Rekomendasi Pelembab Alami Natural, Bisa Dicoba Nih! (2020)

Rekomendasi Pelembab Alami Natural, Bisa Dicoba Nih! (2020)

Kulit yang sehat adalah kulit yang lembab. Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit, salah satunya adalah dengan pelembab. Kamu yang tidak suka kulitmu terpapar banyak bahan kimia, BP-Guide punya rekomendasi pelembab dari bahan alami yang bisa kamu coba.

Ciri Kulit Sehat adalah Kulit Lembab

Kulit kering bukan hanya tidak enak dipandang, tetapi juga membuatmu tidak nyaman. Rasanya seperti tertarik dan sangat kaku. Gimana sih cara menjaga kulit agar tetap lembab dan lembut?

Memakai pelembab adalah solusinya. Kulit yang lembab adalah kulit yang sehat, karena itu tandanya kulit kamu cukup terhidrasi sehingga tampak lebih awet muda. Kelembaban kulit tidak hanya bisa didapatkan dari pemakaian moisturizer saja, tetapi juga dari bahan-bahan alami dan dengan menjaga pola makan lho.

Tips Mendapatkan Kulit Lembab Alami

Makan Buah dan Sayur

Sayur dan buah kaya akan kandungan serat dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayur-sayuran hijau tua, wortel, dan labu kaya kandungan vitamin A yang bisa mengeksfoliasi kulit dan menyelamatkan kulit dari pecah-pecah. Sementara itu, vitamin E bisa ditemukan dalam alpukat, gandum, dan kacang-kacangan yang bisa membuat kulit lebih sehat dan bersinar.

Minum Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas, teh hijau juga bisa membuat kulit tetap lembab, menghilangkan jerawat, dan mencegah munculnya komedo.

Konsumsi teh hijau secara rutin mencegah kulit keriput, mempercepat pertumbuhan sel baru yang lebih sehat serta mencegah kulit dari kerusakan.

Cukup Air Mineral

Ini dia nih yang nggak kalah penting. Asupan air yang cukup setiap hari bisa menjaga dan meningkatkan kelembaban kulit. Air putih mencegah kulit terlihat kusam, menyehatkan kulit dari dalam, dan membebaskan kulit dari masalah klasik seperti komedo dan jerawat.

Siapa sangka ternyata air putih mengandung omega 3, vitamin, dan niacin yang sangat dibutuhkan tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, ya!

Pilih Pelembab yang Tepat

Apapun jenis kulitmu, kamu akan membutuhkan pelembab. Pastikan kamu menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan usiamu. Gunakan pelembab secara rutin 2 kali sehari, setiap pagi dan malam hari.

Saat akan keluar rumah, jangan lupa lindungi kulit dengan sunblock atau tabir surya. Selain pelembab yang kamu beli di toko kosmetik, kamu juga bisa menggunakan pelembab dari bahan-bahan alami lho.

Pelembab Alami dari Alam

Lidah Buaya

Kamu pasti sudah tidak asing dengan lidah buaya yang banyak digunakan untuk menjaga kelembaban kulit. Gel lidah buaya memiliki kandungan yang bisa mencegah anti-inflamasi dan peradangan pada kulit. Yuk, buat pelembab dari lidah buaya dengan resep berikut!

Bahan yang kamu butuhkan adalah lidah buaya dan madu secukupnya. Siapkan juga perlatan seperti pisau, mangkuk, garpu, dan toples untuk menyimpan. Cara membuatnya juga mudah. Potong lidah buaya yang sudah kamu siapkan, letakkan di mangkuk selama 10 menit dalam posisi tegak untuk menghilangkan resinnya.

Kemudian potong lidah buaya, ambil gel-nya saja. Hancurkan gel dengan garpu hingga lembut, lalu tambahkan madu ke dalamnya. Oleskan ke wajah secukupnya, lalu simpan sisanya di dalam toples untuk digunakan kembali.

Minyak Zaitun

Jika kamu punya kulit yang kering, kasar, dan bersisik, kamu akan sangat membutuhkan manfaat minyak zaitun. Kini minyak zaitun bisa kamu temukan dengan mudah di drugstore atau dengan berbelanja online.

Minyak zaitun bisa digunakan secara langsung pada kulit atau dicampur dengan bahan lain terlebih dahulu seperti essential oil dan air mawar.

Minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai campuran masker dengan bahan alami lain seperti air lemon atau madu. Campurkan semua bahan, lalu oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan selama 20 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau coconut oil adalah pelembab alami yang baik digunakan sebelum tidur di malam hari. Fungsinya adalah meremajakan sel kulit dan menjaga kulit agar tetap lembab. Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk penderita eksim yang kulitnya cenderung sensitif.

