10 Rekomendasi Disinfektan Spray Terbaik Untuk Membasmi Kuman dan Virus (2022)

10 Rekomendasi Disinfektan Spray Terbaik Untuk Membasmi Kuman dan Virus (2022)

Disinfektan adalah solusi untuk menjaga barang-barang di sekitar Anda tetap bersih. Kini hadir disinfektan berbentuk spray yang semakin memudahkan Anda dalam menggunakannya. Simak rekomendasi disinfektan spray terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Disinfektan Spray Jadi Cara Pratis Membunuh Kuman dan Bakteri

Disinfektan merupakan sebuah produk yang bisa digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati, seperti pada permukaan benda maupun di udara. Anda dapat menggunakan disinfektan untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur tanpa merusak benda yang terkena cairan.

Disinfektan ini termasuk barang yang penting untuk Anda miliki sebagai upaya pencegahan penyakit. Untungnya, Anda cukup mudah mendapatkan desinfektan karena ada banyak brand yang mengeluarkan produk ini, terutama desinfektan spray.

Anda bisa menggunakan desinfektan semprot ini untuk menyemprot kasur, baju, dan ruangan. Bahkan, ada disinfektan food grade yang aman untuk bayi dan anak-anak.

Cara Menggunakan Disinfektan yang Benar dan Aman

Gunakan Sarung Tangan

Ada baiknya memakai alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan demi kenyamanan Anda saat menggunakan disinfektan. Anda boleh menggunakan sarung tangan disposable (sekali pakai) atau sarung tangan reusable (bisa dipakai berulang). Jika menggunakan sarung tangan reusable, sebaiknya Anda mengkhususkan sarung tangan untuk bersih-bersih ya!

Semprotkan Pada Permukaan yang Sering Disentuh

Berdasarkan Chemical Safety Facts, disinfektan hanya perlu Anda gunakan pada perabot yang sering disentuh, dan tidak digunakan untuk menyemprot makanan serta tubuh. Maka, semprotkanlah disinfektan secara menyeluruh pada ruangan-ruangan di rumah Anda, mulai dari ruang depan, kamar tidur, hingga kamar mandi dan toilet.

Semprotkanlah disinfektan pada permukaan lantai, lemari, meja, kursi, sofa, kasur, gagang pintu, lemari, telepon, saklar lampu,keyboard, wastafel, dan lain sebagainya.

Tunggu Sampai Kering

Jika Anda menggunakan disinfektan aerosol spray, maka Anda cukup menunggu semprotannya kering. Tidak seperti mengepel lantai atau membersihkan kaca, Anda tidak perlu repot-repot mengelap permukaan yang sudah disemprotkan dengan disinfektan spray. Tidaklah lama untuk menunggu permukaan yang Anda semprot menjadi kering, karena air yang keluar pun sangat halus.

Jangan Disemprotkan Pada Tubuh

Disinfektan berbeda dengan antiseptik yang memang ditujukan untuk disinfeksi pada permukaan kulit dan membran mukosa. Menyemprot disinfektan ke permukaan tubuh manusia tidak efektif untuk membunuh mikroorganisme yang telah masuk ke dalam tubuh. Menyemprotkan disinfektan justru dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan, seperti mengiritasi kulit bahkan diduga memicu kanker.

Cuci Tangan Setelah Menggunakan Disinfektan

Setelah menyemprotkan disinfektan, bukalah sarung tangan Anda. Buanglah sarung tangan disposable, atau letakkan sarung tangan reusable Anda di tempat cucian. Lalu, cucilah tangan Anda secara menyeluruh dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Jadikanlah hal ini sebagai kebiasaan. Dengan mengupayakan kebersihan rumah dan kebersihan diri sendiri secara ekstra, artinya Anda juga mengupayakan kesehatan diri Anda beserta keluarga.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Disinfektan Spray

Area yang Akan Dibersihkan

Secara umum, disinfectant spray terbagi menjadi empat jenis, yaitu disinfektan hard surface, disinfektan soft surface, disinfektan multipurpose, dan disinfektan untuk hewan peliharaan. Disinfektan hard surface diperuntukkan pada benda keras seperti kayu, kaca, logam dan sebagainya.

Disinfektan soft surface digunakan pada benda lembut seperti kasur, sofa, jok mobil, dan lainnya. Disinfektan multipurpose dapat digunakan pada hard surface dan soft surface. Beberapa disinfektan multipurpose bersifat aerosol yang bisa digunakan untuk membersihkan udara.

Disinfektan untuk hewan peliharaan, digunakan untuk membersihkan kandang atau menyemprot luka dan jamur pada kulit hewan. Disinfektan untuk hewan sudah diformulasikan agar aman jika terjilat oleh hewan peliharaan.

Bersihkanlah permukaan objek sebelum Anda menyemprotkan disinfektan. Sebab, permukaan yang kotor akan menyerap bahan aktif disinfektan, sehingga menyemprotkan disinfektan pada permukaan kotor akan mengurangi efektivitasnya

Instruksi Penggunaan

Penting untuk selalu mencermati label dan instruksi disinfektan sebelum membeli. Label dan instruksi tersebut berisi info dan cara menggunakan disinfektan dengan benar. Tidak semua disinfektan mempunyai sifat yang sama, dan cara menggunakan yang sama. Penggunaan disinfektan harus sesuai dengan instruksi dari perusahaan yang memproduksinya.

