasuk penggemar segala hal yang unik, nggak salah kalau kamu cek dompet yang satu ini. Fungsinya memang sama-sama dompet. Kapasitasnya pun bagus, karena muat untuk menyimpan sampai 30-an lebih kartu dalam slot yang tersedia. Cukup dengan satu dompet ini, kamu sudah bisa membawa semua uang, kartu kredit dan debit, koin, sampai buku paspor dan buku tabungan.

Dompet wanita ini dilengkapi dengan 5 slot multifungsi. Namun bukan di situ letak keunikannya. Melainkan pada cara pembuatan dan material yang organik, yaitu dari kulit sapi asli. Pembuatan dompet wanita yang dibuat dengan tangan alias handmade ini juga sangat memperhatikan kualitas.

Dompet ini kuat, tahan di berbagai kondisi, dan yang jelas tampilannya klasik dan keren, dengan pilihan warna tan. Dengan harga Rp 590.000, dompet kulit tan croco premium ini bisa kamu peroleh di Qlapa.

Dompet Rajut Handmade Light Brown

Sumber gambar qlapa.com

Selain itu, kamu bisa juga memilih Dompet Rajut Handmade Light Brown, yang terhitung unik juga. Keunikan dari dompet wanita yang satu ini adalah teknik pembuatannya yaitu dengan rajutan benang nylon yang kuat.

Sebagai dompet, fungsinya cukup mengakomodasi kebutuhan kamu. Karena di dalamnya terdapat 4 slot kantong untuk kamu menyimpan kartu ATM, dan 2 kantong kecil, selain slot untuk menyimpan uang kertas. Tertarik dengan segala bentuk rajutan yang menarik? Yuk, segera dapatkan dompet handmade yang satu ini di Qlapa seharga Rp 80.000.

Dompet Kulit Wanita Havana Series

Sumber gambar tokopedia.com

Sebagai pilihan lainnya dari dompet berbahan kulit, dompet wanita ritsleting ini hadir juga dengan bahan full kulit sapi. Ukurannya juga cukup besar untuk membawa keperluanmu, yaitu 10 cm x 20 cm x 2,5 cm. Warnanya tersedia antara pilihan warna hitam dan coklat.

Sebagai dompet dengan bahan organik kulit hewan, kamu akan menemukan desain yang halus dan memikat. Teksturnya lembut dan kuat. Desainnya juga simple, sehingga membawanya juga ringan. Untuk memperoleh dompet Havan Series ini, kamu bisa memesannya di Tokopedia, dengan harga Rp 300.000.

Dompet Tatah Kancing Motif Setengah Lingkar - Tobacco

Sumber gambar qlapa.com

Mungkin sebagian orang masih ada yang heran dengan yang disebut kulit nabati? OK, begini. Jadi, kulit nabati menjadi material dompet ini adalah kulit sapi, yang proses penyamakannya menggunakan bahan-bahan nabati, dan bukan bahan kimia.

Sifatnya lebih kaku dibanding bahan kulit sapi secara umum. Dan warna hasil penyamakan biasanya terang, cenderung pink, tergantung hasil dari prosesnya. Untuk Dompet Tatah Kancing Motif setengah Lingkar ini, dibuat dengan ukuran 20 cm x 10 cm x 3 cm, dalam posisi dompet tertutup. Kamu bisa dengan mudah memesan dompet ini di Qlapa, dengan harga Rp 79.200.

Dompet Kanvas Dabria

Sumber gambar qlapa.com

Dompet wanita yang juga cukup menarik adalah Dompet Kanvas Dabria, yang terbuat dari kanvas dengan lapisan bahan sintetis di bagian dalamnya. Berbeda dari dompet berbahan kulit, penampilan dompet ini memang lebih colorful. Tapi kelebihannya, dengan serat yang tebal dan kuat, penampilan dompet ini tetap kokoh sebagai tempat menyimpan berbagai keperluan, seperti koin, kartu tabungan dan uang kertas.

Nah, mungkin kamu menyukai tipe dompet yang seperti ini? Dompet ini tersedia dalam ukuran 21 cm x 10.5 cm, dengan 4 slot untuk kartu dan 6 sleeve untuk uang kertas. Di Qlapa kamu bisa memesan dompet ini, dengan harga Rp 90.000.

