11 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Solo Traveling

11 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Solo Traveling

Liburan sendirian? Siapa takut! Kami yakin banyak dari pembaca BP-Guide yang memiliki hobi traveling dan banyak pula yang suka ber-solo traveling. Yuk, disimak tips solo traveling dan rekomendasi destinasi wisata saat harus berlibur sendiri.

Sekilas Info tentang Liburan Sendiri

Sumber gambar travel.aarp.org

Setiap orang memang membutuhkan liburan. Supaya tak jenuh dengan kesibukan padat tiap harinya, maka perlu ada liburan supaya otak dan tubuh dapat beristirahat sejenak. Berlibur memang paling seru jika dilakukan bersama keluarga atau pun teman. Namun, pernahkah kamu terpikir untuk berlibur sendirian?

Saat ini melakukan perjalanan liburan tak harus selalu bersama-sama, sendirian pun bisa dilakukan. Aktivitas ini dinamakan solo travelling dan kini sedang banyak digemari. Liburan sendirian ini bisa jadi sangat menyenangkan apalagi jika sudah direncanakan dengan matang.

Berpetualang sendirian akan melatih kemandirian seseorang. Kita harus mengandalkan diri sendiri saat sedang solo travelling. Pengalaman seru bertemu banyak orang baru dan menambah referensi lokasi wisata pastinya jadi tak terlupakan.

BP-Guide punya beberapa rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk solo travelling nih, segera tengok daftarnya sekarang ya!

Fakta Menarik Liburan Sendiri

Ada beberapa fakta menarik tentang liburan sendirian. Mungkin bisa dijadikan rujukan buat kamu yang saat ini sedang menyusun rencana untuk berlibur sendirian.

Alasan Kita Butuh Liburan Sendiri

Sumber gambar www.ukulelemusicinfo.com

Berlibur adalah aktivitas yang diperlukan untuk dilakukan secara berkala. Kamu juga perlu sesekali melakukan solo travelling karena memiliki banyak manfaat dan pasti dijamin menyenangkan serta mengesankan.

Terlalu sibuk dengan banyaknya tugas dan pekerjaan sampai-sampai tak memiliki waktu untuk merencanakan liburan bersama, bisa jadi merupakan salah satu alasan ber-solo travelling. Alasan lainnya adalah karena bisa jadi kamu sering patah hati dan sedang suntuk dengan segala urusan percintaan. Kamu bisa kembali menyegarkan pikiran dan hati kamu dengan melakukan solo travelling.

Selain itu, alasan bahwa kamu sedang butuh liburan sendiri adalah karena kamu sedang jenuh dengan segala pembicaraan orang lain tentang dirimu. Kamu bisa bebaskan diri kamu dari segala gosip yang tidak mengenakkan yang menekan dan membuat kamu stres.

Ada banyak hal menarik di luar sana yang bisa kamu jelajahi daripada bosan dengan penilaian orang lain. Kamu bisa mengasah kemampuan dan keberanian kamu untuk menjelajah tempat baru guna menunjukkan kamu sudah bisa lebih mandiri. Beberapa alasan ini pastinya bakal makin menguatkan kamu untuk berani melakukan solo travelling.

Manfaat Liburan Sendiri

Sumber gambar www.forbes.com

Kalau alasan untuk solo travelling sudah kamu dapatkan, kini giliran kamu mengetahui manfaat dari liburan sendiri. Ternyata ada beragam kelebihan yang akan kamu dapat dengan melakukan solo travelling loh. Salah satunya adalah lebih hemat. Benar sekali kan, kalau liburan sendiri, biaya makan, transportasi, dan lainnya bisa lebih hemat dan bisa ditekan.

Manfaat lainnya adalah kamu akan bertemu banyak orang baru dan tak menutup kemungkinan bisa mendapat teman baru juga loh. Kamu juga akan merasa bebas dan lebih damai karena ber-solo travelling tak perlu ada perdebatan-perdebatan seperti: harus ke mana dulu, harus beli apa dulu, dan seterusnya.

