6 Daerah Wisata Halal di Indonesia yang Menarik, Islami, dan Ramah untuk Wisatawan Muslim 2018

6 Daerah Wisata Halal di Indonesia yang Menarik, Islami, dan Ramah untuk Wisatawan Muslim 2018

Wisata halal sedang menjadi tren dalam dunia pariwisata. Wisata halal ini berusaha menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang sesuai untuk wisatawan muslim di tempat-tempat wisata. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan para pelancong muslim saat menikmati berbagai objek wisata.

Tren Wisata Halal dalam Dunia Pariwisata

Meningkatnya populasi muslim dunia yang sudah memiliki taraf hidup dengan tingkat perekonomian tinggi juga dibarengi dengan meningkatnya tren wisata halal. Wisatawan muslim menjadi target pasar untuk industri pariwisata halal internasional.

Istilah wisata halal dalam penerapannya sama seperti wisata pada umumnya. Bukan berarti harus berkunjung ke lokasi-lokasi religius, namun juga ke tempat wisata lain dengan tetap menjaga adab sebagai muslim. Hal yang membedakan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk wisatawan yang mengacu kepada aturan-aturan Islam. Kebutuhan itu meliputi tersedianya makanan dan minuman halal, fasilitas ibadah, kamar mandi dengan air untuk wudhu, pelayanan saat bulan ramadhan, pencantuman label non halal (pada makanan atau minuman yang tidak halal), dan terakhir ialah fasilitas rekreasi yang privat (tidak bercampur baur antara wanita dan pria).

Tidak hanya negara dengan mayoritas penduduk muslim saja yang bisa menjadi tujuan wisata halal, negara-negara dengan penduduk muslim sebagai minoritas, seperti Inggris dan Jerman, juga serius melayani wisatawan muslim. Saat ini, Inggris banyak melakukan inovasi yang menunjang kebutuhan wisatawan muslim. Pemerintah Inggris sedang berusaha melakukan perbaikan terhadap lebih dari 452 masjid dan jumlah ini diprediksi akan terus meningkat lagi. Banyak pula restoran yang menyediakan makanan halal dan didukung dengan sertifikasi halal.

Pariwisata Halal Memberikan Dampak yang Positif

Pariwisata halal dapat memberikan dampak positif dari sisi ekonomi dan juga menjadi prospek yang cukup besar pada industri pariwisata. Wisata halal tumbuh 100% lebih cepat dari wisata lain di mana hal ini didukung oleh total jumlah wisatawan muslim dunia yang mencapai 117 juta pada tahun 2015 dan jumlah ini diprediksi akan tumbuh mencapai 168 juta wisatawan pada tahun 2020.

Ada sejumlah negara di dunia yang cocok menjadi destinasi wisata halal. Negara-negara ini memiliki keindahan alam serta memiliki warisan sejarah Islam yang masih kental. Organisasi Kerjasama Islam (OIC) telah merangkum daftar 10 negara teratas yang menjadi tujuan destinasi wisata halal yaitu Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Indonesia, Oman, Yordania, Maroko, dan Brunei Darussalam.

Pariwisata Halal adalah Sebuah Prospek Cerah untuk Dunia Pariwisata di Indonesia

Sebagai negara dengan keindahan alam yang tak terbatas dan merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tujuan wisata para wisatawan muslim dari mancanegara.

Salah satu hal penting untuk menunjang wisata halal adalah diperlukan adanya sertifikasi halal. Namun Indonesia sudah merasa segala sesuatunya sudah halal sehingga merasa tidak membutuhkan sertifikasi. Padahal wisatawan mancanegara membutuhkan sertifikasi ini sebagai jaminan bahwa Indonesia memang sudah layak menjadi lokasi pariwisata halal. Hal ini juga yang membuat Indonesia tidak menduduki peringkat pertama di Global Muslim Travel Index. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia bertekad untuk lebih serius menggarap wisata halal agar semakin banyak wisatawan muslim mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.


