Fashion Style Jepang Nggak Ada Matinya! Inilah 10 Rekomendasi Barang Fashion Jepang yang Populer dan 5 Tren Fashion Jepang Tahun 2019

Fashion Style Jepang Nggak Ada Matinya! Inilah 10 Rekomendasi Barang Fashion Jepang yang Populer dan 5 Tren Fashion Jepang Tahun 2019

Jepang memang negara yang penuh pesona. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah fashion style Jepang yang tidak pernah mati dari tahun ke tahun. Kira-kira di tahun 2019 ini style fashion apa saja yang sedang tren di Jepang, ya? Yuk, langsung cari tahu!

Setiap Tahunnya akan Ada saja Tren Baru Dalam Dunia Fashion Jepang

Sumber gambar artforia.com

Gaya fashion Jepang yang unik memang merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara itu. Setiap pergantian tahun, dunia fashion Jepang juga mengalami pergantian tren. Untuk tahun 2019 ini, tren fashion Jepang memperkenalkan style unik, edgy, dan berkarakter.

Berbagai Tren Fashion Jepang

Harajuku

Sumber gambar pinterest.com

Harajuku style telah terkenal di seluruh penjuru dunia sebagai budaya pop Jepang. Gaya jenis ini lebih menitikberatkan pada sisi funky, unik, dan khas dalam berpenampilan. Harajuku sering dipakai oleh kalangan anak muda, terutama pada saat cosplay.

Kemunculan Harajuku style dimulai pasca Perang Dunia II berakhir, ketika banyak tentara Amerika hidup membaur dengan penduduk di Harajuku. Kemudian terjadilah akulturasi gaya fashion western dengan penduduk Jepang yang hingga kini dikenal sebagai Harajuku style.

Gothic Lolita

Gothic Lolita merupakan perpaduan antara gaya gothic dan lolita fashion. Sebenarnya, gothic adalah nama sebuah periode yang berkembang di Eropa Utara pada abad ke-18. Gothic ditandai dengan adanya unsur religius dalam setiap karya seni, sastra, dan arsitektur yang berkembang pesat pada abad tersebut. Sedangkan Lolita lebih merujuk pada berbagai hal yang berhubungan dengan anak perempuan yang usianya masih di bawah umur.

Gothic Lolita menjadi sebuah fashion style yang berkembang pesat di Jepang. Saking populernya, hampir semua department store di negeri Sakura menyediakan jenis pakaian ini. Ciri khas dari jenis fashion ini adalah menampilkan baju-baju yang dipakai oleh boneka porselen pada zaman Victoria dengan menonjolkan citra innocent, cute, dan childish. Fashion style jenis Gothic Lolita identik dengan warna hitam dan putih.

Cosplay

Sumber gambar aliexpress.com

Cosplay berasal dari kata costume dan play yang ditulis katakana dengan ejaannya kosupure. Cosplay sering diartikan sebagai penggunaan riasan serta baju dan kostum mirip seperti tokoh game, anime, film kartun, musisi, ataupun artis idola. Awal kemunculan cosplay sering dipergunakan sebagai ajang entertainment dan sering dilaksanakan pada saat Paskah ataupun Halloween.

Decora

Sumber gambar tokyofashion.com

Decora Style mulai muncul pada akhir tahun 90-an dan merupakan sub kultur dari anak muda Jepang. Decora Style sering disebut juga dengan Fruit Style yang sangat populer di kalangan anak muda. Eksistensi Decora Style semakin merebak pada pertengahan tahun 2000-an yang identik dengan baju warna terang serta beragam aksesori yang digunakan secara bertumpuk-tumpuk.

Visual Kei

Sumber gambar pinterest.com

Visual Kei mulai muncul sekitar tahun 1990-an di Jepang dan merupakan sebuah gerakan dalam J-Rock yang menggunakan kostum dramatis agar memperoleh perhatian ekstra dari para penontonnya. Visual Kei mengalami perkembangan pesat menggunakan metode pemasaran dalam bentuk merchandise. Umumnya penggemar dari Visual Kei adalah gadis remaja di Jepang.

