Saat Cuaca Dingin Nikmati Makanan ini Untuk Hangatkan Tubuh

Saat Cuaca Dingin Nikmati Makanan ini Untuk Hangatkan Tubuh

Cuaca dingin seringkali membuat malas beraktivitas dan mudah lapar. Bukan hanya itu, cuaca dingin juga membuat tubuh mudah terserang penyakit. Dalam kondisi ini Anda membutuhkan makanan yang bisa menghangatkan tubuh. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang cocok dikonsumsi saat musim dingin.

Musim dingin identik dengan cuaca gelap mendung, hujan, gerimis, atau suhu dingin. Pasti ada satu hari yang disana tidak muncul matahari terik karena tertutup awan yang mendung sehingga suhu di lingkungan tetap dingin. Hawa dingin dan peralihan cuaca membuat orang-orang menjadi mudah sakit. Flu dan kelaparan dapat mudah menghampiri kita ketika cuaca dingin. Biasanya, saat cuaca dingin paling enak bila makan makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Selain hangat, makanan ini dapat membuat Anda kenyang dalam waktu lama dan membuat tubuh tidak mudah sakit. Berikut 10 makanan yang cocok saat musim dingin.

1. Bakso

Sumber gambar resepmakanan.id

Saat terjebak hujan, bakso merupakan makanan yang paling diincar banyak orang. Dengan suhu yang panas dan tekstur yang lembut, bakso sangat cocok untuk dimakan ketika hujan. Hidangan yang hangat akan membuat Anda menjadi lebih segar dan bersemangat. Apalagi dengan tambahan kuah yang pedas, pasti akan membuat Anda ngiler hanya dengan melihatnya. Dalam semangkok bakso biasanya berisi bakso, bihun, mie kuning, tahu bakso, serta tambahan sayuran seperti kubis, seledri, bawang goreng. Harganya juga tergolong murah sehingga cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Selain itu bakso juga mudah dibuat sendiri. Anda hanya memerlukan daging sapi giling, lalu tambahkan bumbu dan tepung. Setelah tercampur, bulat-bulatkan adonan dan masukkan ke dalam kuah bakso panas.

2. Soto

Sumber gambar resepkoki.id

Salah satu makanan khas Indonesia ini memang terkenal disajikan saat panas dengan tambahan nasi putih hangat. Namun, jenis soto banyak macamnya dan berbeda antar daerah. Soto dapat menjadi makanan pilihan Anda ketika ingin menghangatkan diri kala hujan. Kuahnya yang hangat dan rasanya yang gurih membuat soto menjadi lebih nikmat. Di dalamnya terdapat potongan daging ayan, bihun, seledri, telur, dan tambahan ceker ayam. Apalagi dengan tambahan kerupuk dan sambal yang pedas dan segar. Bisa juga dinikmati dengan tambahan nasi putih agar lebih mengeyangkan. Tambahkan juga seledri dan daun bawang agar selera makan menjadi bertambah.

3. Mie Ayam

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mie ayam memiliki rasa yang gurih, enak, dan juga mengenyangkan. Disajikan dengan suhu hangat dan dimakan ketika cuaca dingin akan membuat rasanya semakin mantap. Apalagi dengan rasa yang pedas karena tambahan cabai akan membuat mie ayam menjadi lebih menyegarkan. Biasanya mie ayam tersedia dalam 2 jenis yaitu mie kering dan mie basah. Untuk versi mie kering,di dalamnya tidak ada kuah yang menggenang. Ayam yang dipakai juga berupa ayam tabur yang halus. Berbeda dengan mie ayam basah. Mie tercampur dengan kuah yang banyak dan ayam yang digunakan adalah ayam kecap dipotong kotak-kotak. Mie ayam juga disajikan dengan tambahan sayur dan bawang goreng. Selain itu, juga enak dimakan dengan didampingi kerupuk siomay dan tahu bakso.

4. Mie Rebus

Sumber gambar www.dreamstime.com

Mie rebus sering menjadi pelampiasan seseorang yang tiba-tiba dilanda kelaparan. Ternyata, mie rebus juga enak dimakan ketika cuaca sedang dingin-dinginnya. Apalagi bila kita sudah malas untuk keluar rumah dan cuaca dingin membuat perut semakin keroncongan. Mie instan memang murah dan mudah dibuat, namun akan menjadi makanan mewah ketika dimakan dikala hujan. Sajikan ketika hangat dengan tambahan sayuran dan potongan cabai. Tambahkan juga telur rebus atau goreng agar terasa lebih nikmat.

