10 Rekomendasi Teh Chamomile Untuk Relaksasi Setiap Hari (2022)

10 Rekomendasi Teh Chamomile Untuk Relaksasi Setiap Hari (2022)

Anda pecinta teh, sudah pernah cobain teh chamomile belum? Teh dari bunga kamomil ini punya banyak manfaat untuk kesehatan lho! Simak deretan rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Teh Chamomile Termasuk Jenis Teh Bunga yang Populer

Teh merupakan minuman tradisional yang telah lama dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan berbagai rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang tersedia di pasaran adalah teh chamomile.

Teh chamomile diracik dari kelopak bunga chamomile sebagai bahan utamanya. Bunga chamomile memiliki sejarah panjang dan konon telah dikonsumsi sejak zaman Mesir kuno. Bunga chamomile juga terkenal sebagai obat di Jepang, bahkan telah digunakan sejak zaman Edo.

Ada dua jenis chamomile yang digunakan untuk teh herbal, yaitu chamomile yang berasal dari Roma dan chamomile yang berasal dari Jerman. Chamomile dari Roma sangat pahit dan tidak dapat digunakan sebagai teh herbal. Jenis ini banyak digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna. Sementara teh chamomile yang kita jumpai sekarang ini kebanyakan adalah chamomile asal Jerman.

Manfaat Minum Teh Chamomile

Merawat Kecantikan Kulit

Chamomile memiliki kandungan chamazulene yang efektif mengatasi peradangan, sehingga juga berfungsi untuk meredakan jerawat, serta menenangkan kulit. Oleh karena itu, mengonsumsi chamomile dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Meringankan Gejala Flu

Pada masa lalu, teh chamomile digunakan sebagai obat flu untuk anak-anak yang tidak suka minum obat. Rasanya tidak pahit, uapnya pun menenangkan dan dapat mengurangi hidung tersumbat. Anda dapat meminum teh chamomile untuk menghangatkan badan juga.

Mengurangi Nyeri Haid

Secangkir teh chamomile hangat dapat menghangatkan tubuh, dan dapat meringankan nyeri haid, serta meredam emosi saat PMS. Di samping itu, aroma tehnya akan membantu menyegarkan dan menenangkan pikiran Anda selama haid.

Menjadikan Tidur Lebih Nyenyak

Chamomile mempunyai aroma khas seperti buah apel. Aroma tersebut memberikan efek relaksasi untuk menenangkan pikiran Anda. Jika pikiran Anda jadi lebih rileks, badan Anda pun dapat terdorong menjadi lebih rileks juga. Alhasil, tidur Anda pun bisa lebih nyenyak.

Meredakan Gangguan Pencernaan

Khasiat teh chamomile yang dapat menghangatkan tubuh juga termasuk dapat menghangatkan perut Anda. Saat Anda merasakan perut melilit atau mengalami gangguan pencernaan lainnya, cobalah minum segelas teh chamomile untuk menenangkan.

Tips Memilih Teh Chamomile Terbaik Untuk Dikonsumsi

Utamakan yang Organik

Produk berlabel organik mengacu pada bahan-bahan yang ditumbuh kembangkan dengan proses alami, tanpa pestisida dan tanpa pupuk kimia. Ini membuat produk organik menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Beberapa negara menerapkan aturan khusus atau label tertentu untuk produk-produk organik. Anda bisa mencermati beberapa label yang umum ditemukan pada produk Indonesia.

Jika tertulis “USDA Organik”, produk tersebut mengandung 95% bahan organik. Jika tertulis “dibuat dengan komposisi organik”, berarti produk tersebut 70% organik. Jika tertulis “mengandung bahan organik”, berarti produk tersebut mengandung kurang dari 70% bahan organik.

Cek Kandungan Kafeinnya

Berbeda dengan teh yang dibuat dari daun teh, teh herbal pada umumnya dibuat tanpa kandungan kafein. Namun, ada pula produsen yang memproduksi teh herbal yang mengandung kafein, meskipun dijual dengan label teh kesehatan.

