10 Rekomendasi Buku ini Cocok untuk Kamu yang Menyukai Novel Islami Romantis

10 Rekomendasi Buku ini Cocok untuk Kamu yang Menyukai Novel Islami Romantis

Jika kamu menyukai novel dengan genre Islami ini, kamu harus menyimak artikel yang satu ini. BP Guide telah menyusun 10 rekomendasi novel Islami terbaik, khusus untuk kamu.

Kisah Islami Romantis, Genre Novel Favorit Kekinian

Kegiatan membaca bisa dibilang tak pernah sepi peminat, hal ini dibuktikan masih banyaknya penulis yang meluncurkan karya-karyanya dalam bentuk buku. Berbagai penerbit besar yang ada di Indonesia juga seakan tak pernah berhenti menerbitkan ratusan bahkan ribuan judul novel dengan cerita dan konflik yang menarik. Salah satu genre novel yang wajib kamu baca adalah genre romantis Islami.

Berkembangnya zaman membuat inovasi tersendiri bagi para penulis novel cinta Islami. Mereka beranggapan bahwa berdakwah tak hanya berbicara di belakang mimbar, melainkan juga dapat disebarkan dengan cara yang menarik. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, novel dengan genre romantis yang dibalut dengan unsur dakwah tentu sangat diminati di Indonesia.

10 Rekomendasi Novel Islami Romantis

Berbeda dengan kisah romantis lainnya, novel genre Islami romantis memberikan ketertarikan tersendiri bagi peminatnya. Lewat berbagai kisah para pemerannya, pembaca juga akan belajar lebih dalam tentang agama Islam. Apa kamu menyukai novel bergenre ini juga?

Apabila kamu termasuk seorang yang gemar membaca novel Islami romantis, berikut ini adalah rekomendasi 10 novel yang wajib kamu baca yang sudah BP-Guide rangkum khusus untuk kamu.

Ayat-Ayat Cinta - Habiburrahman El Shirazy

Sumber gambar goodreads.com

Mengisahkan seorang pemuda asal Indonesia yang menuntut ilmu di tanah Arab, Fahri, mengalami berbagai kejadian yang menguji keimanannya. Bertolak ke Mesir, Fahri menghabiskan waktunya untuk kuliah dan talaqqi atau belajar secara langsung pada Syaikh disana.

Alih-alih memperdalam ilmunya, Fahri malah harus menghadapi konflik yang muncul antara dirinya dengan Aisyah dan Maria. Tidak hanya berhenti di satu konflik saja, pribadi Fahri yang santun dan rajin membuatnya dicintai oleh empat wanita sekaligus, yaitu Maria, Noura, Nurul, dan Aisyah.

Ditulis oleh Habiburrahman EL Shirazy, alias Kang Abik, "Ayat-Ayat Cinta" menjadi novel dengan genre Islami romantis pertama yang wajib kamu baca. Review positif terhadap novel yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Kisah religi yang dibalut dengan cerita romansa diceritakan secara menarik dan mengalir, membuat pesan-pesan cerita dari "Ayat-Ayat Cinta" tersampaikan dengan baik.

Kamu bisa membeli novel inidi berbagai toko buku, seperti Gramedia dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 38.000.

Galaksi Kinanthi - Tasaro GK

Sumber gambar goodreads.com

Novel yang bercerita tentang seorang gadis kecil yang datang dari sebuah dusun di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta ini akan membawamu hanyut dalam tiap alurnya. "Galaksi Kinanthi", novel dengan ending plot twist ini wajib kamu baca.

Bermula dengan perjuangan seorang anak gadis yang dijual oleh orang tuanya demi lima puluh kilogram beras. Namun jauh sebelum dirinya dijual, dia sudah mendapatkan perlakuan tak layak dari warga dusun di tempat asalnya karena kemiskinan keluarganya.

Di masa-masa sulitnya dia hanya memiliki satu teman yang selalu ia kirimkan surat. Meskipun suratnya tak pernah dibalas, dia tetap mengirimnya untuk mengingat setiap kenangan yang ada di masa lalu.

Kekuatannya juga muncul karena kenangannya yang kuat terhadap seorang teman di masa lalunya, bahkan saat dia mengalami masa sulit sekali pun.

Mulai dari hidup sebagai pembantu di Bandung, menjadi TKW ke Riyadh, ditipu orang dan dibawa ke Kuwait, dan kemudian diboyong oleh majikan baru ke Miami, Florida, dan Amerika. Perjuangan luar biasa yang diceritakan dalam novel ini wajib kamu baca.