Dengan solo travelling kamu bisa mengenal dirimu jauh lebih baik lagi. Kamu bisa berlatih untuk bisa lebih percaya diri dan bisa belajar membuat keputusan sendiri.

Cara dan Tips Liburan Sendiri

Sumber gambar www.everydayhealth.com

Liburan sendiri pastinya membutuhkan persiapan yang banyak. Persiapan pertama tentu saja menyiapkan mental dan rasa percaya diri dulu. Selanjutnya, kamu wajib memberanikan diri keluar dari zona nyaman.

Kamu bisa awali solo travelling kamu dengan memilih beberapa tempat yang sudah terbukti aman untuk liburan. Yang paling penting, jangan lupa untuk meminta izin dan doa dari orang tua dan keluarga ya.

Ketika melakukan solo travelling, sudah pasti kamu butuh beberapa tips supaya liburan jadi lancar dan menyenangkan. Kamu bisa survei lokasi liburan dulu dengan cara browsing di internet.

Tak ada salahnya juga membaca cerita sukses para solo traveler lainnya. Lalu usahakan agar kamu memesan tempat jauh-jauh hari dan hindari bepergian di kala musim liburan. Hal ini supaya kamu lebih nyaman kala berlibur dan bisa menikmati liburan semaksimal mungkin.

Jangan lupa membawa uang tunai kala berlibur sendirian. Catat juga tiap pengeluaran supaya kamu bisa tahu berapa saja yang sudah kamu habiskan. Terakhir, kala ber-solo travelling, jangan lupa belanja oleh-oleh ya.

11 Referensi Destinasi untuk Liburan Sendiri

Berikut ini BP-Guide sampaikan kepada kamu destinasi-destinasi wisata yang cocok untuk ber-solo traveling. Simak, ya!

Yogyakarta

Sumber gambar www.traveloka.com

Liburan sendirian bisa kamu lakukan dengan memilih tujuan wisata yang terbukti aman dan ramah bagi traveler. Kamu bisa lirik Yogyakarta sebagai tujuan wisata kamu, nih. Penduduknya ramah dan pasti siap membantu para wisatawan jika kita meminta dan bertanya pada mereka dengan sopan.

Alasan lain mengapa Yogyakarta layak dipilih jadi tujuan solo traveler adalah karena akses transportasinya mudah. Kamu bisa menuju tempat ini dengan bus, kereta api, maupun pesawat.

Jika sudah sampai Yogyakarta, kamu bisa berkeliling naik bus Trans Jogja, bisa juga naik transportasi tradisional seperti becak dan delman. Alternatif lainnya adalah dengan naik motor yang kamu sewa. Kamu bisa bebas berkeliling dengan motor ke banyak tempat wisata di Jogja.

Untuk masalah penginapan, Jogja banyak menyediakan penginapan dengan harga terjangkau sehingga kamu bisa lebih berhemat juga. Lalu untuk masalah makanan, kamu bisa jajal aneka ragam makanan tradisional Jogja yang harganya juga ramah banget di kantong.

Kamu boleh juga mampir ke beberapa wisata kuliner seperti: Soto Sulung Stasiun Tugu, Lesehan Pari Gogo, Kampung Bakpia Patuk, dan lain sebagainya.

Pilihan destinasi wisata di Yogyakarta ini banyak banget loh. Kamu bisa bergaya kece di keraton Jogja, boleh juga pasang aksi kala berada di Museum Benteng Vredenburg. Jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke tempat pemandian bersejarah yakni Istana Air Taman Sari.

Bali

Sumber gambar www.thejakartapost.com

Pulau Dewata juga tergolong bisa jadi tempat solo traveling yang nyaman banget, loh. Kamu tak perlu merasa kesepian karena di Bali ada banyak banget turis dalam dan luar negeri yang juga melakukan solo travelling. Kesempatan kamu terbuka lebar untuk mendapat teman baru di sini ya.