Kafein punya sifat yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat menimbulkan perasaan gelisah. Jika Anda ingin menghindari kafein, Anda bisa memilih jenis teh chamomile murni atau teh yang diracik tanpa kafein.

Pilih Rasa dan Aroma Favorit

Ada produsen yang memproduksi teh chamomile dengan komposisi 100% bunga chamomile. Ada pula produsen yang mengkombinasikan teh chamomile dengan bahan herbal lainnya. Bahan baku ini akan mempengaruhi rasa dan aroma yang diberikan oleh teh.

Karena bahan bakunya yang bermacam-macam sesuai dengan racikan produsen, Anda dapat menemukan aroma dan rasa yang berbeda dari setiap produk teh chamomile. Oleh karena itu, pilihlah produk teh chamomile yang sesuai dengan mood atau selera Anda.

Rekomendasi Teh Chamomile yang Bisa Bikin Anda Rileks

Sir Thomas Lipton Chamomile Infusion

Sir Thomas Lipton merupakan merek yang sudah dikenal oleh dunia. Berbagai produk keluarannya mudah ditemui di pasaran. Salah satu varian teh yang dikeluarkannya adalah teh chamomile yang dapat Anda nikmati untuk menenangkan pikiran.

Anda dapat menciptakan suasana santai saat “me time” atau kumpul dengan keluarga bersama Lipton Chamomile, yang dibuat dari 100% bunga chamomile. Teh chamomile murni ini akan lebih nikmat jika dipadukan dengan madu. Produk ini menawarkan isi 25 kantong teh per kotaknya.

Harga Rp. 40.000-50.000

Gryphon Tea Chamomile Dream

Gryphon Tea Chamomile Dream termasuk produk impor yang direkomendasikan untuk Anda. Teh ini mengandung 5 bahan herbal, yaitu chamomile, lavender, lemon, serau, dan marigold. Bahan-bahan tersebut akan menjadikan cita rasa teh yang sangat aromatik.

Anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat menghirup dan menikmati teh chamomile ini. Produk asal Singapura ini telah dikonsumsi sejak lama, bahkan konon katanya sejak empat generasi sebelumnya. Gryphon Tea Chamomile Dream menyuguhkan 20 sachet teh siap seduh di setiap kotaknya.

Harga Rp. 10.000-200.000

Twinings of London Pure Chamomile

Walaupun terbuat dari 100% bunga chamomile murni tanpa tangkai dan daun, produk ini terbilang murah untuk jenis teh chamomile. Dalam 1 kotak teh Twining of London Pure Chamomile, Anda sudah memperoleh 25 kantong teh per kotaknya.

Teh chamomile persembahan Twinings yang terkenal ini memiliki rasa creamy dan floral yang menyatu di lidah. Rasanya manis di lidah, meskipun Anda tidak menambahkan sesendok gula. Jika Anda sedang diet menurunkan berat badan, Anda bisa tetap menikmati secangkir teh pengantar tidur dengan konsumsi produk ini.

Harga Rp. 100.000-250.000

Traditional Medicinals Organic Chamomile Tea

Ada lagi teh chamomile yang kami rekomendasikan, yaitu teh chamomile organik dari Traditional Medicinals Organic Chamomile Tea. Traditional Medicinals menyajikan racikan teh chamomile murni yang diolah langsung dari hanya bunga chamomile. Proses pembuatannya tidak melibatkan tangkai, daun, ataupun bagian tanaman lain.

Racikan teh ini akan memberikan aroma yang begitu segar, serta rasa yang manis-pahit lezat seperti madu alami. Jika Anda menyukai kemurnian rasa teh chamomile bersertifikat organik, Anda dapat mencoba teh chamomile yang satu ini. Dalam satu kotak 20,8 gram, Anda mendapatkan 16 kantong teh.

Harga Rp. 100.000-250.000

Cocodeli Chamomile Lavender

Sesuai dengan namanya, Cocodeli Chamomile Lavender merupakan racikan teh chamomile dan lavender. Perpaduan chamomile dan lavender akan memberikan kombinasi manfaat yang baik untuk Anda konsumsi.

