10 Pilihan Alat Pel yang Memudahkan untuk Membersihkan Lantai dari Kuman dan Debu! (2022)

10 Pilihan Alat Pel yang Memudahkan untuk Membersihkan Lantai dari Kuman dan Debu! (2022)

Mengepel bisa jadi pekerjaan yang melelahkan. Namun, beda halnya kalau kamu memilih alat pel yang tepat. Dengan alat yang tepat, mengepel bisa jadi menyenangkan, cepat, dan bikin semangat membersihkan rumah. Jangan bimbang memilih alat pel. Kami sediakan tips dan juga rekomendasi produknya hanya untuk kamu!

Mengepel jadi Salah Satu Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Kebersihan rumah wajib dijaga setiap hari. Salah satu caranya adalah dengan rajin mengepel rumah. Kegiatan ini wajib dilakukan setidaknya sekali sehari. Dengan mengepel lantai rumah maka rumah jadi bebas debu, kotoran, dan juga kuman. Selain itu, kita juga jadi bisa lebih sehat. Ini karena mengepel lantai selama 60 menit setidaknya membakar 400 kalori.

Saat mengepel, jangan lewatkan juga bagian sudut-sudut rumah. Ini karena bagian sudut-sudut rumah merupakan tempat debu berkumpul dan tidak jarang ada serangga juga yang gemar berada di sudut dan pojok ruangan.

Gunakanlah air karbol untuk mengepel. Ini supaya lantai jadi kesat dan tidak licin. Selain itu, air karbol juga bikin kuman di lantai jadi hilang. Kuman adalah sumber penyakit, jadi jika kita hanya sekadar mengepel dengan air akan kurang ampuh untuk membunuh kuman. Mengepel dengan air karbol juga bisa mengurangi virus dan jamur yang bisa menularkan penyakit.

Dalam mengepel, kita juga butuh yang namanya alat pel. Dengan memilih alat pel yang tepat maka, kita bisa lebih nyaman mengepel. Pekerjaan mengepel juga jadi lebih ringan dan kita lebih cepat selesai.

Tips Memilih Alat Pel

Pilih Jenis Gagangnya

Dalam memilih alat pel, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis gagang pelnya. Secara umum, di pasaran ada dua jenis gagang pel. Ada yang bisa dipanjang pendekkan dan ada yang tidak bisa dipanjang pendekkan namun memiliki genggaman atau grip yang nyaman. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya nyaman untuk kamu.

Sebagai informasi, gagang pel yang bisa dipanjang pendekkan lebih praktis dimiliki. Ini karena jika ingin menyimpan juga jadi lebih mudah. Cukup pendekkan gagangnya dan alat pel bisa digantung dengan mudah. Gagang yang bisa dipanjang pendekkan juga memudahkan jika ingin membersihkan kolong-kolong rumah karena bisa disesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan.

Saat memilih gagang pel yang bisa disesuaikan, pastikan sistem penyesuaiannya rapat. Ini karena tak jarang ada juga gagang pel yang tiba-tiba memendek atau memanjang karena sistem penyesuaiannya sudah mulai longgar sehingga kita kesulitan mengatur panjang pendeknya.

Gagang pel lainnya yang bisa dipilih adalah gagang yang memiliki grip. Ini membuatnya nyaman digenggam karena tidak licin saat digunakan. Cukup beri sedikit tekanan, maka alat pel bisa membersihkan area yang kita inginkan dengan mudah. Pilih grip yang sekiranya nyaman di tangan, bisa grip yang lembut, grip plastik, dan lain sebagainya.

Pertimbangkan Bobot

Bobot alat pel juga termasuk sebagai hal yang wajib dipertimbangkan saat memilih alat pel. Jika alat pel terlalu berat maka kita jadi malas mengepel. Selain itu, kita jadi mudah lelah dan capek meski baru mengepel satu bagian ruangan saja. Ini karena alat pel yang berat bikin kita harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar ketika mengepel lantai.

Jadi, pastikan kamu memilih bobot alat pel yang tidak terlalu berat. Umumnya kisaran bobotnya adalah 350 gram. Dengan bobot ini, kamu tidak akan terlalu mudah lelah namun juga tidak terlalu ringan sehingga mengepel bisa lebih maksimal.

Pilih Ukurannya

Ukuran alat pel merupakan hal lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih alat pel. Sekarang ini ada aneka varian dan ukuran alat pel di pasaran. Agar tak salah dalam memilih ukuran alat pel, kamu cukup sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan alat pel kamu di rumah.

Misalnya saja jika kamu ingin mencari alat pel ruangan, maka kamu butuh alat pel yang ukuran kepalanya sekitar 25 cm. Beda halnya jika kamu ingin mencari alat pel untuk kamar mandi atau toilet. Karena ruang kamar mandi atau toilet butuh alat yang bisa menjangkau sudut lebih baik, maka gunakan alat yang ukuran kepalanya sekitar 15 cm.

Dengan menyesuaikan ukuran kepala alat pel, maka kamu bisa lebih cepat selesai dalam mengepel. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ruangan sehingga alat pel bisa bekerja maksimal dan kamu juga tidak membuang banyak tenaga.

