Ruangan Tetap Bersih Dengan 10 Rekomendasi Alat Pel Lantai Peras Ini (2022)

Ruangan Tetap Bersih Dengan 10 Rekomendasi Alat Pel Lantai Peras Ini (2022)

Mengepel lantai menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga rumah agar tetap bersih. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi alat pel lantai peras untuk semua ruangan. Yuk, simak bersama!

Pel Lantai Membersihkan Lebih Baik Dari Vacuum Cleaner

Menjaga kebersihan rumah adalah suatu hal yang tidak boleh disepelekan mengingat fungsi rumah sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Rumah yang bersih akan menjaga keluarga di rumah menjadi lebih sehat.

Salah satu kebersihan rumah yang perlu dijaga adalah lantai. Alat pel lantai dianggap lebih efektif dan efisien dalam membersihkan debu-debu dan kotoran yang menempel di lantai, dibandingkan dengan vacuum cleaner.

Alat pel lantai yang digunakan dengan cara menggosokkan ke permukaan lantai, akan dapat lebih mengangkat kotoran yang melekat pada lantai, ketimbang vacuum cleaning yang fungsinya hanya menyedot debu.

Tips Menjaga Lantai Agar Tetap Bersih Mengkilat

Sapu dan Pel Lantai Secara Rutin

Setiap harinya, lantai berpotensi menjadi sarang debu. Jika Anda tidak rutin membersihkannya, debu yang jatuh pada lantai dapat terus menumpuk menjadi tebal, bahkan dapat membentuk bola jika dikumpulkan.

Anda perlu menyapu semua debu yang hinggap di lantai untuk menjaga kebersihannya. Anda dapat menggunakan sapu berbahan ijuk yang lembut agar tidak menggores dan merusak permukaan lantai rumah Anda.

Setelah lantai bersih dari debu dan remah-remah yang mungkin ada pada lantai, saatnya mengepel lantai. Gunakanlah sabun pembersih lantai supaya lebih bersih dan wangi. Bersihkan hingga ke area sudut lantai juga agar lebih maksimal.

Bersihkan Kerak di Lantai

Anda mungkin menemukan beberapa area lantai keramik pada rumah yang memiliki kerak. Kerak yang menempel pada lantai keramik ini bisa muncul ketika lantai baru dipasang maupun yang sudah lama digunakan.

Ketika lantai baru dipasang, maka mungkin saja ada semen yang tidak sengaja mengenai lantai tersebut dan akhirnya meninggalkan kerak. Kerak juga bisa muncul apabila lantai keramik di rumah terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Anda dapat menggunakan larutan cuka dan air untuk membersihkan lantai yang berkerak. Hal ini karena larutan asam yang ada pada cuka bersifat cukup keras untuk mengikis kerak, dan membersihkan lantai.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan baking soda yang dicampur dengan pasta gigi. Campuran tersebut dapat dituangkan ke area tempat yang berkerak, dan diamkan beberapa saat sebelum disikat atau dilap.

Segera Lap Noda Minyak

Lantai keramik sangat rentan akan menempelnya minyak, apalagi pada lantai di area dapur. Ketika sedang memasak dan menggoreng makanan, minyak akan dengan mudah terciprat dan menempel pada lantai.

Minyak yang tumpah atau terciprat dan tidak segera dibersihkan dapat berpotensi meninggalkan noda pada lantai. Namun, ada cara yang ampuh untuk mengangkat minyak saat sudah menempel pada lantai.

Anda dapat menggunakan tepung. Caranya, cukup dengan menaburkan tepung di atas area yang terkena minyak. Lalu tunggu beberapa saat agar minyak terserap ke dalam tepung, dan Anda tinggal membersihkannya dengan sapu atau lap.

Bersihkan Lantai Dengan Karbol

Permasalahan lantai keramik yang kusam sudah menjadi masalah klasik. Lantai yang kusam ini dapat terjadi karena terlalu banyak kotoran yang tertinggal dan mengendap di lantai, atau karena meletakkan barang terlalu lama di atas lantai.

