11 Hadiah Naik Kelas yang Membuat Si Kecil Tersenyum Bahagia

11 Hadiah Naik Kelas yang Membuat Si Kecil Tersenyum Bahagia

Untuk menunjukkan rasa cinta dan kebanggaan kepada anak, orang tua seringkali memberikan hadiah saat mereka naik kelas. Hadiah ini tentu juga sangat ditunggu-tunggu oleh anak. Agar Anda tidak bingung, berikan saja salah satu dari rekomendasi hadiah berikut ini untuk memberikan kebahagiaan bagi anak.

Tanpa terasa buah hati tumbuh dan berkembang dengan pesat. Pertengahan tahun hanya tinggal menghitung hari. Lalu bagaimana dengan prestasi si kecil? Naik kelas sesuai harapan?

Meskipun putra-putri Anda mungkin naik kelas dengan nilai yang biasa-biasa saja, tidak perlu berkecil hati atau bahkan sampai menghukum mereka. Sekecil apa pun usaha anak, orang tua harus selalu menghargainya.

Nah, penghargaan atau imbalan yang paling mudah adalah memberikan pujian. Selain itu, ada juga yang berupa hadiah alias kado istimewa untuk meningkatkan semangat anak belajar. Apa saja ya? Berikut adalah 11 ide hadiah untuk anak yang naik kelas.

Pakaian dan Aksesori

Baju atau aksesori baru merupakan salah satu hadiah termanis yang akan segera membuat anak bahagia dan tersenyum. Si kecil dapat segera memakainya untuk kegiatan usai sekolah. Misalnya liburan atau pergi les. Pakaian atau aksesori seperti topi, sepatu, atau tas akan lebih keren bila bergambar tokoh kartun animasi favorit buah hati.

Tablet atau iPad

Untuk media belajar, tidak ada salahnya membelikan tablet atau iPad pertamanya agar anak tidak gaptek. Gadget saat ini sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan anak-anak milenial. Anak tentu saja harus selalu didampingi orangtua saat memainkan perangkat ini.

Sepeda

Bagi yang belum memiliki sepeda, alat transportasi ini juga boleh diberikan kepada anak-anak. Manfaat bersepeda sangat bagus untuk si kecil. Selain melatih motorik dan koordinasi seluruh anggota tubuh, anak-anak juga bisa mengeluarkan keringat sembari berolahraga.

Mereka juga bisa membaur bersama teman–teman kecilnya di taman dekat rumah. Dijamin, sepeda barunya yang bergambar tokoh kartun atau modelnya yang keren akan menciptakan kegiatan baru yang menyenangkan.

Liburan

Bila Anda bingung memikirkan barang yang tepat untuk diberikan kepada si kecil, maka ide mengajaknya liburan bisa menjadi opsi alternatif. Semua anggota keluarga bahkan bisa turut merasakan kegembiraan berlibur bersama.

Pergilah ke pantai untuk mengadakan pesta piknik di tepi pantai. Jangan lupa siapkan menu makanan favorit si kecil dan buah-buahan segar. Nah, selepas liburan, anak-anak akan tampil lebih segar dan siap menghadapi rutinitas di sekolah.

Renovasi Kamar

Selama liburan kenaikan kelas, ada beberapa waktu jeda. Manfaatkan hal ini untuk melakukan dekorasi ulang pada kamar buah hati. Misalnya mengganti wall paper atau cat dinding. Bagi anak yang belum memiliki kamar, ini saatnya mencoba memberikan kamar pribadi untuknya.

Ajak putra-putri Anda untuk bergabung atau memberikan idenya agar kamar menjadi lebih cantik sesuai keinginan. Contohnya memilih wallpaper atau warna cat dinding yang dia inginkan dan memajang lukisan atau gambar yang sudah ia warnai.

Kamar pribadi akan membantu si kecil lebih mandiri dan bertanggung jawab. Ia akan berusaha untuk menjaga kamarnya tetap bersih dan rapi serta mengenal privasi. Sebaiknya anak putri dan putra harus memiliki kamar terpisah meskipun kembar atau bersaudara kandung. Hal ini untuk mengajarkan tentang gender atau pendidikan seks sejak dini.

Buku

Hadiah yang tak kalah bermanfaat adalah buku seperti buku-buku cerita atau bergambar yang mengajak si kecil ikut terlibat dalam permainannya. Ada pula buku pop up yang mana gambar seolah-olah muncul dari dalam buku sehingga lebih menarik.

