Ini Dia 10+ Rekomendasi Perlengkapan Petugas Security yang Wajib Dimiliki Saat Bertugas

Ini Dia 10+ Rekomendasi Perlengkapan Petugas Security yang Wajib Dimiliki Saat Bertugas

Sumber gambar ansechr.com

Petugas keamanan alis security mungkin sudah tidak asing lagi. Petugas ini mudah ditemui di lingkungan kita mulai dari kompleks perumahan sampai pusat perbelanjaan. Tugas dari security adalah mengamankan dan memberi rasa nyaman pada warga sipil yang ada di sekitarnya. Untuk menunjang pekerjaannya, sebaiknya petugas keamanan dilengkapi dengan perlengkapan seperti dalam daftar berikut ini.

Keberadaan Security Sangat Diperlukan dalam Banyak Hal Saat Ini

Sumber gambar pontianak.tribunnews.com

Ingat kata security, mungkin Anda akan terbayang satpam yang angker atau lelaki tegap bersafari biru yang akan menyapa Anda tiap kali masuk kompleks perkantoran atau kompleks industri. Walau begitu, saat ini kesadaran terhadap security tampak semakin terbangun di benak setiap orang. Mungkin karena situasi atau keadaan menuntut orang semakin waspada. Proses pengamanan pun bisa berlapis-lapis.

Satpam atau tenaga security sejenis mungkin adalah lapis pertama, lapis kedua mungkin akan ada CCTV center, dan lain sebagainya. Singkatnya, security sangat diperlukan dalam banyak hal saat ini.

Tipe Memilih Jasa Security yang Aman dan Tepercaya

Pilihlah Perusahaan yang Punya Rekam Jejak Bagus

Seperti mencari pekerja yang andal, mencari jasa security yang aman dan terpercaya adalah dengan melihat portofolionya. Kasarannya, dengan melihat ‘CV’ dari jasa security yang Anda incar. Dari sini Anda bisa mendapat gambaran tentang lokasi kantornya, nomor kontaknya, jumlah karyawan, hingga klien-klien yang pernah menggunakan jasanya.

Untuk permulaan, Anda bisa browsing internet. Setiap jasa security yang bagus saat ini pasti telah memiliki web resminya. Dengan nama situs berbuntut ‘.co.id.’ (berarti dari beroperasi di Indonesia), bukannya buntut ‘blogspot’ atau lainnya, yang tampak tidak profesional. Anda juga harus pastikan bahwa perusahaan tersebut juga harus telah legal dan memiliki izin resmi dari pemerintah.

Pilihlah Perusahaan yang juga Menawarkan Pelatihan Keamanan

Sumber gambar 123rf.com

Tips yang mungkin paling gampang dalam memilih jasa security yang aman & terpercaya adalah dengan melihat apakah jasa security yang ingin Anda sewa juga sekaligus memiliki pusat pelatihan satpam.

Alasannya simpel, jika sebuah perusahaan jasa security juga menyediakan pelatihan satpam, kemungkinan besar perusahaan itu juga sangat paham untuk mencetak satpam-satpam terbaik. Perusahaan ini tentunya punya kriteria/standar tersendiri untuk menyaring tenaga yang bisa masuk ke dalam pelatihannya.

Perusahaan ini tentu juga ingin tenaga terbaik yang bisa ditawarkan pada ke pelanggannya, demi menjaga reputasi namanya.

Baca Testimoni Pengguna Layanan Jasa Keamanan dari Perusahaan Tersebut

Terakhir, sebelum Anda menyewa jasa security, coba Anda cari tahu testimoni dari pengguna jasa tersebut. Ada bisa mendapatkan testimoni ini mungkin dari kenalan yang pernah menggunakan jasa perusahaan itu.

Anda juga bisa browsing internet untuk mengetahui berbagai kesaksian tentang reputasi jasa keamanan yang Anda incar itu. Jika setiap kesaksian atau testimoni itu tampak positif, Anda bisa menyewanya segera.

Daftar 10 Perlengkapan Security yang Wajib Dimiliki

Seragam dan Kelengkapan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kelengkapan security yang penting adalah seragam. Bagi yang sedang mencarinya, Paket Seragam Security Siap kerja dari Tokopedia ini bisa menjadi pilihan. Anda akan mendapatkan seragam safari lengan pendek/panjang plus sepatu PDH mengkilat. Ukuran yang tersedia dari ukuran M hingga XXL. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 245.000.

Handy Talkie

Sumber gambar www.tokopedia.com

Handy talkie (HT) juga merupakan perlengkapan security yang penting. Untuk itu, Anda juga perlu mendapatkan dari yang berkualitas terbaik, seperti HT Walkie Talkie Handy Talkie Baofeng UV-5R. HT Baofeng versi terbaru ini telah memiliki beberapa pembaharuan, seperti peningkatan kapasitas baterai menjadi 2800mAH (dari 1800mAH).

HT ini juga bisa untuk berkomunikasi dengan brand HT lain seperti Uniden, Motorolla, atau lainnya. Ada garansi ganti unit selama 1 bulan pakai. Sementara garansi service-nya hingga 2 tahun. Pilihan warnanya banyak yaitu hijau, biru, merah, hitam, dan kuning. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 335.000.