Kabar baiknya, lantai keramik yang kusam ini dapat diatasi. Anda cukup menggunakan pembersih karbol untuk membersihkannya. Pembersih ini mudah didapatkan di pasaran dan tersedia dalam berbagai merek.

Pembersih karbol memiliki kandungan zat kimia yang sangat efektif dalam membersihkan lantai yang kusam. Anda cukup menuangkan cairan karbol ini ke area yang kusam, diamkan beberapa menit, lalu gosok hingga kinclong.

Minimalisir Debu dari Luar Rumah

Tindakan meminimalisir debu untuk menjaga lantai yang bersih adalah tindakan pencegahan. Bak kata pepatah: “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka hal ini tak bisa disepelekan demi pekerjaan bersih-bersih yang lebih ringan.

Contoh cara meminimalisir debu dari luar adalah dengan melepaskan sepatu atau sandal setelah berkegiatan di luar rumah. Ini dilakukan agar kotoran yang melekat pada sepatu atau sandal itu tidak mengotori lantai saat Anda menginjaknya.

Hal tersebut juga berlaku bagi tamu yang datang ke rumah, Anda dapat memintanya untuk melepaskan alas kaki mereka. Sebagai alternatif, tidak ada salahnya untuk menyiapkan sandal khusus di dalam rumah.

Jenis Alat Pel Lantai Peras yang Dijual di Pasaran

Spin Mop Peras Tangan

Alat pel ini memiliki ember khusus yang dapat berfungsi meremas. Dalam meremasnya, Anda hanya perlu sedikit menekan alat pel ini pada ember khususnya hingga alat ini pun berputar 360 derajat. Praktis bukan?

Spin Mop Pedal

Kain pel yang satu ini juga terbilang praktis karena Anda hanya perlu menginjak pedalnya. Namun, Anda ini tidak disarankan bagi Anda yang mengalami nyeri sendi karena membutuhkan tenaga lebih untuk menginjak pedalnya.

Flat Mop

Flat mop alias pel datar ini juga cukup praktis. Flat mop biasanya mengandalkan kain microfiber yang mampu menyerap air dengan baik. Anda perlu menekan flat mop agak kuat supaya kotoran dan noda di lantai bisa terangkat dengan maksimal.

Rekomendasi Alat Pel Lantai Peras Serbaguna

BOLDe Super Mop Athena

Alat pel dari BOLDe ini termasuk jenis spin mop peras tangan. Dalam satu paket BOLDe Super Mop, Anda bisa mendapatkan 2 kain pel sekaligus, sehingga Anda pun mempunyai 1 kain pel cadangan.

Kain pel BOLDe ini terbuat dari serat fiber yang mampu mengangkat partikel kecil kotoran. Kepala pelnya bisa berputar sampai 360 derajat, agar memudahkan Anda membersihkan sela-sela perabotan atau sudut yang sulit dijangkau.

Menariknya, pada satu sisi bagian dalam ember pel juga terdapat tempat untuk botol sabun. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menyimpan sabun pel sehingga tidak perlu berulang kali menuangkan sabun pel lagi ketika mengepel.

Adanya lubang drainase pada ember pel membuat Anda bisa langsung membuang air pel di ember yang sama, tanpa perlu repot lagi mengangkat ember dan menuangkan air sisa pel yang ada di dalamnya.

Alat pel BOLDe Super Mop Athena ini tersedia dalam 3 warna, yaitu pink magenta, biru toska, dan beige. Alat pel ini juga mudah dibongkar pasang karena sudah dilengkapi dengan buku petunjuk pemasangan.

Harga Rp. 100.000-200.000

3M Scotch Brite Pel Strip Kotak Kuning

Jika Anda hanya mengenal Scotch Brite dengan sponge pembersihnya, maka ketahuilah, bahwa Scotch Brite juga mengeluarkan produk berupa alat pel lantai yang bagus untuk membersihkan rumah Anda.