Banyak banget yang bisa kamu lakukan di Bali. Mulai dari menjelajah deretan pantainya yang luar biasa cantik, melakukan yoga di Ubud dan menikmati suasana damai khas Ubud, menyusuri gang-gang di Bali, dan lain sebagainya.

Untuk masalah transportasi, kamu tak perlu bingung karena Bali bisa dijangkau dengan mudah baik dengan pesawat maupun kapal laut. Kala sudah tiba di Bali, kamu bisa menyewa motor karena bisa lebih fleksibel untuk mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya.

Untuk akomodasi seperti hotel dan makanan kamu juga tak perlu khawatir. Ada banyak hostel murah dan terjangkau serta ada pula hotel mewah bagi kamu yang ingin memanjakan diri. Makanan lezat pun banyak tersedia dengan harga masuk akal. Jadi tunggu apalagi? Segera beli tiket ke Bali, ya!

Bandung

Sumber gambar www.agoda.com

Paris van Java ini wajib masuk list tujuan solo travelling kamu. Kotanya nyaman dengan udara sejuk dan berkesan asri. Bandung memiliki sejuta destinasi wisata yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Keamanan kamu terjamin selama ber-solo travelling di tempat ini.

Lokasi kota ini mudah dijangkau dengan beragam alat transportasi. Namun bagi kamu yang memang berada jauh dari Bandung atau berasal dari luar pulau Jawa, maka tak salah jika kamu memilih menggunakan jasa paket wisata. Cari saja paket wisata solo untuk explore Bandung sepuas kamu.

Jelajahi indahnya Bandung dari Museum Geologi sampai Trans Studio Bandung yang sudah tersohor. Sempatkan juga mengunjungi Saung Angklung Udjo dan juga Paskal Food Market yang tenar. Deretan taman kota yang Instagrammable siap menyambut kamu juga, loh.

Kala berada di Bandung jangan sampai tak melakukan wisata kuliner juga, ya. Kamu bisa habiskan malam kamu dengan menyusuri Jalan Cilaki dan Cisangkuy. Di sana kamu akan menemukan banyak jajanan khas dan beraneka makanan khas Bandung yang nikmat dan unik. Tak lupa, kamu bisa juga belanja oleh-oleh sepuasnya di Factory Outlet yang ada di jalan Riau, Dago, sampai Setiabudi.

Lombok

Sumber gambar okatravel.com

Pulau yang letaknya berdekatan dengan pulau Dewata ini juga menyimpan sejuta keindahan, loh. Tak mau kalah dengan Bali, aneka destinasi wisata menarik juga dipersembahkan Lombok untuk para pelancong. Kamu yang ber-solo travelling tak boleh sia-siakan waktu kala mengunjungi Lombok ya.

Pulau yang satu ini sudah menjadi tempat wisata halal yang ramah bagi para Muslim. Penduduknya juga ramah dan pasti menolong kala kamu tengah kesulitan. Kunjungi aneka pantai di Lombok untuk menikmati sunset-nya. Air terjun yang indah dan menakjubkan juga siap mempesona kamu. Selain itu, jangan lewatkan keindahan berbagai gili yang ada di Lombok. Kamu bisa nikmati wisata bawah laut gili yang menarik.

Kamu bisa menuju Lombok dengan kapal laut maupun pesawat, sedangkan untuk berkeliling di Lombok kamu bisa sewa sepeda motor. Jangan lupa membawa bahan bakar cadangan karena stasiun pengisian bahan bakar tidak sebanyak yang ada di pulau Jawa dan Bali.

Untuk masalah makan, kamu bisa temukan banyak penjual bakso. Lalu kuliner lainnya ada juga nasi bungkus yang mirip nasi Jinggo di Bali. Kamu bisa juga coba aneka makanan tradisional dari Lombok yang tak kalah nikmatnya.

Batu, Malang

Sumber gambar blog.reservasi.com

Bagi yang gemar berwisata di daerah berhawa sejuk, maka kamu tak boleh melewatkan Kota Batu di Malang, ya. Kota Batu ini memiliki banyak sekali wisata seru yang bagus untuk dikunjungi.

