10 Rekomendasi Steamer Pakaian Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan di Marketplace! (2022)

10 Rekomendasi Steamer Pakaian Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan di Marketplace! (2022)

Steamer pakaian menghasilkan uap yang aman untuk segala jenis pakaian dan juga lebih praktis untuk digunakan. Hasilnya, pakaian lebih rapi, diri jadi makin pede!

Steamer Pakaian Lebih Praktis Digunakan

Dalam menyetrika pakaian menggunakan setrika biasa sering kali mengalami kendala seperti kesulitan menghaluskan beberapa jenis kain. Hal ini membuat pakaian tersebut tetap tidak rapi ketika disetrika.
Bahkan beberapa jenis kain yang tipis dan lembut justru bisa terbakar menggunakan setrika biasa ini. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan steamer pakaian untuk merapikan pakaian Anda.

Sebelum Anda memutuskan membeli steamer pakaian, Anda harus mengetahui tips memilihnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, cara penggunaan setrika biasa dengan steamer pakaian cukup berbeda.

Anda juga perlu mengetahui cara penggunaannya terlebih dahulu. BP-Guide.id juga akan memberikan rekomendasi steamer pakaian terbaik yang bisa Anda jadikan referensi.

Tips Memilih Steamer Pakaian Terbaik

Perhatikan Konsumsi Daya

Sebelum membeli steamer pakaian, Anda harus perhatikan konsumsi dayanya. Hal ini dikarenakan steamer pakaian membutuhkan daya listrik yang besar. Hal ini terjadi karena steamer pakaian bekerja dengan menyemburkan uap.

Pada umumnya, steamer menyemburkan uap secara terus-menerus dan mencapai 32 gram uap per menit. Selain itu, dibandingkan dengan setrika lain uap yang dihasilkan steamer pakaian jauh lebih panas.

Ada yang bisa mencapai 90 derajat celcius, yang tentunya berpengaruh pada konsumsi daya listrik. Oleh karena itu, Anda bisa membaca berapa Watt daya yang dibutuhkan oleh steamer yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak membuat Anda defisit daya listrik.

Bentuk dan Desain Sesuai Kebutuhan

Dengan banyaknya merek steamer pakaian yang dipasarkan, maka terdapat bentuk dan desain yang bervariasi. Namun, umumnya desain ini terdiri atas dua yaitu yang berdiri dan yang digenggam.

Steamer pakaian yang berdiri akan memudahkan Anda saat menyetrika pakaian karena biasanya dilengkapi stand dan hanger baju. Sehingga Anda hanya perlu menggantung pakaian di tempat yang sudah disediakan.

Steamer berdiri juga biasanya memiliki tangki air yang besar, hingga di atas 1,5 liter. Hal ini menguntungkan Anda karena bisa menyetrika baju lebih banyak tanpa perlu repot bolak-balik mengisi air lagi. Sedangkan untuk steamer genggam, steamer jenis ini lebih hemat tempat dan praktis digunakan.

Tetapi, Anda perlu mencari tempat untuk menggantung pakaian. Selain itu, volume tangki air terbatas sehingga hanya bisa digunakan untuk menyetrika 3-5 potong pakaian saja.

Perhatikan Cara Penggunaan Steamer Pakaian

Cara menggunakan steamer pakaian berbeda dengan setrika kering. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaanya. Hal ini dilakukan agar proses menyetrika berjalan lancar dan steamer pakaian Anda bisa bertahan lama.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ini misalnya yaitu air yang dimasukkan pada tangki air harus menggunakan air keran bersih. Selain itu, Anda jangan memasukkan cairan lainnya, termasuk pewangi pakaian ke dalam tangki air untuk menghindari spotting di pakaian Anda.

Diwajibkan bagi Anda untuk menggunakan sarung tangan khusus saat sedang mengoperasikan alat ini. Hal ini dikarenakan uap yang disemburkan sangat panas sehingga sangat berbahaya jika terkena kulit langsung.