Perkenalkan, 3M Scotch Brite Pel Strip Kotak Kuning, yaitu alat pel yang bukan hanya dapat Anda gunakan untuk membersihkan bagian dalam rumah, namun juga bagian luar rumah seperti balkon ataupun parket kayu.

Keunggulan 3M Scotch Brite Pel Strip Kotak Kuning terletak pada kain pelnya yang mengandung serat pulp dan aman digunakan pada semua jenis lantai, baik lantai kayu, marmer, keramik, batu, dan masih banyak lagi.

Adanya serat pulp inilah yang membuat kain pel bisa menyerap basah dengan maksimal sehingga dapat membuat lantai rumah tetap kering setelah dipel, sehingga mampu meminimalisir resiko orang terpeleset.

Menariknya lagi, alat pel ini hemat tempat karena penyimpanannya hanya perlu digantung sehingga tidak akan merusak kain ataupun gagang pel sama sekali. Anda bahkan bisa membongkar pasang gagang dan kain pel sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 100.000-125.000

Milea Magic Mop Set BG-131

Dengan Milea Magic Mop Set BG-131, Anda tidak perlu lagi merasa malas mengepel dengan alasan tangan selalu basah untuk memeras kain pel. Sebab, alat pel yang satu ini sudah dilengkapi dengan pengering otomatis pada embernya.

Selain dilengkapi dengan fitur pengering otomatis, ember Milea Magic Mop Set BG-131 ini juga memiliki lubang pembuangan air yang membuat Anda semakin dimanjakan karena tidak perlu repot membuang air pel keluar ruangan.

Ukuran Milea Magic Mop Set BG-131 hanya 24x20x38 cm dengan bobot yang ringan sehingga Anda tidak cepat lelah ketika mengepel seluruh rumah. Panjang gagangnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Milea Magic Mop Set BG-131 terbuat dari material ABS terbaik sehingga tidak mudah patah dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama, yaitu hingga beberapa tahun ke depan.

Serat kain pel yang super halus inilah yang membuat daya serapnya tinggi dan membuat lantai rumah tetap kering setelah dipel. Alat pel ini pun aman digunakan di semua jenis lantai, baik lantai marmer, kaca, ataupun keramik biasa.

Harga Rp. 200.000-300.000

Nagata Microfiber Sapu Pel Lantai

Brand lokal yang satu ini dikenal akan berbagai peralatan rumah tangganya yang terbuat dari bahan plastik terbaik, dan bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang, hingga beberapa tahun.

Sesuai dengan namanya, Nagata Microfiber merupakan alat pel yang terbuat dari kain microfiber, yang didesain dengan tekstur yang super lembut. Sehingga, tidak akan mudah menggores lantai Anda.

Kain microfiber ini juga aman digunakan di berbagai jenis lantai, baik lantai yang terbuat dari keramik, kaca, marmer, hingga kayu sekalipun, mengingat tekstur kainnya yang lebih lembut dibanding jenis kain pel pada umumnya.

Nagata bisa mengangkat kotoran dengan maksimal meskipun dalam keadaan kering. Semetara ketika dalam keadaan basah, Nagata Microfiber ini bisa membuat lantai menjadi tampak mengkilap.

Bukan hanya unggul pada kain pelnya, mengepel menggunakan Nagata Microfiber juga bisa selesai lebih cepat karena diameter pelnya yang cukup lebar, yaitu 7 cm, dan gagangnya yang panjang dan bisa dipanjangkan hingga 9 cm.

Harga Rp. 70.000-100.000

Bagus Micromate Chenille Mop Set

Bagus Micromate Chenille Mop Set ini memiliki bobot yang ringan, sehingga tidak membebani tangan Anda saat mengepel. Oleh karena itu, Anda pun tidak gampang pegal saat menggunakan alat pel ini.

Bobotnya yang bahkan tidak sampai 500 g ini tentu akan mempermudah Anda dalam mengepel seluruh lantai rumah, karena hampir tidak merasa membawa beban sama sekali. Mengepel ruang demi ruang tak akan terasa berat.

