Anti Basah! Ini Rekomendasi 10+ Celana Waterproof yang Tahan Basah dan Trendi

Anti Basah! Ini Rekomendasi 10+ Celana Waterproof yang Tahan Basah dan Trendi

Ketika mendaki gunung atau sedang menjelajah alam bebas, tentunya Anda membutuhkan celana waterproof yang aman bukan? Selain dapat melindungi dengan baik, Anda juga akan tetap nyaman karena kaki Anda tidak basah.

Celana Waterproof Menjadi Peralatan Penting untuk Menunjang Aktivitas Outdoor

Bagi mereka yang doyan berkelana di alam bebas seperti mendaki gunung, tentu sudah paham peralatan dasar yang harus dibawa saat beraktivitas. Jaket tebal dan tahan air menjadi perlengkapan utama untuk menahan dingin dan hujan. Begitu pula dengan celana yang tahan air agar badan tidak basah saat menghadapi hujan di tengah alam.

Celana waterproof ini akan menolong Anda ketika harus melakukan perjalanan di tengah guyuran hujan. Dengan bahan yang ringan namun mampu menahan air, celana waterproof ini mutlak dipakai ketika Anda tengah mendaki gunung.

Dengan celana waterproof, Anda tidak perlu cemas kaki kedinginan karena basah. Sehingga kondisi badan Anda tetap fit untuk menyelesaikan perjalanan.

Tips Membuat Kain Menjadi Waterproof

Menggosokkan Lilin di Atas Kain

Anda juga bisa membuat celana waterproof dadakan. Bahannya cukup celana yang akan digunakan dan lilin lebah secukupnya.

Panaskan lilin lebah ini dalam wadah hingga meleleh. Campurkan dengan linsed oil dan aduk hingga merata. Selanjutnya gosokkan lilin ke seluruh permukaan kain. Ratakan dengan menggunakan jari tangan.

Selanjutnya, jika dibutuhkan, panaskan celana yang sudah dilapisi lilin lebah sekitar 5 menit untuk meratakan bagian yang belum terlapisi. Celana waterproof pun bisa digunakan.

Menggunakan Lilin Lebah dan Oven

Jika berada di rumah, bisa juga menggunakan lilin lebah untuk melapisi celana yang dipanaskan di dalam oven. Sebelum memasukkan kain, lapisi loyang dengan aluminiun foil. Kemudian letakkan butiran lilin lebah di atas kain yang sudah berada di atas loyang.

Masukkan loyang dan kain yang sudah ditaburi lilin ke dalam oven. Panaskan dalam suhu 65 derajat celsius. Saat lilin sudah mencair keluarkan kain dari dalam oven dan ratakan dengan kuas. Masukkan lagi ke dalam oven selama beberapa menit.

Terakhir, ambil kain yang sudah dilapisi lilin lebah dari dalam oven dan gantung hingga lilin mengering dan melapisi kain.

Gunakan Semprotan Pelapis Tahan Air

Saat ini sudah tersedia pelapis tahan air berbentuk cairan. Biasanya disimpan dalam botol atau kaleng semprot. Sebelum melakukan penyemprotan, pastikan Anda melakukannya di tempat kering dan berventilasi.

Beri jarak antara kain dengan semprotan sekitar 15 sampai 20 cm. Lakukan proses penyemprotan dengan arah menyilang untuk dua lapisan berbeda. Lapisan pertama dari kanan ke kiri, lalu biarkan mengering. Selanjutnya semprotkan lapisan kedua dari atas ke bawah.

Cara ini akan membantu Anda mendapatkan celana waterproof instan yang bisa dipakai saat itu juga.

Gunakan Iron-On Vinyl

Kertas vinyl juga bisa menjadi alat bantu untuk membuat celana waterproof. Ini merupakan kertas stiker tahan air dengan tekstur yang lentur. Cukup kuat menahan air dan panas.

