12+ Peralatan Umroh Ini Sebaiknya Tidak Anda Lupakan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

12+ Peralatan Umroh Ini Sebaiknya Tidak Anda Lupakan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sumber gambar suplemenhajiumroh.id

Ibadah umroh adalah perjalanan spiritual yang dinanti-nanti seperti ibadah haji. Mengingat lokasi yang tidak dekat serta kegiatan ibadah yang padat, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Buatlah daftar supaya tidak ada barang atau hal penting lain yang tertinggal. Untuk membantu Anda, kami sudah menyiapkan beberapa daftar peralatan umroh yang sebaiknya dibawa berikut ini.

Umrah Jadi Perjalanan Spiritual bagi Seseorang dan Membutuhkan Kesiapan yang Matang dan Ekstra

Sumber gambar caramudahkebaitullah.com

Ibadah haji di dalam Islam merupakan bagian dari rukun Islam yang ditunaikan ketika seseorang mampu melaksanakan. Ibadah ini dilakukan di Mekkah, Arab Saudi, dalam kurun waktu tertentu dan diikuti oleh kaum muslim dari berbagai penjuru dunia. Tidak heran jika kuota peserta ibadah haji serta waktu tunggu bisa mencapai rentang belasan sampai puluhan tahun.

Bagi mereka yang sudah rindu dengan tanah suci, tentu saja penantian ini dapat membuahkan berbagai macam perasaan yang emosional. Oleh sebab itu, sebagian orang memutuskan untuk melaksanakan ibadah umroh atau juga biasa disebut dengan haji kecil.

Meski demikian, persiapan umroh tidak jauh berbeda dengan ibadah haji. Selain tata cara ibadah yang baik dan benar sesuai syariat, mereka yang akan melaksanakan ibadah umroh juga harus mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental. Perubahan cuaca hingga kondisi psikologis calon jamaah, harus jadi pertimbangan agar pelaksanaan umroh dapat maksimal.

Selain itu, memilih agen terpercaya dan mengurus dokumen penting yang diperlukan juga patut dicermati. Jangan sampai niat baik ibadah umroh terhambat karena kurangnya riset soal agen dan mengabaikan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam persiapan perjalanan spiritual satu ini.

Tips Mempersiapkan Keberangkatan Umroh

Sumber gambar salessolveeverything.com

Anda berniat umroh di tahun ini? Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Simak tips berikut untuk membantu perjalanan Anda.

Ikhlaskan Hati

Sumber gambar dakwatuna.com

Perjalanan yang bertujuan untuk ibadah tentu memiliki makna dan persiapan yang berbeda. Jika Anda berniat untuk melaksanakan umroh, Anda sebaiknya memantapkan hati dan berniat tulus untuk menjadikan ibadah ini sebagai bentuk ketaatan pada Sang Pencipta.

Hindari niat-niat kurang baik dan cermati tingkah laku selama berada di tanah suci. Perbanyaklah mengucap kalimat-kalimat dzikir dan perkataan yang baik serta laksanakan ibadah dengan keikhlasan.

Pilih Travel Agent yang Tepercaya

Sumber gambar emaantravelagency.com

Beberapa waktu lalu bahkan hingga saat ini, mungkin Anda sempat dikejutkan dengan pemberitaan travel agent yang tidak memberangkatkan sejumlah calon jamaah umroh sehingga masuk dalam kasus penipuan. Tentu saja, hal ini sangat disayangkan mengingat agen perjalanan tersebut telah membuat kecewa calon jamaah yang sudah rindu dengan tanah suci.

Berangkat dari pengalaman tersebut, Anda sebaiknya cermat dan teliti saat memilih agen perjalanan ibadah ke tanah suci. Anda bisa melakukan riset mulai dari harga paket perjalanan yang ditawarkan, testimoni hingga legalitas agen perjalanan tersebut. Anda juga dapat bertanya pada sanak saudara atau teman yang telah berangkat haji atau umroh untuk mendapat referensi agen perjalanan.

Persiapkan Perbekalan

Sumber gambar sacredfootsteps.org

Jangan mempersiapkan segala sesuatu secara mendadak terlebih saat Anda akan berangkat ke tanah suci untuk beribadah. Tak hanya mental, Anda juga perlu melakukan persiapan meliputi pakaian karena saat beribadah, tentu saja Anda harus berpenampilan sesuai syariat.

Mulailah dengan mengepak busana berbahan nyaman, baju ihram, mukena, kaus kaki, serta kaus tangan. Anda bisa membawa baju-baju berbahan ringan tapi tidak menerawang dalam warna-warna gelap atau netral agar tidak cepat kotor. Bawa juga buku panduan doa-doa serta dzikir yang dianjurkan selama ibadah umroh.