Penggunaan yang tidak sesuai instruksi bisa mengurangi efektivitas disinfektan atau malah dapat membahayakan penggunanya. Beberapa produk juga memberikan keterangan tambahan seperti kill time, perlu atau tidak dilap setelah disemprotkan.

Sedikit catatan, untuk disinfektan spray yang digunakan pada solid surface, sebaiknya Anda mencari disinfektan yang non korosif.

Keamanan Untuk Anak-Anak

Pilihlah disinfektan yang sudah memiliki izin edar dari Kemenkes untuk memastikan keamanannya. Anda bisa mengecek izin edar produk di website Info Alat Kemenkes.

Produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) impor atau dalam negeri yang beredar di Indonesia juga hanya dapat beredar setelah mendapatkan izin edar yang diberikan oleh Kemenkes. Produk atau alat kesehatan akan mendapatkan izin edar setelah melalui proses evaluasi dan dinyatakan memenuhi persyaratan keamanan, mutu, dan manfaat.

Bahan aktif dalam cairan disinfektan dapat membahayakan penggunanya, terlebih pada anak-anak. Risiko yang bisa disebabkan adalah iritasi kulit dan pernafasan. Dalam mengantisipasinya, Anda bisa memilih disinfektan dengan label ramah anak.

Disinfektan spray yang aman untuk anak umumnya terbuat dari bahan natural, bebas alkohol, juga bebas pewangi. Selain itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan label food grade, demi menjaga keamanan anak-anak, karena bayi dan balita suka menyentuh mulutnya.

Rekomendasi Disinfektan Spray Terbaik Untuk Anda

Dettol Antibacterial Disinfectant Spray

Dettol All in One Disinfectant Spray ini dapat membantu Anda memberantas bakteri dan virus yang ada di sekitar Anda, serta mencegah pertumbuhan jamur. Produk ini hadir dalam dua varian, yaitu berwarna hijau morning dew dan warna biru crisp breeze. Keduanya sama-sama harum dan menyegarkan.

Aroma harumnya terasa segar dan tidak menyengat. Ini menjadi kelebihan dari produk disinfektan yang umumnya hadir dengan aroma yang menyengat dan membuat pusing. Produk berbentuk aerosol ini aman dipakai untuk membersihkan permukaan keras maupun lunak, dan mudah kering.

Dettol All in One Disinfectant Spray hadir dengan ukuran 225 ml, yang terbilang cukup besar dibanding produk air disinfectant pada umumnya. Sayangnya, produk ini belum baby/kids friendly. Jadi, jauhkanlah produk ini dari jangkauan bayi ataupun anak-anak ya!

Harga Rp. 30.000-100.000

Saniter Air & Surface Sanitizer

Sesuai dengan namanya, Saniter Air & Surface Sanitizer ini dapat Anda gunakan untuk membunuh kuman di udara dan di permukaan benda. Disinfektan spray dari Saniter ini memiliki karakter spray yang kuat dengan butiran aerosol yang halus yang akan menyebar di udara.

Penggunaannya begitu praktis. Hasil semprotannya tidak meninggalkan rasa lengket, dan Anda juga tidak perlu mengelap permukaan yang disemprot. Jika Anda kurang menyukai aromanya yang cukup strong, Anda bisa memilih varian aroma baru yang lebih lembut, yaitu Natural Eucalyptus Oil.

Harga Rp. 25.000-40.000

Secret Clean Disinfectant Spray Aerosol Eucalyptus

Secret Clean menghadirkan disinfektan spray dengan Eucalyptus. Eucalyptus sendiri merupakan bahan alami yang dapat membantu membunuh kuman. Aromanya juga menyegarkan. Disinfektan spray dari Secret Clean ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan kuman penyakit di udara dan di permukaan perabot seperti meja, kursi, dan sebagainya.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Anda tinggal menyemprotkan disinfektan ini ke berbagai permukaan benda. Mulailah dari ruang keluarga, ruang kantor, kamar tidur, kamar mandi, juga kendaraan Anda. Habisilah semua kuman penyebab penyakit di rumah Anda!

Harga Rp. 17.000-50.000

SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus

Sesuai dengan namanya, SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus mengandung minyak eucalyptus yang dapat membunuh kuman penyakit. Anda bisa menyemprotkan produk SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus ini pada benda-benda yang memiliki permukaan halus maupun kasar.

Disinfektan ini diformulasikan cepat kering, sehingga Anda tak perlu mengelap permukaan yang disemprotkan. Produk disinfektan semprot ini memiliki wangi yang segar, sehingga Anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir bau dan mengharumkan ruangan.

SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus ini juga sudah teruji di laboratorium, dan sudah terakreditasi 99,9% efektif membunuh kuman dengan cepat, termasuk bakteri MRSA dan virus influenza H5N1.

