Mau Umroh? Cek Dulu 10 Baju yang Tepat Dipakai Saat Umroh

Mau Umroh? Cek Dulu 10 Baju yang Tepat Dipakai Saat Umroh

Beribadah umroh bagi umat Islam adalah hal yang ditunggu-tunggu selain berhaji. Ibadah sunnah ini memang bisa sedikit mengobati kerinduan akan Tanah Suci. Tapi pakaian yang tepat tentu akan menambah kenyamanan beribadah. Berikut baju yang tepat dipakai saat umroh menurut BP-Guide.

Banyak Wanita yang Ingin Tampil Menarik Saat Umroh

Umroh adalah puncak ibadah yang dilaksanakan oleh umat Muslim setelah haji. Mengingatnya sebagai puncak ibadah, umroh harus Anda persiapkan secara matang supaya proses ibadah yang akan terlaksana dengan baik dan khusyuk.

Persiapan dasar, seperti mental, kesehatan, hingga pakaian perlu Anda perhatikan karena iklim negara kita sangat jauh berbeda. Perbedaan suhu yang ekstrem akan Anda rasakan ketika siang dan malam. Termasuk sebagai ibadah sunnah dalam agama Islam, umroh memiliki tujuan utama untuk ibadah. Selain untuk beribadah, tujuan lain umroh adalah memperbaiki diri dan meningkatkan amal ibadah masing-masing individu.

Ibadah tak berarti Anda tak memerhatikan penampilan saat berada di sana. Tetap terlihat cantik dan menarik saat menjalankan umroh adalah hal yang sah dan perlu dilakukan. Terlihat menarik saat beribadah tampaknya menjadi hal yang cukup penting bagi beberapa wanita terutama mereka yang masih muda.

Umroh seakan menjadi perjalanan jauh yang memerlukan busana tepat untuk dikenakan. Bukan hanya untuk citra diri selama beribadah, tampilan yang menarik saat umroh bisa membuatmu makin stylish dan percaya diri saat ber-selfie dan mengunggahnya ke media sosial.

Meskipun tampilan adalah hal yang cukup penting, Anda perlu memperhatikan beberapa aturan yang sudah ada di sana. Aturan dasar saat umroh adalah penampilan yang sederhana dan tak berlebihan. Salah satu contohnya adalah saat Anda berada di Masjidil Haram, wanita dilarang memakai make up dan membiarkan wajahnya terlihat natural.

Untuk busana, pilihlah baju tertutup dan sesuai dengan syariat. Jangan lupa utamakan kenyamanan baju yang Anda kenakan untuk mendukung proses ibadah yang dilakukan di sana.

Tips Berpakaian Saat Umroh

Pakai Warna Netral Saat Berangkat Umroh

Mengingat tujuan utama umroh adalah untuk beribadah dan meningkatkan amal, sebaiknya hindari padu-padan busana yang berlebihan. Untuk mendapatkan tampilan yang sederhana, Anda cukup membawa baju dengan warna netral atau monokrom yang dipadukan dengan kerudung instan.

Busana yang serba netral akan memudahkan Anda dalam mencocokkan baju apa yang hendak Anda kenakan dalam melakukan kegiatan selama berada di sana, misalnya saat ihram Anda hanya bisa mengenakan baju hitam atau putih saja bukan?

Apabila Anda tetap ingin membawa pakaian berwarna, pilihlah warna-warna yang lembut atau earth tone. Memang baju dengan warna netral seperti hitam dan putih sangat direkomendasikan, tetapi Anda juga bisa membawa baju dengan warna pastel yang mudah untuk dipadupadankan. Warna-warna tersebut sangat sederhana dan tak menjadikan penampilanmu mencolok dan menyita perhatian banyak orang.

Selain memerhatikan warna, Anda juga perlu menghindari pilihan baju yang terlalu mewah saat pergi umroh. Pilihlah pakaian dengan model sederhana dan mudah ketika dikenakan. Anda juga bisa memilih baju model burqa yang bisa dipakai langsung dan cukup longgar ukurannya.

Hindari pakaian dengan detail yang rumit, seperti aksen manik-manik, bebatuan, maupun serba-serbi yang mengkilap dan warna-warni. Baju dengan detail tersebut akan menambah kesan mewah dan memberi kesan bahwa Anda sedang melakukan fashion show.

Gunakan Jilbab Instan dan Tanpa Jarum

Para wanita sangat direkomendasikan untuk memilih kerudung instan ketika sedang melakukan umroh. Memang kerudung instan bukan style para hijabers yang gemar bereksperimen dengan penampilannya namun umroh bukanlah event untuk ajang pamer kecantikan.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih kerudung instan dengan material utama katun dan spandek yang mudah diaplikasikan dan tak mudah basah karena keringat.