Persiapkan Fisik

Arab Saudi dan Indonesia memiliki perbedaan iklim yang cukup signifikan. Jika Anda terbiasa dengan cuaca yang stabil di Indonesia, maka ketika berada di Mekkah, tubuh Anda akan membutuhkan penyesuaian. Belum lagi ditambah jetlag selama menempuh perjalanan, maka pastikan Anda dalam kondisi sehat dan fit saat berangkat untuk melaksanakan ibadah umroh.

Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda juga dianjurkan makan makanan bernutrisi dan vitamin. Bawalah obat-obatan yang sekiranya diperlukan, suplemen tambahan sesuai anjuran dokter dan pastikan Anda cukup mendapat istirahat selama beribadah.

Daftar 12 Peralatan Umroh yang Harus Dibawa

Supaya tidak ada yang tertinggal atau terlewat, Anda bisa membuat daftar peralatan umroh yang harus dibawa. Buat list dengan rincian yang rapi dan cek kembali sebelum Anda berangkat. berikut daftar peralatan umroh yang harus Anda bawa.

Busana

Sumber gambar sayidaty.net

Pakaian ihram wajib dibawa oleh kaum pria yang berangkat ke tanah suci. Sementara bagi wanita, bawalah gamis yang menutup aurat dan tidak menerawang. Untuk jangka waktu selama kira-kira 9 hari pelaksanaan ibadah, Anda bisa membawa sekitar dua hingga tiga pasang pakaian. Pilihlah busana berbahan nyaman dan menyerap keringat. Anda juga bisa memilih pakaian dari bahan ringan yang tidak mudah kusut.

Jangan lupa untuk menyesuaikan busana dengan cuaca yang sedang berlangsung di Arab Saudi. Untuk berjaga-jaga akan perubahan suhu yang ekstrem, Anda bisa membawa outerwear seperti jaket atau kardigan. Bila Anda kurang nyaman membawa pakaian dalam kotor selama perjalanan, Anda bisa membeli pakaian dalam sekali pakai yang tersedia di toko.

Dokumen yang Diperlukan

Sumber gambar pikniek.com

Layaknya perjalanan keluar negeri lainnya, Anda juga harus mempersiapkan dokumen penting yang sekiranya diperlukan selama perjalanan. Mulai dari paspor hingga akta lahir anak, sebaiknya dokumen-dokumen tersebut disetorkan pada badan terkait sekurang-kurangnya satu bulan sebelum waktu keberangkatan.

Selain paspor, Anda juga dianjurkan membawa kartu vaksinansi yang menjelaskan kesehatan Anda. Jika Anda sudah menikah dan umroh bersama pasangan, Anda juga sebaiknya membawa buku nikah, atau kartu mahram jika bepergian bersama anggota keluarga lainnya. Simpan dalam tas terpisah supaya Anda tidak repot mencari apalagi sampai membongkar-bongkar tas lainnya.

Persiapan Minum dan Makan

Sumber gambar indiamart.com

Perubahan suhu yang ekstrem dan iklim gersang di tanah suci mungkin membuat Anda mudah dehidrasi. Oleh sebab itu, pastikan Anda minum dalam jumlah yang cukup untuk terus merehidrasi tubuh. Bawalah botol minum sendiri agar lebih hemat dan jika Anda termasuk picky dalam makanan, Anda bisa membawa beberapa jenis makanan kesukaan dari Tanah Air.

Bawalah makanan yang tahan lama seperti makanan kering atau jika Anda ingin membawa makanan basah, pastikan Anda bisa memanaskannya saat berada di hotel atau penginapan.

Perlengkapan Panduan Doa

Sumber gambar alislam.org

Ada beberapa tempat yang dikatakan mustajab atau mudah dikabulkan untuk berdoa. Tempat-tempat ini mengandung sejarah dan makna yang dalam di perkembangan Islam. Selain mendalami kisah tempat tersebut, tidak ada salahnya jika Anda memanjatkan doa.

Terlebih di tanah suci adalah tempat dan umroh juga menjadi salah satu waktu yang tepat untuk berdoa secara maksimal. Bawalah buku panduan doa yang sesuai dengan syariat untuk digunakan ketika Anda mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Uang Riyal

Sumber gambar eng-archive.aawsat.com

Meski Anda sudah membawa kartu alat pembayaran, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan uang riyal. Uang kes bisa Anda manfaatkan ketika membeli sejumlah buah tangan atau ketika berkunjung ke tempat-tempat lain saat membeli minuman atau makanan.

Selain menukar di money changer Indonesia, Anda juga bisa menukar uang ketika berada di tanah suci. Menurut informasi, ada selisih lebih murah saat menukar uang ketika berada di Mekkah atau Madinah. Anda sebaiknya juga menghindari penukaran di embarkasi yang lebih mahal.

