Ingin Memberi Kado Bermanfaat?Ini 10 Rekomendasi Buku tentang Pernikahan yang Tepat Jadi Kado Pernikahan (2020)

Ingin Memberi Kado Bermanfaat?Ini 10 Rekomendasi Buku tentang Pernikahan yang Tepat Jadi Kado Pernikahan (2020)

Sumber gambar www.freepik.com

Kado tentunya mesti berkesan, juga memiliki fungsi bagi penerimanya. Kado berupa buku selain memberikan kesan, juga memberikan manfaat yang tak terhingga berupa ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Ingin memberikan kado berbentuk buku yang berguna? Simak dulu ulasannya berikut ini.

Buku Dapat Menjadi Salah Satu Hadiah yang Sangat Bermanfaat untuk Penerimanya

Sumber gambar https://www.freepik.com

Ada teman, sahabat, atau keluarga terdekat Anda yang menggelar pesta pernikahan? Tentunya, Anda akan memberikan sebuah kado, bukan?

Nah, pernahkah Anda terpikir untuk memberikan kado sebuah buku? Hal ini bukan sebuah kebiasaan di negeri kita, tapi di luar negeri ini sudah menjadi hal yang biasa saja. Apalagi, bila penerimanya adalah orang yang hobi membaca, maka hadiah buku sangat penting untuk Anda pertimbangkan.

Memberikan kado buku tampak seperti hal yang bukan kebiasaan, tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Buku bisa menjadi hadiah yang berkesan, sekaligus bermanfaat bagi penerimanya.

Tips Memilih Buku yang Cocok Sebagai Hadiah

Usia

Sumber gambar https://www.freepik.com

Memberikan hadiah sebuah buku tentunya mesti mempertimbangkan usia penerimanya. Apalagi, untuk usia yang cukup dewasa, maka menerima hadiah seperti novel romantis tentu akan sangat bermanfaat.

Meski begitu, bisa jadi penerima justru adalah orang yang menyukai komik, meski sudah berusia dewasa. Jadi, meski mempertimbangkan usia, tentunya sangat penting juga Anda mencari tahu apa bacaan yang pas dan disukai calon penerima hadiah tersebut.

Jenis Buku

Sumber gambar https://pixabay.com/

Kesukaan seseorang terhadap suatu jenis buku juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih kado buku. Anda tidak bisa memaksakan seseorang yang suka cerita romantis, membaca buku horor, misalnya.

Ada banyak genre buku, misalnya horor, komedi, termasuk juga buku nonfiksi. Bila calon penerima tersebut adalah seorang yang suka motivasi, maka buku berisitulisan para motivator bisa menjadi bahan pertimbangan.

Bisa juga, Anda mencari penulis kesukaan dari calon penerima kado. Bila ia suka dengan seorang penulis, maka Anda bisa mempertimbangkan karya dari penulis tersebut untuk menjadi kado. Meski, sebenarnya Anda bisa juga mencoba memberikan kado buku yang lain sebagai pilihan yang tepat.

Sesuaikan dengan Pekerjaan dan Kebiasaan

Sumber gambar https://www.freepik.com

Buku yang tepat adalah buku yang sesuai dengan pekerjaan dan kebiasaan pembacanya. Bila ia menyukai psikologi, maka memberikan buku tentang psikologi akan sangat tepat. Buku dengan cerita inspiratif juga akan tepat bila diberikan pada orang-orang yang suka motivasi. Begitu juga buku tentang ilmu pengetahuan yang pas dengan profesi calon penerima kado.

Karena membaca buku seperti berdiskusi dengan penulisnya. Dengan demikian, ada proses transfer ilmu pengetahuan dari penulis ke pembaca, tanpa harus bertemu. Maka, akan sangat baik bila ilmu yang didapat oleh pembaca akan berguna untuk mendukung profesinya.

Dalam Rangka Apa?

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Ini hal yang paling penting, dalam rangka apa Anda memberikan kado buku? Bila memberikannya untuk pernikahan dan Anda berniat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi calon penerima, maka buku tentang pernikahan tentunya akan sangat pas.

Buku tentang pernikahan, akan memberikan perspektif baru bagi penerima kado untuk menjalani bahtera rumah tangganya. Dengan demikian, ia bisa mengambil keputusan tepat saat menghadapi masalah dalam keluarganya.

10 Buku Mengenai Pernikahan yang Bisa Anda Jadikan Hadiah

adiah Tuk Sepasang Pengantin - Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Buku yang pertama berjudul Hadiah Tuk Sepasang Pengantin atau judul aslinya adalah Adabuz Zifaf Fis Sunnatil Muthahharah. Buku ini merupakan buah pikiran seorang ahli dan pakar hadits terkemuka dunia, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani. Dalam edisi Indonesia, buku ini diterjemahkan oleh Abu Hamzah Kaswa.