Cuaca di Mekkah sangat berbeda dengan Indonesia karena perubahan suhu antara siang dan malam yang ekstrem. Di bulan Maret hingga Agustus suhu dan cuaca disana bisa membuat ibadah Anda tak nyaman sehingga perhatikanlah busana dan kerudung yang hendak Anda kenakan selama beribadah. Jangan sampai dua hal tersebut mengganggu ibadah Anda karena tak nyaman ketika mengenakannya.

Kerudung dengan gaya simpel dan mudah dikenakan bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda saat umroh. Cara pakaianya yang mudah tak memakan banyak waktu akan membuatmu lebih cepat dalam mempersiapkan diri sebelum beribadah.

Untuk gaya yang seperti ini, Anda bisa memilih kerudung instan, pashmina, atau bergo. Anda takkan dipersulit dengan banyaknya jarum yang harus ditancapkan ketika mengenakan kerudung instan.

Bahan Spandex atau Jersey

Pilihlah busana dengan bahan spandek atau jersey agar tak mudah kotor maupun kusut saat dipakai untuk beribadah. Bahan ini juga akan membuat Anda nyaman saat melaksanakan umroh. Tak hanya pakaian saja, Anda harus memerhatikan bahan dasar kerudung yang hendak Anda kenakan saat umroh .

Bahan spandex dinilai menjadi bahan busana maupun kerudung yang baik untuk dikenakan saat umroh. Katun spandek memiliki sifat menyerap keringat yang berlebih dan cukup sejuk. Anda dapat memilih abaya atau kaftan longgar dengan detail simpel.

Anda juga bisa mengenakan atasan lengan panjang yang dipadukan outer dan celana longgar. Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan saat umroh supaya tampilan Anda tak menyita banyak orang dan ibadah tetap khusyuk.

Baju dengan bahan rajut atau knitted adalah tipe baju yang wajib Anda hindari saat melakukan umroh. Bahan rajut memiliki sifat yang menghangatkan sehingga tidak cocok dikenakan di Mekkah yang memiliki suhu udara yang panas di siang hari. Pakaian dengan bahan rajut bisa Anda pilih ketika Mekkah sedang mengalami musim dingin atau menggunakannya saat malam hari saja.

Inilah 10 Pakaian yang Cocok Dipakai Saat Umroh

Ruffle Dress

Sumber gambar www.bukalapak.com

Siapa yang tak tahu aksen ruffle? Aksen pada pakaian yang satu ini sudah sangat familiar bagi kaum wanita. Model busana dengan lipatan bertumpuk akan membuat penampilan Anda terlihat elegan. Padu padan yang tepat bisa membuat busana dengan aksen ruffle sangat menarik untuk dikenakan saat umroh.

Rekomendasi pakaian dengan detail ruffle dan kerudung kombinasinya bisa Anda simak berikut ini.

  • Ceyinia Plain Ruffle Muslim Set. Dengan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, Ceyinia Plain Ruffle Muslim Set tersedia dalam satu pilihan ukuran yang muat hingga ukuran XL. Memiliki warna dasar pink, dress ini memiliki detail ukuran lingkar dada: 106 cm - 108 cm, panjang 123 cm, dan panjang lengan 51 cm.

    Bahan utama yang digunakan untuk membuat Ceyinia Plain Ruffle Muslim Set adalah spandek yang dikombinasikan dengan sifon. Dress tersebut memiliki detail tambahan berupa ujung lengan kerut, retsleting depan, dan tali pinggang.

    Di dalam paket pembeliannya, Anda akan mendapatkan bergo berbahan spandek yang sangat nyaman. Memiliki detail ukuran panjang 88 cm dan diameter 86 cm, Bergo ini dijual dalam satu paket Ceyinia Plain Ruffle Muslim Set. Anda bisa mendapatkannya paket menarik ini di Bukalapak dengan harga Rp 189.000.


  • Zumara - Ruffle Bow Dress. Long dress dengan aksen pita pada pinggang akan membuat tampilan umroh mu makin cantik dan feminin. Memiliki warna hijau muda dan detail kerah bulat, dress tersebut tersedia dalam satu ukuran. Bermaterial katun balotelli, Ruffle Bow Dress dari Zumara memiliki detail cutting regular fit unlined dan kancing belakang.

    Petunjuk perawatan Ruffle Bow Dress dari Zumara yang perlu Anda perhatikan adalah proses pencucian, setrika, dan detergen yang digunakan. Cucilah secara terpisah menggunakan detergen yang lembut dan hindari pemutih. Setrikalah dalam suhu yang rendah.