Harga Rp. 27.000-40.000

Bigroot Disinfectant Spray

Bigroot Disinfectant Spray ini merupakan disinfektan yang ideal untuk Anda gunakan di rumah, demi melindungi seluruh keluarga. Disinfektan dari Bigroot ini dibuat dari bahan-bahan alami, dan bersifat food grade, sehingga aman untuk bayi dan anak-anak.

Anda bisa menggunakan produk disinfektan ini untuk menyemprot ruangan atau permukaan barang-barang kesayangan Anda, tanpa perlu takut meninggalkan bekas noda. Cairan disinfektan semprot ini memiliki aroma floral dan fruity yang tahan lama. Anda pun dapat menggunakan produk ini sebagai pengharum ruangan.

Harga Rp. 40.000-60.000

Eagle Eucalyptus Disinfectant Spray

CAP LANG juga mengeluarkan disinfektan spray yang diformulasikan dari minyak Eucalyptus Globulus, namanya CAP LANG Eagle Eucalyptus Disinfectant Spray. Minyak Eucalyptus yang terkandung di dalam disinfektan ini dapat membantu membunuh kuman, sekaligus menyegarkan ruangan Anda.

Produk ini tidak mengandung CFC (chlorofluorocarbon), sehingga lebih ramah lingkungan. Produk disinfektan semprot dari CAP LANG ini juga tersedia dalam botol kemasan kecil dan botol kemasan besar yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 20.000-100.000

Spray Stella Fresh & Protect Fresh Floral Disinfectant Spray

Stella telah menjadi brand penghasil produk pengharum ruangan yang populer. Kali ini, Stella menghadirkan pengharum ruangan yang tak hanya bisa mengharumkan ruangan, namun juga membunuh kuman.

Disinfektan dari Stella ini mengandung fragrance dengan aroma bunga segar, serta ethanol, dan benzalkonium chloride yang ampuh untuk menghilangkan kuman penyakit di sekitar. Anda bisa menggunakannya untuk membunuh kuman di udara, dan di permukaan benda keras seperti gagang pintu, meja, kursi, sofa, kendaraan, dan lain sebagainya.

Produk Spray Stella Fresh & Protect Fresh Floral ini tidak lengket, dan cepat kering setelah Anda menyemprotkannya ke permukaan benda. Wanginya juga tahan lama. Sayangnya, produk disinfektan Spray Stella Fresh & Protect Fresh Floral ini masih belum baby friendly, jadi jauhkanlah dari jangkauan anak-anak ya!

Harga Rp. 30.000-40.000

Wipol Disinfectant Spray Power Clean

Untuk memastikan rumah Anda tetap bersih, bebas dari virus dan bakteri, Anda bisa menggunakan Wipol Disinfectant Spray Power Clean. Ini adalah produk disinfektan yang efektif untuk membersihkan semua permukaan di rumah Anda.

Mulai dari meja, kursi, lampu, hingga benda-benda lain yang ada di rumah Anda. Produk ini memiliki kandungan Benzalkonium Chloride dan Ethoxylated Alcohol yang dapat membersihkan kotoran dan debu, serta aktif membunuh kuman. Keunggulan lain dari produk ini adalah sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI.

Harga Rp. 15.000-35.000

Sunlight On The Go Disinfectant Spray

Sunlight tak hanya menghadirkan sabun cuci piring, namun juga disinfektan spray, yaitu produk Sunlight On The Go Disinfectant Spray ini. Disinfektan spray dari Sunlight ini diformulasikan secara khusus dengan pewangi food grade dan tanpa alkohol, sehingga aman digunakan pada peralatan makan..

Hanya dalam 30 detik saja, peralatan makan Anda jadi higienis dan bebas dari kuman penyakit. Anda tidak perlu membilasnya. Sunlight On The Go Disinfectant Spray ini sangat praktis untuk menjaga higienitas alat makan Anda di mana saja. Anda bisa membawanya saat makan di luar atau saat travelling.

Harga Rp. 10.000-30.000

Secret Clean Helmet Disinfectant

Secret Clean dari Victoria Care mengeluarkan disinfektan spray yang diformulasikan khusus untuk membersihkan helm. Helm memang termasuk rentan terkena kuman penyakit, karena rentan terkena bersin dan rentan berada dalam kondisi yang lembap karena bekas keringat.

Sekarang, Anda bisa menyemprotkan disinfektan yang diformulasikan khusus untuk helm ini, untuk membasmi kuman penyakit di helm. Helm pun jadi lebih wangi. Selain pada helm, Anda juga bisa menyemprotkan Secret Clean dari Victoria Care ini untuk membersihkan sepatu dan tas kesayangan.

Harga Rp. 12.000-20.000
From our editorial team

Pilih Kemasan Travel Friendly Agar Mudah Dibawa ke Mana Saja

Anda tidak hanya harus menyediakan disinfektan untuk digunakan di rumah saja, tetapi juga saat Anda beraktivitas di luar rumah. Agar mudah dibawa dan tidak memberatkan, sebaiknya Anda memilih kemasan yang travel friendly. Pilih disinfektan spray terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas.