30 Hadiah Naik Kelas yang Membuat Si Kecil Tersenyum Bahagia Pilihan Pakar Kado

30 Hadiah Naik Kelas yang Membuat Si Kecil Tersenyum Bahagia Pilihan Pakar Kado

Untuk menunjukkan rasa cinta dan kebanggaan kepada anak, orang tua seringkali memberikan hadiah saat mereka naik kelas. Hadiah ini tentu juga sangat ditunggu-tunggu oleh anak. Agar Anda tidak bingung, berikan saja salah satu dari rekomendasi hadiah berikut ini untuk memberikan kebahagiaan bagi anak.

Kado Istimewa Tingkatkan Semangat Belajar Anak

Tanpa terasa buah hati tumbuh dan berkembang dengan pesat. Pertengahan tahun hanya tinggal menghitung hari. Lalu bagaimana dengan prestasi si kecil? Naik kelas sesuai harapan?

Meskipun putra-putri Anda mungkin naik kelas dengan nilai yang biasa-biasa saja, tidak perlu berkecil hati atau bahkan sampai menghukum mereka. Sekecil apa pun usaha anak, orang tua harus selalu menghargainya.

Nah, penghargaan atau imbalan yang paling mudah adalah memberikan pujian. Selain itu, ada juga yang berupa hadiah alias kado istimewa untuk meningkatkan semangat anak belajar. Apa saja ya? Berikut adalah 11 ide hadiah untuk anak yang naik kelas.

Hadiah Spesial yang Bikin Anak Merasa Dimanjakan

1. Liburan Bersama Keluarga ke Tempat yang Ia Idamkan

Bila Anda bingung memikirkan barang yang tepat untuk diberikan kepada si kecil, maka ide mengajaknya liburan bisa menjadi opsi alternatif. Semua anggota keluarga bahkan bisa turut merasakan kegembiraan berlibur bersama.

Pergilah ke pantai untuk mengadakan pesta piknik di tepi pantai. Jangan lupa siapkan menu makanan favorit si kecil dan buah-buahan segar. Anda bisa juga pergi ke tempat yang sudah lama diidamkan anak. Mungkin anak ingin pergi ke suatu tempat rekreasi atau taman bermain. Nah, selepas liburan, anak-anak akan tampil lebih segar dan siap menghadapi rutinitas di sekolah.

2. Renovasi Kamar agar Ia Mendapat Tampilan Suasana Baru

Selama liburan kenaikan kelas, ada beberapa waktu jeda. Manfaatkan hal ini untuk melakukan dekorasi ulang pada kamar buah hati. Misalnya mengganti wall paper atau cat dinding. Bagi anak yang belum memiliki kamar, ini saatnya mencoba memberikan kamar pribadi untuknya.

Ajak putra-putri Anda untuk bergabung atau memberikan idenya agar kamar menjadi lebih cantik sesuai keinginan. Contohnya memilih wallpaper atau warna cat dinding yang dia inginkan dan memajang lukisan atau gambar yang sudah ia warnai.

Kamar pribadi akan membantu si kecil lebih mandiri dan bertanggung jawab. Ia akan berusaha untuk menjaga kamarnya tetap bersih dan rapi serta mengenal privasi. Sebaiknya anak putri dan putra harus memiliki kamar terpisah meskipun kembar atau bersaudara kandung. Hal ini untuk mengajarkan tentang gender atau pendidikan seks sejak dini.

3. Mengunjungi Rumah Nenek untuk Melepas Rindu

Daripada anak bosan di rumah tanpa melakukan banyak kegiatan yang aktif, Anda bisa memberikan hadiah berupa pergi ke kampung halaman tempat tinggal kakek atau nenek saat liburan naik kelas. Umumnya, kakek dan nenek sangat senang dikunjungi oleh cucu-cucu kesayangan.

Begitu juga para cucu, mereka akan merindukan pelukan hangat serta berbagai jenis kue dan masakan lezat dari tangan sang nenek. Di kampung, anak-anak juga bisa mendapatkan banyak kegiatan yang bermanfaat. Misalnya mengetahui lingkungan desa, jalan-jalan ke sawah dan sungai, serta mengenali berbagai jenis satwa di habitat alam aslinya.