    Ruffle Bow Dress dari Zumara bisa Anda dapatkan secara online di Zalora dengan harga Rp 230.000.

Bolero Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Alternatif pakaian yang bisa Anda kenakan saat umroh adalah bolero. Bolero merupakan pakaian panjang seperti jaket yang pas dan cenderung ketat ketika dipakai. Biasanya bolero memiliki ukuran setengah dada dan terbuka di bagian depan, bisa lengan panjang maupun pendek. Pakaian yang satu ini bisa di padu padankan layaknya cardigan sehingga bisa memberikan penampilan serasi dan menarik bagi para pemakainya.

Salah satu alternatif paket dress dan bolero yang bisa Anda pilih adalah Claudia Dress With Bolero dari Aira Muslim Batik. Dress Muslim lengkap dengan bolero yang satu ini akan membuat tampilan Anda sangat cantik dan praktis.

Di dalam paket Claudia Dress With Bolero, Anda akan mendapatkan dress warna oranye dengan bentuk kerah bulat. Dengan model cutting regular fit unlined, dress tersebut dilengkapi dengan retsleting belakang. Claudia Dress memiliki motif etnik dan material satin maxmara sebagai bahan utama pembuatnya.

Selain dress, Anda juga akan mendapatkan bolero. Tersedia dalam warna putih dan oranye, bolero yang ditawarkan oleh paket Claudia Dress With Bolero memiliki model open front dengan regular fit unlined. Material utamanya adalah satin maxmara yang sangat nyaman ketika dikenakan. Dapatkan Claudia Dress With Bolero secara online di Zalora dengan harga Rp 545.000.

Vertical Pattern

Sumber gambar www.zalora.co.id

Gamis yang sudah mulai menjamur di pasar fashion Muslim Indonesia membuat Anda makin bebas memiliki model, warna, jenis, bahkan motif gamis yang diinginkan. Untuk mendapatkan baju gamis yang bagus, Anda perlu memerhatikan bahan dan motifnya.

Bahan gamis yang bagus dan sangat direkomendasikan adalah katun yang dicampurkan dengan poliester. Gamis dengan bahan utama katun 100% memiliki kecenderungan yang lebih mudah kusut.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih gamis selanjutnya adalah motif. Untuk tampilan yang unik dan anti mainstream, carilah gamis yang memiliki motif berbeda namun tetap enak dipandang. Pertimbangkanlah seberapa sering Anda akan mengenakan gamis itu, karena jika Anda hendak memilih gamis untuk umroh, pilihlah desain dan motif yang simpel dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Salah satu gamis yang pas untuk dikenakan saat umroh adalah Lace Trim Wrap Dress dari Zalia. Dress ini memiliki motif garis-garis atau stripes dengan detail lace trim yang sangat feminin. Warna dasar lace trim Wrap Dress adalah blue navy dengan potongan regular fit unlined dan bentuk kerah V.

Detail yang dimiliki dress tersebut adalah kancing depan dan retsleting belakang yang akan memudahkan Anda ketika menggunakannya. Lace Trim Wrap Dress bisa Anda pesan secara online melalui Zalora dengan harga Rp 799.000.

Balloon Sleeve

Sumber gambar www.zalora.co.id

Lengan balon atau balloon sleeve merupakan model lengan yang bisa membuat penampilan Anda terkesan chic dan up-to-date. Bentuknya yang menggelembung di bagian bawah kerap kali diaplikasikan pada berbagai jenis baju wanita, seperti dress, atasan, dan rok. Apabila Anda ingin terlihat feminin saat umroh, baju dengan lengan balon bisa jadi alternatif yang bagus.

Atasan dengan lengan model balon banyak dipilih para hijabers saat ini. Kesan lady like dan edgy akan Anda dapatkan ketika memadupadankan atasan lengan balon dengan trousers pants atau rok dengan aksen ruffles.

Salah satu rekomendasi atasan dengan model lengan balon yang bisa Anda kenakan saat umroh adalah Lalasa Blouse dari Bellissima. Blouse dengan warna khaki dan model kerah bulat ini memiliki potongan regular fit unlined dengan tambahan detail retsleting di bagian depan.

Atasan ini memiliki material utama berupa katun sehingga sangat nyaman saat digunakan ketika beribadah. Lalasa Blouse tersedia dalam satu pilihan ukuran saja. Lalasa Blouse bisa Anda pesan secara online melalui Zalora dengan harga Rp 315.000.