Dari judulnya saja, buku ini memang sangat pas untuk dijadikan kado pernikahan. Latar belakang penulis aslinya menyusun buku ini adalah karena sahabatnya yang akan melangsungkan pernikahan yang memintanya.

Isi buku ini sebenarnya adalah bimbingan untuk mengikuti apa yang telah dicontohkan nabi Muhammad SAW selama menjalani pernikahan. Tentunya, hal-hal itu berhubungan dengan adab-adab pernikahan, dari mulai pertemuan, kemudian apa yang harus dilakukan oleh seorang suami ketika istrinya haid, hamil, dan petunjuk lainnya yang penting untuk diketahui oleh sepasang pengantin baru.

Harga Rp. 45.000-66.300

Psikologi Pernikahan - Muhammad Iqbal, Ph.D

Buku berikutnya berjudul Psikologi Pernikahan. Buku ini dikarang oleh Muhammad Iqbal Ph.D yang tentunya sangat dalam mengupas psikologi pernikahan suami dan istri. Penulisnya adalah seorang pakar psikologi, khususnya psikologi keluarga.

Penulis buku ini sebelumnya menangani banyak masalah dan persoalan keluarga. Hal itu mendasari penulisan buku yang sangat tepat untuk Anda jadikan sebuah kado pernikahan. Sebab, dengan membaca buku ini, maka Anda telah membantu pernikahan tersebut lebih tahan lama.

Buku ini berisi banyak pengetahuan, serta panduan yang penting terkait pernikahan, keluarga dan pasangan suami istri. Dengan demikian, suami istri akan memiliki kesiapan untuk menghadapi kehidupan.

Harga Rp. 42.000-60.000

Agar Istri & Agar Suami Makin Sayang - Adil Fathi Abdullah

Selanjutnya adalah buku berjudul Agar Suami Istri Makin Sayang bisa menjadi pilihan yang tepat menjadi kado untuk orang terkasih. Buku ini bisa menjadi modal yang tepat untuk membangun pondasi rumah tangga yang kuat dan penuh kasih sayang.

Buku satu ini memang ditujukan untuk menjadikan rumah tangga laksana surga di dunia. Berbagai petunjuk diungkapkan seperti bagaimana cara suami bersikap pada istrinya dan bagaimana cara istri bisa menunjukkan rasa sayangnya kepada suami.

Uraian di dalam buku ini adalah cara berkeluarga meneladani cara dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, jiwa bisa semakin teduh dan suami istri bisa semakin lengket. Banyak tips cerdas yang bisa digunakan untuk menjadikan istri semakin sayang pada suaminya, begitu juga sebaliknya. Jadinya, buku yang ditulis oleh Adil Fathi Abdullah ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Harga Rp. 49.000-80.000

Seksologi Pernikahan Islami - Sinta Yudisia

Buku selanjutnya adalah karya dari penulis wanita yang lantang bernama Sinta Yudisia. Tulisan kali ini juga cukup berani dengan bahasan sesuai latarnya, yakni tentang Seksologi Pernikahan Islami.

Buku ini menunjukkan dan mendeskripsikan detail semua proses yang dihadapi oleh setiap pasangan ketika awal menikah sampai berbagai tahap-tahap berikutnya. Tentunya, semua ini disesuaikan dengan hukum dalam agama Islam.

Oleh karena itu, buku ini sangat tepat menjadi pegangan awal untuk pengantin yang baru menikah. Sebab, di dalamnya terdapat berbagai detail tentang cinta, seks, dan berbagai hal lainnya untuk mendapatkan keberkahan rumah tangga.

Harga Rp. 82.305-135.000

Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan - Salim A. Fillah

Berikutnya, bila sedang jatuh hati pertama kali atau ingin berpacaran yang halal alias nikah dini, maka buku yang tepat adalah Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan.

Buku karya Salim A Fillah ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai kado, apabila yang menikah sebelumnya belum pernah berpacaran. Buku ini memberi petunjuk bagaimana tepatnya menjalani rumah tangga dengan kebahagiaan dalam menikah muda.

Tidak berpacaran selama belum menikah adalah proses puasa syahwat yang panjang. Namun, setelah menikah, itulah waktu yang tepat untuk pacaran. Maka buku ini tepat menjadi paduan untuk pasangan muda yang baru akan memadu kasih.

Harga Rp. 28.500-38.000

Mahkota Pengantin - Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri

Ingin buku yang tepat, bahasanya lugas, dan berlandas dalil? Maka buku berjudul Mahkota Pengantin karya Majdi bin Manshur bin Sayyid Asy-Syuri (diterjemahkan oleh Akhmad Syaikhu) bisa menjadi pilihan yang tepat.

