10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik yang Terasa Nyaman di Kaki (2019)

10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik yang Terasa Nyaman di Kaki (2019)

Membeli sepatu untuk olahraga tidak bisa asal pilih saja. Kamu harus menyesuaikan tipe sepatu dengan bentuk kaki. Tujuannya agar kaki tetap nyaman saat berlari ataupun saat melakukan olahraga lainnya. Agar tidak salah pilih sepatu, simak pembahasannya lebih lanjut, ya!

Sepatu Lari yang Kamu Pilih Belum Tentu Sesuai dengan Karakter Kakimu, lho!

Sepatu yang menjadi kebutuhan untuk beraktivitas dalam keseharian memiliki model yang beragam. Dasar memilih sepatu yang tepat bukanlah dilihat dari segi warna, desain, merek, ataupun modelnya. Melainkan dilihat dari ukuran, tipe kaki, dan akan digunakan untuk melakukan kegiatan apa sepatu yang hendak kita beli.

Agar kita bisa nyaman menggunakan sepatu kita harus tahu bentuk kaki kita sendiri. Meski bentuk kaki umumnya adalah sama namun akan ada sedikit perbedaan pada beberapa bagian, contohnya pergerakan kaki saat berjalan dan berlari.


Jenis-jenis Sepatu Lari Berdasarkan Tipe Pronasi

Under Pronation (Supination)

Pronation atau pronasi merupakan bentuk pergerakan kaki saat berlari atau berjalan. Setiap orang memiliki tipe pergerakan yang berbeda-beda. Tipe under pronation adalah tipe telapak kaki yang cenderung bergerak ke arah luar atau bertumpu pada jari-jari kaki selain ibu jari.

Jenis sepatu yang cocok untuk tipe kaki under pronation ini adalah yang cushioning. Yakni jenis sepatu yang memiliki midsole lembut dan lapisan last yang bentuknya lebih melengkung sehingga membuat pergerakan kaki jadi lebih fleksibel. Lapisan last adalah lapisan bahan yang terdapat di antara insole dan midsole sepatu.

Neutral Pronation

Untuk tipe kaki neutral pronation, pergerakan telapak kaki bergulir ke arah depan dan bertumpu pada bagian depan secara merata. Jenis sepatu lari yang cocok digunakan untuk tipe kaki ini adalah neutral. Jenis sepatu running ini memiliki banyak bantalan tapi tidak terlalu memiliki banyak lengkungan pada bagian samping. Namun jenis kaki berpronasi netral ini juga cocok menggunakan sepatu lari jenis stability ataupun cushioning.

Over Pronation

Pada tipe pergerakan kaki over pronation, telapak kaki bergerak cenderung ke arah dalam di mana tumpuannya terdapat pada ibu jari dan jari telunjuk kaki. Sendi pada pergelangan kaki terpaksa memanjang sehingga bagian tulang kaki, bagian bawah, dan atas berputar ke arah dalam. Hal ini bisa memicu nyeri dan stres berlebihan pada otot kaki, sendi lutut dan pinggul.

Jenis sepatu yang cocok digunakan bagi pelari dengan tipe pronasi ini adalah yang ringan dan menengah seperti semi-curved atau stability. Sepatu jenis semi-curved ini memiliki dukungan dan bantalan yang seimbang karena adanya medial post. Yakni midsole dengan ketebalan ganda atau disebut juga dengan dual-density midsole yang letaknya terdapat pada tepi bawah kaki bagian dalam.

Rekomendasi Sepatu Lari dengan Berbagai Tipe

Pria

Puma Hybrid Sky men Running Shoes

Hybrid Sky men Running Shoes merupakan sepatu running terbaik untuk pria yang bisa jadi pilihan. Sepatu ini akan mendukung dan menstabilkan serta mengunci tumit berkat dukungan foam midsole pada sepatu. Sepatu lari dengan paduan dua warna hitam dan oranye ini memiliki sol karet sedangkan material luar dan dalam sepatu berbahan tekstil.

Harga Rp. 1.617.089

Adidas Ultraboost 19 Shoes

Pilihan sepatu running berikutnya datang dari merek populer, yakni Adidas Ultraboost 19 Shoes. Sepatu Adidas ini hadir dalam warna putih dengan primeknit 360 yang dapat mengikuti bentuk kaki sebagai materialnya. Sepatu ini sangat responsif saat digunakan berlari karena didukung dual-density boost cushioning yang stabil dan solnya berbahan karet.

Harga Rp. 3.000.000

New Balance 420 Fitness Running Shoes

Memilih sepatu lari dari merek ternama sangatlah tepat karena kualitas yang diberikan sangat menjanjikan. Seperti sepatu 420 Fitness Running Shoes dari New Balance. Sepatu ini sangat baik digunakan untuk olahraga lari karena terbuat dari material tekstil yang ringan dan sol bermaterial karet.

Harga Rp. 839.000

Nike Air Zoom Pegasus 36 Shoes

Nike Air Zoom Pegasus 36 Shoes memang didesain khusus untuk kebutuhan para pelari karena sol sepatunya terbuat dari bahan karet yang sangat elastis sedangkan bagian atas dan dalamnya dari tekstil. Sepatu ini hadir dalam nuansa hijau dan putih yang cerah dengan detail logo Swoosh.

Harga Rp. 1.400.000-1.800.000

Diadora Savino Sports Performance Shoes

Savino Sports Performance Shoes merupakan sepatu lari pria dari Diadora. Sudah berpengalaman selama 40 tahun dalam memproduksi sepatu, Diadora menghadirkan teknologi terkini pada setiap produk sepatunya. Bagian luar sepatu ini berbahan tekstil sementara pada bagian dalam berbahan sintetis. Sol sepatunya terbuat dari karet berkualitas sehingga memiliki daya cengkeram yang aman dan nyaman saat berlari. Sepatu ini juga didesain agar terasa ringan dan kaki bisa bernapas di dalamnya.

Harga Rp. 399.000

Wanita

New Balance Energize Fitness Running Shoes

New Balance juga menghadirkan koleksi sepatu untuk wanita lho, salah satunya yakni Energize Fitness Running Shoes. Sepatu ini bisa kamu jadikan pilihan untuk olahraga lari karena dapat dipastikan bahwa sepatu ini akan terasa empuk dan nyaman di kaki.

Sepatu ini bermaterial tekstil pada bagian luar dan dalamnya dan untuk bagian solnya berbahan karet dengan warna serba putih.

Harga Rp. 1.149.000

Nike Legend React 2 Running Shoe

Legend React 2 Running Shoe merupakan sepatu lari untuk wanita dari Nike yang hadir dalam nuansa pastel dengan logo Swoosh. Bagian atasnya terbuat dari bahan mesh yang bersifat breathable. Fitur Nike React insole membuat pergerakan penggunanya menjadi lebih stabil.

Harga Rp. 1.429.000

Athletic Propulsion Labs-Techloom Phantom Shoes

Para wanita milenial Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan merek Athletic Propulsion Labs, bukan? Merek yang berdiri sejak tahun 2009 oleh dua bersaudara ini dijual secara online dan cukup populer di Indonesia. Salah satu produknya adalah Techloom Phantom Shoes yang terbuat dari bahan tekstil dan bagian sol berbahan karet. Tekstur sepatu sangat cantik sehingga cocok untuk wanita yang feminin.

Harga Rp. 2.409.000

Puma Run/Train Women's Jaab XT TZ Shoes

Run/Train Women's Jaab XT TZ Shoes merupakan sepatu lari untuk wanita dari Puma. Sepatu ini berdesain sporty ini memiliki detail cross strap metalik yang keren.

Material luarnya dari bahan knit dan kulit sintetis, bagian dalamnya berbahan tekstil, dan solnya berbahan karet. Sepatu olahraga ini juga dilengkapi dengan profoam midsole untuk cushioning yang nyaman dan berteknologi hybrid foam yang ringan dan responsif.

Harga Rp. 1.399.000

Sepatu pilihan terbaik terakhir untuk wanita adalah Running Core Run Cruiser Shoes dari Reebok. Reebok merupakan merek sepatu yang banyak peminatnya dan sudah terkenal sejak tahun 1990. Kenapa sepatu Reebok cocok dijadikan pilihan? Karena sepatu ini memiliki kualitas yang unggul dan cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari maupun untuk berolahraga.

Running Core Run Cruiser terbuat dari bahan mesh dan bagian dalamnya berbahan tekstil dan sintetis. Sedangkan solnya menggunakan bahan karet. Sepatu berwarna abu-abu ini membuat pemakainya nyaman dan leluasa bergerak.

Harga Rp. 869.000
From our editorial team

Sepatu Lari Mana yang Jadi Pilihanmu?

Sepatu lari tidak hanya dipakai khusus untuk berolahraga lari saja, namun juga bisa dipakai untuk mengikuti berbagai kegiatan outdoor lainnya. Bahkan sepatu lari juga bisa dipakai untuk santai lho. Jadi, sepatu lari mana yang menjadi pilihanmu? Yuk, segera miliki sebelum kehabisan!