8 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik 2019 untuk para Pemula, Sudah Punya Salah Satunya?

8 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik 2019 untuk para Pemula, Sudah Punya Salah Satunya?

Tiba-tiba ingin berolahraga lari demi mendapatkan tubuh yang fit? Tentunya ini adalah awal yang baik untuk memulai gaya hidup baru yang sehat. Agar semangat berolahraga lari, salah satu yang perlu kamu persiapkan adalah sepatu lari. Mau tau rekomendasinya? Yuk simak!

Olahraga Lari Tampaknya Sederhana, namun Tak Semudah yang Dibayangkan

Apakah kamu juga berpikir olahraga sekarang ini nampak seperti tren? Dengan merekam diri kita saat olahraga di gym, lapangan, atau di kolam renang dan membagikannya ke sosial media seolah menjadikan olahraga sebagai tren gaya hidup.

Tentu saja lebih dari itu, karena olahraga adalah salah satu aktivitas vital dalam hidup. Kurangnya olahraga bisa menyebabkan beberapa fungsi tubuh pun menurun kinerjanya. Ada beragam aktivitas olahraga yang bisa kamu pilih, salah satunya olahraga lagi.

Memang sih, terdengar mudah karena berlari tidak membutuhkan banyak persiapan. Cukup berbekal niat, badan, dan langsung lari. Tidak seperti olahraga di gym atau kolam renang yang membutuhkan pakaian atau perangkat tertentu, bahkan berbayar.

Tetapi, olahraga lari ternyata tak sesimpel kedengarannya. Ada beberapa hal penting yang harus kita persiapkan sebelum mulai berlari. Mulai dari sebelum olahraga, saat berolahraga, maupun setelah berolahraga. Yuk, perhatikan uraiannya di bawah ini!

Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mulai Melakukan Olahraga Lari

Buat Komitmen

Sumber gambar kumparan.com

Kedengarannya remeh ya, padahal komitmen itulah pondasi bagi seluruh rupa aktivitas. Tumbuhkan dan kuatkan komitmenmu agar kamu dapat berolahraga secara konsisten.Pertama, temukan dulu alasanmu olahraga. Lebih baik kalau didasari kesadaran akan pentingnya kesehatan.

Kedua, tandai di kalendermu kapan waktu yang tepat untuk olahraga, kalau perlu bikin alarm di ponsel. Kamu bisa berolahraga pagi, sore, atau malam hari sesuai dengan kesibukanmu. Yang penting, patuhi jadwalnya, ya!

Jangan Takut

Sumber gambar swara.tunaiku.com

Belum mulai kok sudah takut? Lakukan saja dulu dan lepaskan dirimu dari belenggu pikiran-pikiran yang tidak tentu. Sebagai awalan, kamu bisa selingi olahraga lari dengan berjalan kaki. Jangan langsung menetapkan tujuan yang tinggi.

Mulai dari yang pendek dan mudah saja. Kalau sudah nyaman dengan kecepatan jalan kakimu, naikkan levelnya menjadi jogging alias lari-lari kecil. Kamu bisa membaginya ke dalam rentang waktu tertentu, misalnya jalan kaki selama 3 menit, jogging selama 5 menit, dan jalan lagi selama 3 menit.

Intinya sih, sesuaikan dengan kemampuanmu. Setelah itu, jika sudah terbiasa, naikkan lagi durasinya. Yang penting bukan hanya kemampuanmu bertahan saat lari, tapi juga konsistensi!

Tingkatkan Waktu dan Jarak Secara Perlahan

Sumber gambar matamata.com

Seperti halnya melakukan aktivitas lain, sebaiknya kamu tidak terburu-buru meraih tujuan yang terlampau tinggi, termasuk saat olahraga lari. Mulailah dari jarak atau rentang waktu yang paling minimal. Penting untuk menyesuaikan jarak dan waktu berlari dengan kapasitas tubuhmu.

Jangan dipaksakan, segeralah berhenti jika tubuh dirasa sudah lelah. Misalnya, kalau kamu hanya mampu lari dalam jangka waktu 5 menit, maka berlarilah 5 menit saja. Atau, kalau sanggupnya baru satu putaran lapangan, maka cukup sekali saja.

Jika kamu memaksakan kondisi, bukan tidak mungkin badanmu malah merasa sangat lelah, atau bahkan mengalami kaki keseleo, yang malah membuatmu tidak dapat berolahraga keesokan harinya. Maka, penting melakukan olahraga ini secara rutin supaya kamu dapat terus menambah jarak dan waktu berlarimu.