Dalam perawatan, steamer membutuhkan perawatan khusus seperti Anda perlu menguras tangki air setelah pemakaian steamer. Ini dilakukan untuk menghindari kristalisasi kalsium yang menimbulkan kerak pada steamer pakaian Anda.

Cara Menggunakan Steamer Pakaian

Jika Anda pertama kali akan membeli steamer pakaian, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Hal ini dikarenakan menggunakan steamer berbeda dengan penggunaan setrika yang biasa Anda gunakan.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal khusus agar alat dan pakaian tidak rusak. Berikut ini akan dijelaskan cara menggunakan steamer pakaian.

Pastikan Seluruh Bagian Steamer Terpasang

Ketika Anda membeli steamer pakaian, maka dalam satu paket produk tersebut memiliki isi yang tidak sama tergantung mereknya. Terdapat steamer yang dijual dengan bagian yang terpisah atau belum dipasang oleh suatu merek tertentu, maka Anda harus melakukan pemasangan khusus.

Ada juga yang portable, sehingga Anda tidak perlu melakukan pemasangan. Jika steamer Anda sudah terpasang, maka colokkan steamer pakaian ke sumber listrik.

Isi Tangki Air Sesuai Kapasitas

Jika Anda telah mencolokan steamer ke sumber listrik, maka dalam status off Anda dapat melakukan pengisian air pada tangki. Penting bagi Anda untuk mengisi air sesuai dengan kapasitas tangki. Jika berlebihan maka akan menimbulkan korsleting listrik atau kerusakan pada steamer karena air yang meluap dan masuk ke sela-sela mesin.

Namun, jika Anda mengisi air yang terlalu sedikit juga memungkinkan efek hangus pada alat karena mesin yang terlalu panas atau overheat. Jadi, penting bagi Anda memastikan isi tangki air sesuai kapasitasnya.

Atur Suhu dan Biarkan Memanas Hingga Mengeluarkan Uap

Setelah steamer diisi air, maka selanjutnya adalah pengaturan suhu hingga memanas dan mengeluarkan uap. Perlu diketahui, setiap jenis dan merek steamer tertentu memiliki perbedaan waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan uap panas. Oleh karena itu, Anda harus membaca dengan benar pada petunjuk manual produk untuk informasi ini.

Umumnya waktu yang dibutuhkan antara 3 sampai 5 menit. Dalam mencegah terjadinya overheat, usahakan jangan lebih dari waktu yang disarankan.

Proses Menyetrika Baju

Setelah steamer Anda siap digunakan, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menyetrika dengan steamer pakaian ini. Pakaian yang akan Anda setrika bisa digantung pada tiang penyangga atau hanger.

Agar memudahkan proses penguapan pakaian, Anda perlu menggerakkan steamer ini dari atas ke bawah pada seluruh permukaan pakaian yang kusut dan perlu dirapikan. Kemudian, untuk menjaga lipatan pakaian tetap ada dan tidak kusut, maka tetaplah bergerak secara satu arah.

Setelah Menyetrika Baju

Jika Anda sudah selesai menggunakan steamer pakaian maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Anda perlu membuang sisa air di tangki dan bilas dengan air bersih secara maksimal. Agar terhindar dari jamur yang tumbuh akibat sisa air yang mengendap pada tangki, maka keringkan dengan baik tangki airnya.

Anda bisa mengeringkan steamer di tempat yang panas atau bisa juga diangin-anginkan dan tunggu benar-benar kering. Sebagai catatan, jangan keringkan steamer pakaian di bawah sinar matahari langsung. Agar pakaian benar-benar kering, maka biarkan pakaian menggantung selama 5-10 menit.

Hal ini dikarenakan setelah proses steamer, biasanya pakaian akan terkesan lembap dan sedikit basah. Oleh karena itu, sebelum dimasukkan ke dalam lemari pastikan pakaian dalam keadaan benar-benar kering.

