10 Rekomendasi Pembersih Lantai HCL dan Non HCL (2022)

10 Rekomendasi Pembersih Lantai HCL dan Non HCL (2022)

Lantai yang bersih pasti akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Tidak cukup hanya disapu, mengepel lantai juga perlu lho! Dalam artikel berikut ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi pembersih lantai dengan dan tanpa kandungan HCL yang bisa Anda pilih!

Pakai Pembersih Lantai Biar Makin Kinclong

Kebersihan lantai rumah perlu dijaga demi kesehatan seisi rumah dan demi lantai yang tampak kinclong. Dalam menjaga kebersihan lantai, Anda perlu mengepelnya juga. Mengepel lantai dengan menggunakan air saja tidaklah cukup, lho. Anda sebaiknya memakai cairan pembersih lantai agar lantai pun menjadi bersih secara menyeluruh.

Setiap produsen memproduksi cairan pembersih lantai dengan kandungan formula yang berbeda-beda. Anda pun perlu menyesuaikan formula yang terkandung di dalam cairan pembersih lantai, karena tidak semua formula cocok untuk digunakan pada semua jenis lantai. Beberapa formula pembersih lantai juga dapat mengikis dan merusak lantai.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pembersih lantai demi lantai yang bersih dan kinclong terawat.

Tips Memilih Pembersih Lantai Sesuai Jenis Lantai

Keramik dan Porselen

Keramik merupakan jenis lantai yang paling banyak digunakan di Indonesia karena perawatannya mudah dan memberikan kesan bersih. Anda cukup membersihkannya dengan menyapu dan mengepel secara rutin.

Setelah dipel, sebaiknya lantai langsung dikeringkan supaya kotoran tidak menempel lagi. Namun, hindari produk pembersih lantai keramik yang mengandung asam tinggi seperti HCL atau HCI karena bisa mengikis lapisan glazur yang berada di permukaan atas lantai.

Lapisan glazur adalah mineral pembentuk kaca yang diproses dengan suhu tinggi sehingga menyatu dengan permukaan keramik. Lapisan ini dapat membuat ruangan terkesan lebih sejuk.

Kayu

Lantai kayu atau parquet dapat menciptakan kesan hangat dan menyenangkan. Namun sayangnya, lantai jenis ini lebih mudah tergores, sehingga memerlukan perlakuan khusus saat membersihkannya.

Dalam membersihkan lantai kayu dari debu, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Kemudian Anda bisa menggunakan pel dengan kain yang tidak terlalu basah. Gunakanlah cairan pel lantai kayu yang tidak mengandung wax agar parquet tidak kusam.

Tegel

Lantai tegel biasanya masih dapat dijumpai di rumah-rumah lawas atau rumah yang pemiliknya menyukai nuansa klasik atau vintage. Material ini memiliki kekuatan yang tinggi, sehingga tidak mudah pecah.

Cara merawat lantai tegel juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menyapunya, lalu mengepel dengan kain pel serta cairan pembersih untuk keramik. Akan tetapi, lantai tegel jangan sampai terkena cairan asam cuka karena nodanya akan sulit dihilangkan.

Marmer

Lantai marmer yang berkilauan akan memunculkan kesan mewah dan berkelas. Lantai jenis ini memiliki pori-pori yang bisa menyerap cairan dan noda dengan cepat sehingga Anda harus rajin membersihkannya.

Dalam membersihkan lantai marmer, perlu kehati-hatian agar tidak menggores permukaan lantai. Anda sebaiknya menggunakan produk pembersih dengan pH netral, lalu keringkan dengan lap atau microfiber kering, dan kemudian oleskan krim khusus lantai marmer.

Beton

Seiring dengan maraknya tren desain kontemporer dan industrial, lantai beton atau lantai semen poles pun jadi kian populer dan banyak digunakan di rumah-rumah. Lantai ini juga akan memberikan kesan hangat pada rumah.

Cara merawat lantai ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengepel menggunakan air hangat yang dicampur dengan pembersih lantai berkadar pH rendah. Pastikan juga kain pel yang Anda gunakan tidak terlalu basah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Pembersih Lantai

Kekuatan Membersihkan

Agar Anda bisa membersihkan lantai dengan mudah, gunakanlah produk dengan daya pembersih yang kuat. Terlebih pada lantai-lantai yang mudah kotor, seperti pada area dapur kotor, dan area teras.

Membersihkan lantai dengan pembersih yang kuat tentu akan menghemat waktu dan tenaga Anda, karena tidak butuh waktu lama dalam menggosok lantai. Noda akan terangkat dengan mudah, dan lantai pun menjadi bersih.

Wangi Aroma

Produsen cairan pembersih lantai mengeluarkan produk dengan aroma yang beragam. Ada pewangi lantai dengan aroma alami hutan pinus, buah segar, bunga, hingga aroma khas desinfektan.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai aroma khas desinfektan karena identik dengan nuansa rumah sakit. Beberapa orang lainnya justru menganggap produk tersebut sebagai pewangi lantai tahan lama dan menyegarkan.

Maka dari itu, pilihlah pembersih lantai dengan aroma yang Anda sukai, dan disukai juga oleh anggota keluarga Anda di rumah, sehingga semua orang akan betah dan senang dengan aromanya.

Kandungan Antibakteri

Debu-debu yang berjatuhan, noda-noda yang tumpah, atau mungkin ada kotoran cicak yang turun dari loteng, membuat lantai menjadi kotor berkuman. Tentu hal ini tidak baik untuk dibiarkan, terlebih jika Anda memiliki anak kecil.