4. Uang Saku Ekstra agar Lebih Semangat Menabung

Rajin menabung pangkal kaya! Itulah pepatah yang sejak zaman dulu digembar-gemborkan oleh orang tua. Nah, agar anak terbiasa menabung sejak usia muda, berikan mereka hadiah berupa uang saku tambahan saat berhasil naik kelas dengan prestasi yang membanggakan.

Nantinya, uang ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan sekolah atau membeli barang yang dibutuhkan. Bagi anak-anak yang sudah usia pelajar menengah atas, uang saku tambahan juga bisa dibelanjakan untuk membeli pendukung penampilan saat berbaur dengan teman-teman segeng. Misalnya, sepatu, baju, tas, atau aksesori lainnya.

5. Tambahan Waktu Bebas agar Bisa Melakukan Hal yang Ia Suka

Tambahan waktu bebas bisa jadi hal yang sepele. Namun, ini sangat berarti bagi anak. Ia bisa memakainya untuk melakukan hal yang ia suka. Ia bisa main dengan temannya, melakukan hobinya, dan lain sebagainya. Tambahan waktu ini bisa diberikan di sela waktu antara pulang sekolah dan jam belajar anak. Dengan adanya jam bebas, ia bisa tidur siang atau melakukan hal yang bikin dia merasa rileks sehingga siap kembali beraktivitas nantinya.

Hadiah Gadget dan Alat Elektronik yang Cocok untuk Anak

6. Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Memudahkan Anak Belajar Daring

Samsung Galaxy Tab A7 Lite bisa digunakan untuk anak belajar daring di rumah. Produk ini bisa bikin buah hati lebih semangat mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Selain bisa untuk belajar, cocok juga untuk bermain game dan menonton film.

Tablet hadir dengan kamera utama 8 MP dan kamera selfi 2 MP. Ada RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Baterainya 5100mAh dan bisa tahan lama digunakan.

Harga Rp. 2.375.000-2.500.000

7. Wonlex KT12 Jam Tangan Anak, Bisa Memantau Kondisi dan Lokasi Anak

Wonlex KT12 Jam Tangan Anak merupakan produk lain yang cocok jadi hadiah kenaikan kelas. Dengan jam tangan ini maka Anda bisa mengecek kondisi buah hati dan lokasinya. Jam memiliki fitur waterproof. Ada banyak pilihan warna tersedia.

Jam lengkap dengan slot SIMcard sehingga bisa digunakan untuk telepon dan video call. Ada fitur SOS, alarm, do not disturb, pesan suara, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 875.000-1.499.000

8. Al Qolam Paket Smart Hafiz Versi 5 + Usb Versi 5, Bikin Anak Semangat Mengaji

Al Qolam Paket Smart Hafiz Versi 5 + Usb Versi 5 tentu bisa dilirik jadi pilihan hadiah kenaikan kelas. Dilengkapi dengan 2 microphone, Layar Tablet 7 inch dan speaker dengan suara Crystal Clear. Produk juga memiliki microSD slot dan 2 Multicolours LED.

Kapasitas baterainya 3100 mAh. Bisa berputar non stop 4 jam. Kapasitas memorinya 16GB.

Harga Rp. 2.848.000-2.882.000

9. Xiaomi Redmi 9A Smartphone, Memudahkan Komunikasi dengan Anak

Jika usia anak sudah mencukupi, tidak ada salahnya memberikan hadiah berupa smartphone. Xiaomi Redmi 9A Smartphone adalah rekomendasi dari kami. Produk hadir dengan layar 6,53 inci. RAM 3GB dengan ROM 32 GB. Sistem operasinya memakai Android 10.

Smartphone ini Dual SIM. Ada kamera 13 MP sebagai kamera utama dan kamera 5 MP sebagai kamera depan.

Harga Rp. 1.299.000-1.499.000

10. Drone E58 Foldable, Belajar Mengontrol Drone dan Memotret dengan Sempurna

Drone E58 Foldable adalah produk lain yang bisa diberikan sebagai hadiah kenaikan kelas anak. Ini bisa diberikan pada anak yang sudah cukup umur. Hold Mode Height adalah mode untuk memberikan flight yang stabil. Ada fungsi WiFi yang dapat dihubungkan dengan smartphone melalui APP.