Pilih dari Tipe Pengoperasiannya

Semakin maju zaman, semakin banyak penemuan alat dengan model baru yang ditujukan untuk memudahkan hidup kita. Sama halnya dengan alat pel. Jika dulu hanya ada alat pel yang mengharuskan kita mengepel dengan cara berjongkok dengan tangan, kini sudah ada alat pel lengkap dengan ember yang bisa digerakkan dengan tangan saja atau dengan bantuan kaki saja.

Alat pel yang dioperasikan dengan tangan bikin kita lebih fokus untuk memakai tangan saat menggerakkan alat pel. Tipe pengoperasian ini bisa memutar gagang pel dengan cara mendorong gagang ke dalam ember memakai kekuatan tangan. Sayangnya, kita butuh tenaga tangan yang kuat untuk yang satu ini. Jika tangan kamu lemah atau tidak sekuat itu, maka sebaiknya pilih tipe lainnya.

Alat pel lainnya adalah alat yang dioperasikan dengan kaki. Alat pel dengan ember yang memiliki pedal memudahkan kamu dalam memakainya. Cukup injak pedal maka kain pel akan berputar secara otomatis. Pemakaian alat ini lebih mudah dan lebih minim tenaga sehingga kamu tidak mudah lelah.

Ini Loh Deretan Alat Pel Canggih Terkini yang Memudahkan Mengepel

Newstyle Spin Mop D31

Newstyle Spin Mop D31 merupakan rekomendasi pertama kami. Alat hadir dengan 1 set tongkat pel dan wadah pel. Ini merupakan tipe alat pel yang memakai tenaga tangan. Produk memiliki panjang tiang pel 111 hingga 134 cm sehingga bisa disesuaikan. Lebar kain pelnya 25 cm. Ukuran ember airnya adalah 29 x 29 x 19 cm.

Alat pel ini bisa memebrsihkan lantai kotor dalam keadaan kering ataupun basah. Hanya butuh sekali swipe untuk lantai lebih bersih. Ini karena ada gerigi dalam ember yang bisa membersihkan kain pel dari debu atau rambut yang menempel. Kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

Desain kepala kain pelnya bulat. Ini membuatnya bisa menjangkau daerah yang sulit dibersihkan. Produk terbuat dari plastik ekstra tebal dengan kombinasi stainless anti karat sehingga awet digunakan.

Harga Rp. 103.000-195.000

Proclean Alat Pel Berputar 3 In 1

Proclean Alat Pel Berputar 3 In 1 hadir dengan ember yang memudahkan kamu untuk memeras kain pel. Ini adalah tipe alat pel dengan pedal. Kamu tidak perlu capek-capek memeras alat pel. Cukup masukkan pel ke dalam ember, lalu tekan pedalnya sehingga alat pel bisa berputar.

Masukkan alat pel pada bagian dasar ember yang dipenuhi air lalu putar dengan menekan tangkai pel. Saat ingin mengeringkannya, letakkan alat pel pada ember yang memiliki penyaring lalu injak pedal hingga alat pel berputar.

Pegangan alat pel ini mudah digenggam. Panjangnya bisa disesuaikan dengan panjang maksimal 143 cm. Produk hadir dengan ember berkapasitas 14 liter. Kepala pel bisa menggapai area sempit yang harus dibersihkan. Pembelian sudah lengkap dengan 1 kain pel reffil.

Harga Rp. 315.000-367.000

BOLDe Super MOP OREGON

BOLDe Super MOP OREGON tentu saja sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini ekonomis untuk dimiliki. Bisa mudah disimpan dan mudah untuk digunakan. Hadir dalam pilihan warna menarik sehingga bikin kamu lebih semangat untuk mengepel.

Bodinya dari plastik berkualitas dengan ember berkapasitas 7 liter. Dalam alat ini sudah ada tempat botol pewangi lantai 25 ml. Tidak perlu bingung membuang airnya karena sudah ada lubang drainase pada bucketnya. Produk memiliki pengunci tongkat pel yang memakai sistem putar.

Alat pel hadir dengan roda sehingga mudah untuk dipindahkan. Saat membeli produk sudah ada tongkat pel dan saringan bahan stainless. Ada juga refill microfiber sebanyak 2 buah.

Harga Rp. 205.000-215.000

Angola Spin Mop D15

Angola Spin Mop D15 adalah alat pel praktis yang mudah digunakan. Cocok untuk mengepel kotoran dan debu baik yang kering atau basah. Lantai bisa lebih cepat bersih dan bebas kuman dalam sekejap. Kamu tidak perlu capek-capek lagi saat mengepel karena alatnya memudahkan kamu dalam bekerja.

Modelnya fleksibel sehingga bisa menjangkau sudut yang sulit sekalipun. Produk ini bisa berputar otomatis untuk membersihkan sekaligus memeras air. Kain pelnya berkualitas jadi bulunya tidak mudah rontok, tidak menggores lantai, dan tidak akan meninggalkan bekas air pada saat mengepel.

