10 Rekomendasi Hadiah Sidang Skripsi Tak Terlupakan untuk Sahabat Dekatmu

10 Rekomendasi Hadiah Sidang Skripsi Tak Terlupakan untuk Sahabat Dekatmu

Sidang skripsi adalah salah satu hal yang paling ditunggu dan paling mendebarkan ketika kuliah. Oleh karenanya, jika sahabat kita sudah berhasil melewati sidang skripsinya, maka sangat baik sekali jika kita bisa memberikan hadiah untuk mereka. Hadiah apa yang kira-kira cocok diberikan setelah selesai sidang skripsi? Yuk, simak artikel berikut ini!

Menjalani Sidang Skripsi Menjadi Momen Menegangkan yang Tidak Akan Pernah Terlupakan

Sumber gambar www.ideapers.com

Skripsi menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa sekaligus menjadi momen tak terlupakan yang ditunggu sebagai pertanda mendekatnya akhir perjalanan di universitas. Skripsi masih dipandang sebagai salah satu tugas akhir yang menguras banyak tenaga dan pikiran. Bahkan, untuk memaksimalkan skripsi, tidak sedikit mahasiswa yang mengalami penurunan kondisi kesehatan karena mengejar tenggat penyelesaian atau karena tema yang diangkat cukup kompleks.

Proses yang tidak mudah dan menghabiskan banyak hal baik dari segi material juga non-material ini yang membuat skripsi menjadi tak terlupakan. Bahkan, lulus sidang skripsi juga kerap dirayakan sebagai keberhasilan yang melegakan. Bagi sebagian besar mahasiswa, lulus dari sidang skripsi adalah hal yang cukup besar. Nah, jika kebetulan teman kamu saat ini sudah selesai sidang skripsi, tidak ada salahnya memberi apresiasi dalam bentuk hadiah.

Selain sebagai bentuk perhatian, hadiah yang diberikan setelah sidang skripsi ini juga bisa membantu mood sahabat agar bisa naik kembali setelah proses menegangkan dan melelahkan. Hadiah tersebut juga bisa mengingatkan kalau si teman sudah berhasil melewati tugas akhir, yang menjadi penentu kelulusan setelah bertahun-tahun kuliah.

Namun, kira-kira hadiah apa yang cocok sebagai kado pasca sidang skripsi? Kalau kamu bingung, BP-Guide punya tips serta rekomendasi menarik supaya kamu bisa memberi hadiah yang tepat.

Benda Lucu yang Biasa Ada Saat Penyambutan Sidang Skripsi

Mahkota Unik

Sumber gambar www.fandango.com

Ketegangan di dalam ruang sidang skripsi mungkin sudah kamu rasakan. Kekhawatiran akan kelulusan yang dibarengi pertanyaan-pertanyaan dari para dosen penguji tentunya bisa membuat seseorang merasa tertekan atau panik. Maka, ketika sidang skripsi berakhir, biasanya mahasiswa yang lulus bisa menarik napas lega. Untuk membantu menaikkan kembali semangat karib kamu yang baru selesai sidang, kamu bisa memberikan hadiah lucu seperti mahkota unik.

Selain selendang atau selempang, kamu bisa memberikan mahkota dengan tulisan kelulusan. Agar lebih menarik, kamu bisa coba mencari mahkota dengan desain unik misalnya seperti mahkota berbentuk kuping kelinci, memberi tambahan glitter, berbentuk sulur tanaman, atau bernuansa feminin dengan aksesori bunga.

Mahkota unik ini bisa kamu buat sendiri dengan mencari tutorial melalui blog atau video di internet. Jika terlalu sulit membuat sendiri, kamu juga bisa memesannya dengan menggunakan jasa pembuat mahkota DIY. Jangan lupa untuk mencari desain lucu yang disukai teman agar lebih berkesan.

Selempang Nama Plus Gelar

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Salah satu kebanggaan mahasiswa setelah lulus sidang skripsi adalah legalitas menyandang gelar sesuai dengan jurusan yang diambil. Gelar ini memberi tanda bahwa seseorang sudah menjalani masa perkuliahan selama bertahun-tahun dan berjuang untuk mendapatkannya sehingga tidak heran pada saat kelulusan, nama dan gelar banyak diabadikan dalam berbagai bentuk, misalnya selempang.

