10 Rekomendasi Scrub Wajah Terbaik Ampuh Mengangkat Kotoran dan Sel Kulit Mati  (2022)

10 Rekomendasi Scrub Wajah Terbaik Ampuh Mengangkat Kotoran dan Sel Kulit Mati (2022)

Dalam mengoptimalkan perawatan wajah, maka scrub wajah menjadi skincare yang memang diperlukan. Dengan scrub wajah ini maka dapat mengangkat kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati di wajah Anda. Selain itu, wajah Anda juga nampak lebih cerah dan sehat. Sebelum membeli scrub wajah, pastikan Anda mengetahui tips memilih scrub wajah dengan tepat. Sebagai referensi, BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi scrub wajah terbaik untuk Anda.

Optimalkan Perawatan Wajah Dengan Scrub Wajah

Kulit yang sehat adalah dambaan banyak orang. Namun untuk mendapatkan kulit yang sehat, perawatannya juga harus optimal. Saat Anda membersihkan wajah, menggunakan sabun pembersih saja ternyata belum cukup untuk mengangkat kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati di wajah. Oleh karena itu, kulit Anda perlu di eksfoliasi dengan menggunakan scrub wajah agar lebih bersih dan sehat.

Scrub wajah saat ini telah dipasarkan oleh berbagai merek. Setiap merek tersebut memiliki kandungan bahan masing-masing yang disesuaikan dengan jenis kulit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips memilih scrub wajah terlebih dahulu. Setelah itu, Anda juga bisa membeli scrub wajah berdasarkan rekomendasi dari BP-Guide berikut ini.

Tips Memilih Scrub Wajah Dengan Tepat

Saat Anda akan melakukan perawatan wajah dengan menggunakan scrub, maka Anda tidak boleh memilih scrub secara asal. Anda perlu memilih dengan benar, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari timbulnya permasalahan kulit lain. Berikut ini terdapat beberapa tips memilih scrub dengan tepat berdasarkan jenis kulit wajah Anda.

Scrub Wajah Untuk Kulit Kering

Jika Anda memiliki jenis kulit kering, maka scrub wajah yang bagus dan aman adalah yang tidak mengandung alkohol. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat membuat kulit semakin kering. Anda perlu menggunakan scrub yang dapat membantu menghidrasi kulit kering.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari scrub wajah yang memiliki sejumlah bahan kandungan. Seperti ekstrak minyak jojoba, minyak alpukat, minyak almond dan beeswax. Selain itu, untuk mencegah iritasi setelah scrubbing sebaiknya Anda juga perlu memilih butiran scrub yang tidak terlalu kasar.

Scrub Wajah Untuk Kulit Berminyak

Jika jenis kulit Anda berminyak maka pilihlah scrub yang mengandung asam salisilat. Dengan senyawa tersebut, maka tidak hanya mengangkat kulit mati di permukaan saja.

Namun, juga mengelupaskan kulit yang ada di dalam pori-pori sehingga pori-pori Anda akan terbebas dari sumbatan. Anda dapat memilih butiran scrub jenis apapun, karena kulit berminyak cenderung memiliki toleransi tinggi dan lebih tebal.

Namun, Anda tetap menyesuaikan dengan kenyamanan Anda sendiri. Anda juga harus tetap melakukan scrubbing secara perlahan dan benar-benar bersih. Hal ini dilakukan supaya tidak menyumbat pori-pori Anda.

Scrub Wajah Untuk Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, maka Anda harus lebih ekstra hati-hati dan cermat dalam memilih produk scrub wajah. Jika Anda menggunakan sembarangan scrub wajah, maka bisa saja Anda mengalami sensasi terbakar, kemarahan, dan iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk scrub yang dibuat dengan partikel kecil dan lembut.

Hal ini dilakukan agar tidak melukai kulit wajah yang sensitif. Anda juga bisa memilih scrub wajah berdasarkan kandungan bahan-bahan eksfoliator yang mengandung ekstrak buah-buahan, beras, dan oatmeal. Kandungan tersebut dapat membantu proses regenerasi dan pembersihan lapisan kulit tanpa menimbulkan iritasi atau kemerahan.

Eksfoliasi Kimiawi Untuk Kulit Berjerawat

Jika Anda memiliki jenis kulit berjerawat maka sebaiknya Anda melakukan eksfoliasi dengan cara kimiawi yang mengandalkan bahan-bahan yang bersifat asam. Bahan tersebut diantaranya seperti AHA, BHA, lactic acid, dan lain sebagainya.

Bagi kulit berjerawat tidak dianjurkan untuk eksfoliasi dengan scrub. Meski dapat membuat kulit Anda terasa lembut dan halus, tapi eksfoliasi jenis ini dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang sehingga membuat jerawat semakin buruk.

Ini Dia Rekomendasi Scrub Wajah Terbaik

Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Facial Scrub

Scrub wajah dari Wardah memiliki formulasi pH balance dan non-soap, sehingga cocok untuk segala jenis kulit. Butiran scrub halus yang efektif mengangkat sel kulit mati penyebab kusam.