Alat ini bisa berputar 360 derajat jadi lebih efisien untuk membersihkan segala sudut. Dalam pembelian ada dua buah kain pel yang disertakan. Ember pel memiliki ukuran 22 x 46 x 26 cm.

Harga Rp. 108.000-135.000

Homme Flat Mop HM-Z1

Homme Flat Mop HM-Z1 memiliki grip pada bagian gagang pelnya sehingga lebih nyaman digenggam. Produk ini dilengkapi juga dengan ember multifungsi. Embernya bisa menyemprotkan air, menyikat, serta memeras kain pel. Kamu jadi tidak perlu bekerja keras saat mengepel. Lebih hemat tenaga dan juga waktu.

Tangan tetap bersih dan bisa bebas dari kegiatan memeras. Panjang gagang pel adalah 99 hingga 135 cm sehingga gagang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kamu. Lebar kepala pel adalah 32 cm.

Harga Rp. 297.000-798.000

Angola Spray Mop D05

Angola Spray Mop D05 sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Desainnya unik dengan semprotan pada bagian gagang pelnya. Ini membuatnya begitu mudah dan praktis digunakan. Botol semprotnya berkapasitas 0,35 liter sehingga cukup untuk mengepel lantai hingga 100 m2.

Selain bisa mengepel lantai, alat ini juga bisa dipakai untuk membersihkan kaca. Produk bisa diputar hingga 360 derajat sehingga cocok untuk segala ruangan dan mampu menjangkau berbagai sudut. Alat ini bisa dipakai membersihkan aneka jenis lantai seperti kayu, ubin, marmer, vinyl, dan lain sebagainya.

Alat pel hadir dengan botol yang mudah dipasang. Kepala pel dari bahan ABS yang tahan lama digunakan.

Harga Rp. 79.900-153.000

Top Living X-Shape Alat Pel Lantai Otomatis Ultra Mop Flat Mop

Top Living X-Shape Alat Pel Lantai Otomatis Ultra Mop Flat Mop hadir dengan bagian kepala yang bisa memutar 360 derajat. Alat bisa membersihkan secara menyeluruh hingga ke area yang sulit dijangkau. Cocok untuk membersihkan lantai kering atau basah. Daya serap airnya bagus karena alat pel dari bahan microfiber.

Produk bikin kamu mudah mengepel tanpa mengotori tangan. Ada sumbu berbentuk huruf X sehingga memudahkan untuk mengepel bagian kaki meja atau kursi. Kamu bisa memakainya untuk mengepel berbagai jenis lantai, mulai dari lantai kayu, semen, keramik, hingga batu.

Harga Rp. 184.900-483.000

COOGER Water Spray Mop

COOGER Water Spray Mop begitu efisien untuk digunakan. Alat ini praktis dan ekonomis. Cukup tarik tuas di bagian pegangan dan air akan segera menyemprot ke lantai. Jangkauan spray cukup luas sehingga kamu bisa lebih cepat selesai dalam mengepel.

Bobot alat ini sedikit berat yakni 674 gram. Namun tenang saja karena masih mudah dikendalikan dan nyaman dipegang. Ada grip pada gagangnya sehingga tidak licin saat digunakan. Panjang gagang pelnya adalah 125 cm dengan lebar kepala pel adalah 38 cm.

Harga Rp. 139.000-200.000

GM Bear Alat Pel Lantai Praktis Aclima 1041

GM Bear Alat Pel Lantai Praktis Aclima 1041 merupakan pilihan kami berikutnya. Alat ini bikin mengepel lebih mudah. Lantai lebih bersih dan hidup kita bisa lebih sehat. Produk memiliki kepala yang bisa berputar 360 derajat. Alat ini akan membersihkan setiap sudut secara maksimal.

Produk cocok untuk lantai basah atau kering. Tidak akan merusak apapun jenis lantainya. Ember memiliki ukuran 24.5cm x 46.5cm x 28cm. Tongkat pelnya nyaman digenggam.

Harga Rp. 152.800-581.000

Vitara Spin Mop VTR-601

Vitara Spin Mop VTR-601 adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dengan mode putar yang akan memudahkan perkerjaan mengepel lantai rumah. Ada pilihan warna hijau dan ungu yang bikin mengepel jadi lebih semangat. Produk hadir dengan saringan untuk mengeringkan.

Saringannya berbahan stainless jadi tidak mudah berkarat. Panjang tongkat pel mudah disesuaikan. Bahan kain pelnya microfiber sehingga berdaya serap baik.

Harga Rp. 135.000-203.000
From our editorial team

Pastikan Memilih Alat Pel yang Dilengkapi Kain Pel Tambahan

Dalam memilih alat pel, tentu ada banyak pertimbangan sebelum kita membelinya. Salah satunya adalah pilih yang menyertakan bonus kain pel tambahan. Dengan adanya kain pel tambahan maka kita bisa bergantian memakainya. Saat yang satu dibersihkan dan dikeringkan maka kita bisa pakai lainnya. Dengan begitu maka kain pel bisa membersihkan dengan maksimal karena kebersihan kain pelnya sendiri juga terjaga.