Ini dilakukan agar pakaian yang Anda yang sudah dirapikan dengan steamer tidak menjadi bau apek. Saat menjemur pakaian Anda juga bisa menyemprotkan pewangi pakaian lagi agar pakaian menjadi wangi maksimal.

Ini Dia 10 Rekomendasi Steamer Pakaian Terbaik

Deerma HS100 Steamer Garmen

Steamer Garmen dengan model HS100 memiliki tegangan 220 volt dengan nilai daya 1000 Watt. Steamer pakaian ini menggunakan bahan material yaitu PC, PA, PP dan aluminium.

Dengan steamer pakaian ini maka Anda akan dengan mudah menghilangkan kerutan dan membuat pakaian menjadi rapi. Bentuk sudut kanan baru, dengan mesin utama sangat ringan dan mudah digunakan tanpa tangan merasa lelah.

Anda dapat menyetrika dengan dua cara yaitu di gantung dan posisi datar. Uap suhu tinggi hingga 160 derajat Celcius. Suhu ini cukup panas menembus baju secara instan dan mengembalikan kehalusan. Panel baja tahan karat 304, dengan penekanan sekunder, halus dan tidak tersangkut.

Steamer Deerma HS100 ini cocok untuk beberapa kain yang akan tetap dapat merawat pakaian halus dan tidak merusak. Dengan kapasitas tangki air hingga 200 mL dan masa pakai baterai juga dapat membantu Anda menyetrika untuk waktu yang cukup lama.

Harga Rp. 335.000-529.000

GM Bear Setrika Uap 1035

GM Bear telah menyediakan setrika Uap yang membantu Anda untuk menyetrika sampai ke sisi yang susah buat disetrika oleh setrika biasa. Memiliki daya listrik 800 Watt dengan kapasitas tangki air hingga 100 mL. Steamer pakaian ini memiliki tiga perlindungan, dengan menggunakan alas keramik membuat pemanasan lebih cepat dan tidak merusak pakaian.

Memiliki sikat panjang yang cocok untuk membersihkan kain kain kecil pada pakaian. Terdapat juga sikat pendek yang cocok untuk membersihkan debu yang menempel pada pakaian. Selain itu, steamer pakaian ini memiliki pengaturan temperatur yang berbeda untuk setiap jenis kain serta pengisian air yang dirancang khusus anti bocor dan aman digunakan.

Oleh karena itu, GM Bear sebagai steamer pakaian memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya adalah lebih banyak menghemat waktu, membuat pakaian tidak mudah rusak, lebih aman saat digunakan karena tidak khawatir lagi terkena panas dari plat, lebih mudah saat menyetrika pakaian yang lebih panjang, tidak membuat pakaian terbakar dan lebih praktis saat menggunakannya.

Harga Rp. 164.999-327.000

PHILIPS Stand Steamer GC488/60

Steamer pakaian dari Philips ini menggunakan teknologi uap optimal, yang diklaim dapat membunuh 99,9% bakteri dan 100% tungau debu. Memiliki semburan uap terus menerus yaitu 35g/menit. Dengan dayan 1800 Watt dan plat uap 40% lebih besar.

Steamer pakaian ini juga telah dilengkapi dengan StyleMat, sehingga Anda tidak perlu meja setrika. Hal ini akan membuat hemat waktu dan bebas repot. Steamer pakaian ini memiliki tangki air 1,4 L yang bisa dilepas sehingga mudah diisi. Steamer yang ringkas dan bisa dilipat, dapat memudahkan Anda saat akan menggunakan dan menyimpannya.

Steamer pakaian ini menjadi solusi aman untuk semua pakaian termasuk kain halus seperti sutra. Dengan lima tingkat uap untuk berbagai jenis baju serta dilengkapi sarung tangan untuk perlindungan ekstra selama penguapan.

Harga Rp. 1.602.000-3.223.000

BOLDe Super Steamer Golden Blue

Steamer pakaian BOLDe memiliki daya 824 Watt, dengan kapasitas air 105 mL. Dengan tank tangki air tersebut memberikan kemudahan Anda dalam pemakaian steamer tanpa harus sering mengganti air.