Kotanya nyaman dan transportasinya juga mudah didapat. Kamu bisa naik kendaraan umum atau bisa juga menyewa mobil atau motor untuk berkeliling kota seharian.

Jelajahi aneka taman hiburan menarik seperti Jatim Park 1, di mana kamu bisa menaiki aneka wahana sepuasnya. Bisa juga ke Jatim Park 2 di mana kamu bisa melihat kebun binatang berkonsep modern.

Ada juga Jatim Park 3 yang menyuguhkan pemandangan dan suasana unik khas zaman purbakala lengkap dengan aneka jenis dinosaurusnya.

Kamu juga pasti tak akan melewatkan berwisata ke museum yang unik, yakni Museum Angkut. Kamu bisa melirik aneka jenis kendaraan dari zaman dulu hingga zaman now di museum ini. Di samping itu kamu bisa bergaya kece di museum ini karena lokasinya diset persis seperti beberapa kota termahsyur di dunia.

Jangan biarkan malam kamu habis di hotel begitu saja selama kamu berada di Kota Batu. Kunjungi Batu Night Spectacular yang buka hingga tengah malam. Nikmati indahnya lampu lampion yang dibentuk beraneka rupa.

Pilihan lainnya adalah mengunjungi Alun-alun Kota Batu. Kamu bisa duduk manis menikmati ramainya kota sembari mencicip aneka jajanan yang dijual di sekeliling alun-alun. Ada juga bianglala yang bisa kamu coba naiki. Pastinya seru banget deh.

Untuk berlibur di Batu, kamu perlu siapkan pakaian hangat supaya tak kedinginan. Aneka kuliner di Batu terbilang memiliki harga terjangkau dengan rasa yang enak. Hindari mengunjungi tempat ini kala liburan karena pasti akan sangat padat.

Flores

Sumber gambar blog.reservasi.com

Pulau Flores bisa juga jadi tujuan solo travelling kamu. Pulaunya memang kecil namun tempatnya aman untuk liburan sendiri. Warganya baik dan tak segan untuk membantu kamu jika kamu membutuhkan sesuatu.

Untuk berpetualang ke Flores, kamu wajib siapkan budget berlebih karena kita tak tahu apa dan bagaimana keadaan di sana. Kamu bisa mendarat di Labuan Bajo karena di sana ada Bandara Internasional Komodo yang merupakan bandara terbesar. Lalu, kamu bisa sewa ojek untuk keliling pulau Flores.

Kalau ingin liburan dengan bujet yang terjangkau, kamu bisa pilih menginap di hostel. Di sana kamu berkesempatan juga bertemu dengan banyak solo traveler lainnya.

Jika kamu ingin berkunjung ke kabupaten lainnya, kamu bisa gunakan pesawat yang tiketnya berkisar Rp 200 ribuan. Kamu bisa juga naik travel namun harganya berkisar Rp 300 ribuan dengan waktu tempuh yang jauh lebih lama.

Lokasi wisata yang ada di Flores memang kebanyakan berada di daerah pelosoknya, namun percaya deh kamu tak akan rugi mengunjunginya. Kamu bisa lihat danau tiga warna yakni Danau Kelimutu dan wisata lainnya yang lokasinya jauh dari pusat kota. Kamu bisa menyewa motor dengan harga Rp 80.000 per harinya untuk menuju tempat tersebut.

Palembang

Sumber gambar marketeers.com

Kota Palembang nyaman banget untuk dijadikan tempat solo travelling, loh. Kota ini aksesnya sangat mudah dan memiliki banyak sekali tempat wisata untuk dijelajahi sendirian. Kamu bisa keliling naik ojek maupun ojek online juga.

Kamu bisa mengunjungi Palembang dengan bus atau kereta. Bisa juga naik pesawat terbang jika kamu berdomisili di luar pulau Sumatera. Kalau kamu sudah tiba di kota ini, maka kamu bisa mulai menjelajah naik angkot yang tarifnya Rp 4.000-an.

