Kalau Kantong Lagi Tipis, Berikut Rekomendasi Kado Pernikahan Murah yang Paling Pas (2017)

Kalau Kantong Lagi Tipis, Berikut Rekomendasi Kado Pernikahan Murah yang Paling Pas (2017)

Terkadang kita ingin memberikan yang terbaik untuk hari pernikahan teman kita tetapi uang menjadi kendala. Dengan modal sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000, hadiah apa yang bisa meninggalkan kesan mendalam di hati temanmu? Jangan khawatir, cek saja rekomendasi BP-Guide berikut.

Kalau dana lagi tipis, bagaimana?

Kamu pasti termasuk orang yang ikut bahagia ketika mendengar sahabat kamu akan segera menikah. Setelah sekian lama berteman, pasti sudah banyak moment yang kalian rasakan bersama, baik suka maupun duka sampai kamu bisa menganggapnya sebagai seorang sahabat.

Ketika seorang sahabat menikah, kayaknya tidak pas kalau kamu hanya memberikan doa restu saja. Pemberiaan hal yang spesial seperti kado juga sangat bisa memberikan kesan istimewa dan membuatnya lebih bahagia di hari pernikahannya.

Sama seperti halnya kado ulang tahun, pemberian kado pernikahan juga tidak harus yang mahal kok. Kalo kamu berusaha lebih kreatif atau bahkan menyiapkan kado itu jauh-jauh hari, dana yang tipis itu tidak akan menjadi masalah. Kalau masih ada yang bingung mau memberikan kado apa kepada sahabat yang ingin menikah, mungkin beberapa barang di bawah ini bisa menjadi inspirasi kamu.

Tips mencari kado pernikahan murah

Pernikahan adalah moment yang penting sekaligus paling membahagiakan dalam kehidupan seseorang. Kita sebagai anggota keluarga atau sahabat dari salah satu mempelai, pasti ingin ikut dalam menambah kebahagian mereka pada moment tersebut, seperti membantu dalam rangkaian persiapan, memberikan saran atau bisa juga memberikan kado pernikahan.

Memberikan kado pernikahan memang susah-susah gampang, ada beberapa hal yg kadang membuat bingung untuk memilih kado. Keuangan terkadang bisa menjadi kendala kita juga.

Berikut tips-tips yang dapat membantu kamu dalam memilih kado pernikahan dan juga murah tentunya.

  • Berikan hadiah yang bermakna.Hadiah yang bermakna disini tidak berarti harus mahal, bisa saja foto persahabatan kalian dengan bingkai yang unik.
  • Berikan apa yang mereka sukai.Sebagai sahabat dekat atau keluarga dari salah satu mempelai, kalian pasti tahu apa yang mereka sukai
  • Kado yang unik atau bermanfaat.Harga kado tidak menentukan manfaat dari kado tersebut. Mungkin benda yang unik bisa memberikan kesan tersendiri untuk kedua mempelai
  • Bila anda jago berkreasi tidak ada salahnya kamu berikan kado buatan tangan kamu sendiri. Ini termasuk cara yang gampang dan mudah.
  • Mempersiapkan kado dari jauh-jauh hari. Cara ini bisa di bilang efektif karena kamu bisa hunting-hunting tempat yang menjual kado dengan harga murah.
  • Berikan kado lucu, aneh atau bisa juga yang bisa menjahili mempelai tapi masih batas wajar, kamu sebagai orang yg dekat dengan mempelai pasti lebih tau mana yang pantas atau tidak pantas untuk mempelai.

Tapi, dari semua tips di atas yang terpenting adalah jangan lupa berikan kata selamat dan ucapan doa untuk kedua mempelai karena kedua hal itu yang sangat mereka harapkan dari kamu.

Inspirasi kado pernikahan murah

Kebiasaan orang indonesia memberikan uang ketika menghadiri pernikahan sudah seperti kewajiban. Tapi terkadang kurang rasanya hanya dengan memberikan uang, apalagi kalau salah satu dari kedua mempelai merupakan keluarga, sahabat atau salah satu rekan bisnis kita. Daripada kita hanya memberi uang, memberikan sesuatu yang spesial bisa menambah rasa kebahagian dan respect mereka terhadap kita.