Fast heat-up speed Smart Steamer dapat mencapai suhu maksimal dalam waktu 25 detik. Dengan menggunakan uap panas untuk merapikan baju Anda dan menghilangkan bakteri, kuman serta virus yang menempel pada pakaian.

Teknologi Micro Intelligent Steam Spray pada steamer pakaian ini membuat butiran uap panas yang tetap menjaga bahan pakaian tetap aman. Steamer/Iron Mode Smart Steamer dapat digunakan dengan berbagai sudut, secara vertikal (steamer mode) atau horizontal (iron mode).

Steamer pakaian ini juga telah dilengkapi dengan teknologi steaming pintar yang menghasilkan butiran air mikro dengan jumlah yang konstan untuk memastikan bahan pakaian tetap aman dan terjaga. Gagang steamer pakaian ini memiliki tampilan yang elegan, cantik, dan ergonomis.

Apalagi telah dilengkapi kabel 2 meter untuk memudahkan Anda dalam menggunakannya. Selain itu, steamer ini cocok untuk segala jenis bahan pakaian. Dengan PFOA Free, maka produk aman digunakan dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

Harga Rp. 325.000-870.000

Simplus Steamer Pakaian

Simplus merupakan salah satu merek yang menghadirkan smart produk yang dirancang dengan canggih, mudah digunakan, terpercaya, meminimalkan biaya pengeluaran dan memudahkan aktivitas sehari-hari. Steamer pakaian merek Simplus ini memiliki panel stainless steel anti karat.

Dengan kapasitas tangki air 130 mL dan daya listrik rendah yaitu 800 Watt. Penguapan suhu tinggi, yang diklaim 99% sterilisasi bakteri dan dapat menghilangkan kerutan dengan efisien.

Volume uap tinggi dan keluar cepat setiap 10s. Dengan satu kali tekan tombol, maka pengoperasian mudah dan tidak perlu terus menekan tombol.

Steamer pakaian ini 2in1 karena dapat digunakan dengan berdiri dan gantung. Dengan setrika berdiri maka kain akan mudah disetrika. Sedangkan dengan setrika gantung maka Anda dengan mudah menghilangkan kerutan pada kain.

Steamer pakaian ini telah didesain agar tidak membuat pakaian kering terbakar, sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, juga ringkas sehingga steamer pakaian ini tidak makan tempat.

Harga Rp. 195.276-197.000

KONKA Garment Steamer

Steamer pakaian dari merek Konka ini hadir dengan desain handheld dan dapat menampung air sebanyak 250 mL. Dengan kapasitas air sebesar ini, Anda dapat melakukan menyetrika baju dengan jumlah banyak dalam sekali pengisian air.

Supaya tangki tidak berjamur atau berkerak, maka disarankan menggunakan air mineral biasa. Waktu pemanasan hanya 6 menit saja, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk pekerjaan setrika. Dengan waktu pemakaian 10-12 menit kemudian air harus isi ulang.

Suhu yang cukup tinggi, maka Anda dapat dengan mudah merapikan pakaian berbahan katun, wol, polyester, sutra, nilon, beludru dan line. Steamer pakaian ini ringan sehingga nyaman dan mudah digunakan. Tidak hanya untuk merapikan pakaian saja, Anda juga dapat menggunakan steamer pakaian ini untuk merapikan sprei dan sofa.

Harga Rp. 285.000-1.072.664

INONE Steamer Pakaian Portable Iron

Steamer pakaian merek Inone ini terbuat dari bahan plastik dan teflon. Memiliki kapasitas tangki air 50 mL dengan daya 450 Watt. Daya rendah ini membuat steamer pakaian ini lebih hemat energi dan tetap memiliki kemampuan yang cukup untuk menghilangkan kerutan.