Selain itu, dengan scrub wajah Wardah ini dapat memberikan hasil akhir yang lembap dan tidak membuat kulit kering, serta memiliki daya bersih yang optimal. Cara menggunakan scrub wajah ini yaitu dengan menuangkannya kira-kira sebesar biji jagung.

Kemudian alirkan air dan gosok sampai mulai terbentuk busa. Setelah itu, usapkan busa ke wajah dengan gerakan memutar dan bilas hingga bersih.

Harga Rp. 12.611-78.006

Emina Apricot Jam Face Scrub

Emina juga mengeluarkan scrub wajah dengan face exfoliator natural yang lembut. Terdapat kombinasi dari apricot seed dan olive oil yang secara alami mengelupas, melembapkan, dan mengangkat sel kulit mati serta kotoran dari kulit.

Hal ini akan membuat kulit Anda terasa segar setiap hari. Anda dapat menggunakan scrub wajah ini dengan mengoleskan pada bagian wajah dan leher disertai pijatan lembut. Setelah itu, Anda bilas dengan air hingga bersih.

Anda dapat menggunakan scrub wajah ini dua kali dalam satu minggu. Anda juga dapat menggunakan toner atau moisturiser setelah mengaplikasikan scrub untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda.

Harga Rp. 14.575-133.000

Safi Deep Exfoliator

SAFI White Expert Deep Exfoliator merupakan pembersih wajah dengan scrub yang lembut. Telah diformulasikan dengan pH seimbang dan cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, scrub ini mengandung ekstrak habbatus sauda, dengan teknologi oxywhite serta apricot scrub.

Scrub dari merek Safi ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan bintik hitam tanpa merusak kulit. Juga dapat membersihkan kotoran dan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori secara optimal.

Cara menggunakan scrub wajah ini yaitu dengan membasahi wajah terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan pada wajah dan leher. Setelah itu, pijat lembut dengan gerakan ke atas, lalu bilas. Anda dapat menggunakan scrub ini hanya 2 atau 3 kali seminggu.

Harga Rp. 29.850-220.000

Himalaya Purifying Neem Scrub

Himalaya Purifying Neem Scrub diformulasikan khusus untuk kulit cerah. Neem dikenal sebagai pembersih dan mampu membantu merawat kulit berjerawat. Dikombinasikan dengan butiran apricot yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran, sehingga kulit Anda menjadi lembut, cerah dan segar.

Scrub wajah ini bekerja ganda, sebagai anti bakteri untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat dan membantu mengurangi komedo. Cara menggunakan scrub wajah ini dengan di oleskan secara merata pada wajah dan leher yang telah dibersihkan.

Dalam melakukannya perlu Anda hindari area sekitar mata. Kemudian, biarkan mengering selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan spons basah dan bilas dengan air dingin.

Anda dapat menggunakan scrub wajah ini sekali atau dua kali dalam seminggu. Perlu Anda ingat, jangan oleskan pada kulit yang luka atau mengalami radang.

Harga Rp. 15.250-202.826

Garnier Pure Active Acne & Oil Clearing Scrub

Scrub wajah dari Garnier ini terbuat dari bahan alami yang bermanfaat untuk kulit wajah. Dengan scrub lembut membantu mengatasi 12 tanda masalah jerawat dan kulit berminyak, seperti jerawat, bekas jerawat, minyak berlebih, warna kulit tidak merata, kekusaman, dan kulit agak gelap.

Selain itu efek paparan sinar UV, bintik hitam, kulit tidak halus, pori-pori besar, pori-pori tersumbat serta komedo. Scrub wajah ini juga memiliki butiran lembut yang mengandung bahan anti bakteri dan ekstrak blueberry alami.

Cara menggunakan scrub wajah ini cukup mudah. Pertama berikan air secukupnya pada bagian wajah. Lalu tuangkan scrub wajah Garnier ini pada tangan Anda yang sudah dibersihkan. Kemudian basuhkan scrub tersebut pada wajah Anda dengan menggunakan air.

Penting untuk Anda menjauhkan scrub wajah ini dari kedua mata. Setelah itu, basuh kembali scrub wajah tersebut untuk membersihkannya.

Harga Rp. 20.999-110.000

Mineral Botanica Facial Scrub

Mineral Botanica Facial Scrub diformulasikan untuk membersihkan wajah dengan butiran-butiran scrub halus. Hal ini akan secara efektif dapat mengangkat kotoran dan sisa make up, serta membuat wajah terasa lebih segar.

Scrub wajah ini juga telah dilengkapi dengan ekstrak licorice untuk mencerahkan dan aloe vera untuk menjaga kelembapan kulit. Cara menggunakannya dengan menuangkan scrub wajah ini pada ujung jari Anda. Kemudian lakukan pijatan lembut saat membersihkan seluruh wajah. Gunakan merata dimulai dengan gerakan pijatan memutar dari tulang pipi menuju dagu, lalu daerah hidung.

