Anti Ribet! Ini 10 Rekomendasi Kulkas Mini yang Berkualitas untuk Menyimpan Persediaan Makanan dan Minumanmu (2020)

Anti Ribet! Ini 10 Rekomendasi Kulkas Mini yang Berkualitas untuk Menyimpan Persediaan Makanan dan Minumanmu (2020)

Ingin menyimpan makanan atau minuman agar awet tapi tidak punya cukup ruang? Anda bisa pertimbangkan kulkas mini sebagai solusinya. Selain lebih murah, kulkas mini juga bisa jadi alternatif yang dapat Anda gunakan saat bepergian. Cek rekomendasi dan ulasannya berikut!

Kulkas Mini yang Praktis dan Mudah Digunakan Di Berbagai Situasi

Sumber gambar tipsmake.com

Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat penting untuk menunjang keseharian kita. Namun, ukuran kulkas yang terlalu besar seringkali menjadi kendala. Kini kulkas tidak hanya digunakan di rumah, namun juga di kantor atau kamar kos yang tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar. Oleh karena itu, muncul kulkas berukuran kecil.

Keunggulan kulkas berukuran kecil atau biasa disebut kulkas mini adalah lebih praktis dalam banyak hal. Ukurannya yang kecil berarti kulkas ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Anda dapat meletakkannya di ruang tamu, ruang kerja, bahkan di kamar tidur.

Tips Merawat Kulkas Mini Supaya Awet

Bersihkan Bagian Dalam dan Luar Kulkas

Untuk menjaga kulkas tetap awet, tentu saja Anda perlu membersihkannya secara berkala. Hal ini berlaku untuk kulkas besar maupun kulkas mini. Apalagi jika kulkas sering Anda gunakan untuk menyimpan makanan-makanan yang mudah busuk. Sortir isi kulkas Anda minimal seminggu sekali dan bersihkan bagian dalam kulkas minimal satu kali setiap bulan.

Tujuannya untuk menghindari bau tidak sedap akibat jamur dan bakteri. Sayang sekali jika kulkas yang harusnya bisa menjaga makanan tetap segar, justru dikontaminasi oleh jamur dan bakteri.

Sebelum membersihkan kulkas, sebaiknya matikan sambungan listriknya terlebih dahulu demi keamanan Anda. Setelah itu, keluarkan seluruh isinya seperti makanan, minuman, dan lain-lain. Buang seluruh makanan dan minuman yang tidak dapat dikonsumsi lagi. Jika sudah, keluarkan semua bagian dalam kulkas yang dapat dilepas.

Cuci bersih menggunakan air dan sabun lalu keringkan agar tidak berkarat. Untuk bagian dalam kulkas, cukup lap menggunakan tisu basah, kain bersih yang dicampur sabun dan air hangat, kain microfiber, atau spons. Jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bagian dalamnya terlebih dahulu sebelum Anda memasang bagian-bagian yang tadi Anda lepas.

Pastikan Pintu Kulkas Tertutup Rapat

Sumber gambar www.reviewed.com

Kita terlalu sering menutup kulkas sambil lalu karena pintu kulkas memiliki magnet yang membuatnya dapat menutup sendiri. Namun sebenarnya, kita perlu benar-benar memastikan apakah pintu kulkas sudah tertutup rapat atau belum.

Kulkas yang tidak tertutup rapat akan mengonsumsi daya listrik yang lebih besar dan membuat mesin pendingin cepat rusak. Sebab, ia akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin ketika ada kebocoran udara dari luar akibat kulkas tidak tertutup rapat.

Selain membiasakan diri untuk menutup kulkas dengan rapat, Anda juga perlu memeriksa kondisi karet yang ada di pintu kulkas. Percuma jika kita sudah menutup kulkas dengan rapat namun kondisi karet pintu sudah kendor. Ini artinya udara dari luar masih mungkin bocor ke dalam kulkas lewat sela-sela karet pintu. Anda dapat memeriksa kondisi karet pintu dengan menjepit kertas di pintu kulkas.

Jika kertas sulit ditarik, maka karet pintu masih dalam kondisi baik dan sebaliknya. Untuk menjaga keawetan dan kebersihannya, gosok karet pintu secara berkala menggunakan larutan baking soda dan sikat gigi.

Isi Sesuai dengan Kapasitas

Sumber gambar tipsmake.com

Isi kulkas sangat berpengaruh terhadap sirkulasi udara di dalam kulkas. Apabila kulkas terlalu kosong, mesin akan bekerja lebih keras untuk mengisi kekosongan ruang di dalam kulkas. Sedangkan jika kulkas terlalu penuh, sirkulasi udara akan terganggu dan kulkas menjadi kurang dingin. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyesuaikan isi atau jumlah barang yang akan kita simpan di dalam kulkas dengan kapasitas kulkas tersebut agar kondisi kulkas tetap prima.