Berlatih Bersama Teman atau Pelatih

Sumber gambar www.fimela.com

Komitmen adalah kunci keberhasilan kita meraih banyak hal. Maka, kalau kamu susah memegang komitmen, ajaklah teman untuk olahraga bersama. Kehadiran teman berpeluang besar untuk membuatmu lebih bersemangat, giat, dan lebih taat pada jadwal lari.

Kalau dirasa masih kurang, kami merekomendasikanmu untuk menggunakan jasa pelatih. Atau sekalian saja bergabung dengan komunitas lari. Kehadiran pelatih atau teman di komunitas lari bukan hanya memperluas pertemananmu, tetapi juga memudahkanmu mendapatkan informasi-informasi seputar dunia lari sehingga olahragamu makin optimal.

Pilih Sepatu yang Cocok

Mencari sepatu lari cenderung gampang-gampang susah. Karena ini bukan sepatu yang sekadar kamu pakai untuk keluar rumah, tetapi benar-benar harus memenuhi syarat sepatu olahraga.

Sebelum berjalan ke meja kasir, pastikan dulu sepatumu nyaman dipakai untuk berlari, tidak terlampau sempit juga tidak kebesaran, serta tidak terasa licin di kaki. Salah pilih sepatu berpotensi membuat kakimu terluka, maka bersabarlah sebelum menentukan pilihan.

Untuk memudahkanmu, pergilah ke toko yang khusus menyediakan barang-barang fitness atau olahraga, karena biasanya toko ini punya kualifikasi sepatu khusus yang tentunya akan lebih memudahkanmu. Jangan ragu untuk lari sebentar saat mencoba sepatunya, sekadar memastikan kenyamanannya. Tentu saja tidak boleh kamu pakai ke luar toko, ya!

8 Pilihan Sepatu Lari Terbaik 2019 Untuk Kamu yang Baru Memulai Lari

Nike Zoom Pegasus Turbo

Sumber gambar https://www.nike.com

Dari mereknya sih, Nike jelas tidak asing lagi. Merek asli Amerika Serikat ini dikenal dengan produk-produk olahraganya yang selalu berkualitas dan berdesain keren. Untuk keperluan olahragamu, coba deh pakai sepatu lari Nike Zoom Pegasus Turbo.

Sepatu versi terbaru dari Nike Air Zoom Pegasus ini dibuat dari bahan busa, yakni busa ukuran 10 seberat 8,4 ons untuk pria dan busa ukuran 8 seberat 6,9 ons untuk perempuan. Bahan busa menjadikan sepatu ini enteng saat dipakai, sehingga nyaman dipakai untuk berlari. Dapatkan sepatu keren ini hanya di situs Nike seharga Rp 2.649.000.

Saucony Triumph Iso 5

Meski bukan termasuk deretan merek ternama di Indonesia bersama Nike atau Adidas, Saucony termasuk produsen sepatu lari yang harus kamu pertimbangkan. Berasal dari Amerika Serikat, Saucony memang belum membuka toko resmi di sini, sehingga namanya tak setenar merek lain.

Padahal, Saucony menyajikan sepatu khusus untuk berlari yang dirancang untuk kebutuhan para pelari. Saucony meluncurkan Triumph ISO 5 yang dilengkapi dengan Everuntm midsole untuk bantalan terbaik dan Everuntm topsole untuk menunjang daya larimu.

Teknologi Isofit dan Formfit ditambahkan agar sepatu ini dapat menyesuaikan bentuk dan gerakan kaki pemakainya. Sepatu lari ini juga didesain menggunakan sol karet kristal.

Dijamin, kamu bisa berlari lebih lama dan ringan menggunakan sepatu Saucony yang satu ini. Yuk, segera beli di situs runnerinn.com seharga Rp 2.269.115.

Brooks Glycerin 16 Running Shoes

Kalau sepatu Brooks ini, nyamannya jelas juara. Ini karena sepatu Brooks dilengkapi lapisan dan alas bantal yang lembut. Sepatu lari Brooks Glycerin 16, misalnya, menggunakan DNA loft sebagai alas yang membantu agar daya tahan telapak kaki lebih kuat. Bahan ini memudahkan pemakainya untuk bergerak dan berlari dengan senang.

Dengan teknologi 3D Fit Print serta bootie yang fleksibel menjadikan sepatu lari satu ini patut kamu koleksi! Dapatkan model terkini dari Brooks hanya di Bukalapak seharga Rp 2.200.000. Tersedia pilihan warna merah, hitam, dan biru.