Kabel listrik 1,4 m cocok untuk digunakan untuk memudahkan Anda. Steamer pakaian ini cepat memanas dalam 30 detik dan memberikan keluaran uap yang kuat. Dengan laju uap yang tinggi maka dapat menghilangkan kerutan pakaian dengan mudah dan membuat pakaian menjadi halus dan terkompresi dengan baik.

Steamer pakaian ini juga dapat digunakan pada berbagai jenis kain termasuk nilon, wol, linen, katun, sutra, sintetis, dan sebagainya. Dengan menyediakan suhu optimal untuk setiap jenis pakaian, tidak seperti setrika satu suhu lainnya.

Desain steamer pakaian ini memiliki tapak setrika dengan 4 lubang uap yang anti gores dan anti lengket, ini memungkinkan setrika meluncur dengan mulus di kain.

Harga Rp. 129.900-534.000

Solo River

Solo River merupakan salah satu merek steamer pakaian yang memiliki bentuk cukup unik. Selain itu, steamer pakaian ini memiliki kapasitas tangki hingga 200 mL dengan daya 800 Watt.

Tersedia dalam dua varian warna yaitu biru dan pink. Dengan steamer pakaian ini, maka Anda bisa menyetrika sampai sisi sisi yang susah buat disetrika oleh setrika konvensional.

Kelebihan steamer pakaian ini adalah menghemat waktu, membuat pakaian tidak mudah rusak, lebih aman saat digunakan karena tidak khawatir lagi terkena panas dari plat, lebih mudah saat menyetrika pakaian yang lebih panjang, tidak membuat pakaian terbakar, dan lebih praktis saat menggunakannya.

Harga Rp. 104.999-748.000

Panasonic NI-P300T

Steamer pakaian dari Panasonic terbuat dari bahan material titan untuk bagian platnya. Kapasitas tangki air yang dimiliki steamer pakaian ini adalah 200 mL dengan daya 350 Watt. Dengan steamer pakaian ini dapat membuat pakaian Anda menjadi cepat licin dan rapi seperti baru beli.

Ditambahkan dengan penguapan membuat pakaian yang kusut menjadi cepat rapi kembali. Panasonic steamer pakaian ini mampu menghilangkan kusut pada baju secara cepat dan mudah digunakan. Memiliki 360 derajat cord putar dengan lapisan non stick atau anti lengket.

Harga Rp. 324.900-395.100

Dorahomi Garment Steamer

Dorahomi Garment Steamer LM2002, merupakan garment steamer yang memiliki kapasitas air 120 mL dengan daya 800 Watt. Menggunakan mesin yang berkualitas maka steamer ini cepat dalam memanaskan air menjadi uap serta menghasilkan uap panas yang sempurna.

Hal ini dapat menghaluskan dan merapikan pakaian lebih baik dan cepat. Panas suhu yang sudah diatur dan ditetapkan untuk menghasilkan uap panas yang tepat, sehingga tidak merusak bahan dan warna pakaian Anda.

Steamer pakaian ini memiliki bentuk yang fleksibel dan gagang yang dapat ditekuk membuat produk ini praktis dibawa ke mana saja dan hemat tempat. Dengan material produk yang kokoh namun tetap nyaman dan ringan saat dipakai. Selain itu, penggunaan listrik yang efisien dan Watt listrik yang tergolong rendah di kalangan produk yang sejenis membuat produk ini diklaim hemat listrik.

Harga Rp. 169.500-1.746.000

Demikian beberapa rekomendasi steamer pakaian terbaik yang bisa dijadikan referensi Anda. Anda bisa membeli steamer ini dengan menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum melakukan pembelian. Anda bisa mempertimbangkan tujuan penggunaan dan kenyamanan dari steamer pakaian. Dengan memilih steamer yang tepat, maka Anda dapat merapikan semua jenis pakaian dengan mudah dan nyaman.

From our editorial team

Memiliki steamer untuk pakaian mengurangi stress saat menyetrika

Keberadaan steamer sangat membantu untuk memberikan kelembapan yang cukup bagi pakaian Anda. Hasilnya, pakaian jadi selalu terlihat rapi!