Ciri khas dari Visual Kei adalah penggunaan make up yang mencolok dengan gaya potongan rambut ekstrim berbentuk seperti pita rambut yang pernah hits di tahun 1980-an. Meskipun begitu pakaian dari Visual Kei lebih menitik beratkan pada feminine ataupun androgynous yang terinspirasi dari game RPG dan anime.

Rekomendasi Barang Fashion Jepang yang Banyak Digemari

UNIQLO

Sumber gambar uniqlo.com

UNIQLO merupakan brand rintisan dari perusahaan Uniqlo Co., Ltd. Perusahan Jepang tersebut bergerak dalam bidang perencanaan produk, produksi serta distribusi pakaian kasual. Kantor pusat dari Uniqlo Co., Ltd ada di Sayama, Kota Yamaguchi, Prefektur Yamaguchi dan telah membuka toko eceran di berbagai tempat. Toko tersebut menjual berbagai macam pakaian kasual dengan tampilan kece dan menarik.

Sweater lengan panjang dengan desain simpel dan elegan untuk pria dapat menjadi pilihan menarik Anda. Sweater ini merupakan produk andalan UNIQLO yang dibuat dari material baby terry cotton dengan ukuran S, M, L, XL. Produk ini tersedia dalam 4 jenis warna yaitu grey, navy, white, dan black yang dapat Anda beli di website official Uniqlo dengan harga Rp 199.000.

BAPE

Sumber gambar blibli.com

BAPE merupakan singkatan dari A Bathing Ape yang merupakan brand pakaian Jepang khusus koleksi gaya streetwear pria, wanita, dan anak-anak saja. Brand ini didirikan tahun 1993 oleh Tamoaki Nagao a.k.a Nigo yang merupakan seorang DJ dan Designer.

Produk dari brand ini pertama kali diluncurkan di Harajuku, Shibuya, Jepang dan sekarang ini telah memiliki beberapa toko di Jepang, seperti Bape Strores, Bape Pirate Stores, Bape Kids Stores, Bapexclusive Aoyama dan Bapexclusive Kyoto. Selain itu brand ini juga telah membuka toko di berbagai negara seperti Hongkong, New York, Taipei, Bangkok, Shanghai, Beijing, Seoul, dan Singapura.

BAPE Tie Dye Shark Liquid Full Zip Jaket Hoodie Pria dapat menjadi pilihan menarik Anda. Produk ini merupakan long sleeves hoodie berbahan katun yang nyaman untuk digunakan. Selain itu, produk ini memiliki desain comfy full patterned dengan front zipper opening untuk memudahkan digunakan. Hoodie jenis ini tersedia dalam ukuran S, M, L, XL, dan XXL yang dapat Anda beli di Blibli dengan harga Rp 7.000.000.

Samantha Thavasa

Sumber gambar blibli.com

Samantha Thavasa terkenal dengan tasnya yang menawan di kalangan wanita muda dengan rentang usia dua puluhan. Selain itu, Samantha Thavasa juga memproduksi banyak produk-produk lain sehingga rumah mode mewah Jepang ini menjadi sangat populer.

Berbagai aksesori juga telah berhasil memenuhi passion pasar, seperti produk Samantha Thavasa Deluxe, Samantha Vega, dan Samantha Thavasa New York. Brand ini didirikan oleh Kazuma Terada pada tahun 1994 dan telah memiliki lebih dari 130 toko ritel di Jepang. Tak hanya itu saja, brand Samantha Thavasa juga berhasil membuka toko pertamanya di New York City, Amerika Serikat.

Hello Kitty Tas Hello Kitty Samantha Thavasa Vega Sanrio original dapat menjadi handbag pilihan menarik untuk Anda. Produk ini terbuat dari bahan synthetic leather yang nyaman, stylish, dan elegan untuk digunakan. Selain itu, desain dari produk ini sangat unik dan menarik karena dikemas dalam Hello Kitty Sanrio Theme.

Handbag berukuran 31 x 17 x 12 cm dan memiliki kompartemen yang luas dengan menerapkan detail zipper opening, back zipper pockets dan detachable & adjustable shoulder strap. Tak hanya itu saja, handbag juga dilengkapi dengan tali strap dengan panjang 8 cm yang memudahkan Anda dalam menggunakannya. Anda dapat membeli produk ini di Blibli dengan harga Rp 2.040.000.