Kamu bisa mencari hotel murah seperti Airy Room untuk menekan budget perjalanan kamu. Fasilitas hotelnya sudah lengkap dengan WiFi dan AC untuk beberapa hotel yang ada di pusat kota.

Jangan lewatkan aneka spot menarik di Palembang, mulai dari Jembatan Ampera, Masjid Agung, Museum Sultan Mahmud Badarudin, hingga Monpera. Jangan lewatkan juga berkunjung ke Pulau Kemaro, ya. Untuk belanja oleh-oleh kamu bisa pergi ke Plaza Benteng Kuto Besak sekaligus menikmati indahnya Sungai Musi di malam hari.

Wisata kuliner di Palembang juga wajib kamu lakukan. Kamu bisa ke Kampung Pempek karena Palembang memang pusatnya jajanan tradisional satu ini. Kamu bisa juga ke Palembang Icon yang memiliki food court Eat Street berkonsep modern.

Bangka

Sumber gambar bangkatour.com

Berlibur ke Kota Bangka bisa menjadi salah satu destinasi kalau kamu ingin menjajal solo travelling. Kota ramah ini akan menyambut kamu dengan kehangatan luar biasa.

Warga lokal sangat menyukai pendatang dan dengan senang hati membantu jika kamu mengalami kesulitan. Bahkan mereka tak segan-segan menawarkan makan siang di rumah mereka.

Bangka dikenal menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia. Dengan 470 pulau yang ada, Bangka menawarkan wisata yang luar biasa. Pantainya yang indah memiliki pasir putih yang memanjakan pandangan dengan hiasan batu granit yang memesona. Bangka pun menyuguhkan aneka wisata bahari yang menyenangkan.

Kamu bisa menuju Bangka menaiki pesawat atau kapal laut. Nah, untuk berkeliling Bangka atau menuju daerah lain, kamu bisa naik pesawat perintis Sky Aviation. Kamu bisa juga naik kapal yang dioperasikan PT PELNI untuk bertandang ke pulau lainnya.

Transportasi umum di Bangka pun sudah lengkap. Ada bus hingga angkutan kota yang siap mengantar. Bisa juga kok kamu menyewa mobil atau motor untuk keliling Bangka. Kunjungi deretan pulau kecil di Bangka dengan menyewa boat dengan kapasitas 10 orang.

Untuk berlibur ke Bangka ada beberapa tips berguna nih. Pertama, jangan lupa bawa kamera karena kamu pasti tak ingin ketinggalan momen berharga. Selanjutnya disarankan lebih baik menyewa kendaraan supaya lebih mudah. Jangan lupa bawa sunblock karena pastinya jika bermain di pantai bisa lupa waktu meski panas terik menyengat.

Pulau Komodo

Sumber gambar bali-gili.com

Siapa sih yang tak tertarik mengunjungi Pulau Komodo? Kamu juga aman kok mengunjungi tempat ini meski liburan sendirian. Melakukan petualangan di pulau Komodo akan lebih mudah dilakukan kalau kamu ikut dengan paket wisata saja. Ini untuk mempermudah akomodasinya selama berada di sana.

Kamu bisa menikmati segarnya air pantai kala menyelam dan menyaksikan terumbu karang. Bisa juga melihat langsung komodo sebagai makhluk purba terakhir yang ada di dunia pada habitat aslinya. Kunjungi Taman Nasional Komodo dengan tiket seharga Rp 90.000.

Kamu bisa ikut paket tour pulau Komodo yang biayanya sekitar Rp 1.750.000 untuk 2 hari satu malam. Biaya sudah mencakup makan 3 kali dan juga snack. Biaya juga termasuk untuk naik kapal dengan kamar yang nyaman dan ada kamar mandinya.