Dompet Accordion White Shabby

Sumber gambar qlapa.com

Dompet wanita ini dibuat dengan bahan kanvas laminasi yang waterproof. Motifnya bunga-bunga kecil merah, cocok untuk kamu yang menyukai nuansa yang feminin, dengan bahan yang waterproof.

Desain produk handmade ini juga menarik. Menyediakan 8 sekat untuk kartu, 2 sekat untuk uang, dan juga untuk ponsel 4.7 inch. Dengan begini, bawaanmu semakin ringkas. Ukuran dompet wanita ini 20 cm x 11 cm x 2 cm. Berminat dengan dompet handmade ini? Pesan sekarang di Qlapa, dengan harga Rp 185.000.

Dompet Rajut Alea

Sumber gambar qlapa.com

Apakah kamu menyukai produk seni rajutan? Jika ya, Dompet Rajutan Alea ini patut kamu pertimbangkan, lho! Bukan hanya nyeni, dompet ini juga tampil stylish sehingga cocok untuk kamu bawa ke mana pun, termasuk ke acara hang-out kamu bareng teman dan sahabat.

Dompet ini berukuran 22 cm x 12 cm, dengan 6 kantong kartu, 1 kantong serbaguna, dan 1 kantong dengan ritsleting di bagian dalam. Menariknya lagi, untuk memperolehnya kamu tinggal memesannya di Qlapa, dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 80.000.

Dompet Mikaila Biru

Sumber gambar qlapa.com

Dandanan modis pastinya butuh aksesoris yang serasi dan tampak stylish, ya. Nah, kalau kamu tipe orang yang sangat memperhatikan penampilanmu, kali ini juga kamu bisa memesan dompet wanita yang cukup ok untuk kamu bawa ke manapun.

Dompet Makaila Biru, di dalamnya terdapat 4 sususan kantong dengan 3 sisipan pada bagian pinggir. Dompet ini menggunakan kancing pada bagian penutup, dan ritsleting pada bagian penyimpanan uang yang terpisah. Ukurannya? 18 cm x 9.5 cm x 2.5 cm. Dapatkan segera Dompet Makaila Biru ini di Qlapa, dengan harga Rp 110.000!

Dompet Veto Black Diamond

Sumber gambar kuka.co.id

Bukan hanya rajut, dompet Dompet Veto Black Diamond juga tak kalah nyeni karena dibuat dengan motif tenun. Dibuat dari bahan kulit vinil, yang dipadukan tenunan khas Pulau Timor, dompet ini praktis dibawa ke manapun kamu pergi. Dompet dengan desain unik ini bisa segera kamu dapatkan di Qlapa, dengan harga Rp 250.000.

Dompet Kulit Asli Wanita Ukiran Kulit Sapi Biru Mandala

Sumber gambar qlapa.com

Dompet handmade yang satu ini cocok buat kamu yang menyukai dompet dari kulit asli. Dompet ini kuat, dengan desain yang menarik pula. Pewarnaannya menggunakan bahan nabati, tanpa bahan kimia yang merugikan.

Kelebihannya, dompet dengan model Leozip Light Brown ini bisa kamu isi dengan berbagai bawaan, seperti uang, kartu kredit, hingga ponsel. Jadi dengan ukuran 20 cm x 9.9 cm, dompet ini terdiri dari 1 slot utama dengan ritsleting dan 3 kantong untuk ponsel dan uang, dan 12 slot kartu ponsel. Dompet dengan warna coklat muda ini bisa kamu peroleh di Qlapa, dengan harga Rp 175.000.

From our editorial team

Bersihkan Domper Secara Berkala

Dompet berbahan kulit memang memberi kesan klasik dan elegan sehingga modelnya tak lekang zaman. Kamu perlu memerhatikan perawatannya agar dompet bisa terlihat rapi dan bersih setiap saat. Jika terkena noda, kamu bisa membersihkannya dengan sabun lembut yang dicampur air hangat. Gunakan kain dan usahakan agar kain tidak terlalu basah. Bersihkan bagian permukaan dengan kain lembap lalu keringkan menggunakan kain kering atau handuk. Kemudian, diamkan dompet agar seluruh permukaan benar-benar kering. Jika diperlukan, kamu bisa menyekanya lagi dengan handuk.