Perhatikan juga peletakan barang di dalam kulkas. Sebisa mungkin hindari meletakkan barang yang terlalu besar di depan kipas pendingin internal. Akan lebih baik jika Anda memberikan sedikit ruang kosong agar kipas internal bekerja lebih maksimal. Di bagian pintu kulkas, isi dengan barang-barang yang ringan agar tidak membuat pintu kulkas kelebihan beban. Pusatkan beban di rak bagian bawah kulkas, bukan di pintu maupun di rak bagian atas.

Atur Suhu Secara Berkala

Sumber gambar www.youtube.com

Anda perlu memeriksa suhu di dalam kulkas maupun freezer secara berkala. Terutama setelah listrik padam dan setelah Anda membersihkan kulkas. Untuk menghambat pertumbuhan bakteri, atur suhu di dalam kulkas maksimal 5 derajat Celcius.

Sedangkan untuk freezer, atur suhu di angka 0 derajat Celcius. Suhu tersebut sangat tepat untuk freezer karena dapat menjaga es tetap beku namun tidak mengonsumsi terlalu banyak energi listrik. Periksa juga kotak freezer apakah masih menutup dengan rapat dan berfungsi dengan baik.

Jangan Masukkan Makanan dan Minuman yang Masih Panas

Sumber gambar www.mrappliance.com

Hindari memasukkan makanan dan minuman panas langsung ke dalam kulkas. Suhu panas dari makanan dan minuman tersebut akan mengacaukan suhu di dalam kulkas. Sehingga, mesin pendingin akan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan suhu. Hal ini akan memakan banyak energi listrik.

Perubahan suhu yang drastis juga tidak baik untuk makanan dan minuman tersebut. Jika disimpan di dalam wadah kaca, perubahan suhu ini bisa membuat kaca pecah. Selain itu, perubahan suhu juga akan membuat makanan cepat basi karena memicu pertumbuhan jamur dan bakteri.

Pilihan Kulkas Mini Murah dan Berkualitas

Electrolux EUM0500SB-RID

Salah satu keunggulan kulkas mini berdesain minimalis dan elegan ini adalah daya listriknya yang cukup kecil, yaitu 50 watt. Maka, biaya penggunaan listriknya akan lebih hemat. Sangat cocok untuk penggunaan berskala kecil, terutama bagi Anda yang tinggal sendiri.

Tampilan kulkas lebih rapi dan ramping karena bukaan pintunya bertipe recess handle. Sistem pencairan bunga esnya masih menggunakan manual defrost, sehingga Anda dapat mengatur sendiri setiap kali Anda ingin membersihkan kulkas.

Sebaiknya, lakukan pembersihan minimal sekali dalam dua minggu untuk menjaga kondisi kulkas tetap prima.

Harga Rp. 1.599.000-1.649.000

Daewoo DFR-64H

Kulkas yang satu ini sangat fleksibel karena bagian kaki-kakinya dapat diatur. Hal ini untuk memudahkan Anda menyimpan kulkas ini di mana saja.

Meski mini, rak bagian dalam kulkas dilapisi dengan metal deco yang membuatnya lebih kokoh. Tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan buah-buahan, Anda juga dapat menyimpan minuman dengan volume hingga 2 liter.

Harga Rp. 1.320.000-1.660.000

Changhong CBC 100 Kulkas Mini

Kulkas ini memiliki teknologi mumpuni yang dapat meningkatkan fungsi kulkas untuk kehidupan sehari-hari. Rak terbuat dari tempered glass untuk menjaganya dari goresan dan kebocoran.

Sedangkan pintu terbuat dari material stainlees steel yang kokoh, cocok untuk Anda yang ingin membawanya bepergian. Kulkas ini juga menggunakan kompresor bebas flourin yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Harga Rp. 1.350.000-1.450.000

Polytron PRH-47

Bagi Anda yang tinggal di kamar kos, kulkas yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Ukurannya relatif lebih kecil daripada kulkas mini lainnya, hanya 47 liter. Namun, sudah memiliki freezer di dalamnya.

Rak-rak di dalam kulkas dipasang built in atau tidak dapat dibongkar. Sehingga, Anda harus mengatur peletakan barang secara bijak. Karena lebih kecil, maka kulkas ini lebih mudah ditempatkan di mana pun.

Harga Rp. 1.224.000-1.850.000

Sanken SN-118 Kulkas Mini Bar

Kulkas ini memiliki keunggulan yang tidak banyak dimiliki kulkas mini pada umumnya. Kulkas ini dilengkapi dengan laci bening yang biasa digunakan untuk menyimpan buah serta sayur-sayuran bernama Crisper Drawer.