Cape Outer

Sumber gambar www.hijup.com

Tampilkan busana muslim yang kasual saat pergi umroh dengan tambahan cape pada outfit Anda. Outer unik yang satu ini memiliki cutting yang longgar dan sangat cocok dikenakan di Mekkah memasuki musim dingin.

Meskipun identik dengan fashion style para wanita Eropa, sekarang cape memiliki banyak variasi model. Anda dapat memilih cape sesuai dengan tampilan yang ingin didapatkan. Cape tersedia dalam model lengan panjang, bisa menutupi bagian bahu hingga pinggang, bahkan yang memiliki panjang hingga mata kaki.

Laiwangi Outer dari L'Mira Ethnique adalah koleksi cape dengan material soft twill dan "Pahikung" traditional handwoven yang berasal dari Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Tampilan Anda makin terlihat modis dan kental dengan budaya khas Indonesia meskipun saat berada di negeri orang. Laiwangi Outer dapat Anda beli secara online di Hijup dengan harga Rp 900.000.

Peplum Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tak ingin kesan yang biasa saja ketika mengenakan atasan muslim? Janganlah pakai blouse biasa, tetapi cobalah memakai atasan model peplum.

Pernah hits di era 80-an, atasan peplum sekarang ini banyak sekali dikembangkan oleh para desainer muda tanah air. Tangan-tangan kreatif mereka mampu merancang atasan peplum sehingga menjadi outfit yang nyaman dan cantik ketika dikenakan. Salah satu desainer nusantara yang terkenal dengan atasan wanita peplum-nya adalah Dian Pelangi.

Baju model peplum membuat Anda terkesan lebih berisi. Hal ini dikarenakan model gelembung di bagian pinggang atau pinggul akan membuat Anda terlihat memiliki bentuk tubuh yang sangat menarik. Meningkatnya minat wanita pada bentuk tubuh yang sehat dan curvy membuat atasan maupun dress peplum kembali menjadi idola.

Floral Embroidery Soft Peplum Dress dari Zalia adalah dress peplum yang sangat nyaman dikenakan saat Anda berangkat umroh. Peplum long dress ini memiliki warna dasar hitam dengan model kerah V.

Menggunakan cutting baju relaxed fit lined, dress ini terbuat dari bahan poliester. Dapatkan Floral Embroidery Soft Peplum Dress dari Zalia secara online melalui Zalora dengan harga Rp 399.000.

Flare Maxi Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Busana muslim wanita yang sangat umum dikenakan untuk berbagai macam acara outdoor maupun indoor saat musim panas adalah maxi dress. Meskipun identik dengan acara formal, aneka model maxi dress yang dijual di pasaran kini sangat bervariasi. Varian model maxi dress yang ada akan membuat Anda cantik dalam tampilan kasual sehari-hari.

Aneka model dan variasi maxi dress membuat Anda harus jeli dalam menentukan pilihan. Agar penampilan Anda tak aneh, sesuaikanlah antara model, bahan, dan warna dengan bentuk tubuh dan ukuran Anda.

Maxi dress memiliki panjang yang hampir menyentuh pergelangan kaki sehingga dapat Anda kenakan saat beribadah haji maupun umroh. Anda dapat memasangkannya bersama strapped sandal dengan warna senada untuk tampilan kasual. Jika ingin tampilan yang lebih chic, pasangkanla dengan ankle boots.

Maxi dress rekomendasi untuk Anda datang dari Embellished Mesh Fit & Flare Dress Zalia. Glitter mesh maxi dress dengan detail embellishment tersebut memiliki warna dasar abu-abu dengan kerah bulat dan cutting regular fit dan lined. Memiliki detail tambahan berupa retsleting, dress tersebut menggunakan material utama poliester. Embellished Mesh Fit & Flare Dress dari Zalia dapat Anda beli secara online di Zalora dengan harga Rp 749.000.

Dress Tumpuk

Sumber gambar www.zalora.co.id

Teknik memakai baju bagi para hijabers yang sedang ngetren sekarang ini adalah layering. Layering merupakan teknik padu padan busana dengan mengenakan beberapa item secara bertumpuk. Nah, meskipun hanya menumpuk beberapa item fashion menjadi satu, Anda tetap harus memahami teknik layering supaya paham bagaimana cara yang tepat agar busana yang Anda kenakan tak terlihat penuh dan kaku.

Salah satu item busana yang dapat Anda pilih saat melakukan layering pada outfit adalah atasan ruffle. Busana yang satu ini memiliki banyak peminat karena para wanita akan terlihat cantik ketika memakai model yang satu ini. Ruffle sebenarnya merupakan jenis aksen tambahan pada baju yang biasanya akan Anda temukan di atasan, gaun, celana, dan mini dress.