Produk bisa dipakai untuk memotret, merekam video, serta transmisi real-time melalui gambar kamera handphone. Dilengkapi dengan Headless Mode, sehingga tidak perlu menyesuaikan posisi pesawat sebelum terbang

Harga Rp. 328.000-579.000

11. Kiseki Mini Fan Q28/Q29, Menyejukkan Tanpa Berlebihan

Jika cuaca sedang panas, paling enak memang menyalakan kipas angin. Namun biasanya kipas angin yang terlalu kencang bikin mudah sakit. Kiseki Mini Fan Q28/Q29 bisa dipilih jadi hadiah kenaikan sekolah anak. Kipas bisa diletakkan di meja belajar anak.

Mudah dinyalakan dan mudah digunakan. Bisa dipindahkan dan dibawa kemana saja. Kipas angin ini hadir dengan 3 pilihan kecepatan.

Harga Rp. 30.000-79.000

Hadiah yang Mendukung Hobi Anak

12. Novel Paket Lima Sekawan Enid Blyton, Hadiah Terbaik untuk yang Gemar Membaca

Novel Paket Lima Sekawan Enid Blyton merupakan pilihan tepat sebagai hadiah kenaikan kelas anak yang gemar membaca. Novel fiksi ini menceritakan keseruan lima sekawan dalam memecahkan berbagai misteri yang datang menghampiri mereka.

Paket ini berisi 9 buku cerita. Ditulis oleh Enid Blyton, novel terjemahan ini begitu seru untuk mengisi liburan atau waktu senggang.

Harga Rp. 835.000-1.098.000

13. Wimcycle Sepeda Lipat Pocket Rocket X3, Nyaman untuk Bersepeda di Berbagai Tipe Jalan

Wimcycle Sepeda Lipat Pocket Rocket X3 sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari frame alloy yang lebih nyaman dan kuat. Mudah dilipat dan dibawa kemana saja.

Rodanya berukuran 20 dengan 9-speed hidraulic disc brake. Ada juga fitur front block untuk memudahkan mobilitas keseharian. Produk bisa dilirik jadi pilihan hadiah kenaikan kelas.

Harga Rp. 3.500.000-3.800.000

14. Little Zam (PPD) - Mainan Edukatif : Playmat Peta Dunia, Mengenalkan Aneka Budaya pada Anak

Little Zam (PPD) - Mainan Edukatif : Playmat Peta Dunia wajib jadi pilihan hadiah kenaikan kelas anak. Produk ini bisa membantu anak mempelajari aneka budaya di dunia. Lewat mainan ini, anak bisa mengetahui pakaian adat, berkenalan dengan suku-suku yang ada di sana, mengenal makanan yang ada di sana, dan lain sebagainya.

Mainan ini juga mengajak anak mengenal adat istiadat dan juga mengetahui tempat-tempat bersejarah yang ada di seluruh dunia.

Harga Rp. 75.000-125.000

15. Tenyo Japan Jigsaw Puzzle Disney Mickey Mouse D108-703, Seru untuk Menguji Ketelitian dan Kesabaran

Tenyo Japan Jigsaw Puzzle Disney Mickey Mouse D108-703 bisa dihadiahkan pada anak yang baru naik kelas. Produk yang satu ini berisi 108 pcs puzzle. Anak bisa lebih seru memainkannya dengan orangtua atau teman. Butuh ketelitian dan kesabaran untuk memasang puzzle ini. Unik karena bisa glow in the dark.

Harga Rp. 210.000-325.000

16. Faber-Castell Classic Colour Pencils set 48, Membebaskan Anak Mewarnai Sesuai Imajinasi

Faber-Castell Classic Colour Pencils set 48 bisa diberikan sebagai hadiah anak yang baru naik kelas. Produk ini bikin anak jadi lebih semangat mengeluarkan bakat mewarnai dan menggambarnya. Ia bisa lebih leluasa dengan banyakya pilihan warna yang ada.

Produk ini berkualitas dan bisa menghasilkan warna yang cerah dan tajam. Bisa diberi kuas air sehingga hasilnya seolah memakai cat air.