Tidak harus menunggu saat wisuda, kamu juga bisa memberikan perayaan awal dengan menghadiahkan selempang bertuliskan nama plus gelar teman kamu. Buat dalam desain yang unik agar mudah dibedakan dari selempang resmi. Misalnya, rancang dalam warna cerah dengan tambahan tulisan penyemangat juga pesan-pesan manis agar selempang terasa berkesan juga lebih unik.

Kalung Medali Wisuda

Selain toga dan selempang, medali juga menjadi aksesori pelengkap busana wisuda yang kerap dikenakan pada saat prosesi. Namun, kamu juga bisa memberikan medali buatan sendiri atau medali kustom sebagai hadiah kelulusan sidang skripsi. Meski umumnya medali yang juga disebut dengan istilah “Gordon” ini terbuat dari material logam dan resin, kamu bisa memesan dalam bentuk bahan lain yang tampilannya lebih unik dan cerah.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan pesan-pesan di medali atau pada tali medali agar kesannya tak terlalu kaku dan terasa lebih personal. Selain itu, kamu juga bisa menulis kutipan lucu di sisi lain medali agar mudah diingat dan dikenang oleh si teman. Jangan lupa untuk mengemasnya secara menarik dalam kotak supaya hadiahmu tampak lebih rapi.

Balon Foil dengan Ucapan Selamat, Nama, dan Gelar

Sumber gambar www.idntimes.com

Stress pra-sidang biasanya membuat kondisi kesehatan seseorang juga ikut terpengaruh. Selain penurunan atau kenaikan berat badan, tak jarang mahasiswa justru jatuh sakit setelah selesai sidang skripsi. Untuk memberi motivasi dan semangat agar mood si sahabat bisa lekas pulih, kamu bisa memberi hadiah sebagai bentuk dukungan.

Balon-balon berwarna cerah bisa menjadi pilihan hadiah lucu yang dapat kamu berikan setelah si karib lulus sidang skripsi. Agar lebih berkesan, kamu bisa mencampur balon biasa dengan balon karakter kesukaan teman kamu. Jangan lupa beri ucapan selamat yang dibarengi nama dan gelar sahabat kamu.

Buket Bunga

Sumber gambar www.tokopedia.com

Buket bunga agaknya sudah menjadi hadiah yang lazim diberikan kepada seseorang yang sedang merayakan hal menyenangkan, termasuk ketika wisuda. Namun, tak ada salahnya jika kamu memberikan buket bunga pada teman yang sudah selesai sidang skripsi.

Selain memberi bunga asli, kamu juga bisa memberi buket bunga artifisial jika ingin hadiahmu tak mudah layu dan lebih awet. Saat ini, tampilan buket bunga imitasi juga tak kalah menarik. Bunga flanel misalnya, banyak dipilih karena tak mudah rusak dan bentuknya juga mirip dengan bunga sungguhan. Kamu juga bisa memberi tambahan seperti camilan kemasan kecil atau kartu ucapan agar lebih menarik.

Ini Dia 10 Inspirasi Hadiah Berkesan untuk Sahabatmu yang Baru Lulus Sidang

Buket Cokelat agar Lebih Ceria

Sumber gambar www.tokopedia.com

Cokelat dikenal dan diyakini bisa memperbaiki mood yang sedang jatuh. Kandungan dalam cokelat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah bahkan meningkatkan kadar kolesterol baik bahkan mencegah diabetes. Cokelat juga dikenal memiliki manfaat sebagai antidepresan dan cocok bagi mereka yang sedang atau sudah mengalami masa-masa penuh tekanan seperti sidang skripsi.

Tak melulu bunga, kamu juga bisa memberikan buket cokelat sebagai hadiah berkesan yang juga mengenyangkan. Salah satu yang dapat kamu pilih adalah Ferrero Rocher Bouquet Caldora Snack Bucket/Buket H148 ini. Snack lezat ini dikemas dalam buket dengan pilihan kain berwarna yang dapat kamu pilih. Buket yang dipesan secara pre order ini berisi 10 buah cokelat Ferrero Rocher dan bisa kamu pesan di Tokopedia seharga Rp 150.000.

Photo Booth Mini untuk Media Foto Bareng Kalian

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hadiah yang satu ini cocok untuk teman kamu yang hobi eksis di media sosial. Cocok untuk seru-seruan bahkan bareng dosen penguji setelah proses sidang yang menegangkan, Frame Photo Booth Instagram, Facebook, Snapchat Props ini bisa menjadi hadiah berkesan di hari kelulusan sidang skripsi. Untuk mempersiapkannya, kamu bisa memesan di Tokopedia seharga Rp 325.000.