Lokasi Pariwisata Halal Terbaik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Pilihan

Dalam ajang World Halal Tourism Award 2016, Indonesia meraih kemenangan dalam 12 kategori dari 16 kategori yang ada. Dengan pencapaian ini diharapkan jumlah wisatawan muslim bisa meningkat pada tahun 2017 karena Indonesia memiliki banyak sekali destinasi potensial yang bisa menjadi tujuan wisata halal. Berikut ini BP-Guide menguraikan sejumlah lokasi wisata halal di Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama pasangan atau keluarga.

Pulau Lombok

Siapa yang tak mengenal Lombok, daerah yang memiliki sejuta keindahan alam. Daya tarik Lombok bisa Anda ketahui dengan mengunjungi Gunung Ranjani, Danau Segara Anak, Pantai Tanjung Aan, atau Gili Meno. Karena alasan ini pula Lombok berhasil menjadi destinasi halal terbaik mengalahkan Malaysia, Abu Dhabi, Turki, dan Qatar pada The World Halal Travel Summit & Exhibition pada tahun 2015 lalu.

Sebagai destinasi wisata halal, Lombok sudah memiliki berbagai fasilitas yang memudahkan wisatawan muslim. Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Lombok memiliki banyak masjid yang memadai sehingga dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Penginapan-penginapan di sini juga sudah memenuhi kebutuhan wisatawan muslim seperti tersedianya arah kiblat, peralatan salat, dan kitab suci Al-Quran. Makanan di Lombok juga lezat dan tentunya halal. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mencicipi semua jajanan lokal di sana.

Aceh

Aceh sudah terkenal dengan keramahannya sebagai destinasi wisata Islam. Hal ini dibuktikan dari penghargaan yang diterima pada ajang World Halal Tourism Award 2016. Saat itu Aceh menyabet dua penghargaan bergengsi, yaitu World’s Best Halal Cultural Destination dan World’s Best Airline for Halal Travellers.

Pemerintah kota Banda Aceh aktif melakukan pembenahan kota seperti membangun sarana trans kota yang memudahkan wisatawan mengelilingi kota. Selain itu dibangun pula kebun raya, museum Banda Aceh, serta Pusat Kebudayaan Islam dan Pendidikan Halal. Semua arsitektur pada bangunan baru mengusung konsep arsitektur islami.

Objek wisata yang menarik di Aceh yang patut dikunjungi adalah Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, dan Taman Nasional Gunung Leuser. Jika menyukai suasana pantai, Anda bisa datang ke Pantai Ujung Blang, Pantai Iboih, dan Pantai Lampuk.

Makanan Aceh juga terkenal lezat. Anda bisa menikmati lezatnya mie aceh, kare kambing, atau ayam tangkap. Jangan lupa untuk menikmati sedapnya kopi aceh yang sudah mendunia. Semua makanan dan minuman ini pasti dijamin halal.

Sumatera Barat

Keunikan yang dimiliki Sumatera Barat membuat provinsi yang terkenal dengan jam gadangnya ini menjadi salah satu destinasi halal yang wajib Anda kunjungi. Keindahan alam yang dimiliki Sumatera Barat juga tak kalah uniknya seperti Lembah Harau, Pantai Pemutusan, Puncak Lawang, Pantai Pegang dan masih banyak lagi.

Mau makan-makan enak? Di Sumatera Barat Anda pasti banyak menemukan hidangan yang menggugah selera seperti rendang, dendeng batokok, atau gulai itiak. Jangan lupa membawa oleh-oleh kain songket, keripik balado, sala lauak, atau kerupuk kulit.

Batam

Pemerintah kota Batam banyak melakukan pembenahan untuk mendukung Batam menjadi kota tujuan pariwisata halal. Jumlah wisatawan muslim yang datang ke daerah ini meningkat setiap tahunnya. Para pelaku bisnis kuliner didorong untuk mendapatkan sertifikasi halal. Bisnis-bisnis busana muslim juga semakin didukung oleh pemerintah untuk mengembangkan usahanya.

