10 Rekomendasi Blender Bumbu Terbaik yang bisa Diandalkan agar Masak Lebih Hemat Waktu (2022)

10 Rekomendasi Blender Bumbu Terbaik yang bisa Diandalkan agar Masak Lebih Hemat Waktu (2022)

Memasak adalah aktivitas menyenangkan karena kita bisa berkreasi mencampurkan bahan untuk menghasilkan rasa masakan yang nikmat. Sayangnya, kadang kita kesulitan menghaluskan bumbu dan bisa makan banyak waktu. Maka dari itu, kami hadirkan pilihan blender bumbu yang bisa membuat kamu lebih hemat waktu memasak!

Blender Memudahkan Memasak Masakan Indonesia yang Kaya Bumbu

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan berbagai makanan yang lezat. Cita rasa masakan Indonesia begitu khas karena kaya rempah dan kaya bumbu. Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan cita rasa kuliner didasarkan pada ketersediaan dan kekhasan bahan, bumbu, dan rempah yang ada di setiap daerah. Ini membuat siapa saja yang sudah mencicipi kuliner Indonesia jadi sulit berpaling dan ketagihan ingin mencoba beragam masakan khas Indonesia lainnya.

Di balik lezatnya berbagai masakan Indonesia tersebut, ada proses panjang yang dilakukan untuk mendapatkan cita rasa yang pas. Berbagai bumbu dan rempah diolah dengan takaran yang pas dan diolah dengan cara yang tepat supaya cita rasa masakan bisa lebih sempurna.

Zaman dahulu, orang harus bersusah payah untuk menghaluskan bumbu baik dengan cara di ulek atau ditumbuk. Butuh waktu lama untuk menghasilkan bumbu yang halus sehingga lebih mudah diolah. Namun, untunglah teknologi terus berkembang dan kita mengenal alat bernama blender. Dengan blender, kita jadi tak butuh waktu lama lagi untuk menghaluskan bumbu. Memasak lebih cepat dan rasa masakan jadi lebih enak tanpa perlu terlalu capek mengulek bumbu lagi.

Blender yang ada di pasaran begitu beragam. Ada yang khusus untuk jus, untuk daging, untuk bumbu, hingga yang serbaguna. Kamu bisa memakai blender khusus bumbu atau blender serbaguna untuk menghaluskan bumbu. Dengan memakai blender bumbu maka kamu bisa mendapatkan tekstur bumbu sesuai keinginan, apakah mau yang sedikit kasar atau mau yang sepenuhnya halus.

Tips Memilih Blender Bumbu

Pilih Gelas Kaca atau Plastik

Di pasaran ada blender dengan bahan gelas kaca dan ada juga yang bahan gelasnya plastik. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, namun ingat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jika ingin yang awet dan tidak mudah pecah atau tahan benturan, kamu bisa memilih blender dengan bahan gelas plastik. Kekurangan dari gelas plastik ini adalah warnanya cepat kusam usai dipakai berkali-kali.

Sementara itu, blender dengan gelas kaca terlihat lebih mewah dan elegan. Blender kaca juga mudah dibersihkan dan tidak mudah meninggalkan bau bumbu atau makanan yang diolah. Kekurangannya adalah bahannya rentan retak atau bahkan pecah jika jatuh atau terkena benturan.

Pilih Elektrik atau Manual

Ketika membeli blender, kamu bisa menentukan mau blender bumbu yang manual atau yang elektrik. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Blender bumbu yang manual bisa hemat listrik karena kamu tidak membutuhkan daya listrik untuk memakainya. Kamu juga bisa memakainya kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Hanya saja memakai blender ini sedikit melelahkan karena kamu butuh kekuatan tangan untuk mengoperasikannya.

Jika jumlah bumbu tidak terlalu banyak dan jenis bumbunya tidak terlalu keras maka mudah saja memblendernya. Beda halnya jika jumlah bumbunya banyak, tentu butuh kekuatan dan tenaga lebih untuk memblendernya.

Blender bumbu elektrik tentunya lebih praktis digunakan. Blender elektrik bisa dipakai menghaluskan bumbu dengan beragam ukuran dan tekstur. Tidak butuh waktu lama dan tidak butuh banyak tenaga. Hasilnya lebih cepat dan tentu lebih halus.

Fiturnya juga jauh lebih lengkap dari blender manual. Namun, tentu butuh daya listrik untuk mengoperasikannya. Dan kamu harus menyesuaikannya dengan daya listrik di rumah, ya.

Pilih Kapasitasnya

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih blender bumbu adalah kapasitasnya. Sesuaikan saja dengan seberapa banyak bumbu yang biasa kamu olah di rumah. Jika hanya sedikit, maka pilih blender dengan volume yang kecil atau di bawah 500 ml.

Lain halnya jika kamu berada di keluarga besar atau memang berencana sering masak besar, maka kamu butuh blender dengan kapasitas yang lebih besar.

Ini Loh Deretan Blender Bumbu yang Bisa jadi Andalan

MIISOO Alat Cincang Hand Pulled Kitchen Mini Food Chopper Blender

MIISOO Alat Cincang Hand Pulled Kitchen Mini Food Chopper Blender merupakan blender dengan bahan ABS dikombinasikan PP, dan stainless steel. Bobotnya ringan dan mudah dipindahkan. Desainnya menarik dan tersedia dalam aneka warna.

Blender ini bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu. Tentunya juga bisa dipakai untuk menghaluskan buah, sayuran, dan daging. Produk mudah dibersihkan dan mudah disimpan.

Harga Rp. 24.900

Freemir Penggiling Mini Manual

Freemir Penggiling Mini Manual adalah pilihan tepat jika kamu membutuhkan blender yang tanpa listrik. Mudah dibawa kemana saja karena tidak butuh tenaga listrik. Ukurannya juga kecil yakni hanya 9.5 x 9.5 x 9 cm.

Blender manual ini bisa menghaluskan bumbu dalam jumlah sedikit atau yang tidak terlalu keras. Bisa untuk mencincang bawang putih, buah, hingga sayuran. Desainnya bulat sehingga mudah digunakan. Bahannya berkualitas dan kokoh. Mudah dibersihkan dan tahan lama digunakan.

Harga Rp. 20.000-39.000

Goto Capsule Blender Cutter

Goto Capsule Blender Cutter adalah pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini dibekali 4 mata pisau tajam. Ini membuatnya bisa menghaluskan lebih cepat. Blender elektrik ini memiliki watt kecil sehingga hemat listrik.

Produk mudah dioperasikan. Bisa memblender bumbu, makanan bayi, buah, sayur, hingga kacang-kacangan.

Harga Rp. 118.000-132.000

Cosmos FP300 Food Processor Blender Mini

Cosmos FP300 Food Processor Blender Mini tentu sayang untuk dilewatkan. Produk ini hadir dengan satu tombol yang bisa mempercepat pemrosesan makanan. Blender bumbu berkapasitas 300 ml ini begitu hemat listrik, loh. Kamu hanya membutuhkan 100 hingga 180 watt saja untuk mengoperasikannya.

Bahan gelas blendernya dari plastik sehingga mudah dibersihkan. Bentuknya unik dan mudah disimpan.

Harga Rp. 204.000-220.000

Oxone Eco Mini Chopper - OX151

Oxone Eco Mini Chopper - OX151 adalah produk yang bisa membuat pekerjaan kamu di dapur jadi lebih cepat selesai. Ukurannya minimalis dan mudah disimpan karena tidak makan banyak tempat. Bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu dapur dan juga daging.

Produk berkapasitas 350 ml. Mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan sisa bau makanan. Daya listriknya hemat hanya 120 watt.

Harga Rp. 360.000-430.000

HAN RIVER Blender HRJRJ-S2BK chopper 2L

HAN RIVER Blender HRJRJ-S2BK hadir dalam kapasitas besar yakni 2 liter. Ini tentu bisa digunakan untuk kamu yang sering masak dalam porsi besar. Selain itu, bisa juga untuk kamu yang tinggal dalam keluarga besar.

Dengan pisau blender berbahan stainless steel, pisaunya tajam dan bisa menghaluskan bumbu hingga daging dengan lebih cepat dengan hasil lebih bagus. Aman untuk aneka makanan, baik makanan basah hingga kering. Mudah dibersihkan dan mesin akan otomatis mati saat suhu mesin terlalu panas.

Harga Rp. 178.000-199.000

Mitochiba CH-200

Mitochiba CH-200 bisa jadi andalan kamu untuk menghaluskan bumbu dapur. Produk juga bisa menghaluskan daging, sayur, buah, dan aneka bahan lainnya. Kapasitasnya besar yakni hingga 2 liter dengan chopper berkapasitas 700 ml.

Pisaunya ada 3 dengan ketajaman maksimal sehingga lebih cepat halus. Ada pengaturan kecepatan pada produknya sehingga lebih mudah mengatur hasil yang diinginkan. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 300 watt.

Harga Rp. 619.000-699.000

Blender Philips HR-2223

Blender Philips HR-2223 adalah blender berkualitas untuk bumbu dan aneka bahan makanan lainnya. Kamu juga bisa membuat jus dengan alat ini. Bahannya super food grade dan bebas BPA jadi aman untuk aneka makanan hingga MPASI bayi sekalipun.

Pisau blender hadir dengan desain 4 bintang unik yang terbuat dari baja. Ada 5 pengaturan kecepatan pada blender ini.

Harga Rp. 834.000-894.000

Russell Hobbs - Horizon Mini Chopper

Russell Hobbs - Horizon Mini Chopper merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk ini memakai gelas bahan kaca sehingga lebih mudah dibersihkan. Kesannya elegan dan mewah karena bahan kacanya tidak mudah kusam.

Blender membutuhkan daya listrik 200 watt. Kapasitasnya adalah 500 ml.

Harga Rp. 629.000-699.000

Signora Grand Blender

Signora Grand Blender merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk ini bisa bekerja cepat dalam menghaluskan bumbu dan lain sebagainya. Bodi blender berbahan stainless steel sehingga tidak mudah berkarat dan kokoh.

Kapasitasnya 800 ml dan cukup banyak untuk bumbu. Produk ini membutuhkan daya 450 watt.

Harga Rp. 1.280.000-1.289.000
From our editorial team

Perhatikan Cara Merawat Blender agar Awet

Jangan hanya tahu cara menggunakan blender saja, namun kamu juga harus tahu cara merawatnya agar awet. Pertama, jika blender tiba-tiba berhenti beroperasi, ada baiknya kamu melepas stop kontak terlebih dahulu sebelum mengecek ke bagian dalam blender. Pastikan kamu tidak merendam mesin motor blender ke dalam air, cukup lap dengan tisu basah saja untuk membersihkannya. Terakhir, beri jeda saat memakai blender agar mesin tidak cepat panas dan rusak.