Kopel Rim untuk Security / Satpam

Sumber gambar www.bukalapak.com

Perlengkapan security selanjutnya yang juga penting adalah kopel rim. Anda bisa memilih produk Kopel-Kopel Lengkap-Kopel Polisi Hitam-Kopel Set Polisi. Dalam set ini Anda mendapatkan kopel rim dari bahan berkualitas, kulit mengilat.

Selain itu, kopel rim ini juga dilengkapi dengan sarung pentungan (ukuran 95cm-125cm), sarung borgol, serta sarung senjata. Warna keseluruhan hitam. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 110.000.

Drahrim

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sebagai pasangan kopel rim adalah drahrim. Drahrim adalah sabuk yang digunakan melingkar bahu, setelah dikaitkan pada kopel PDL. Digunakan untuk menaruh item-item yang sering digunakan oleh security. Drahrim juga digunakan sebagai pengait kopel agar tidak bergeser tempatnya.

Anda bisa mendapatkan Drahrim/Draagriem H di Tokopedia. Drahrim ini terbuat dari bahan dinier yang tangguh. Kualitas finishing-nya sangat rapi dan kuat. Harga dari produk ini adalah Rp 40.000.

Pentungan

Sumber gambar www.bukalapak.com

Perlengkapan penting satpam yang tak boleh dilupakan adalah pentungan. Pentungan reguler bisa Anda dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 24.000. Jika Anda ingin mendapatkan pentungan spesial, coba saja Senter LED CREE Q5 Tongkat Pentungan Polisi Security Zoom Flashlight.

Pentungan ini bisa Anda fungsikan sebagai senter. Senter ini memakai LED dan memiliki kecerahan hingga 1800 lumens. Dalam satu paket, Anda mendapatkan Cone untuk baterai 18650. Anda juga mendapatkan Adapter Converter bagi battery AAA x 3 pcs. Gantungan pentungan juga termasuk dalam paket ini. Anda bisa mendapatkan pentungan ini di Tokopedia dengan harga Rp 185.840.

Topi

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk berjaga di bawah terik matahari, seorang petugas security perlu mengenakan topi. Anda bisa memilih Topi Jaring Security/Satpam. Topi jaring ini dibuat dari bahan berkualitas, dilengkapi dengan simbol wing security (bordir) dan tulisannya. Ada versi bordir warna putih dan kuning. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 33.500.

Sepatu

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sepatu tentu saja vital bagi seorang petugas security. Untuk itu, Anda bisa memilih Sepatu PDL Kobra | PDL Kuit | TNI, POLRI, SECURITY. Sepatu ini memang standar tenaga pengamanan. Sepatu ini dibuat dari kulit halus yang kuat. Bahannya lentur dan antiminyak.

Kualitas finishing-nya membuat sepatu ini tangguh di setiap kondisi lapangan. Bukan hanya untuk security, sepatu ini juga cocok untuk Hansip, Linmas, Banser, POLRI, atau TNI. Ukuran yang tersedia antara 39-46. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 155.000.

Kaus Kaki

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pasangan setia sepatu adalah kaus kaki. Pilih kaus kaki yang nyaman dan tidak panas seperti Kaos Kaki Knee High Unisex Anti Lelah. Kaus kaki ini didesain nyaman dengan bahan tebal, memiliki panjang hingga hampir lutut. Anda bisa membeli kaos kaki security ini di Tokopedia dengan harga Rp 80.000 (1pak).

Peluit

Sumber gambar www.lazada.co.id

Selain pentungan, borgol, nyali, dan wisdom, seorang security perlu memiliki satu lagi item di arsenalnya, yaitu peluit. Peluit penting digunakan untuk memberi tanda peringatan secara audio.

Sejak dipergunakan pertama kali oleh kepolisian Inggris pada 1829, peluit telah menjadi satu bagian dari pihak-pihak yang bergerak di bidang pengamanan. Untuk peluit keren dan elegan, Anda bisa mendapatkan Peluit Security Satpam di Lazada dengan harga Rp 7.344.

Borgol

Sumber gambar www.bukalapak.com

Security memerlukan borgol untuk mengamankan pihak-pihak yang ingin melanggar hukum. Untuk itu, borgol yang kuat sangat diperlukan. Anda bisa mendapatkan Borgol Security dari Bukalapak. Produk ini berbobot 1 kilogram dan terbuat dari bahan besi kuat.

Selain untuk memborgol tangan penjahat, Anda bisa pula menggunakannya untuk mengamankan setir mobil, sepeda, motor, atau gerbang rumah Anda. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 50.000.

From our editorial team

Pastikan Petugas Security Memahami Perlengkapan yang Dibawa

Alasan training dibutuhkan oleh petugas security adalah sebagai bentuk latihan agar petugas memahami tanggung jawab mereka. Selain itu, training juga bisa membantu petugas mengenali dan tahu cara pemakaian perlengkapan yang mereka bawa sehari-hari. Beberapa negara atau perusahaan memberikan perlengkapan tambahan misalnya saja senjata listrik yang harus dipahami secara baik penggunaannya agar bisa dipakai tepat guna. Lewat pemahaman yang baik terhadap perlengkapan pribadi security, diharapkan para petugas bisa bekerja lebih maksimal.