8 Rekomendasi Rak Kulkas untuk Memudahkan Penyimpanan Makanan agar Lebih Higienis (2019)

8 Rekomendasi Rak Kulkas untuk Memudahkan Penyimpanan Makanan agar Lebih Higienis (2019)

Tidak banyak orang yang memperhatikan kulkasnya dengan detail dan berhati-hati. Sebagian besar memilih untuk menumpuk makanan atau bahan makanan dengan seenaknya di dalam kulkas. Ternyata, hal itu berbahaya, loh. Karena bisa menjadikan makanan Anda terkontaminasi. Untuk itu, Anda perlu memiliki rak yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan di kulkas.

Menata Lemari Es Ternyata Penting karena Kemungkinan Terjadinya Kontaminasi Sangat Tinggi

Kulkas menjadi salah satu barng elektronik yang wajib ada di sebuah rumah, karena dapat menjaga makanan dan bahan makanan dapat bertahan lama. Kulkas yang tertata tidak hanya terlihat rapi, tetapi juga dapat menjaga makanan atau bahan makanan terhindar dari kontaminasi. Jika tidak tersimpan dengan tepat, maka makanan tersebut mudah rusak dan busuk.

Cara Mengatur Rak Kulkas

Simpan Sayuran di Laci dengan Kelembapan Tinggi

Kulkas memiliki laci khusus yang memiliki kelembapan yang tinggi. Laci ini sangat cocok untuk menyimpan sayuran. Sayur yang mendapatkan kelembapan yang lebih, maka kesegarannya selalu terjaga.

Namun, sebelum dimasukkan ke dalam laci, keringkanlah terlebih dahulu sayuran Anda, karena sayur yang basah dapat membuat bakteri bekembang biak.

Masukkan Buah ke Dalam Rak dengan Kelembapan Rendah

Berbeda dengan sayuran, buah harus Anda tempatkan ke dalam rak yang memiliki kelembapan yang rendah, karena buah akan mudah busuk jika mendapatkan kelembapan yang tinggi. Pilihlah laci yang memiliki label low humidity atau crisper.

Jangan simpan buah-buahan di dalam kantong plastik yang tertutup rapat, karena dapat membuat buah menjadi lebih cepat membusuk.

Simpan Daging di Bagian Kulkas yang Paling Dingin

Bagi Anda yang selalu menyimpan daging, pilihlah kulkas yang memiliki rak khusus daging. Jika tidak ada, Anda bisa menyimpan daging pada bagin kulkas yang paling dingin agar daging dapat bertahan lama. Untuk penempatannya, usahakan posisi daging di letakkan pada bagian paling bawah.

Jika daging diletakkan pada rak bagian atas, cairan daging yang menetes dapat mengontaminasi makanan yang lain.

Simpan Susu dan Telur di Rak yang Paling Dingin

Banyak yang menempatkan telur pada posisi di pintu kulkas agar mudah dijangkau. Sayangnya, pintu kulkas adalah tempat yang paling hangat atau tempat yang memiliki suhu yang tidak stabil di dalam kulkas. Tempat yang tidak terlalu dingin dapat membuat kesegaran dari telur berkurang.

Agar kesegaran telur terjaga, maka harus diletakkan pada bagian kulkas yang paling bawah. Anda bisa menyimpan telur di bagian pintu kulkas jika telur ini memang segera ingin digunakan.

Simpan Saus dan Minuman di Pintu Kulkas

Saus dan minuman dapat Anda tempatkan di bagian pintu kulkas, karena kedua barang ini tidak mudah basi karena telah mengandung bahan pengawet, garam, serta cuka. Saus dan produk minuman tidak membutuhkan penyimpanan di suhu tertentu, sehingga tetap dapat bertahan lama meskipun diletakkan di rak kulkas yang memiliki suhu yang tidak stabil.

Berbagai Jenis Rak yang Bisa Anda Gunakan di Dalam Kulkas

Rak Kulkas Polytron Original Asli Ori

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rak Kulkas Polytron Original Asli Ori adalah rak kulkas dari Polytron yang berukuran 44,5 x 28 cm. Rak yang terbuat dari bahan mika ini memiliki berat 1 kg. Cocok untuk kulkas yang memiliki satu pintu ataupun kulkas dua pintu. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee dengan harga hanya Rp 80.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 85.000.