Anda bisa membacakan buku cerita sebelum anak tidur. Aktivitas ini akan mendukung minat anak belajar dan membaca karena terbiasa dan bukan karena paksaan. Di samping itu, kegiatan mendongeng buku juga menambah kosakata dan perbendaharaan anak yang lebih luas dan lengkap.

Siapa tahu kelak anak akan menjadi pembicara yang ulung atau bahkan seorang penulis terkenal seperti J. K Rowling.

Peralatan Sekolah

Lengkapi alat-alat tulis sekolah anak agar ia menjadi lebih nyaman dalam belajar. Perlengkapan sekolah yang bisa diberikan seperti tas, buku tulis, pensil, pulpen, penghapus, alat serut pensil, kotak pensil, dan lainnya. Agar anak lebih semangat dalam belajar, pilih berbagai bentuk peralatan sekolah yang menarik dan lucu.

Beberapa pilihan alat tulis dengan gambar tokoh kartun kesayangannya bisa menjadi hadiah yang tepat. Gambar pahlawan super yang sedang ngetren di bioskop pun asyik untuk dijadikan hadiah. Dengan begitu, anak akan lebih termotivasi dan semangat dalam belajar.

Hasil Kerajinan Tangan

Daripada membeli di toko, akan lebih baik lagi jika memberikan hasil kerajinan tangan kreativitas orang tua untuk si kecil. Keterampilan apa yang Anda miliki? Dengan mendapatkan hadiah buatan orang tuanya, si kecil akan merasa bahwa dirinya sangat istimewa.

Selembar foto yang diberi bingkai dan pita cantik akan membuahkan senyuman termanis di bibir si kecil. Apalagi, jika Anda tipe orang tua yang kreatif, Anda bisa membuatkan topi rajut, sweater, atau bahkan kue-kue cantik seperti cupcake.

Mengunjungi Rumah Nenek

Daripada anak bosan di rumah tanpa melakukan banyak kegiatan yang aktif, Anda bisa memberikan hadiah berupa pergi ke kampung halaman tempat tinggal kakek atau nenek saat liburan naik kelas. Umumnya, kakek dan nenek sangat senang dikunjungi oleh cucu-cucu kesayangan.

Begitu juga para cucu, mereka akan merindukan pelukan hangat serta berbagai jenis kue dan masakan lezat dari tangan sang nenek. Di kampung, anak-anak juga bisa mendapatkan banyak kegiatan yang bermanfaat. Misalnya mengetahui lingkungan desa, jalan-jalan ke sawah dan sungai, serta mengenali berbagai jenis satwa di habitat alam aslinya.

Jam Tangan

Ibarat pepatah, waktu adalah emas. Maka, sejak dini biasakan agar anak menghargai waktu. Datang ke sekolah tepat waktu dan selalu menepati janjinya. Aksesori jam tangan juga akan menambah percaya diri dan penampilan. Di sisi lain, ia juga bisa belajar tentang bagaimana cara membaca waktu sejak belia.

Pilih jenis jam tangan yang terbuat dari tali karet agar tidak terlalu erat melekat di kulit dan terasa lebih nyaman meski anak aktif bergerak. Untuk itu, berikan hadiah berupa jam tangan yang lucu sesuai dengan karakter kartun favoritnya.

Uang Saku Ekstra

Rajin menabung pangkal kaya! Itulah pepatah yang sejak zaman dulu digembar-gemborkan oleh orang tua. Nah, agar anak terbiasa menabung sejak usia muda, berikan mereka hadiah berupa uang saku tambahan saat berhasil naik kelas dengan prestasi yang membanggakan.

Nantinya, uang ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan sekolah atau membeli barang yang dibutuhkan. Bagi anak-anak yang sudah usia pelajar menengah atas, uang saku tambahan juga bisa dibelanjakan untuk membeli pendukung penampilan saat berbaur dengan teman-teman segeng. Misalnya, sepatu, baju, tas, atau aksesori lainnya.

From our editorial team

Memberikan Hadiah yang Bermanfaat

Apa pun jenis hadiah yang diberikan, pastikan bahwa anak-anak memang membutuhkan dan tidak sekadar barang yang hanya berakhir di tempat sampah karena kurang fungsional. Dengan begitu anak akan lebih menghargai pemberian Anda.

Tag