Salah satu pilihan baju ruffle yang bisa Anda pilih untuk umroh adalah Metallic Mesh Frill Hem Dress dari Zalia. Dress ini memiliki aksen metalik dengan detail tiered hem. Dengan warna dasar hitam, dress terbuat memilih model kerah bulat dan cutting regular fit lined.

Anda akan menemukan aksen tambahan berupa resleting pada dress bebagan poliester kombinasi ini. Anda bisa mendapatkan Metallic Mesh Frill Hem Dress dari Zalia secara online melalui Zalora dengan harga Rp 655.000.

Coat Gamis

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Bagi orang Indonesia, coat adalah jenis atasan yang sangat jarang dikenakan. Hal ini dikarenakan oleh musim yang ada di sini, hampir tak memungkinkan untuk mengenakan model baju tersebut. Coat atau mantel merupakan jenis baju yang sangat cocok dikenakan saat musim dingin karena berguna untuk menghangat kan tubuh.

Ciri khas coat di bagian luar adalah bukaan di bagian depan yang menggunakan kancing besar atau retsleting sebagai penutup, kerah lebar, serta panjangnya yang bisa mencapai lutut dan berlengan panjang.

Coat adalah pilihan yang sangat cocok untuk Anda yang hendak pergi umroh saat Mekkah dalam kondisi musim dingin. Anda pasti sangat sering melihat hijabers asal negara Turki ketika mengenakan model baju seperti ini. Mereka juga kerap terlihat mengenakan coat dengan panjang yang melebihi lutut atau hampir menyentuh mata kaki, yang disebut coat long dress.

Untuk memaksimalkan tampilan Anda saat beribadah, berikut ini adalah beberapa alternatif pilihan coat yang bisa Anda kenakan.

  • Maxi Ayunda Gamis Coat. Outfit yang satu ini tersedia dalam pilihan satu ukuran dan satu warna, yaitu hijau mint. Dengan bahan dasar katun baloteli yang berkualitas, gamis Ayunda tersebut memiliki detail ukuran lebar dada: 51 cm, lingkar dada maksimal: 102 cm, dan panjang dress: 131 cm.

    Gamis tersebut memiliki detail tambahan berupa kancing depan yang bisa dibuka hingga bawah, tali pinggang yang dapat dilepas, dan dua saku kanan dan kiri. Anda dapat memesan Maxi Ayunda Gamis Coat secara online di Elevenia dengan harga Rp 170.000.

  • Baju Original Gamis Santana Dress Gamis. Gamis ini terbuat dari bahan balotelli dengan ukuran one size yang muat hingga ukuran L. Desainnya yang trendi dan bahannya yang nyaman membuat dress ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang hendak pergi melakukan umroh. Dress dengan model elegan tersebut dapat Anda dapatkan secara online di Lazada dengan harga Rp 139.000.

Floral Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Fashion item bermotif yang tak pernah ketinggalan zaman adalah floral dress. Dress dengan motif bunga-bunga menjadi pilihan yang menarik untuk Anda yang sedang memilih outfit sebelum berangkat umroh. Floral dress adalah item fashion yang simpel dan mudah dipadupadankan dengan item fashion yang lainnya, seperti heels, sneaker, boots, dan aneka tas yang cocok dikenakan saat Anda sedang beribadah.

Floral adalah motif pakaian yang sangat cocok dikenakan di berbagi kesempatan. Hal ini membuat Anda tak merasa kebingungan saat hendak memilih dress yang cocok dengan kebutuhan Anda saat beribadah umroh. Motif floral akan membuat tampilan Anda terlihat santai dan feminin sekaligus.

Flare Sleeve Peasant Dress dari Zalia adalah dress warna solid dengan detail floral yang bagus dikenakan saat umroh. Dengan warna dasar pink dan kerah V bertali, dress tersebut memiliki material dasar poliester dengan cutting relaxed fit.

Detail tambahan yang ada pada dress ini adalah dua kantong tambahan dan tali pinggang elastis. Flare Sleeve Peasant Dress dari Zalia bisa Anda beli secara online di Zalora dengan harga Rp 408.900.

From our editorial team

Busana Umroh

Tampil fashionable saat umroh memang tak ada salahnya, tapi tetap mematuhi kaidah beribadah yang baik dan benar. Untuk warna memang perlu menghindari warna mencolok, pilihlah warna netral yang bisa dengan mudah dipadupadankan. Siasati dengan memadukan model pakaian yang terlihat modis seperti ruffle, balloon sleeve, cape outer, dan sebagainya.