Perlengkapan Tidur

Sumber gambar bajugamismu.com

Ada beberapa opsi saat Anda akan tidur di Mekkah ketika melaksanakan ibadah umroh. Selain di hotel, terkadang ada pula jamaah yang tidur di tenda. Bagi wanita, tentu perlu mengenakan pakaian tidur yang menutup aurat serta tidak mudah tersingkap. Anda bisa membawa busana tidur seperti gamis atau daster dengan bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat.

Jika khawatir tersingkap, gunakan celana panjang katun atau sejenisnya sebagai dalaman. Jangan lupa untuk mengenakan kaus kaki dan bawalah kain ekstra sebagai selimut untuk menghalau cuaca dingin.

Obat-obatan

Sumber gambar thehealthsite.com

Jetlag dan perubahan iklim terkadang juga bisa memengaruhi kesehatan Anda. Agar terhindar dari sakit dan tetap fit selama beribadah, Anda sebaiknya membawa obat-obatan terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit khusus dan obat yang diminum termasuk jarang di pasaran.

Tentu saja, obat yang dianjurkan adalah obat sesuai dengan resep dokter dan Anda bisa melengkapinya dengan vitamin atau suplemen untuk membantu menjaga stamina selama berada di tanah suci.

Alat Mandi

Sumber gambar debbiepagewood.com

Sebagian besar paket umroh dan hotel telah memfasilitasi jamaah dengan peralatan mandi tapi tidak ada salahnya jika Anda membawa perlengkapan pribadi. Anda bisa membawa alat mandi yang biasa digunakan dan singkirkan dulu minyak wangi selama melakukan ibadah karena parfum dilarang saat ihram.

Anda juga bisa membawa krim atau losion tanpa parfum untuk mencegah kulit dari dehidrasi yang menyebabkan kering serta pecah-pecah.

Alas Kaki yang Nyaman

Sumber gambar rowoo.com

Saat berada di tanah suci, akan ada tempat-tempat yang mengharuskan Anda melepas alas kaki. Beberapa kegiatan juga memungkinkan Anda berjalan kaki cukup jauh sehingga Anda perlu membawa alas kaki yang nyaman saat dikenakan.

Hindari alas kaki berbahan keras yang bisa menyakiti kulit dan telapak kaki. Pilihlah sepatu atau sandal dengan alas yang nyaman serta mudah dibersihkan. Anda bisa memilih alas kaki berbahan karet yang cenderung awet supaya tidak mudah rusak ketika dipakai beraktivitas.

Peralatan Ibadah

Sumber gambar goshop.com.my

Sebagian gamis bisa digunakan untuk sholat dan kaum lelaki juga harus mengenakan pakaian ihram saat beribadah. Bagi wanita, bisa menambahkan mukena yang nyaman dikenakan saat berada di hotel atau penginapan. Anda juga bisa membawa sajadah atau alas untuk sholat yang dapat digunakan di area terbuka.

Perlengkapan Komunikasi dan Internet

Sumber gambar cruiseable.com

Saat berada di tanah suci, tentu keluarga di Tanah Air ingin mengetahui kabar Anda selama beribadah. Anda bisa menggunakan telepon genggam untuk saling berkirim kabar dengan keluarga dan memakai internet saat diperlukan. Biasanya, para jamaah bisa membeli kartu lokal di bandar udara atau bisa juga memilih provider yang menawarkan tarif internasional dalam harga terjangkau.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ponsel Anda harus dimatikan ketika berada di tempat-tempat tertentu seperti masjid. Hindari pula melakukan swafoto karena tidak semua tempat bisa Anda jadikan ajang foto-foto. Jangan sampai kegiatan pribadi Anda dengan ponsel justru mengganggu ibadah jamaah lainnya.

Perlengkapan Mencuci

Sumber gambar amazon.co.uk

Sebagian besar hotel menyediakan layanan laundry atau binatu yang bisa dimanfaatkan saat pakaian Anda kotor. Namun, harga layanan yang dibanderol relatif tinggi dan jika Anda ingin berhemat, tentu bisa mencuci sendiri baju kotor Anda.

Bawalah deterjen dalam kemasan mini yang mudah dibawa serta hanger yang ringan berbahan kawat atau plastik agar Anda bisa mencuci di hotel. Siasati jumlah pakaian kotor dengan membawa disposable panties supaya Anda tidak pusing mencuci pakaian dalam kotor.

From our editorial team

Ingat, Tidak Semua Tempat di Tanah Suci Cocok untuk Swafoto

Ingatlah bahwa kepergian Anda ke Arab Saudi adalah untuk beribadah. Segirang apa pun Anda, cobalah untuk bersikap bijak selama berada di Mekkah atau Madinah. Jangan sampai Anda mengganggu kesucian tempat-tempat ibadah atau bahkan kegiatan ibadah itu sendiri dengan sembarang berswafoto alias selfie. Perjalanan Anda ke Tanah Suci bukan liburan biasa dan oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda fokus beribadah, bukan berfoto-foto ria di semua tempat secara sembarangan.

Tag