Salah satunya adalah kado. Tidak harus kado yang mahal kok, kado-kado yang unik dan bermanfaat dengan harga murah juga banyak seperti mug, frame foto dan masih banyak yg lainnya. Selain itu kado yang unik juga bisa kamu bikin sendiri dengan buget yang minim loh.

Kalau kamu masih bingung mau memberikan apa untuk kado pernikahan teman kamu, mungkin beberapa ide di bawah ini bisa menginspirasi kamu.

Kain batik tulis Madura

Sumber gambar www.batikuniq.com

Kalau mempelai yang menikah merupakan orang kantoran atau suka dengan budaya indonesia, kenapa ngga kamu coba aja kasih kado pernikahan berupa batik. Di galeri batik Tresna Art yang berlokasi di Jalan KH. Moh. Kolil, Bangkalan, Madura Jawa Timur terdapat banyak kain batik tulis dengan harga murah.

Ciri khas karakter batik Madura senada dengan ciri khas masyarakat Madura itu sendiri. Kain batik ini memiliki warna yang rata-rata pekat dan pewarnaan yang tajam, dengan motif bergambar hewan dan bunga ini menghasilkan daya tarik tersendiri. Sedangkan dalam koleksi batik tulis itu sendiri, harganya cukup murah, mulai dari Rp 60.000- Rp 90.000 untuk kain batik tulis dan Rp 145.000 untuk batik Madura. Bagi teman-teman yang tidak berdomisili di Madura, bisa saja memesannya melalui situs belanja online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Lampu tidur

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kado perabotan rumah tangga memang sangat biasa untuk sebuah kado pernikahan. Tapi bila kamu memberikan perabotan rumah tangga yang unik dan tidak pasaran, pasti kedua mempelai merasa senang. Seperti lampu tidur pengantin, selain bisa mengatur pencahayaan di kamar, lampu tidur juga membantu mempelai agar mendapat tidur yang nyaman dan maksimal.

Selain bermanfaat lampu tidur juga termasuk kado yang murah untuk kado pernikahan. Lampu seperti gambar di atas dilansir sekitar Rp. 120.000 di Bukalapak. Kamu bisa juga meminta seller-nya untuk menambahkan nama kedua mempelainya loh.

Buku kado pernikahan

Sumber gambar www.goodreads.com

Pernikahan memang hal yang tidak mudah, banyak hal baru yang harus mereka pelajari untuk menjalani bahterai rumah tangganya. Sebagai orang yang dekat dengan mempelai, memberikan kado buku yang bisa menambah ilmu-ilmu baru dalam menjalani rumah tangga merupakan hal yang tepat.

Buku tentang resep makanan, kerajinan tangan, dan buku-buku yang bermanfaat lainnya bisa kamu temukan di Gramedia. Gramedia adalah toko buku besar yang bisa dibilang cukup lengkap untuk segala jenis buku, termasuk buku yang bisa di jadikan kado pernikahan. Harga jenis buku yang bisa kamu jadikan kado juga murah-murah. Siapkan saja dana sekitar Rp. 50.000 - Rp. 100.000. Kalau kamu tidak tahu buku mana yang bagus, kamu bisa mencoba mencari buku "Menikah Untuk Bahagia" yang ditulis oleh Indra Noveldy dan Nunik Hermawati yang dilansir sekitar Rp. 58.000.

Boneka horta

Sumber gambar distroukm.weebly.com

Pemberian tanaman hias sedang menjadi trend lho di zaman sekarang. Pemberian tanaman hias bertujuan untuk melatih pasangan untuk merawat dan bertanggung jawab akan sesuatu. Bukan hanya sekedar tanaman hias memakai pot saja, tapi udah banyak model tanaman hias yang unik dan lucu, salah satunya itu boneka horta.