Rak Sliding Cantolan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rak Sliding Cantolan adalah rak kulkas yang terbuat dari plastik yang berkualitas, sehingga tahan lama dan tidak gampang patah. Rak yang berukuran 16 x 15,7 cm ini dapat ditarik atau didorong untuk memudahkan Anda menyimpan dan mengambil barang.

Rak yang dapat membuat kulkas Anda menjadi lebih rapi dengan tempat penyimpanan yang lebih banyak ini memiliki empat varian warna yaitu putih, hijau, pink, dan biru. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 27.000.

Rak Tempat Minuman Kaleng

Sumber gambar www.bukalapak.com

Murah Meriah Can Organizer Wadah Tempat Penyimpanan Minuman Kaleng Rak Praktis adalah rak yang terbuat dari bahan PP dan cocok untuk menyimpan minuman kaleng. Rak yang memiliki ukuran 27,5 x 7 x 10 cm ini dapat menampung 4 kaleng minuman. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 30.000.

Rak Kulkas Lemari Es Custom 46,5 x 25,5

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rak Kulkas Lemari Es Custom 46,5 x 25,5 adalah rak kulkas yang terbuat dari bahan akrilik yang berkualitas. Rak ini memiliki ketebalan hingga 4 mm sehingga sangat tangguh dan tidak mudah pecah. Anda juga bisa memesan rak yang memiliki ketebalan 5 mm.

Rak yang memiliki ketebalan 4 mm dapat menahan beban hingga 7 sampai 8 kg dan untuk rak yang memiliki ketebalan 5 mm dapat menampung beban dengan berat 10 sampai 12 kg. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 95.000.

Rak Telur Kulkas

Sumber gambar www.bukalapak.com

Rak Telur Muat 15 Sekat Kotak Tempat Penyimpanan Egg Organizer Kulkas dapat menampung hingga 15 butir telur. Rak yang memiliki bahan yang tebal ini dapat membuat telur Anda aman dan tidak pecah. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 64.000.

Rak Sayur Kulkas Polytron

Sumber gambar www.bukalapak.com

Rak sayur kulkas polytron adalah rak yang dapat menjaga kesegaran sayur Anda dan dapat membuat sayur menjadi lebih tahan lama. Rak yang memiliki ukuran panjang bawah 40 cm, panjang atas 44 cm, lebar bawah 12 cm, dan lebar atas 18 cm ini memiliki berat hanya 1 kg. Anda bisa mendapatkan rak dari Polytron ini dengan melakukan pembelian di Bukalapak dengan harga Rp 85.000.

LACI RAK TAMBAHAN MULTIFUNGSI - KULKAS MEJA DAPUR LEMARI DLL

Sumber gambar www.bukalapak.com

LACI RAK TAMBAHAN MULTIFUNGSI - KULKAS MEJA DAPUR LEMARI DLL adalah rak serbaguna yang dapat digeser keluar masuk, sehingga dapat menambah tempat penyimpanan di dalam kulkas Anda. Untuk mempermudah pengoperasiannya, rak ini dilengkapi dengan handle karet klep supaya tidak bergeser.

Produk ini berukuran 15 x 11.8 x 2.5 cm. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 59.000

Laci Tambahan Serbaguna untuk Rak Kulkas Meja Tempat Bumbu Buah Sayur

Sumber gambar www.tokopedia.com

Laci Tambahan Serbaguna untuk Rak Kulkas Meja Tempat Bumbu Buah Sayur adalah rak laci multifungsi yang terbuat dari bahan plastik ABS yang kuat dan tidak mudah patah. Rak yang memiliki ukuran 12 x 15 x 7cm ini dapat digunakan untuk menyimpan aneka bahan makanan di kulkas. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 37.200.

From our editorial team

Dengan Rak Kulkas, Makanan Menjadi Lebih Aman dan Kulkas Tampak Rapi

Rak kulkas tentunya menjadikan Anda mampu menyimpan berbagai bahan makanan dengan lebih mudah. Tidak perlu bingung mencari produknya, karena rekomendasi dari BP-Guide di atas tentunya bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan yang jitu untuk Anda.