Alat pel ini terbuat dari bahan microfiber yang memiliki keunggulan dalam menyerap air dan mengikat debu dengan lebih cepat. Pekerjaan mengepel rumah akan terasa semakin mudah dengan kain pel ini.

Selain membersihkan lantai dengan lebih cepat, kain microfiber ini juga dapat membuat lantai menjadi kering dengan lebih cepat pula. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk berjalan atau beraktivitas di atas lantai yang barusan dipel.

Perpaduan bobot yang ringan di tangan, serta kain microfiber mudah dalam mengangkat debu dan kotoran, serta mudah mengeringkan lantai, adalah manfaat yang menguntungkan bagi Anda dalam bebersih rumah.

Harga Rp. 135.000-175.000

GM Bear Alat Pel Lantai Ultra Mop Aclima

GM Bear Alat Pel Lantai Ultra Mop Aclima ini termasuk alat pel tipe spin mop, yang hadir dengan ember khusus yang dapat meremas secara otomatis saat kepalanya ditekan pada wadah di embernya.

Kepala Ultra Mop dirancang khusus untuk berputar 360 derajat, sehingga akan memudahkan Anda dalam membersihkan setiap sudut ruangan. Permukaan lantai pun menjadi bersih secara maksimal.

Alat pel dari Ultra Mop ini juga dibuat dari kain fiber yang dapat membersih secara efektif, dan anti bakteri. Di samping itu, kain pel-nya yang lembut membuat alat pel ini juga tidak merusak jenis lantai atau permukaan.

Alat pel ini dapat digunakan pada berbagai jenis permukaan lantai, seperti lantai kayu, lantai semen, lantai keramik, dan lantai batu. Bagi Anda yang rumahnya memiliki jenis lantai yang berbeda pada beberapa ruangan, dapat memakai alat ini.

Produk alat pel ini juga tersedia dalam pilihan warna beige dan mint yang cantik. Dalam 1 set GM Bear Alat Pel Lantai Ultra Mop Aclima, Anda akan mendapatkan 1 buah ember, 1 buah tongkat pel, dan 1 buah kain pel.

Harga Rp. 80.000-250.000

Krisbow Hall Mop

Tidak ada alasan untuk meragukan alat pel dari Krisbow, mengingat brand asli Indonesia ini sudah mengenalkan berbagai produknya sejak tahun 1998 silam. Kepercayaan pelanggan membuatnya terus bertahan hingga kini.

Alat pel ini menggunakan kain microfiber yang kualitasnya lebih awet dan bisa digunakan sampai 200 kali. Gagang pelnya pun terbuat dari bahan aluminium terbaik yang tidak mudah karatan.

Ukuran gagang alat pel yang sepanjang 36 inch ini tentu akan memudahkan Anda untuk menjangkau bagian-bagian yang jauh tanpa kesulitan membungkuk. Dengan ini, proses mengepel pun menjadi lebih cepat.

Anda juga bisa menggunakan alat pel ini dalam keadaan kering untuk menyapu debu di lantai. Alat pel ini memang didesain dengan bentuk yang kurang lebih seperti sapu, dengan kainnya yang tidak terlalu panjang.

Menariknya lagi, pel lantai terbaik dari Krisbow berwarna oranye ini didesain anti slip sehingga mencegah Anda terpeleset saat mengepel lantai dalam keadaan basah. Keamanan Anda juga termasuk pertimbangan, bukan?

Harga Rp. 60.000-180.000

Angola Spin Mop D15

Sesuai dengan namanya, Angola Spin Mop D15 merupakan alat pel lantai bertipe spin mop, yang memungkinkan Anda untuk membersihkan lantai tanpa harus mengotori tangan, karena dilengkapi dengan ember yang dapat mengeringkan kain pel.