Bonek horta adalah suatu media tanam dari serbuk kayu berbentuk boneka yang apabila disiram setiap hari pada bagian atas kepalanya akan tumbuh rambut berupa rumput hijau. Harga dari boneka horta ini sangat murah, mulai dari Rp 17.000 sampai dengan Rp 50.000. Boneka horta bisa dicari dengan mudah di situs belanja online seperti Tokopedia, Lazada, dan sebagainya.

Pot tanaman meja mini

Trend memberikan kado pernikahan berupa tanaman hias lagi naik-naiknya. Bukan hanya karena harganya yang murah saja, filosofi yang dimaksud dari pemberian tersebut juga cukup bagus. Apalagi kalau salah satu mempelai penyuka tanaman atau pendukung gerakan go green, dia pasti merasa senang dengan pemberian kamu.

Tanaman hias yang kecil ini bisa menjadi hiasan ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan ruang kerja. Jenis tanaman hias yang menajdi favorit untuk di jadikan kado adalah kaktus, selain perawatan yang gampang kaktus juga mempunyai varian yang banyak. Harga satu pot tanaman hias ini cukup beragam mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 70.000 tergantung jenis apa yang kita pilih.

Eye clock

Sumber gambar www.bukalapak.com

Jam mungkin terdengar tidak spesial apabila di jadikan kado pernikahan, Tapi, apabila jam tersebut unik dan menarik pasti menghasilkan pendapat yang berbeda, contohnya jam Eye Clock. Eye Clock adalah sebuah jam yang mata kirinya menunjukkan "jam", sedangkan mata kanannya menunjukkan "menit". Jam ini menunjukkan waktu dengan cara yang fun, relax dan lucu. Harga dari jam unik ini berkisar dari Rp 90.000 – Rp 120.000-an, pas untuk mempelai yang senang dengan sesuatu yang beda dari biasanya. Bisa kamu dapatkan di Bukalapak.

Lemari kunci kayu

Sumber gambar indonesian.alibaba.com

Pasangan yang baru menikah pasti senang ketika ada orang yang memberikan furniture sebagai kado pernikahannya. Tapi kalau mendengar memberikan furniture sebagai kado pernikahan terkesan kemahalan, ya. Padahal tidak semua furnitur itu mahal loh.

Salah satu contohnya adalah lemari konci kayu. Pemberian ini pasti sangat bermanfaat bagi kedua memepelai.Mereka akan selalu ingat denganmu setiap ingin mengambil atau menaruh kuncinya. Harganya juga gak mahal kok, untuk yang bahan dasar kayu jati harganya Rp 130.000 , dan untuk lemari yang klasik harganya Rp 240.000. Kamu bisa mendapatkan pilihan lemari kunci kayu yang pas di situs-situs online seperti Alibaba, Tokopedia, dan sebagainya.

Walaupun harganya murah, ucapan tetap harus istimewa

Saat datang ke resepsi pernikahan, mengucapkan selamat dan salaman dengan kedua mempelai sudah menjadi hal yang sangat biasa. Kalau kamu merupakan sahabat atau salah satu bagian keluarga yang cukup dekat dengan mempelai, kenapa tidak mencoba mengucapkan dengan cara yang agak berbeda? Dengan memberikan kartu ucapan, misalnya.

Contoh ucapan-ucapan yang bisa ditulis:

  • Marriage is happiness times two, anger times two and frustrations times three. (The third comes in when her best friend is called). Happy wedding!
  • You’ve just got married, but I’m already looking forward to seeing your pretty kids. Congratulations, dear newly weds!
  • Make your home and family the safest place on Earth. Congratulations on your wedding!
From our editorial team

Meskipun irit, semuanya tetap bahagia.

Memberi kado pernikahan untuk teman memang tidak harus yang mahal-mahal. Sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya. Yang penting, pastikan kalau kamu ikhlas membelinya dan yang dibeli itu bukan hadiah yang dibeli tanpa banyak pikir. Di hari yang spesial bagi temanmu itu, pastikan hadiah yang kamu beri bisa menambah senyuman dan rasa senang dia. Be the best friend he/she has ever had!