Cocok untuk mini bar di dalam kamar tidur Anda. Sistem pendinginnya berteknologi 4D Air Flow yang memastikan udara dingin menyebar hingga ke sudut-sudut kulkas.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika bahan makanan yang disimpan di dalam laci akan cepat busuk karena kurang dingin. Permukaan dinding bagian dalamnya juga lebih tebal dan lebih padat, sehingga dapat mengunci suhu dingin di dalam kulkas lebih lama.

Harga Rp. 950.000-1.290.000

Midea HS-65L Kulkas Portable

Produk kulkas yang satu ini memiliki ukuran yang minimalis, praktis, dan fleksibel. Dilengkapi dengan fitur lock optional yang memungkinkan Anda mengunci pintu kulkas, sehingga isi di dalamnya tetap aman.

Sedangkan keistimewaan di bagian dalamnya sudah memiliki ice making tray sendiri yang memudahkan membuat es. Teknologi pada kulkas ini membuatnya eco-friendly, bahkan sudah disertifikasi oleh National Environment Agency (NEA).

Harga Rp. 1.358.500-1.475.000

Panasonic NR-AK5ED-HPP

Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat kulkas cepat rusak. Namun tidak demikian dengan kulkas yang satu ini. Kulkas ini dilengkapi dengan teknologi Double Rotation Compressor (DRC) yang lebih tahan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil. Teknologi ini menjaga mesin tetap awet meski kondisi tegangan tidak stabil.

Selain itu, penggunaan dayanya juga lebih hemat karena memiliki running ratio 50%. Dengan kata lain, kulkas ini hanya memerlukan 12 jam penggunaan listrik untuk pemakaian selama 24 jam. Kulkas ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat penggunaan energi.

Harga Rp. 1.675.000-1.799.000

Sanyo Mini Portable SRD50F

Kulkas yang satu ini banyak diincar mahasiswa atau karyawan muda yang masih tinggal di apartemen atau kamar kost. Sebab, ukurannya yang mini dengan desain yang minimalis sangat cocok untuk ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu besar.

Selain itu, kulkas ini juga cocok diletakkan di kamar tidur Anda, sehingga Anda tidak perlu keluar kamar untuk mendapatkan makanan atau minuman dingin.

Di bagian atasnya, dilengkapi top table yang memungkinkan Anda meletakan barang, seperti vas bunga maupun beberapa gelas. Kulkas berdimensi 489 x 510 x 488 mm ini memiliki kapasitas 50 liter dan membutuhkan daya listrik 60 watt.

Harga Rp. 1.809.000-2.152.000

Tokuniku 4L Front Door Cooler and Warmer Car Refrigrator

Ukuran kulkas yang satu ini jauh lebih kecil daripada kulkas sebelumnya. Dengan kapasitas yang hanya 4 liter, kulkas ini tidak hanya dapat diletakkan di kamar kos, tapi juga dapat Anda bawa bepergian. Ukurannya yang sangat kecil membuatnya dapat diletakkan di bagasi atau di bangku mobil sekalipun.

Cocok untuk menemani perjalanan Anda yang sering berkendara jarak jauh. Kulkas ini dilengkapi dengan adaptor yang dapat disambungkan ke jack lighter untuk penggunaan di dalam mobil maupun ke stop kontak untuk penggunaan di dalam ruangan.

Selain berfungsi sebagai pendingin, kulkas ini juga berfungsi sebagai penghangat. Untuk mendinginkan makanan, suhunya mencapai 5 derajat Celcius. Sedangkan untuk menghangatkan makanan, suhunya dapat mencapai 65 derajat Celcius.

Jadi, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Apakah Anda ingin menyimpan susu atau minuman dingin atau Anda ingin menyimpan teh, kopi, dan makanan agar tetap hangat?

Harga Rp. 571.700-599.900

Polytron PRH Mini Fridge

Kulkas ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kepraktisan dan kenyamanan. Pintunya terbuat dari material logam yang kokoh, sehingga menjaga body kulkas tetap awet dan anti bocor.

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan freezer dan baki kecil untuk memisahkan bahan makanan satu dengan yang lainnya. Raknya juga sudah terpasang dengan permanen, sehingga lebih kuat untuk menopang beban. Namun tetap perlu diingat untuk menyesuaikan isi kulkas dengan kapasitas kulkas tersebut, sehingga tidak overcapacity.

Harga Rp. 1.250.000-1.800.000
From our editorial team

Pilih Kulkas Mini Sesuai Kebutuhan

Saat ini kulkas adalah salah satu alat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Jika Anda ingin memiliki kulkas mini yang praktis dan ringkas, Anda bisa pilih satu dari rekomendasi di atas. Pastikan sebelum membeli Anda cek spesifikasi dan harganya. Belilah kulkas sesuai kebutuhan dan bujet yang Anda miliki sehingga tidak merugikan di kemudian hari.