Harga Rp. 110.000-200.000

Hadiah Berupa Aneka Kebutuhan Sekolah dan Belajar Anak

17. Hongzhuo Lampu Meja LED, Desain Menarik dan Bikin Anak Tertarik

Hongzhuo Lampu Meja LED adalah lampu meja belajar yang bisa jadi rekomendasi hadiah untuk anak. Lampu ini desainnya unik dan menarik. Produk bisa difungsikan selain sebagai lampu meja belajar juga sebagai rautan pensil. Ukurannya 7.4 x 9.5 x 22cm dan butuh daya 3 watt. Lampu tersedia dalam aneka pilihan warna.

Harga Rp. 45.000-113.000

18. SPEEDS Set Meja Belajar 031-25-26, Lengkap dengan Kursinya

SPEEDS Set Meja Belajar 031-25-26 tentu bisa jadi pilihan kado kenaikan kelas untuk anak. Dalam satu set sudah lengkap meja dan kursi. Desain mejanya unik karena bisa diatur ketinggiannya. Kursi juga bisa diatur ketinggiannya.

Dilengkapi dengan rak penyimpanan buku, tempat alat tulis, komputer maupun untuk kebutuhan lainnya. Ada penopang dagu saat lelah. Dilengkapi dengan lampu yang dapat di set sesuai dengan kebutuhan cahayanya.

Harga Rp. 680.000-1.911.000

19. Eraser Top Model Lipstick Tm6300, Menarik untuk Dibawa

Eraser Top Model Lipstick Tm6300 adalah hadiah lain yang cocok untuk Anda berikan. Penghapus ini hadir dengan desain yang menarik yakni bentuk lipstik sehingga menarik perhatian anak. Bisa dipakai membersihkan tulisan pensil yang salah. Nyaman digenggam dan mudah digunakan.

Harga Rp. 15.000-22.000

20. Deli Serutan Putar Otomatis Untuk pensil grafit φ8mm ER10904, Desain Keren dan Unik

Deli Serutan Putar Otomatis Untuk pensil grafit φ8mm ER10904 sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Ini cocok jadi hadiah kenaikan kelas anak. Serutan ini bentuknya menarik dengan dua pilihan warna. Bahan serutan dari baja berkualitas jadi tidak mudah tumpul.

Bisa menajamkan pensil dalam waktu sekejap. Dengan konstruksi die-casting yang akurat menghindari patah ujung pensil.

Harga Rp. 51.000

21. Kotak Pensil / Pencase Harvest Pop Mode - Cactus, Desain Keren dan Muat Banyak

Kotak Pensil / Pencase Harvest Pop Mode - Cactus adalah kotak pensil yang cocok jadi hadiah kenaikan kelas. Produk yang satu ini ukurannya 19.5 x 7 x 4.5 cm. Bisa muat banyak alat tulis. Hadir dengan resleting berkualitas yang tidak mudah macet dan tidak mudah rusak.

Harga Rp. 45.000-97.000

22. Staedtler Paket Alat Tulis Sekolah - Simple Set, Lengkap dan Praktis

Staedtler Paket Alat Tulis Sekolah - Simple Set merupakan hadiah lain yang bisa dilirik untuk jadi hadiah kenaikan kelas anak. Isiannya terdiri dari 2 pcs Pensil Yellow 2B, 1 set Pensil Warna Permanent 12pcs panjang, 1 set Oil Pastel/ Crayon isi 12pcs, 2 pcs Penghapus Exam E40, dan 1 pcs Rautan Tabung Luna.

Harga Rp. 55.000

23. Catenzo Junior Tas Sekolah Anak Perempuan CAI 025, Desainnya Manis dan Girly

Catenzo Junior Tas Sekolah Anak Perempuan CAI 025 merupakan tas yang bisa jadi hadiah kenaikan kelas untuk anak perempuan. Desainnya kekinian. Ada slot samping kanan dan kiri. Ada juga kompartemen utama yang luas dan kompartemen depan yang berukuran kecil.

Terbuat dari bahan Dolby, ukurannya 32 x 12 x 42 cm. Dalam pembelian gratis alat tulis.