Selain wajah, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk melembabkan kaki yang kering dan retak. Gunakan secara rutin hingga kondisi kulit lebih membaik dan jadi lebih lembab.

Mentimun

Mentimun terkenal mampu menyegarkan mata lelah dan menghilangkan kantung mata. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat tinggi dengan pH seimbang yang baik untuk kulit.

Masker mentimun bisa dibuat dengan sangat mudah lho. Caranya adalah dengan memilih 2 buah mentimun segar, lalu parut perlahan. Oleskan parutan mentimun pada wajah, biarkan selama 30 menit.

Kamu juga bisa menambahkan bahan alami lain agar manfaatnya bisa lebih maksimal. Bahan seperti madu sangat baik untuk merawat kulit kering agar menjadi lebih lembab.

Shea Butter

Shea butter adalah bahan utama pembuat body butter yang bisa membuat kulitmu tetap lembab. Kandungan vitamin A dan E di dalamnya sangat tinggi sehingga bisa digunakan untuk merawat wajah, bibir, dan seluruh tubuh.

Yuk, bikin krim pelembab tanganmu sendiri dengan shea butter! Siapkan bahan-bahan lain seperti 2 sdm almond oil, 10 tetes rosemary oil, 20 tetes lavender oil, 7 tetes carrot seed oil, dan 5 tetes tea tree oil.

Cara membuatnya sangat mudah. Lelehkan shea butter di atas api kecil, kemudian tambahkan almond oil, aduk rata. Angkat dan dinginkan ke dalam freezer hingga menjadi lembek seperti krim. Kemudian tambahkan semua essential oil yang tersisa, masukkan ke dalam wadah. Oleskan ke tangan setiap hari untuk menjaga kelembabannya.

Pisang

Mengonsumsi pisang bisa membuat kulitmu jadi lebih sehat lho. Selain itu kamu juga bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah.

Untuk melembabkan wajah yang kering, siapkan satu buah pisang dan 1 sendok makan madu. Hancurkan pisang hingga lembut kemudian campurkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan ke wajah, diamkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air. Gunakan masker 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Jika kamu ingin menyamarkan tanda penuaan dini, siapkan 1 sendok makan yogurt dengan 1 buah pisang. Hancurkan buah pisang hingga lembut lalu campurkan yogurt, aduk rata. Oleskan di wajah dan leher hingga merata kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Madu

Madu adalah bahan alami yang sudah terkenal sejak zaman Ratu Cleopatra. Selain melembabkan wajah, madu juga bisa menghilangkan jerawat. Pilih madu mentah yang alami agar khasiatnya di wajah semakin terasa.

Kamu tinggal mengoleskan madu secukupnya ke wajah dan leher untuk melembabkannya. Masker madu aman digunakan setiap hari. Manfaat lain madu untuk kulit adalah melembabkan kulit kaki yang kasar dan bersisik. Kandungan anti jamur pada madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan semua jamur pada kaki.

Rose Water

Air mawar bisa didapatkan dengan mudah, tetapi kamu juga bisa membuatnya sendiri. Yang kamu butuhkan adalah 150 gram kelopak bunga mawar segar dan 475 ml air.

Cara membuatnya mudah, yaitu panaskan kelopak mawar dan air dengan api kecil. Masak selama 20 menit, jangan menggunakan api besar agar khasiat dan kandungan mawar tidak hilang.

Setelah itu matikan kompor lalu saring dan masukkan ke dalam botol. Air mawar alami buatanmu sendiri bisa bertahan sampai 6 bulan, lho!

Alpukat

Alpukat tidak hanya lezat disantap tetapi juga sangat bermanfaat buat kulit. Di dalamnya terdapat vitamin B, C, E serta folat yang dapat memperbaiki sel kulit dan membuatnya jadi lebih lembab.

Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti yogurt, madu, dan putih telur sesuai kebutuhan untuk membuat masker alpukat. Haluskan daging buah alpukat, kemudan tambahkan bahan-bahan yang diinginkan.

Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Untuk hasik terbaik, gunakan masker sekali dalam seminggu.

From our editorial team

Bahan Alami Lebih Aman, Tapi Juga Lebih Sabar

Menggunakan bahan-bahan yang alami memang jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia apapun. Namun, kamu juga harus bersabar karena hasilnya lebih lama terlihat. Yuk, segera coba resep pelembab alami rekomendasi BP-Guide di atas!