Ini Dia 9 Item Fashion Wanita Gemuk Wajib Punya untuk Muslimah Berhijab yang Tetap Ingin Tampil Cantik

Ini Dia 9 Item Fashion Wanita Gemuk Wajib Punya untuk Muslimah Berhijab yang Tetap Ingin Tampil Cantik

Mengenakan hijab adalah salah satu kewajiban muslimah. Meski bertubuh gemuk, kamu tetap bisa lho tampil cantik dengan mengenakan busana berhijab. Mau tahu tips dan rekomendasinya? Simak ulasan BP-Guide berikut ini supaya kamu tak ragu lagi mengenakan busana hijab yang oke!

Tetap Cantik Memakai Hijab dengan Tipe Tubuh yang Kamu Miliki

Sumber gambar www.tampilcantik.com

Setiap wanita muslimah diwajibkan mengenakan jilbab dan pakaian yang menutup aurat. Muslimah berhijab yang saat ini dikenal dengan istilah hijaber dapat tampil fashionable mengenakan hijab.

Poin yang perlu diperhatikan saat memilih busana muslim adalah dengan memperhatikan bentuk tubuh, warna yang cocok, usia, dan style kamu. Mungkin, kamu sudah mahir untuk memilih busana berdasarkan warna, usia dan style pribadi, namun sering mengabaikan bentuk tubuh sehingga membuat tubuh terlihat lebih berisi dan gemuk.


Bertubuh Lebar? Ini Dia Tips Fashion untuk Wanita Gemuk yang Ingin Berjilbab

Lapisi dengan Outer Panjang

Sumber gambar beautynesia.id

Bagi kamu yang memiliki bagian dada berukuran besar dan menonjol dapat disiasati dengan memakai outerwear seperti blazer, jaket denim, maupun cape. Penggunaan lapisan luar sebagai pelengkap busana mampu mengatasi masalah pada bagian dada. Pastikan outwear yang kamu pilih pas dengan ukuran tubuh.

Sebaiknya hindari bahan yang tipis seperti sifon yang dapat menampilkan bentuk tubuh. Pilihlah bahan yang sedikit tebal untuk menyamarkan area bokong, lengan, dan pinggul. Kamu dapat menggunakan outer panjang sampai mata kaki atau baju panjang untuk menutupi area bokong.

Berikan Detail pada Pinggang

Kamu dapat menambahkan ikat pinggang untuk pakaian longgar sejenis gamis dengan model lurus untuk menampilkan kesan ramping. Kamu dapat memilih ikat pinggang dengan ukuran kecil untuk membentuk siluet antara perut dan pinggang sehingga membentuk kesan terlihat lebih langsing.


Hindari Aksesoris yang Terlalu Besar dan Ramai

Sumber gambar biutifa.com

Wanita bertubuh gemuk harus memperhatikan model pakaian dan aksesori yang digunakan untuk menampilkan kesan fashionable. Kamu yang memiliki tubuh gemuk dapat memilih aksesori pada bagian leher seperti kalung dengan model yang tidak tebal atau menumpuk.

Pilihlah model kalung dengan juntaian ke bawah agar memberikan ruang di leher serta hindari pemakaian kalung ketat yang dapat membuat leher terlihat semakin pendek.

Bagi wanita yang memiliki tangan lebih berisi, dapat menambahkan aksesori pada bagian tangan seperti gelang yang tidak terlalu tebal namun terlihat sederhana.


Kenakan Pakaian Warna Gelap untuk Kesan yang Lebih Ramping

Sumber gambar beautynesia.id

Setiap wanita pasti ingin terlihat langsing oleh sebab itu pemilihan warna pakaian merupakan hal yang menentukan penampilan seseorang. Pakaian dengan warna gelap seperti hitam, cokelat tua, atau biru tua mampu mengatasi bentuk tubuh atau pinggul yang besar untuk menampilkan kesan ramping pada tubuh.

Kreasikan Jilbabmu dengan Apik

Kamu yang ingin terlihat lebih modis dapat memadukan busana dengan kreasi jilbab yang sesuai. Apabila kamu bertubuh gemuk, gunakanlah jilbab asimetris atau aksen layering, pilihan kreasi jilbab menjuntai juga dapat menyamarkan bentuk bahu lebar dan ukuran dada yang besar.

9 Fashion Item Ini Wajib Dimiliki Wanita Gemuk Berjilbab

Rok Maxi

Sumber gambar hijabenka.com

Rok maxi dengan model A-line cocok untuk semua bentuk tubuh. Rok dengan model ini memiliki potongan yang pas badan pada bagian pinggang kemudian melebar hingga ujung rok menyerupai bentuk huruf A

Salah satu rok maxi yang direkomendasikan adalah Havva-Anita Maxi Skirt dari bahan poliester yang berwarna hitam. Rok ini dapat menampilkan kesan casual dan simple ketika dikenakan dan cocok dijadikan pasangan blus dan sneakers. Havva-Anita Maxi Skirt tersedia dalam 2 ukuran M dan L dapat dibeli di Hijabenka seharga Rp 190.000.