Pulau Weh

Sumber gambar www.pinterest.com

Mau melancong yang sekalian jauh? Boleh kok, karena ada Pulau Weh yang siap memesona kamu. Pulau yang berada di Sabang ini terbilang aman untuk para solo traveler. Segera saja gunakan pesawat untuk menuju ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Aceh.

Selanjutnya kamu bisa ke Pelabuhan Ulee Lheue untuk menuju ke Pulau Weh. Menuju pelabuhan kamu bisa memilih untuk menggunakan taksi, bus Damri, becak motor, atau labi-labi. Lalu dari pelabuhan menuju Pulau Weh kamu bisa naik kapal cepat maupun kapal lambat dengan tiket Rp 25.000.

Ada apa saja nih di pulau Weh? Kamu bisa mengunjungi Titik Nol Kilometer. Yakni sebuah menara 20 meter dengan lambang Garuda. Ada juga pantai sumur tiga yang bagus untuk snorkeling. Jangan lewatkan Pantai Iboih yang keindahan bawah lautnya mempesona.

Ada juga nih pesona pantai Gapang yang siap menyihir kamu dengan keindahannya. Bagi yang suka ke air terjun bisa coba Pria Laot yang merupakan nama sebuah air terjun di Pulau Weh. Untuk menuju ke sini perlu menempuh jarak sekitar 12 kilometer dari kota Sabang. Setelahnya, kamu perlu berjalan 1 kilometer untuk sampai ke tempatnya.

Raja Ampat

Sumber gambar www.satyawinnie.com

Raja Ampat merupakan bagian dari kepulauan yang ada di Papua Barat. Sejuta pesona Raja Ampat siap membius kamu ketika kamu berkunjung ke sana. Cocok banget untuk para solo traveler.

Yang diunggulkan dari Raja Ampat adalah pemandangan cantik dari biota lautnya. Aneka wisata bahari seperti snorkeling, berenang, dan lainnya menjadi keunggulan berwisata di tempat ini. Kala liburan di sini, kamu tidak perlu khawatir karena penduduk lokalnya menyambut wisatawan dengan sangat hangat dan ramah.

Untuk menuju ke Indonesia Timur, tepatnya ke Raja Ampat, memang perlu naik pesawat. Harga tiket pesawat menuju Sorong sekitar Rp 3 juta. Bisa juga dengan naik kapal laut dari Tanjung Priok, Jakarta dengan harga tiket mulai Rp 1 jutaan. Sesampainya di Sorong, kamu bisa naik ojek atau mobil untuk berkeliling. Sedang untuk ke Waisai bisa naik perahu cepat dengan harga Rp 130.000.

Kamu bisa menginap di homestay hingga di resort mewah selama di Raja Ampat. Menginap di homestay bisa menghabiskan Rp 250.000 untuk satu malamnya dan sudah termasuk makan 3 kali.

Kamu bisa juga menyewa perahu dari pemiliki homestay. Perahu bisa disewa untuk berkeliling pulau. Untuk para solo traveler, bisa kok bergabung dengan orang lain yang memiliki kegiatan sama. Nantinya biaya bisa ditekan sehingga kamu bisa lebih berhemat.

Bicara soal Raja Ampat, pasti tak jauh dari banyaknya pulau yang bisa dikunjungi. Kamu bisa juga berkunjung ke berbagai desa yang ada. Kalau soal tempat terpopuler, wilayah Wayag yang paling dikenal. Ini karena Kepulauan Wayag bisa ditempuh 3 jam dari Waisai dengan speedboat. Keindahan alam bawah lautnya dijamin bikin kamu tak mau pulang deh.

From our editorial team

No Fear for Solo Traveling

Setelah membaca tips dari kami, maka kamu sudah tidak perlu khawatir jika ingin ber-solo traveling. Jadikan solo traveling menjadi momen untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kematangan manajerial. Selain itu, meskipun kamu ber-solo traveling, tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan bertemu dengan traveler lainnya di luar sana. Atau bahkan, bertemu jodoh.. :)

So, happy traveling, ya!

Tag