Running Shoes Adidas UltraBoost 19 Dark Pixel

Faktor kenyamanan memang penting saat memilih sepatu lari, tapi yang tak kalah esensial adalah memastikan sepatu larimu berkualitas bagus. Bicara kualitas, Adidas jelas tidak diragukan lagi. Produk-produknya terus dicari dan edisi terbarunya terus dinanti karena mutu Adidas sudah pasti bagus.

Adidas UltraBoost 19 Dark Pixel memiliki outsole karet yang solid sehingga mampu mencengkeram kaki dengan sempurna. Ventilasi GTX Surround dan fitur GORE-TEX Extended Comfort Footwear pada sepatu membuat kaki mudah bernapas. Segera beli Adidas Ultraboost 19 Dark Pixel yang tahan air ini di Tokopedia seharga Rp 4.538.000.

Brooks Levitate 2 Women's Running Shoes - Purple

Sumber gambar https://www.blibli.com

Brooks edisi kali ini dirancang khusus untuk wanita, namanya Brooks Levitate 2 Women's Running Shoes. Penyedia produk olahraga asal Amerika yang digagas John Brooks ini memang telah konsisten menghadirkan sepatu lari nomor satu sejak tahun 1914.

Lihat saja, Brooks Levitate 2 telah digunakan dalam aneka pertandingan lari di dunia. Tidak kaget kalau sepatu ini dikejar banyak orang. Seolah Brooks paham betul, pemakai sepatu lari mencari sepatu yang tidak hanya keren desainnya, tapi juga kualitasnya.

Sepatu lari Brooks Levitate 2 mengutamakan keamanan dan kenyamanan para pemakainya. Brooks Levitate 2 Women’s Running Shoes hadir dengan warna ungu yang cantik dengan jahitan yang rapi. Sepatunya nyaman dipakai karena terbuat dari material berkualitas dan outsole yang pas di kaki. Jika sepatu ini yang kamu cari, segera beli di Blibli seharga Rp 1.399.300.

On Cloudsurfer 2018 - Mens Everyday Running Shoes

Sudah kenalan dengan sepatu lari bermerek On? Kali ini, On mengeluarkan edisi terbarunya berupa sepatu lari On Cloudsurfer 2018 yang menjadikan aktivitas olahragamu lebih efektif.

Kehadiran sistem CloudTec pada sepatu membuat penggunanya bisa berlari dengan ringan. Bantalan sepatu dengan 3D cushioning membuat sepatu terasa empuk dan nyaman sekaligus melindungi kaki. Rasakan segala kesempurnaan sepatu On Cloudsurfer 2018 - Mens Everyday Running Shoes di sportitude.com seharga Rp 3.585.000.

Adidas Adizero Boston 7 Women's Shoes

Sumber gambar https://www.blibli.com

Adidas adalah salah satu merek yang konsisten memproduksi peralatan olahraga terbaik, terutama sepatu lari. Tak jarang, Adidas mengeluarkan seri sepatu lari khusus lari jauh, seperti Adizero. Adidas Adizero Boston 7 menjadi karya Adidas yang teruji berdaya tahan tinggi.

Sepatu ini menggunakan bahan synthetic air mesh sehingga memungkinkan kaki bernapas secara optimal. Sol sepatunya dibuat dari continental rubber yang ringan dan fleksibel. Jelas sudah, sepatu adidas Adizero Boston 7 Women's Shoes ini nyaman dipakai berlari. Sepatu ini bisa kamu beli di Blibli seharga Rp 1.885.180.

Women's Neutral Cushioned Fresh Foam Beacon

Sumber gambar www.newbalance.com

Merek New Balance sebenarnya tidak asing lagi di telinga kamu yang suka berolahraga. Nah, khusus sepatu lari untuk wanita, New Balance merilis sepatu lari dengan bantalan empuk bernama Women's Neutral Cushioned Fresh Foam Beacon.

Sepatu ini dilengkapi dengan midsole berkualitas sehingga terasa ringan dipakai. Aplikasi bahan mesh membuat kaki mudah bernapas dan tentunya tetap nampak trendi dari luar. Sepatu ini dapat kamu beli di New Balance seharga Rp 1.569.000.

From our editorial team

Sepatu Lari yang Ringan dan Nyaman Bikin Lari Makin Semangat

Dalam olahraga lari, sepatu yang ringan, nyaman dan pas di kaki bisa mempengaruhi mood kamu selama berolahraga, lho. Bayangkan jika kamu memakai sepatu yang terasa tidak nyaman, berat, dan bikin lecet, pasti jadi bete, kan? Maka dari itu, kamu harus pilih sepatu yang tepat dan berkualitas baik agar olahraga juga terus semangat.