Taufik Saptoto Rohadi, atau yang memiliki nama pena Tasaro GK dan berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta ini sudah menghasilkan berbagai novel religi Islami yang cukup terkenal. Beberapa karya yang sudah ditulis oleh pria kelahiran 1 September 1980 ini, antara lain adalah "Muhammad SAW: Lelaki Penggenggam Hujan", "Galaksi Kinanthi", dan "Nibiru", dan "Kesatria Atlantis". Novel fiksi yang dilahirkannya merupakan hasil dari kebiasan kecilnya, yaitu menghayal.

Review tentang novel ini sangat positif. Permasalahan yang mungkin hampir dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan konfliknya tentang perekonomian yang sangat relevan, membuat novel ini mudah dicerna para pembacanya. Kasus perdagangan anak dan nasib TKW yang kerap kali dipertaruhkan menjadi cerita yang sangat menarik sekaligus menyentuh hati para pembacanya.

Kamu bisa memesan novel Galaksi Kinanthi secara online di situs maupun aplikasi belanja online milik Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

A Cup Of Tarapuccino - Riawani Elyta & Rika Y. Sari

Sumber gambar goodreads.com

Perasaan ragu seorang Tara menjelang pernikahannya dengan Raffi akan kamu temukan dalam konflik novel berjudul "A Cup Of Tarapuccino". Kenangan akan masa lalu Tara saat menjadi bagian dari Bread Time Bakery mengingatkannya pada Hazel. Kisah masa lalu pun dimulai dalam ingatannya saat melihat Hazel mengerjakan hal yang sama di bakery setiap pagi. Konflik berlanjut dengan sangat pelik ketika Hazel diterima bekerja di Bakery. Raffi terlihat tak terlalu menyenangi Hazel.

Tak berhenti sampai disitu, tokoh penting lain yang memegang kendali cerita ini, Diaz, memiliki masa lalu yang kelam. Dia pernah terlibat sindikat illegal trading. Cerita tentang Diaz terus mengalir hingga berbagai masalah dialami oleh Bread Time sejak Hazel bergabung.

Masalah-masalah yang menimpa Bread Time dilimpahkan Raffi pada Hazel melalui kecurigaan yang tak berdasar. Hal ini untuk menutupi perasaan Raffi pada Hazel yang tak ingin orang lain ketahui. Kelanjutan kisahnya bisa kamu simak secara lengkap dalam novel ini.

Apabila kamu adalah seorang pembaca yang menikmati alur lambat, terutama pada bagian awal, kamu akan menyukai novel karya Riawani Elyta dan Rika Y. Sari ini. Nilai inspiratif dan pesan moral dari novel ini dibungkus dalam konflik yang sangat menarik. "A Cup Of Tarapuccino" bisa kamu beli melalui situs online Buku Kita dengan harga Rp 31.200.

Yang Kedua - Riawani Elyta

Sumber gambar goodreads.com

Bergenre romantis, "Yang Kedua", novel karya Riawani Elyta menjadi rekomendasi selanjutnya. Diawali dengan cerita tokoh yang sangat rumit, yaitu pernikahan Vienna dan Harris selama lima tahun yang tak kunjung dikaruniai anak, mendapatkan takdir barunya. Vienna mendapatkan kesempatan emas untuk berduet dengan Dave, seorang penyanyi terkenal karena dia berhasil menjuarai festival menyanyi tingkat Asia.

Kamu akan membaca novel yang dipenuhi dengan kata-kata romantis yang mendayu. Hikmah dan pesan moral tentang cinta akan kamu dapatkan setelah membaca habis sebuah novel bertajuk "Yang Kedua" oleh Riawani Elyta. Pengetahuan baru tentang dunia bernyanyi dan entertainment juga akan kamu ketahui setelah membacanya. Yuk, beli novel karya Riawani Elyta ini di situs online Buku Kita dengan harga Rp 14.060.

Istana Kedua - Asma Nadia

Sumber gambar amiekusuma.wordpress.com

Kehidupan bahagia bak negeri dongeng yang dirasakan Arini runtuh seketika ketika mendengar seorang perempuan yang menyebut dirinya dengan gelar "Nyonya Prasetya". Sebelum kejadian itu terjadi kehidupan keluarganya sangat sempurna. Memiliki pekerjaan sebagai penulis, tiga malaikat titipan Allah, dan satu suami yang semasa bujangnya sangat menjaga mata dan hatinya.