Nah ini Cara Masak Mie Agar Lebih Sehat

bpguide_id
instagram.com

5. Bubur Ayam

Sumber gambar notepam.com

Bubur yang satu ini memang cocok dimakan kapan saja. Pagi, malam, atau ketika sedang sakit. Rasanya yang nikmat dan hangat juga cocok untuk menjadi teman dikala cuaca dingin dan hujan. Tubuh akan terhindar dari kedinginan, perut terhindar dari lapar. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk agar lebih mantap.

6. Pisang goreng

Sumber gambar ptspt.co.id

Pisang goreng menjadi gorengan lezat favorit setiap orang baik dewasa maupun anak-anak. Pisang goreng juga dapat disajikan dengan kopi atau teh hangat. Di Manado, pisang goreng disajikan dengan unik karena ditambah dengan sambal dabu-dabu serta sambal roa. Menikmati pisang goreng yang masih hangat dapat membuat tubuh terhindar dari dingin dan kelaparan. Ketika hangat, rasanya masih nikmat dengan tekstur yang renyah. Selain di goreng, pisang juga dapat dipipihkan lalu dibakar di atas arang.

7. Jagung Rebus atau Jagung Bakar

Sumber gambar www.viva.co.id

Selain mengenyangkan, jagung juga dapat menjadi sumber karbohidrat selain nasi putih. Rasanya juga enak dan murah meriah. Jagung sering diolah dengan cara direbus dan dibakar. Lebih nikmat menggunakan jagung muda untuk dibakar agar tidak terlalu keras hasilnya. Paling enak dinikmati ketika cuaca dingin sambil berkumpul dengan kerabat atau saudara. Selain karbohidrat, serat dan vitamin B kompleks serta antioksidan juga ada di dalam kandungan jagung.

8. Pempek Palembang

Sumber gambar www.resepumiku.com

Jajanan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan enak apalagi ketika hangat dan dimakan saat musim dingin. Camilan khas Palembang ini sangat enak disantap dan sudah tersebar diseluruh Indonesia. Disajikan ketika hangat dengan tambahan kuah cuka yang diguyur di atas potongan lenjer, adaan, atau kapal selam (nama dari jenis pempek Palembang) akan membuat pempek terasa lebih gurih dan nikmat.

9. Sup Ayam

Sumber gambar ibudanmama.com

Sup ayam memiliki rasa yang nikmat dan enak dimakan ketika hujan atau cuaca yang dingin. Sup yang hangat juga dapat menjaga kondisi tubuh. Sup dapat mengatasi hidung tersumbat karena flu. Sup juga dapat menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Di dalamnya terdapat potongan sayur dan juga daging ayam. Bumbu yang digunakan salah satunya adalah bawang putih yang memiliki kandungan allicin hingga dapat melawan bakteri dan infeksi.

10. Gulai

Sumber gambar merahputih.com

Berkuah kuning pekat yang kental dan gurih, gulai dibuat dari bahan baku daging atau sayuran seperti nangka dan daun singkong. Gulai biasanya diberi bumbu dengan beragam jenis rempah yang bercita rasa gurih. Bumbunya yang khas dan kaya akan rempah seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai, bawang merah / putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan menjadi ciri khas gulai. Semua bumbu tersebut dihaluskan kemudian dicampur dan dimasak dengan santan yang gurih. Nikmat dimakan ketika perut kelaparan apalagi berada dalam kondisi cuaca yang dingin. Gulai dapat mengembalikan stamina dan suhu tubuh agar menjadi normal kembali.

From our editorial team

Nikmati Saat Hangat

Itulah 10 makanan yang cocok disantap ketika dingin. Tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Yang paling pas memang disantap selagi hangat ya. Anda juga dapat membuat makanan tersebut sendiri di rumah bersama dengan keluarga. Perut dimanjakan, tubuh juga dihangatkan. Mana yang jadi favorit Anda ketika cuaca dingin?