Honeys

Honeys merupakan brand tepat bagi pecinta sweater sejak tahun 1986 karena dapat memberikan tampilan kasual, elegan dan trendy bagi Anda. Brand ini sangat cocok untuk segala usia dengan berbagai macam jenis style yang digunakan.

Brand Honeys sudah memiliki lebih dari 800 toko di Jepang dan 400 toko di Tiongkok yang dapat menjadi destinasi belanja Anda. Selain itu, produk sister brand Honeys juga dapat menjadi pilihan Anda, seperti Glacier, Cinema Club, dan C·O·L·Z·A.

Brushed Back V Pullover dapat menjadi pilihan belanja Anda. Produk ini terbuat dari 70% poliester dan 30% katun yang ringan dan hangat ketika digunakan. Produk ini dibuat di Vietnam dan memiliki desain sederhana.

Produk ini dapat digunakan dalam keseharian dan dikombinasikan dalam berbagai gaya. Selain itu, terdapat celah di kedua sisi hem yang membuat semakin nyaman digunakan. Tersedia dalam ukuran M, L dan LL yang dapat Anda beli di Honyes-onlineshop dengan harga Rp 126.513.

Muji

Sumber gambar www.muji.us

Muji merupakan brand rintisan dari Ryohin Keikaku Co., Ltd yaitu perusahaan ritel Jepang yang bergerak dalam bidang penjualan berbagai barang konsumsi serta perlengkapan rumah tangga. Brand Muji terkenal dari ciri khas utamanya tanpa menggunakan logo ataupun merek dengan desain minimalis dan menekankan pada daur ulang serta menghindari limbah dalam proses produksi dan pengemasannya.

Men Organic Cotton Stretch Chino Slim Fit Trousers dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda. Produk ini terbuat dari bahan kain elastis berupa katun 98% dan spandeks 5% yang dapat meregang horizontal ataupun vertikal sehingga sangat nyaman digunakan. Selain itu, produk ini mempertahankan tekstur asli dari kapas yang nyaman dan lembut. Anda dapat membeli produk ini di muji.us dengan harga $ 49 atau setara dengan Rp 735.000.

Shimamura

Sumber gambar shimamura.gr.jp

Shimamura merupakan brand toko baju murah besar di Jepang yang menjual berbagai macam fashion dengan harga murah, namun kualitas barang sama baiknya dengan toko-toko lain di Jepang. Shimamura dapat ditemukan dimana-mana, seperti Odaiba, Shimokitazawa, Takadanobaba dan lain-lain.

Toko baju murah ini telah berdiri sebanyak 1400 sekian buah toko yang tersebar di daerah perkotaan dan pedesaan dengan harga menyesuaikan ekonomi pedesaan dan kualitas tetap baik.

Formal Suit 3 Piece Set dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Produk ini terdiri dari jaket, baju, dan rok. Produk ini dijual di Shimamura.gr.jp dengan harga 5800 yen atau sekitar Rp 741.849.

Tsuchiya Kaban

Tsuchiya Kaban berdiri pada tahun 1965 dengan menciptakan tas sekolah bagi anak-anak. Seiring dengan perkembangan zaman, Tsuchiya kaban mengembangkan tas kulit untuk orang dewasa. Semua produk dari Tsuchiya kaban diproduksi dengan proses tradisional Jepang untuk menghasilkan kualitas produk terbaik.

Tone Oilnume Shoulder dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Produk satu ini sangat populer dan digemari banyak orang karena berdesain sederhana dan penuh dengan kulit. Untuk lapisan luar dari tas ini terbuat dari kulit elastis, sedangkan bagian dalamnya dari suede yang lunak dan rendah.

Tas ini bertekstur lembut alami dengan aroma kulit alami dan warna kilau cantik penuh kelembutan. Untuk kulit oilnume dalam tas ini terbuat dari 100% minyak nabati dengan campuran asam tanat dan kulit sapi alami sehingga terasa keras tapi juga lembut. Anda dapat memesan produk ini di Tsuchiya-kaban-global dengan harga HK$ 4.553 atau setara dengan Rp 8.176.448.