Properti foto ini memiliki ukuran 80 kali 100 sentimeter yang bisa juga dipesan dalam ukuran lebih besar jika diinginkan. Ada papan pelapis corlaps setebal 5 milimeter supaya frame tidak mudah patah serta ditunjang stiker plus laminating yang tahan air. Kamu bisa pesan dengan desain bebas sementara jika ingin menambahkan customized standing, dikenakan biaya sebesar Rp 225.000.

Pesta Kejutan agar Kelulusannya Lebih Berkesan

Sumber gambar fontbundles.net

Setelah sidang skripsi, terkadang mahasiswa masih diliputi kekhawatiran misalnya seperti revisi skripsi yang harus dilakukan atau ketegangan proses sidang yang masih tersisa. Kamu bisa bantu mengeluarkan unek-unek dan membuat sahabat kamu merasa lebih rileks dengan mengadakan pesta kejutan supaya mood-nya kembali pulih.

Tidak perlu menyewa tempat mewah, kamu bisa memesan tempat di restoran yang menyediakan pelayanan pesta atau di rumah kamu atau teman kamu yang lain. Jika ingin mengadakan di rumah, buat nuansa lebih semarak dengan memberi hiasan dinding yang dibuat sendiri, atau menyiapkan balon-balon supaya suasana lebih semarak. Jangan lupa siapkan makanan favoritnya. Bisa membuat sendiri atau memesan di restoran dengan dana yang dikumpulkan bersama.

Coffee Set untuk Penyuka Kopi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sebagai teman dekat, tentu kamu sudah hafal apa yang disukai dan tidak disukai si karib. Kamu mungkin juga tahu apa minat dan bakat si teman serta ingin mendukungnya.

Nah, buat teman kamu yang menyukai kopi, bahkan tertarik untuk terjun dalam dunia kopi, kamu bisa memberikan Paket Alat Kopi Coffee Grinder & Moka Pot 6 Cups ini.

Paket ini terdiri dari 1 unit penggiling kopi manual yang terbuat dari material stainless steel serta 1 unit pot berjenis moka berbahan sama untuk porsi 6 cangkir. Kamu bisa mendapatkannya di Bukalapak dengan harga Rp 280.000.

Jika ingin menambahkan, kamu juga dapat menyertakan biji kopi pilihan agar hadiah semakin berkesan. Jangan lupa untuk mengemasnya secara menarik dan sertakan kartu ucapan selamat, ya.

Voucher Spa untuk Menenangkan Pikiran Setelah Sidang

Sumber gambar www.blibli.com

Saking sibuknya, terkadang mahasiswa yang sedang menjalani proses penyusunan skripsi hingga sidangnya kurang memperhatikan penampilan. Ketegangan dan stres bahkan bisa terlihat dari penampilan sehingga menyebabkan ia terlihat lusuh, kusut, bahkan berantakan.

Meski tampak sepele, stres yang tidak disalurkan atau dikeluarkan dengan benar bisa membuat seseorang jadi tak bersemangat bahkan berpengaruh pada kesehatan, loh. Untuk membantu si teman agar menjadi rileks kembali, kamu bisa memberi hadiah seperti Martha Tilaar Physic Voucher senilai Rp 500.000 untuk masing-masing voucher pecahan bernilai Rp 100.000 ini.

Hadiah ini simpel tapi bisa membantu mengembalikan semangat serta mengendurkan saraf-saraf yang tegang pasca sidang. Produk ini bisa digunakan di seluruh outlet Martha Tilaar Salon & Day Spa dan berlaku hingga 31 Januari 2020 dengan penggunaan maksimum 10 voucher. Bisa didapatkan di Blibli seharga RP 425.000.

Agar Lebih Personal, Berikan saja Karikatur

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hadiah satu ini termasuk yang banyak dicari dan diberikan pada berbagai kesempatan termasuk saat kelulusan sidang skripsi dan wisuda. Kado satu ini mudah dicari dan bisa dipesan sesuai dengan selera si pembeli.

Kado yang satu ini banyak dipilih karena diyakini memberi kesan kedekatan antara si pemberi dan penerima. Untuk harganya sendiri juga bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan dan mungkin juga kualitas bingkai yang digunakan.

Saat ini, tidak perlu repot mencari karena ada Terima Jasa Lukis Karikatur+Bingkai juga hadir di Tokopedia dengan harga Rp 500.000. Gambar yang dipesan sudah termasuk bingkai yang dicat menggunakan cat akrilik dan berukuran 40 kali 50 sentimeter.