Untuk membersihkan lantai secara maksimal, pilihlah pembersih yang memiliki kandungan antibakteri. Kandungan ini akan membuat lantai Anda jadi bersih dan higienis. Jika lantai sudah bebas kuman, Anda tak perlu khawatir lagi saat si kecil bermain di lantai, bukan?

Rekomendasi Pembersih Lantai Mengandung HCL dan non HCL

Vixal Pembersih Porselen

Pembersih lantai merk Vixal ini mengandung asam klorida (HCL) sebanyak 14,5%. Kandungan tersebut mampu mengangkat noda-noda yang mengerak pada lantai keramik dengan mudah. Cocok digunakan untuk lantai toilet dan dapur.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan cairan ini ke area yang ingin dibersihkan. Kemudian diamkan sejenak, lalu sikat, dan bilas dengan air. Lantai Anda pun menjadi kinclong.

Harga Rp. 10.000-30.000

Mr. Muscle Axi Marmer

Mr. Muscle Axi Marmer ini dapat membersihkan lantai marmer dan granit. Selain membersihkan, produk ini juga memberikan lapisan pelindung yang menjaga lantai dari goresan benda tajam atau gesekan sepatu. Jika lantai rumah Anda menggunakan marmer atau granit, produk ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk merawat lantai rumah Anda.

Harga Rp. 10.000-35.000

Super Pell Pembersih Lantai

Produk Super Pell ini dilengkapi dengan formula Cif Advance Shine yang dapat membersihkan kotoran di lantai secara menyeluruh, dan membuat lantai jadi berkilau. Di samping itu, Anda juga dapat memilih enam macam aroma yang tersedia sesuai selera Anda. Rumah pun terasa nyaman jika lantai senantiasa bersih, harum, dan terlihat berkilau

Harga Rp. 10.000-20.000

Yuri Porstex Ungu

Yuri juga mengeluarkan produk pembersih lantai, seperti Yuri Porstex Ungu ini. Porstex ini termasuk cairan pembersih dengan kandungan kimia yang kuat, yang akan memudahkan Anda dalam mengangkat kotoran membandel pada lantai. Selain itu, pembersih ini juga dapat membunuh kuman penyakit, sehingga lantai pun menjadi bersih maksimal.

Harga Rp. 20.000-50.000

Dettol 4-in-1 Multi Action Floor Cleaner

Dettol 4-in-1 Multi Action Floor Cleaner merupakan pembersih lantai yang memberikan empat manfaat sekaligus, yaitu menghilangkan noda membandel, mengkilapkan lantai, memberi aroma segar sepanjang hari, serta membunuh kuman. Anda dapat mengandalkannya untuk melindungi keluarga. Pembersih lantai ini tersedia dalam 3 varian aroma yang menyegarkan.

Harga Rp. 15.000-50.000

Yuri Aganol Antibacterial Floor Cleaner

Produk keluaran Yuri yang satu ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan semua jenis lantai, mulai dari marmer hingga kayu. Jika lantai rumah Anda memiliki jenis lantai yang berbeda, Anda dapat mengandalkan produk ini. Produk ini tersedia dalam 4 macam aroma menyegarkan yang dapat Anda pilih sesuai dengan yang Anda maupun keluarga Anda sukai.

Harga Rp. 10.000-50.000

Wipol Karbol Pembersih Lantai

Pembersih lantai Wipol ini merupakan cairan desinfektan dengan wangi cemara. Anda dapat menggunakan cairan ini untuk membunuh kuman di lantai, sekaligus menghilangkan bau tak sedap. Pembersih ini memiliki wangi cemara yang segar. Wipol mengandung HCL sebesar 17%.

Cara menggunakannya pun sangatlah mudah. Untuk membersihkan lantai, Anda bisa mencampurnya dengan air. Sementara itu, jika ingin menghilangkan bau, Anda bisa langsung menuangkannya ke sumber bau. Praktis, bukan?

Harga Rp. 20.000-50.000

SOS Karbol Pembersih Lantai

SOS Karbol Pembersih Lantai ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan sekaligus membunuh kuman di lantai, berkat kandungan antibakteri yang ada di dalamnya. SOS pun merupakan singkatan dari Strong Anti Bacterial. Pembersih ini mengklaim dapat membunuh 99% kuman. Selain itu, produk pembersih lantai ini juga memiliki aroma yang wangi, seperti lemon pine.

Harga Rp. 10.000-17.000

Pledge Wood Floor Cleaner

Jika lantai rumah Anda terbuat dari kayu (parquet), Anda dapat memilih Pledge Wood Floor Cleaner. Produk ini didesain khusus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat di lantai kayu. Hal ini karena cairan pembersih ini mengandung almond oil yang dapat membersihkan dan mengembalikan kilau indah lantai kayu Anda.

Harga Rp. 15.000-35.000

Sahaja Pembersih Lantai

Dengan menggunakan produk Sahaja dari Unilever ini, Anda sudah turut di dalam program berbagi kebaikan untuk sesama. Hal ini karena untuk setiap pembelian produk ini, Anda secara otomatis sudah bersedekah sebanyak 2,5% dari nilai produk. Tersedia dalam wangi kuntum bunga jeruk, pewangi yang digunakan pada cairan ini juga merupakan parfum ramah lingkungan.

Harga Rp. 5.000-10.000
From our editorial team

Rutin Bersihkan Lantai Agar Terlihat Terawat

Memilih produk pembersih lantai seperti rekomendasi BP-Guide di atas saja tidak cukup. Anda harus rajin membersihkan lantai, supaya terlihat lebih terawat. Setidaknya bersihkan lantai dengan pel satu hingga dua kali dalam seminggu.

Tag