Sisi lain cerita datang dari Meri Rose yang meragu atas keberadaan Tuhan setelah kisah tragisnya terjadi. Kehidupannya yang jauh seperti kehidupan Arini membuatnya memutuskan untuk menikah dengan seorang lelaki yang sudah berkeluarga. Pras menjadi laki-laki yang dihadapkan oleh sebuah kondisi yang membuatnya tak berkutik. Hampir di hidupnya tak pernah berpikir untuk melakukan poligami.

Datang dari seorang novelis dengan karya yang pernah laris, Asma Nadia kini menghadirkan kisah poligami yang dilihat dari 'kaca matanya'. Kisah yang dirangkai oleh tulisan lembut dengan poin yang menohok membuat novel ini sangat menarik. "Istana Kedua", karya Asma Nadia bisa kamu beli di situs online Buku Kita dengan harga Rp 24.650.

Eliana - Tere Liye

Sumber gambar bukalapak.com

"Eliana", novel karya Tere Liye adalah novel rekomendasi selanjutnya dari BP-Guide. Lahir sebagai anak sulung Mamak yang pemberani, membuat Eliana membentuk geng bernama 'emat buntal' bersama ketiga temannya.

Kekompakan dengan teman-temannya membuat hari Eliana penuh dengan kejadian suka dan duka. Kejadian menarik tentang perlawanan kerakusan di kampung kecil dengan sabuk sungai, dikelilingi hutan, dan dibentengi bukit-bukit hijau membuat persahabatan mereka sangat erat.

Eliana dibesarkan oleh Mamak dengan kedisiplinan tinggi, ketegasan, akhlak yang tak tercela, dan tanpa kompromi. Bapak yang selalu riang dan memberi teladan dari perbuatan, serta selalu bijak menyikapi masalah membuat Eliana tumbuh menjadi seorang anak yang luar biasa.

Rasa keingintahuan, proses belajar khas anak-anak, kepolosan, kenakalan, hingga keisengan akan kamu temukan dalam cerita petualangan hebat.

Tere Liye adalah seorang penulis novel laris di Indonesia yang lahir di Lahat pada tanggal 21 Mei 1979. Karya-karyanya pernah diangkat hingga ke layar kaca, mulai dari "Hafalan Shalat Delisa" dan "Moga Bunda Disayang Allah".

Keberhasilannya di dunia literasi Indonesia tak membuatnya bergelut di dunia tulis-menulis sepenuhnya. Kesehariannya dia bekerja sebagai seorang akuntan dengan hobi menulis yang mampu menginspirasi banyak orang.

"Eliana" karya Tere Liye bisa kamu pesan secara online melalui situs maupun aplikasi belanja online Tokopedia dengan harga Rp 48.000.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck - Buya Hamka

Sumber gambar goodreads.com

Meski sudah pernah diangkat ke layar lebar, tak membuat novel "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" karya Buya Hamka ini bisa kamu lewatkan. Mengisahkan tentang semangat Zainuddin, seorang pemuda miskin yang mencintai Hayati. Keteguhan dan perjuangannya membangun kehidupan setelah ditolak oleh keluarga Hayati membuat Zainuddin bekerja keras dan menjadi seorang penulis yang sangat sukses.

Mendengar kisah sedih Hayati yang diperistri oleh pemuda yang gemar foya-foya membuat Zainuddin tetap mencintai Hayati dengan cara yang lain. Cinta suci Zainuddin yang terus membantu Hayati saat keluarganya dalam masa-masa sulit terus mekar di dalam hati mereka berdua hingga ajal menjemputnya.

Abdul Malik bin Karim Amrullah atau yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka, merupakan seorang penulis yang mampu mengirimkan salah satu karya sastra yang menggegar dunia Nusantara. Lahir di Maninjau, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908 membuatnya sangat fasih ketika menceritakan sebuah kisah percintaan khas Melayu lawas seperti karyanya ini.

Bukan sebuah novel yang membicarakan soal keindahan saja, "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijc"k menjadi sebuah novel yang menyentil hampir tiap pribadi. Kritik sosial terhadap hal yang dianggap tak ideal dan tak mutlak diikuti menjadi suatu pesan moral yang ingin disampaikan dalam novel ini.

Ketidakadilan, pendobrakan terhadap pola pikir yang kolot, serta ajakan perubahan ke arah yang lebih baik menjadikan novel karya Buya Hamka ini sangat layak kamu baca.

Kamu bisa memiliki novel ini dengan membelinya di situs online Stasiun Buku seharga Rp 55.250.

29 Juz Harga Wanita-Ma’mun Affany

Sumber gambar goodreads.com

Novel berjudul "29 Juz Harga Wanita" mengisahkan dua orang tokoh, yaitu Toni dan Naela. Mencintai Naela seutuhnya membuat Toni benar-benar mendamba bahkan terus mencarinya. Usaha dan konflik perjuangan Toni untuk mengetuk hati Naela yang semakin dikejar semakin menjauh sangat menarik untuk disimak.