Buku Agenda untuk Mempersiapkan Jadwal Wawancara Kerja

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lulus dari sidang skripsi sebenarnya bukanlah akhir melainkan awal bagi mahasiswa untuk segera terjun ke dunia kerja. Maka, sebagai bentuk dukungan dalam meraih masa depan, kamu bisa coba memberikan alat yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Misalnya dengan memberikan Favorite Blue 365 Daily Planner (Buku Agenda/Jurnal)—Sapphire ini.

Tampilannya elegan sehingga cocok diberikan bagi teman pria ataupun wanita. Didesain dalam ukuran 13 kali 18 sentimeter, buku agenda ini tebal dengan hardcover dan memiliki banyak ruang alias halaman untuk digunakan. Kamu bisa memesannya di Tokopedia seharga Rp 103.000.

Kolase Foto untuk Mengingat Momen Masa Kuliah

Sumber gambar shopee.co.id

Menjalani masa-masa kuliah yang penuh dengan lika-liku pendidikan dan pertemanan mungkin menjadi momen tak terlupakan. Setelah lulus, masing-masing dari kamu dan teman terdekat bisa saja mengambil jalur pekerjaan yang berbeda dan kadang-kadang, sulit untuk bertemu. Agar tidak mudah lupa, kamu bisa memberikan hadiah manis seperti kolase foto.

Kamu bisa memilih koleksi foto bersama sahabat. Pilihlah foto yang kamu anggap paling berkesan dan sertakan pesan-pesan kenangan atau kutipan manis soal persahabatan yang bisa menyemangatinya ketika melihat hadiah darimu ini. Supaya tampilan foto lebih ciamik, kamu bisa mengemasnya dengan Kolase Foto Exclusiver 40x30cm Bebas Custom ini.

Bingkai kolase ini terbuat dari bahan kayu dan bisa kamu pesan dengan menambahkan foto atau mengganti warna bahkan desainnya. Produk dapat dipesan secara pre order dengan proses pengerjaan maksimal tiga hari. Dapat dipesan melalui Shopee dengan harga Rp 115.000.

Voucher Foto untuk Digunakan Saat Hari Wisuda Sahabatmu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Meski sudah disediakan oleh kampus, terkadang foto sendiri bisa lebih leluasa karena tidak terburu-buru dan bisa lebih leluasa mengajak orang-orang yang ingin diajak foto bersama. Nah, selain memberi hadiah kolase foto, kamu juga bisa memberikan Voucher BDG—Photo Studio Paket Platinum Gold B sebagai bingkisan kelulusan sidang skripsi.

Hadiah ini dapat digunakan setelah prosesi wisuda, cocok untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau teman-teman sahabat kamu. Paket ini memberi pelayanan seperti 15 kali pose untuk 1—10 orang, cetak foto ukuran 4R sebanyak 15 lembar, ukuran 5R sebanyak 3 lembar, album untuk 12 lembar cetak 8RP, 1 cetak kanvas 24RP, serta 1 frame 24RP klasik. Pesan di Tokopedia seharga Rp 3.700.000.

Travelling Book Apabila Sahabatmu Gemar Jalan-jalan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Liburan sebelum wisuda menjadi hal yang mungkin dilakukan sebagian mahasiswa selepas sidang skripsi untuk melepas stres. Jika temanmu juga sedang merencanakan perjalanan, kamu bisa memberi hadiah seperti buku panduan wisata untuk menemani perjalanannya kali ini.

Kamu bisa memberikan Buku Wisata Travelling Bujet Pas-pasan Keliling Korea 60 Hari? Bisa! yang ditulis oleh Sansan Hasjim ini. Buku ini dapat menjadi panduan agar si sahabat bisa jalan-jalan meski dengan anggaran terbatas ke Negeri Ginseng. Buku terbitan Elex Media Komputindo ini bisa kamu pesan dengan harga Rp 38.000 di Tokopedia.

From our editorial team

Berikan Hadiah Istimewa untuk Sahabat

Bersahabat di kampus biasanya akan menjadi persahabatan yang panjang dan lama, bahkan bisa jadi hingga kita tua. Oleh karenanya, sebelum kalian berpisah dengan sahabat setelah sidang skripsi/wisuda, ada baiknya kamu berikan hadiah terbaik yang dapat diingat olehnya selama-lamanya. Remember this: "good friends are hard to find, harder to leave, and impossible to forget".