Objek wisata yang bisa dikunjungi di Batam adalah Ex-Camp Vietnam yang merupakan rumah bagi pengungsi Vietnam atau bermain di Ocarina Park yang letaknya dekat Pelabuhan Ferry International Batam Center. Bisa juga mengunjungi Pantai Nongsa untuk berenang dan snorkeling. Kalau ingin berbelanja, datang saja ke Khazanah Plaza untuk berbelanja aneka busana muslim atau ke Nagoya untuk berburu berbagai tas dan gadget murah.

Sebagian penduduk Batam yang merupakan pendatang sehingga khazanah kulinernya sangat beragam. Anda tidak hanya akan menemukan kuliner asli Batam tetapi juga kuliner Turki dan India yang sebagian besar makanannya berbahan dasar sayuran.

Jakarta

Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta memiliki perhatian penuh terhadap sektor pariwisata untuk wisatawan muslim. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan Pariwisata Moslem Friendly untuk memanjakan wisatawan muslim. Jakarta juga menjadi salah satu nominasi destinasi terbaik wisata halal dunia pada tahun 2015 di Uni Emirat Arab.

Banyak lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung ke Jakarta seperti Kota Tua, Monas, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Pantai Ancol, Dunia Fantasi Ancol, serta Taman Nasional Kepulauan Seribu. Untuk berwisata budaya, wisatawan dapat mendatangi rumah adat Betawi, makam atau situs religi, dan beberapa setu atau danau yang berada di pinggiran Jakarta.

Wisatawan muslim juga mudah beribadah saat berada di Jakarta. Fasilitas bus pariwisata yang disediakan dapat melayani pengunjung untuk mengelilingi ibu kota dan singgah ke masjid Istiqlal serta masjid lainnya. Tempat-tempat perbelanjaan di Jakarta juga menyediakan ruang khusus untuk shalat, mushola, atau bahkan memiliki masjid sendiri.

Tidak hanya itu, wisatawan pun tidak perlu ragu untuk menginap karena Jakarta memiliki banyak penginapan halal yang menyediakan makanan halal, fasilitas beribadah lengkap, dan pelayanan selama bulan Ramadhan.

Jawa Barat

Pemerintah provinsi Jawa Barat juga giat mengembangkan konsep wisata halal. Pengembangan ini berfokus pada tempat wisata yang menjadi andalan Jawa Barat seperti Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Green Canyon di Pangandaran, Kawah Putih di Bandung, Taman Safari Indonesia di Bogor, serta Wisata Lembang di Bandung.

Objek-objek wisata bernuansa islami cukup banyak di Jawa Barat. Anda bisa berkunjung ke pondok pesantren Daarut Tauhid di Bandung Utara dan Kampoeng Bakery di Bandung yang merupakan kawasan produsen kue dengan produk-produknya yang sudah berlabel halal.

Tidak hanya itu, Jawa Barat juga memiliki Masjid Dian Al Mahri atau biasa dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas yang mempunyai daya tarik tersendiri dengan kubah masjid yang terbuat dari emas. Pemerintah Jawa Barat juga tengah sibuk mempersiapkan pembangunan replika Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi dan Masjid Terapung di Gedebage, Bandung yang rencananya akan menjadi destinasi wisata islami.

From our editorial team

Menjaga Perilaku Saat Berada di Daerah Wisata

Saat berkunjung ke suatu daerah wisata halal, Anda harus menghormati dan menghargai budaya dan kebiasaan masyarakat setempat. Apalagi di daerah-daerah yang penduduknya tergolong taat dalam menjalankan ibadah Islam. Jaga perilaku dan ucapan sewajarnya agar Anda bisa berwisata dengan nyaman.

Tag