Harga Rp. 110.000-113.000

24. Catenzo Junior Tas Anak Laki-Laki CST 275, Minimalis namun Nyaman Dibawa

Catenzo Junior Tas Anak Laki-Laki CST 275 adalah rekomendasi selanjutnya untuk Anda. Tas ini cocok untuk anak laki-laki. Desainnya minimalis dan kekinian. Produk ini ukurannya 27 x14 x 42 cm dan sudah ada rain covernya.

Ada banyak slot yang tersedia untuk tas ini. Bagian talinya bisa disesuaikan panjangnya. Nyaman dibawa kemana saja dan bisa muat banyak.

Harga Rp. 107.000-122.000

Hadiah Pakaian dan Aksesori untuk Bikin Tampilannya Makin Keren

25. Mexican Jaket Anak Hoodie - Bomber Jacket, Keren dan Makin Stylish

Mexican Jaket Anak Hoodie - Bomber Jacket adalah produk fashion yang bisa dilirik. Produk ini desainnya kekinian. Cocok dipakai saat cuaca dingin. Bisa dipakai kapan saja dan kemana saja. Ada banyak pilihan warna yang tersedia.

Jaketnya berbahan despo dengan lapisan membran yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Ada ukuran XS hingga XL dan bisa disesuaikan untuk anak usia 2 hingga 7 tahun.

Harga Rp. 110.000-176.000

26. Catenzo Junior Jaket Anak Perempuan CDI 124, Desain Lucu dan Menggemaskan

Catenzo Junior Jaket Anak Perempuan CDI 124 sayang untuk dilewatkan jadi pilihan. Jaket ini hadir dalam warna kombinasi marun dan abu-abu. Ada aksen kucing di bagian belakang jaket. Produk dilengkapi hoodie.

Ada ukuran unutk anak usia 6 hingga 12 tahun. Jaket berbahan fleece sehingga nyaman di kulit.

Harga Rp. 133.000-183.000

27. Kottonville - Aksesoris Rambut Bando Anak Miya Rib Headband, Makin Cantik dan Girly

Kottonville - Aksesoris Rambut Bando Anak Miya Rib Headband bisa juag dilirik jadi pilihan kado kenaikan kelas. Bando terbuat dari bahan yang nyaman sehingga tidak bikin gerah. Karet bando juga nyaman dan tidak bikin pusing. Desainnya simpel dan bikin tampilan anak makin cantik dan girly.

Harga Rp. 17.000-67.000

28. Twist Kids - Topi Baseball World Wide Warna Navy, Gaya Makin Stylish

Twist Kids - Topi Baseball World Wide Warna Navy adalah topi yang nyaman dipakai dalam berbagai kegiatan. Topi ini hadir dengan perekat di bagian belakang sehingga mudah disesuaikan besarnya. Ada bordir di bagian depannya.

Harga Rp. 38.000-85.000

29. Catenzo Junior Sepatu Boot Anak Laki-Laki CSW 017, Nyaman Dipakai Melangkah

Catenzo Junior Sepatu Boot Anak Laki-Laki CSW 017 adalah rekomendasi lainnya yang bisa Anda lirik untuk buah hati. Sepatu berbahan sintetis dengan sol rubber yang empuk dan nyaman. Produk ini tersedia dalam ukuran 26 hingga 30. Ada aksen tali bikin sepatu terkesan stylish.

Harga Rp. 119.000-132.000

30. Gabino Sepatu Anak Perempuan Flat Slip On Casual Valda - G3BB9008

Gabino Sepatu Anak Perempuan Flat Slip On Casual Valda - G3BB9008 adalah rekomendasi terakhir kami. Sepatu slip on ini hadir dengan pengait. Desainnya keren dan cantik. Ada aksen kupu-kupu yang membuat sepatu tampak manis. Produk tersedia dalam ukuran 26 sampai 30.

Harga Rp. 99.000-199.000
From our editorial team

Memberikan Hadiah yang Bermanfaat

Apa pun jenis hadiah yang diberikan, pastikan bahwa anak-anak memang membutuhkan dan tidak sekadar barang yang hanya berakhir di tempat sampah karena kurang fungsional. Dengan begitu anak akan lebih menghargai pemberian Anda.

Tag