WEGO

Sumber gambar gocart.jp

WEGO merupakan perusahaan ritel mode cepat di Jepang yang menampilkan style fashion berkonsep trendi dan catchy. Perusahaan tersebut didirikan di Shibuya, Tokyo dan telah memiliki lebih dari 150 toko dengan harga terjangkau.

WEGO Color Panel ZIP Jackets dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda. Produk ini merupakan blouson penuh warna menawan yang terbuat dari bahan 100% polyester dan dilengkapi dengan panel switching untuk memudahkan Anda dalam menggunakan aksen. Anda dapat menggunakan produk ini sebagai pakaian luar ketika bersantai ataupun beraktivitas. Produk ini dapat Anda beli di wego.jp dengan harga ¥5,389 atau setara dengan Rp 691.948.

Sazaby

Sumber gambar sazaby.net

Sazaby merupakan brand tas Jepang yang didirikan pada tahun 1972 yang memiliki ciri khas tersendiri. Tas dari brand ini mempunyai kepribadian tersendiri yang melambangkan mood dan emosi, namun tetap mengikuti tren perkembangan zaman. Selain itu, tas ini terkenal berkualitas tinggi karena dibuat, dikembangkan, dan diproduksi oleh pengrajin tas profesional sehingga ideal dan cocok dikenakan dalam berbagai suasana.

SPHAR-02/Tote dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam membeli tas jinjing. Tas ini terbuat dari bahan nylon yang waterproof dengan kilau moderat dan mengkilap menawan, namun tetap ringan dan mudah digunakan. Untuk pegangan tas ini terbuat dari kulit sapi yang lembut alami sehingga nyaman digunakan. Selain itu, bagian depan dan belakang terdapat saku yang memudahkan Anda dalam menyimpan barang.

Untuk bahu kulit tas ini memakai konsep 2 WAY yang dapat disesuaikan gantungan diagonalnya ataupun pegangan lurusnya. Anda dapat menggunakan tas ini dalam berbagai suasana dan cocok untuk gaya siluet elegan. Tas jinjing ini dapat Anda beli di Sazaby.net dengan harga ¥ 10,260 atau setara dengan Rp. 1.314.716.

GU

Sumber gambar uniqlo.com

GU merupakan desainer, produsen sekaligus pengecer pakaian kasual dengan diskon Jepang yang menarik. Brand ini dimiliki oleh perusahaan Fast Retailing Co., Ltd yang juga pemilik dari brand Uniqlo. Brand GU telah memiliki 280 toko yang tersebar di seluruh negeri dan selalu mengedepankan style lebih trendi.

GU sangat populer dikalangan anak muda karena berkonsep fashion murah tetapi tetap berkualitas. Berbagai produk GU terbagi dalam 3 kalangan untuk anak-anak, perempuan, dan laki-laki. Anda dapat dengan mudah menemukan sweater knit ataupun dress cantik dengan potongan unik khas Jepang dalam harga yang murah.

JSS Pria dapat menjadi pilihan tepat Anda berbelanja. Produk ini merupakan jaket khusus yang terbuat dari bahan istimewa dengan bagian permukaan berupa poliester 67%, rayon 32%, poliuretan 1% sedangkan lapisannya berupa poliester 100%.

Jaket ini berwarna biru dongker dengan motif kotak-kotak. Selain itu, jaket ini juga dilengkapi dengan flap saku pinggang dan juga terdapat kantong dalam pada bagian kiri dan kanan. Anda dapat membeli produk ini di Uniqlo dengan harga ¥ 3,990 atau setara  Rp 511.278.

From our editorial team

Tampil Trendi dengan Fashion Ala Jepang

Fashion yang berkembang di negara Sakura memang membawa pengaruh yang cukup kental di Indonesia. Selain banyak disukai oleh kebanyakan anak muda di Indonesia, fashion ala Jepang ini memang menghadirkan nuansa trendi yang kekinian sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin menerapkan salah satu dari fashion style ala Jepang ini.