Iron-on vinyl ini bisa dibeli di toko kain. Setelah dipotong sesuai pola celana, lepaskan bagian yang lengket dan tempelkan di celana. Selanjutnya Anda tinggal menyetrika vinyl secara perlahan dengan suhu sedang. Saat dirasa sudah menempel dengan kain, kertas penyangga vinyl pun bisa dilepas.

Gunakan Minyak Biji Rami

Benda lainnya yang bisa dijadikan bahan untuk membuat celana waterproof adalah biji rami. Tentu saja yang digunakan adalah biji yang sudah diubah menjadi minyak.

Oleskan minyak biji rami ini ke seluruh lapisan kain. Setelah 30 menit bersihkan ampas dari minyak ini dengan lap. Biarkan kain mengering sepenuhnya selama 24 jam sebelum digunakan.

Celana Gunung Waterproof Akan Memudahkan Anda ketika Sedang Melakukan Pendakian

Saat mendaki gunung memang sangat tidak dianjurkan menggunakan celana jeans. Selain susah kering ketika basah, celana ini cenderung berat dan menambah beban tubuh saat bergerak. Sehingga energi Anda bisa cepat terkuras.

Karena itu dianjurkan untuk menggunakan celana dengan bahan yang ringan, mudah menyerap keringat, dan cepat kering ketika basah. Pilihan lainnya sudah tentu menggunakan celana waterproof. Selain mampu melindungi Anda dari serangga berbahaya, celana waterproof akan menjamin kaki tetap kering sehingga terhindar dari kedinginan.

Beberapa Rekomendasi Celana Waterproof yang Bisa Anda Pilih

Celana Gunung Waterproof Consina Rogers

Sumber gambar wahanastore.com

Rekomendasi pertama kami adalah Consina Rogers. Celana gunung waterproof produksi persuhaan asal Indonesia ini menggunakan bahan nylon tahan air di bagian luar. Di bagian dalam menggunakan bahan polar yang hangat.

Tersedia dalam ukuran L hingga XL, celana ini bisa Anda beli melalui Wahanastore dengan harga Rp 245.000.

Celana Gunung Waterproof Consina Mount Warren

Sumber gambar tokopedia.com

Consina juga punya seri Mount Warren sebagai celana waterproof yang layak Anda coba. Celana dengan kombinasi warna hitam dan oranye ini menggunakan bahan polar di bagian dalam. Tersedia dalam ukuran L sampai XL. Anda bisa mendapatkan celana waterproof ini melalui Tokopedia dengan harga Rp 290.000.

Celana Gunung Waterproof Consina Steep Cliffs

Sumber gambar bukalapak.com

Masih dari Consina, kali ini yang direkomendasikan adalah seri Steep Cliffs. Celana waterproof ini juga menggunakan bahan tahan air di bagian luar dan polar di bagian dalam. Ukuran yang tersedia mulai dari M, L, dan XL.

Dapatkan celana waterproof apik ini di Tokopedia dengan harga Rp 305.000.

Celana Gunung THE NORTH FACE 1605

Sumber gambar bukalapak.com

Pilihan berikutnya adalah dari The North Face. Merek yang sudah sangat dikenal di kalangan pencinta aktivitas alam bebas ini menyediakan seri North Face 1605. Menggunakan karet di bagian pinggang, dan dilengkapi dengan dua buah saku di samping dengan pelindung tahan air.

Pilihan warna yang tersedia adalah army dan grey. Sementara ukuran celana ini mulai dari L (nomer 28-29), XL (39-31), 2XL (32-33), 3XL (34-35), dan 4XL (36-37). Anda bisa membeli celana ini di Bukalapak yang melepasnya seharga Rp 310.000.

Celana Gunung Waterproof Naturehike

Sumber gambar bukalapak.com

Mungkin Anda belum terlalu akrab dengan merek Naturehike ini. Namun brand yang sudah berdiri sejak 2005 ini cukup profesional dalam menciptakan produk-produk unggulannya. Salah satunya adalah celana waterproof Naturehike NH17C003-K.