Dengan mode kepala yang bulat, dan dirancang khusus dapat berputar 360 derajat, membuat alat pel ini dapat menjangkau sudut-sudut lantai, sehingga lantai rumah Anda pun menjadi lebih bersih maksimal.

Kain pel-nya juga sangat lembut, sehingga tidak akan menggores permukaan lantai rumah Anda dengan mudahnya. Daya serapnya yang bagus, membuat alat pel ini tidak meninggalkan bekas air pada saat mengepel.

Selain memiliki serat-serat yang lembut, kain pel-nya juga bersifat sangat kuat, sehingga bulu pada kain tidak mudah rontok. Anda pun tidak perlu khawatir lantai terkotori oleh serat kain yang rontok saat mengepel.

Anda bisa menggunakan alat pel ini untuk membersihkan lantai yang kering atau basah. Alat pel ini sangat praktis dan cepat untuk digunakan dalam membersihkan permukaan lantai rumah Anda.

Harga Rp. 100.000-200.000

DR. MOP SUPER SPIN SUPER DRY

DR. MOP Super Spin Super Dry ini dapat membersihkan lantai dengan cepat, mudah, dan praktis, karena dirancang dan dilengkapi dengan fitur yang sangat memudahkan pekerjaan mengepel lantai.

Teknologi Disc Roller pada wadah pemeras yg dimilikinya, mampu berputar 360 derajat untuk memeras kain pel agar bisa kering dengan mudah. Anda hanya perlu sedikit menekan gagang pel pada wadah embernya.

Berkat teknologi Disc Roller yang dimiliki oleh alat pel ini, tangan Anda pun jadi tidak kotor untuk memeras kain pel, dan Anda pun jadi bisa menghemat waktu dan tenaga dalam memeras kain pel.

Kepalanya yang berbentuk bulat dan bisa berputar 360 derajat, membuat alat pel ini bisa menjangkau bagian-bagian sudut lantai, sehingga lantai rumah Anda pun menjadi lebih bersih maksimal.

Kainnya yang lembut, mampu membersihkan tanpa menggores permukaan lantai. Bisa digunakan untuk berbagai tipe lantai seperti keramik, marmer, granit, kayu, parket, vinyl, dll. Bahkan bisa membersihkan kaca jendela.

Harga Rp. 250.000-500.000

Q2-103 Pel Lantai Busa

Alat pel satu ini bukan hanya cocok digunakan ibu rumah tangga namun juga di kantor bahkan dibawa bepergian mengingat ukurannya hanya 40 cm. Gagangnya dapat dipanjangkan sesuai dengan kebutuhan, lho.

Q2-103 ini tidak mengandalkan kain bertekstur halus, melainkan busa keras untuk mengepel lantai Anda. Namun jangan khawatir, karena busa ini akan menjadi lembut saat Anda membasahinya dengan air.

Banyak keuntungan dari busa keras ini, seperti permukaannya yang selalu kering sehingga lantai tidak terlalu basah namun tetap bersih saat Anda mengepel. Tidak perlu khawatir akan rontoknya serat-serat kain.

Anda pun tidak perlu susah-susah memeras busa, karena alat pel ini bisa dilengkapi oleh pedal yang dapat ditarik untuk memeras busa. Daya serap busa ini pun begitu tinggi, sehingga tidak mudah meninggalkan jejak air di lantai.

Gagang pel ini terbuat dari bahan aluminium terbaik sehingga tidak mudah rusak ataupun karatan. Menariknya lagi, Anda pun bisa merefill busa keras pada pel ini, yang banyak dijual di pasaran.

Harga Rp. 20.000-50.000
From our editorial team

Ganti Kain atau Busa Pel Secara Rutin

Alat pel lantai peras seperti rekomendasi BP-Guide di atas lambat laun pasti akan kotor dan berubah warna. Ini karena pel langsung menyapu debu dan kotoran yang tidak tersapu sebelumnya. Untuk itu, pastikan Anda mengganti kain atau busa pada alat pel secara rutin agar pel tetap bisa membersihkan lantai secara maksimal.

Tag