Selain manfaat chamomile yang telah disebutkan di atas, teh ini mengandung lavender yang dapat menenangkan pikiran Anda. Kandungan ini juga dipercaya efektif untuk mengatasi gejala sulit tidur. Dipadukan dengan buah ara kering, teh ini akan menghasilkan aroma manis yang menenangkan tubuh dan pikiran.

Harga Rp. 50.000-150.000

TEMA Serenity Chamomile and Lavender Tea

Produk teh chamomile dari TEMA ini dijual dalam bentuk kemasan jar. Cukup unik, bukan? Di dalam produk teh ini bukan hanya terdapat bunga chamomile kering, tetapi bahan herbal lainnya seperti lavender dan mint.

Kombinasi chamomile, lavender, dan mint akan memberikan perasaan tenang pada pikiran Anda. Aroma chamomile dan lavender akan bertemu dengan kesegaran mint, dan siap untuk melepaskan lelah yang dirasakan tubuh, dan dapat membuat Anda menjadi lebih nyaman.

Harga Rp. 100.000-150.000

Enchantea Chamomile Flower Tea

Enchantea adalah merek teh lokal asal Pekanbaru, Riau. Brand yang satu ini menawarkan 14 varian teh bunga, dan salah satu varian teh yang dikeluarkannya adalah teh chamomile.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup menambahkan satu sendok teh bunga chamomile ini ke dalam secangkir air panas, dan teh ini pun dapat Anda nikmati untuk mengatasi mata yang lelah selepas bekerja di depan komputer. Penggemar teh lokal wajib mencobanya!

Harga Rp. 20.000-70.000

The Stash Tea Organic Chamomile Herbal Tea

Berisikan 18 kantong teh pada setiap kotaknya, The Stash Tea Organic Chamomile Herbal Tea dikategorikan sebagai produk premium. Tentu saja, harga yang ditawarkan akan sebanding dengan dengan khasiat yang akan Anda dapatkan.

The Stash hanya menggunakan 100% bunga chamomile murni pada komposisinya, dan tidak mengandung kafein. Aroma dan rasa teh chamomile yang seperti apel segar ini akan menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Istirahat Anda pun menjadi lebih nyaman, dan tidur Anda menjadi lebih berkualitas untuk menghimpun energi demi esok hari.

Harga Rp. 150.000-200.000

Dilmah Pure Camomile Flowers

Dilmah ini merupakan brand yang memproduksi teh chamomile asli Sri Lanka. Sri Lanka merupakan salah satu negara yang kaya akan tumbuh-tumbuhan herbalnya. Apabila Anda menginginkan teh yang murni diperoleh dari bunga chamomile, Dilmah Camomile 160 Teabags patut dijadikan pilihan.

Produk teh ini dibuat tanpa menambahkan kafein. Cita rasa lembut aromatik yang dimilikinya begitu segar di mulut. Beberapa saat setelah diminum, teh ini akan bekerja melepaskan zat-zat baik untuk menenangkan pikiran Anda, yang berujung pada perasaan nyaman di seluruh tubuh.

Harga Rp. 50.000-150.000

Ahmad Tea Camomile & Lemongrass Infusion

Ahmad Tea, produsen teh herbal asal London ini juga menghadirkan teh chamomile yang dibuat dari 100% bahan alami. Di samping chamomile, teh ini juga mengandung serai yang juga memiliki khasiat dan aroma yang menenangkan.

Tambahan serai pada teh ini akan memberikan aroma citrus yang lebih eksotis. Anda dapat mengonsumsinya saat cuaca dingin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap hangat. Dalam satu kotak teh Ahmad Tea ini, terdapat 20 kantong teh yang bisa Anda nikmati.

Harga Rp. 50.000-100.000
From our editorial team

Ngeteh Bersama Camilan Membuat Rasanya Makin Nikmat

Buat Anda yang suka ngeteh, siapkan juga sepiring camilan agar rasanya makin nikmat. Anda juga bisa mengajak orang tercinta untuk ngeteh bersama. Yuk, cobain teh chamomile rekomendasi BP-Guide di atas.

Tag