Celana Palazzo

Sumber gambar hijabenka.com

Celana pallazo dengan detail saku pada bagian samping ditambah aksen tali ikat pada bagian pinggang dapat menampilkan kesan edgy. Apalagi bila ditambah dengan sepatu hak. Salah satu celana yang direkomendasikan adalah Havva-Yukiko Pants Navy seharga Rp 176.000 di Hijabenka. Celana berbahan poliester ini memiliki ukuran M hingga XL.

Outer Panjang

Sumber gambar hijabenka.com

Lindaanggrea-Nala Outer Black merupakan outer long cardi dengan bahan cotton poliester blend yang membuat tampilan lebih chic dan stylish.

Kamu dapat mengenakan dress hijab ditambahkan heels warna netral untuk kesan feminin dan kasual dengan memadukan dengan kulot. Lindaanggrea-Nala Outer Black tersedia untuk semua ukuran, outer ini dapat dibeli seharga Rp 310.300 di Hijabenka.

Celana Bahan

Sumber gambar hijabenka.com

Havva-Bila Pants Grey adalah celana panjang palazzo dari bahan poliester dengan warna abu-abu. Dapat dipadukan dengan blus simpel dan sepatu hak tinggi. Model celana ini cocok untuk hijaber bertubuh gemuk karena model celana ini tidak ketat sehingga mampu menyamarkan bentuk paha dan pantat yang besar. Havva-Bila Pants Grey dapat dibeli di Hijabenka seharga Rp 195.000.


Frill Dress

Sumber gambar hijabenka.com

JANNAH BY WINA ANNE-Laura Ruffle Abaya merupakan model baju terusan dengan potongan asimetris ditambah detail ruffle pada bagian depan. Aksen ruffle pada bagian depan dapat memberikan volume tubuh bagi kamu yang bertubuh kurus dan menutupi bagian perut bagi kamu yang gemuk.

Abaya berwarna biru dengan bahan polyester ini cocok dipadukan dengan hijab pashmina dan sepatu hak tinggi untuk menampilkan kesan feminim. JANNAH BY WINA ANNE-Laura Ruffle Abaya hanya tersedia satu ukuran yaitu all size, dapat dibeli seharga Rp 264.300 di Hijabenka.



Bergo Pendek

Sumber gambar shopee.co.id

Jilbab model bergo merupakan jilbab instant dengan pet (bantalan spon) pada bagian atasnya yang nyaman dan praktis digunakan. Model bergo terus mengalami perkembangan pada model dan corak sehingga dapat digunakan oleh segala usia.

Bergo Pet Al Azhar Almira Simple Tali Bergo Instant Taki Pashmina Khimar Simple terbuat dari bahan wolfis dengan pet keras, tegak, dan lebar tersedia dalam 7 varian warna Bergo ini dapat dibeli seharga Rp 25.900 di Shopee.

Dress Maxi

Sumber gambar shopprapp.com

Maxi dress adalah dress yang cocok dipakai oleh segala bentuk tubuh. Beraneka ragam model maxi dress seperti gamis, abaya, dan kaftan dapat menutupi bentuk tubuh dan dapat dipadukan dengan tambahan outwear atau heels untuk menampilkan kesan manis.

AM by Anisa Maulani-Mya Dress Pink terbuat dari bahan balotelli dengan warna pink yang memiliki detail kancing dan kantong. Abaya ini tersedia hanya satu ukuran yaitu all size yang dapat dibeli seharga Rp 246.100 di Hijabenka.


Syal dan Pashmina

Sumber gambar hijabenka.com

Syal dan pashmina merupakan jilbab yang dapat dikreasikan sesuai bentuk wajah. Kamu cukup menambahkan hiasan jilbab untuk mempercantik penampilan.

Tatuis-Pashmina Damour 45 Peach merupakan jilbab yang terbuat dari bahan alfafa yang memiliki aksen motif bunga yang menarik dengan ukuran 175x175. Kamu yang penasaran ingin mengenakan pashmina ini dapat membeli seharga Rp 78.000 di Hijabenka.



Pleated Dress

Sumber gambar hijabenka.com

Havva-Dauma Pleated Dress Black merupakan model dress tanpa lengan dengan aksen pleats yang unik. Pleated dress ini terbuat dari bahan pleated poliester untuk semua ukuran dengan warna hitam yang dapat dipadukan dengan dalaman lengan panjang dan heels.

Kamu yang ingin tampil langsing dengan memukau dapat membeli Havva-Dauma Pleated Dress Black di Hijabenka seharga Rp 319.000



From our editorial team

Pilih Busana Hijab yang Sesuai dengan Bentuk Tubuhmu

Aturan fashion yang paling penting adalah memilih busana sesuai bentuk tubuh. Kamu tak mau kan terlihat aneh dengan busana yang kamu kenakan? Oleh sebab itu, sebelum membeli, pastikan potongan dan ukurannya pas di tubuh. Sebaiknya hindari memilih ukuran yang terlalu besar atau terlalu sempit kalau kamu memiliki tubuh yang gemuk.Pilih juga warna dan motif yang sesuai agar penampilanmu semakin manis.