Buku ini menjadi petunjuk untuk pegangan bagi seorang muslim yang akan menikah. Tentunya, bisa dibilang buku ini adalah petunjuk untuk menjadi imam dalam rumah atau pemimpin rumah tangga.

Tidak hanya itu, buku ini bahkan mengarahkan dan mengoreksi berbagai kesalahan yang kerap dilakukan dan sering terjadi. Dengan koreksi yang lugas, ringkas bahkan dengan landasan dalil yang kuat menjadikan buku ini menjadi pilihan yang tepat untuk hadiah Anda.

Harga Rp. 62.300-93.000

Agar Pernikahan Membawa Berkah - Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani

Berikutnya adalah buku Agar Pernikahan Membawa Berkah yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Nashirudin al-Albani. Buku ini merupakan intisari dari kitab Adab Az-Zifaf fi as-Sunnah al-Muthahharah yang membahasa secara rinci apa saja ada di dalam pernikahan.

Adab yang dijelaskan semuanya begitu detail dan bertahap, mulai dari malam pertama, tata cara berhubungan, niat, dan sebagainya bisa Anda temukan di dalam buku ini. Tidak hanya itu, buku ini juga secara lengkap memberikan adab yang perlu dilakukan sejak acara resepsi pernikahan.

Maka untuk menunjukkan panduan pernikahan yang bisa mengantar ke surga, maka buku satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Tentunya, bila ada seorang terdekat Anda yang akan menikah, memberikan buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Harga Rp. 43.000-46.000

Kuingin Menikah Tapi.. 100 Pertanyaan Pernikahan - Arif Mahmudi

Sebenarnya pernikahan itu indah, hanya saja ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum mengarungi bahtera rumah tangga. Pernikahan tidak hanya sekadar melepas puasa syahwat, tapi juga berbentuk tanggung jawab dan sebagainya.

Karena menyadari itu, banyak pula orang yang akan kebingungan, cemas, dan khawatir ketika akan menuju pelaminan. Hal-hal seperti petunjuk, panduan, adab, dan ilmu yang tepat sangat dibutuhkan untuk menjadikan seorang lebih siap.

Buku satu ini membeberkan secara padat dan jelas antara lain tentang bagaimana cara mencari pasangan yang tepat, hukum menikah, dan hal-hal lain yang bisa Anda temui ketika menikah. Bahkan perkara seperti masalah keuangan, menikah yang tak pernah sesuai impian, serta hal-hal lainnya yang juga perlu dipikirkan sejak pernikahan.

Harga Rp. 28.000-46.600

Hijrah Sakinah - Hanny Dewanti

Pernikahan tentunya tidak hanya berhubungan dengan kebahagiaan. Kadang-kadang masalah keluarga kadang berujung kalut, kacau, sampai masalah lain, yang juga berujung hal yang buruk.

Tidak jarang banyak di antara pasangan muda yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka. Karena itulah, ada banyak pernikahan muda berakhir perceraian.

Untuk menghindari itu, maka memberikan buku ini sebagai petunjuk sebelum berumah tangga sangat tepat untuk menjadi pilihan rumah tangga. Buku ini bisa dibaca dengan santai sambil menikmati minuman hangat, agar rumah tangganya bisa tetap dijaga sampai akhir hayat.

Harga Rp. 41.000-98.000

Pernikahan Dalam Islam dan 69 Tanya Jawab Seputar Pernikahan - Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin

Pernikahan merupakan sebuah tujuan untuk mencapai kebahagiaan. Tidak hanya kebahagiaan di dunia tapi juga di akhirat. Namun, banyak pula yang menyalahartikan bahwa pernikahan adalah cara untuk memenuhi kepuasaan atau bahkan untuk keuntungan sesaat.

Karena itu, bagi seseorang yang ingin menikah diperlukan tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan. Ilmu yang dibutuhkan adalah ilmu tentang pernikahan dan tentunya bisa menjaga pernikahan tetap langgeng dan bahagia dunia akhirat.

Buku karangan Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dan diterjemahkan oleh Fathul Mujib ini bisa menjadi pilihan yang jitu. Anda bisa menjadikan sebagai kado untuk orang terdekat Anda.

Harga Rp. 20.000-25.000
From our editorial team

Buku Bisa Menjadi Kado yang Bermanfaat

Buku tentunya bisa menjadi kado yang tepat untuk pernikahan. Dengan begitu, pasangan yang akan membina rumah tangga bisa mendapatkan panduan yang tepat dari kado buku yang Anda berikan. Rekomendasi buku dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan yang bisa Anda pilih.