Celana ini menggunakan bahan 190T nylon dengan lapisan PU coating. Waterproof index mencapai 3000mm. Dillengkapi dengan resleting pada pangkal kaki dan sabuk yang bisa direntangkan sesuai kebutuhan.

Dapatkan produk Naturehike ini di Bukalapak yang menjualnya dengan banderol Rp 261.300.

Celana Gunung Jack Wolfskin 9986

Sumber gambar bukalapak.com

Jack Wolfskin juga menjadi salah satu merek yang sudah sangat akrab di kalangan pencinta alam bebas. Produk-produknya dikenal berkualitas. Di antaranya adalah Jack Wolfskin 9986.

Terbuat dari bahan softshell dengan daya tahan air hingga 95% di bagian luar dan bagian dalam menggunakan polar. Ada 3 buah saku yang bisa digunakan menyimpan benda-benda kecil. Dua di samping dan satu di belakang.

Menggunakan pinggang karet, celana ini tersedia dalam ukuran L hingga 4XL. Celana yang hanya tersedia dalam warna hitam ini bisa Anda beli di Bukalapak dalam harga Rp 180.000 atau di Tokopedia seharga Rp 165.000.

Celana Gunung Jack Wolfskin B16-005

Sumber gambar bukalapak.com

Selanjutnya masih dari Jack Wolfskin seri B16-005. Memiliki 2 kantong di bagian belakang, 3 di samping kanan, dan 2 di samping kiri. Terbuat dari bahan goretex yang cepat mengering. Celana ini menggunkan lapisan serat tipis yang membuat celana tidak panas juga tidak dingin.

Tersedia dalam ukuran M hingga 3XL, celana ini disediakan warna krem, abu-abu, dan army. Dapatkan celana ini di Shopee yang menjual dengan harga Rp 200.000 atau Rp 155.000 di Tokopedia.

Celana Gunung Jack Wolfskin 9988

Sumber gambar tokopedia.com

Kembali dari Jack Wolfskin. Sekarang yang direkomendasikan adalah seri 9988. Menggunakan bahan softshell yang tahan air di bagian luar dengan pinggang yang menggunakan karet elastis. Tersedia dalam ukuran XL (pinggang 28-29), hinga 5XL (pinggang 36-37).

Langsung saja kunjungi Tokopedia yang mematok harga Rp 165.000 untuk celana waterproof ini.

Celana Gunung Tracking Jack Wolfskin 6655

Sumber gambar bukalapak.com

Jack Wolfskin juga punya seri 6655 sebagai celana waterproof yang layak Anda coba. Menggunakan kain goretex yang waterproof sekaligus ringan. Bahan ini juga mudah dicuci.

Dilengkapi dengan 2 buah saku plus seal waterproof di samping dan 1 saku di bagian belakang. Celana dengan pilihan warna krem dan army abu-abu ini tersedia dalam ukuran XL (28-29) hingga 7XL (39-40). Bisa segera kunjungi Tokopedia untuk mendapatkan celana seharga Rp 155.000 ini.

Celana Gunung Spyder Waterproof Insulated

Sumber gambar tokopedia.com

Rekomendasi terakhir dari kami adalah Spyder Waterproof Insulated. Memiliki kemampuan tahan air hingga 10.000mm, celana ini dilengkapi dengan ventilasi di bagian paha dalam agar celana tidak panas saat dipakai. Plus geiter untuk dikaitkan dengan sepatu.

Celana yang tersedia dalam ukuran M ini punya lingkar pinggang 90 cm dan panjang 110 cm. Bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 345.000.

From our editorial team

Celana Waterproof Menjadikan Aktivitas Trekking Lebih Nyaman dan Luar Biasa

Tentunya, pengalaman Anda menjelajah alam liar, menembus hutan, mendaki gunung, jangan sampai terhalang karena celana yang basah atau mungkin malah demam dan masuk angin. Celana waterproof menjadikan langkah Anda semakin tegas dan semakin yakin. Selamat menjelajah!