Sosok Naela adalah seorang wanita yang tahu kapan diam, bersembunyi, dan tak segan untuk pergi. Tak terhitung berapa kali Toni mendekati, mengorbankan, dan mengungkapkan rasa cintanya pada Naela.

Figur Naela yang akan mengingatkan kamu pada kesabaran para istri Rasul akan membuat hatimu kagum saat menyelami isinya. Penggambaran pasangan yang sempurna antara Toni yang mendamba kehidupan bersama wanita solehah yang dicintainya.

Nasehat halus yang dibalut dengan diksi penuh cinta yang sarat dengan pemujaan akan kamu temukan dalam novel yang satu ini.

"29 Juz Harga Wanita" bisa kamu beli di situs online Yes24 dengan harga Rp 48.000.

Diorama Sepasang Albanna-Ari Nur Utami

Hengkang dari kantor lamanya karena masalah idealisme, Maharani yang seorang arsitek kini mengadu nasibnya di Biro Arsitek Ken Petra. Keinginan dan idealismenya tentang seorang arsitek yang harus membangun kehidupan bukan merusaknya.

Dipertemukan dalam biro arsitek yang sama, Rani yang sedang memulai karirnya sebagai drafter bersama tim 9 harus rela 'disiksa' oleh bosnya, Ryan. Meskipun memiliki latar belakang yang jauh berbeda, namun dalam urusan dakwah Rani dan Ryan memiliki pemahaman yang sama sehingga membuat Ryan jatuh hati padanya.

Novel yang menceritakan perjalanan kedua tokoh yang bergesekan dengan dunia arsitektur ini mengusung tema yang tak biasa. Konflik cerita yang dibalut dengan dunia arsitektur sangat menarik untuk dinikmati. Bercerita tentang konsep perumahan islam, filosofi bangunan, bahkan konsep rapido yang diibaratkan sebagai senjata arsitektur demi 'kehidupan' akan kamu ketahui setelah membaca novel ini.

Ditulis oleh seorang penulis bernama Ari Nur Utami pada tahun 2003, "Diorama Sepasang Albanna" lahir sebagai novel cinta yang sarat dengan nilai Islami. Sang penulis lahir di Kebumen pada 13 April 1980.

Kisah cinta ala Cinderella di dunia modern ditambah dengan idealisme dakwah membuat "Diorama Sepasang Albanna" menjadi salah satu novel yang wajib kamu baca. Novel ini bisa kamu pesan secara online melalui situs atau aplikasi belanja online seperti Tokopedia dengan harga Rp 45.000.

Tuhan Maha Romantis- Azhar Nurun Ala

Sumber gambar bukalapak.com

Kisah romantis dari pasangan Rijal dan Annisa Larasaty di novel yang berjudul "Tuhan Maha Romantis" sangat cocok untuk para remaja. Menceritakan seorang tokoh bernama Rijal yang tumbuh dalam keluarga taat agama dan mencintai kakak angkatnya, Annisa Larasaty. Kedekatan dan keakraban keduanya terjadi karena kecintaan yang sama terhadap puisi.

Menjadi inspirasinya sejak lama, Rijal membuat sebuah rencana untuk Annisa. Sayangnya konflik datang pada kehidupan mereka berdua. Annisa terpaksa harus pergi ke Selandia Baru karena sesuatu menimpanya. Konflik batin yang dialami Rijal dan Annisa terjadi saat mereka kembali bertemu. Rijal yang akan menikahi seorang perempuan bernama Aira harus membuat keputusan tentang perasaannya untuk Annisa.

Diksi yang indah dengan selipan puisi yang menghangatkan hati akan kamu temukan saat membaca novel ini. Konflik sederhana tentang cinta, keluarga, dan persahabatan mewarnai alur cerita. Pesan-pesan indah soal menata hati saat dilanda cinta dan rindu akan membuatmu sadar betapa menarik kisah cinta antara Annisa dan Rijal.

Tak hanya itu saja, tokoh pendukung seperti Tasya, sahabat Annisa, akan mengajarimu tentang kesetiaan dalam persahabatan. Sedangkan tokoh Bapak yang memberi nasehat dan petuah yang menghangatkan hati pasti akan membuatmu merasa teduh.

"Tuhan Maha Romantis", novel bernuansa cinta ini bisa kamu pesan secara online melalui situs atau aplikasi belanja online Buka Lapak dengan harga Rp 59.000.