Setelah itu, lanjutkan pada bagian atas wajah mulai dari dahi tanpa melupakan bagian batas rambut kepala. Lakukan setiap bagian selama satu menit untuk gerakan pijatan ini pada kulit berminyak dan berkomedo.

Harga Rp. 34.000-114.000

Jafra Gentle Exfoliating Scrub

Jika Anda ingin melakukan body scrub, maka saat ini tidak perlu harus repot ke salon. Anda bisa melakukan dengan cara mudah di rumah dengan Jafra Gentle Exfoliating Scrub.

Scrub lembut dengan granul halus untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah, segar, dan sehat. Rutin menggunakan body scrub juga dipercaya sebagai salah satu bentuk relaksasi dengan manfaat baik seperti melancarkan peredaran darah Anda.

Eksfoliasi atau scrubbing terbukti ampuh untuk meningkatkan kehalusan serta kelembutan kulit. Scrub wajah ini telah diuji secara klinis terhadap alergi dan iritasi. Anda dapat menggunakan scrub ini satu atau tiga kali dalam seminggu.

Anda bisa juga menggunakan scrub wajah ini setelah cleanser dan sebelum pelembab. Jika ingin lebih maksimal maka Anda bisa menggunakan scrub wajah ini dengan masker secara bersamaan.

Harga Rp. 109.181-165.000

St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

St. Ives scrub memiliki beberapa varian yang memiliki manfaat masing-masing. Varian Fresh Skin Apricot Face Scrub merupakan scrub wajah yang mengandung ekstrak buah aprikot dan 100% eksfolian natural untuk membantu menjaga kulit tetap halus, lembut dan tampak cerah alami.

Sedangkan varian St.Ives Energizing Coconut & Coffee Scrub merupakan scrub yang dapat memberikan energi pada kulit yang kusam dan lelah dengan aroma kopi segar. Pada scrub ini terdapat pengelupasan kulit bubuk kenari alami 100%.

Scrub wajah sekaligus masker ini menggabungkan kandungan oatmeal lembut dan 100% eksfolian natural. Scrub wajah ini digunakan untuk membantu mengatasi kulit kusam atau sebagai masker untuk membantu menutrisi kulit. Selain itu, scrub wajah ini cocok untuk kulit normal, kering, berminyak dan kusam.

Varian lainnya yaitu St. Ives Radiant Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Scrub. Scrub wajah ini memiliki kandungan pink lemon dan kulit jeruk mandarin yang dapat menghaluskan kulit kasar dan meratakan warna kulit untuk mendapatkan kulit yang bercahaya. Mengeksfoliasi kulit agar halus, warna kulit merata dan terlihat glowing.

Varian lainnya yaitu St. Ives Smoothing Oatmeal Face Scrub & Mask merupakan scrub wajah sekaligus masker yang menggabungkan kandungan oatmeal lembut dan 100% eksfolian natural. Dapat digunakan sebagai scrub untuk membantu mengatasi kulit kusam atau sebagai masker untuk membantu menutrisi kulit.

Dengan menggunakan scrub wajah ini maka akan melembapkan dan mengeksfoliasi dengan lembut, agar tekstur kulit semakin halus. Scrub ini direkomendasikan untuk kulit kering dan kusam.

Harga Rp. 27.000-306.000

Pond's Exfoliating Kiwi Facial Scrub

Pond's merupakan salah satu brand skincare kecantikan yang ternama di Indonesia. Pond's juga telah mengeluarkan scrub yang diperkaya dengan kandungan Purifying Natural Scrub.

Bahan tersebut berguna untuk membersihkan kotoran dari pori-pori kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membantu mengangkat komedo serta sisa-sisa make up di kulit wajah. Dengan scrub wajah ini juga akan membuat kulit Anda terasa lebih bersih, segar dan cerah menyeluruh.

Harga Rp. 16.500-34.000

Bioderma Sebium Gel Gommant

Sebium Foaming Gel merupakan gel pembersih wajah yang dapat membantu membersihkan kulit wajah Anda. Face scrub ini punya tekstur gel yang dijamin lembut untuk wajah.

Formulanya mengandung salicylic acid yang dapat mencegah sekaligus mengobati jerawat. Dengan kandungan bahan kompleks Fluidactiv pada scrub ini secara biologis meningkatkan kualitas sebum, sehingga dapat membantu menghambat timbulnya noda pada kulit.

Diperkaya zinc sulfate dan copper sulphate yang merupakan kandungan bahan yang dapat membersihkan. Sebium Foaming Gel membantu membersihkan kulit dan menahan produksi sebum yang berlebih. Scrub wajah ini juga noncomedogenic sehingga dijamin tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

Harga Rp. 190.000-408.000
From our editorial team

Sesuaikan Jenis Scrub dengan Jenis Kulit

Itulah rekomendasi scrub wajah yang bisa dijadikan referensi. Penting untuk diketahui, saat Anda membeli scrub wajah pastikan sesuaikan dengan jenis kulit Anda dan cermati setiap kandungan bahan di dalamnya. Menggunakan scrub wajah ini merupakan langkah untuk mendapat kulit yang sehat.