Pesan Menarik dari Novel Bergenre Islami Romantis

Seperti juga novel pada umumnya, novel Islami romantis memberikan pesan moral pada para pembacanya. Permasalahan setiap tokoh dalam novel Islami dibuat berdasarkan kasus yang sering ditemui, namun penyelesaian kasus menyesuaikan dengan syariat agama. Tetapi jangan salah, kisah asmara dalam agama Islam juga bisa sangat romantis. Berikut pesan moral yang dapat kita ambil dalam setiap novel bergenre Islami romantis.

Belajar Tentang Keberagaman

Keberagaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia kerap kali diangkat sebagai masalah utama dalam novel bergenre Islami romantis. Mulai dari keberagaman budaya, perspektif dan pola pikir masyarakat dalam memandang suatu permasalahan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan suatu negara dengan ratusan bahkan ribuan perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Kondisi geografis yang bervariasi mempengaruhi pola kehidupan suatu masyarakat yang ada di dalamnya.

Hal ini membuat beberapa penulis mengangkat cerita romantis islami yang ada di masyarakat atau membuat cerita dengan mengambil beberapa fakta yang ada di Indonesia.

Dengan hadirnya kisah cinta dalam novel romantis Islami tentu akan membuat pembaca semakin terbuka akan perbedaan yang ada di Indonesia. Pembaca juga akan menyadari bahwa perbedaan bukanlah alasan untuk memulai peperangan atau perselisihan, melainkan menjadi hal yang seharusnya dijaga.

Menjalin Hubungan Cinta Seagama

Bagi para muda-mudi, hubungan asmara yang romantis bisa jadi menjadi sesuatu yang benar-benar didambakan. Hal-hal sederhana dari saling mencintai akan pembaca dapatkan setelah membaca novel dengan genre romantisme Islami. Hubungan yang harmonis memang tak mudah untuk didapatkan, tetap saja harus melalui berbagai rintangan dan konflik di dalamnya.

Dengan novel nuansa cinta dan pesan moral yang akan didapatkan tentu akan membuat pembaca semakin sadar bahwa cinta terhadap pasangan seiman adalah kisah cinta yang paling romantis.

Jodoh dan Rezeki Sudah Diatur oleh Allah

Romantisme Islami adalah genre cerita yang biasanya mengandung pesan bahwasanya jodoh dan rezeki sudah diatur oleh Allah. Seperti dalam hadist maupun Al-Qur'an, jodoh bukanlah indikasi takdir yang dimiliki oleh setiap manusia, sedikit berbeda dengan rezeki dan ajal.

Dalam suatu hadist menerangkan bahwa ajal dan rezeki memang telah ditetapkan oleh Allah dan hanya Allah yang tahu. Setiap orang sudah memiliki rezekinya masing-masing, begitu juga dengan amalnya di dunia ini, apakah baik atau buruk.

Allah juga sudah menuliskan tentang orang-orang yang nantinya menjadi ahli surga atau pun penghuni neraka. Novel dengan genre cinta Islami akan membeberkan pemahaman tentang bagaimana jodoh dan rezeki yang sudah diatur oleh Allah sedemikian rupa.

Islam Adalah Agama Damai

Di dalam fitrahnya, Islam merupakan agama yang membawakan keadilan, kedamaian, dan rahmat bagi semesta alam. Namun sayangnya citra ini kerap dirusak oleh orang-orang yang membenci Islam.

Islam merupakan agama yang penuh damai, hal ini ditandai dalam sejarah Rasulullah yang tak selalu melakukan perang jika itu bukanlah satu-satunya jalan dan media untuk menyebarkan Islam. Kedamaian dan keadilan merupakan dua hal yang benar-benar dijunjung oleh Nabi Muhammad agar manusia menjadi makhluk yang baik di dunia.

Semua agama di dunia menyeru kedamaian, begitu pula dengan Islam. Islam adalah agama yang cinta damai. Islam sangat mengutuk segala bentuk kekerasan yang bisa mengancam keselamatan umat. Allah berfirman, “Dan tidak lah Kami mengutus kamu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiyaa’: 107).

Berbagai novel Islami juga menggambarkan tentang bagaimana damainya Islam sehingga bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Islam adalah agama yang sangat damai dan jauh dari kekerasan.

From our editorial team

Pentingnya Membaca

Di tengah permasalah dunia saat ini, sangat penting untuk terus membuka pikiran dan memperbarui pengetahuan. Tak hanya dengan membaca berita yang valid, membaca novel juga tentu dapat menambah pengetahuan pembacanya.