Rumah Tetap Kinclong dengan 10 Pembersih Lantai Granit Ini (2021)

Rumah Tetap Kinclong dengan 10 Pembersih Lantai Granit Ini (2021)

Punya rumah berlantai granit, jangan sembarangan merawatnya. Jika salah memilih pembersih, lantai granit bisa terlihat kusam. Yuk, simak rekomendasi pembersih lantai granit dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Lantai Granit Bikin Rumah Terlihat Lebih Mewah

Lantai dengan bahan batu granit memiliki kilap yang memantul dan tampak seperti kaca, sehingga dapat menimbulkan kesan yang mewah. Jadi tidak heran kalau banyak orang yang memilih material batu granit sebagai bahan dasar lantai rumah mereka.

Namun, perlu untuk diketahui bahwa batu granit ini membutuhkan perhatian khusus dan berbeda dari jenis lantai lain. Apabila tidak dirawat dengan cara yang tepat, lantai dengan jenis batu ini bisa menjadi kusam.

Tips Merawat Membersihkan Lantai Granit

Pakai Kain yang Lembut

Jika granit terkena noda, Anda dapat membersihkannya dengan cara yang tepat. Cairan pembersih granit harus diaplikasikan dengan kain yang lembut. Setelah cairan dituangkan ke kain yang lembut, basahi kain dengan air. Pastikan air yang digunakan tidak mengandung mineral atau klorin.

Kemudian, usaplah kain lembut tersebut searah dengan serat lantai. Mengusap dengan gerakan melingkar dapat merusak tampilan batu. Setelah nodanya hilang, keringkan lantai dengan kain lembut yang bersih.

Gunakan Pembersih Khusus Untuk Granit

Granit harus dibersihkan dengan pembersih khusus granit. Anda tidak bisa memakai sembarang pembersih.

Pada umumnya, cairan pembersih lantai memiliki kandungan asam yang tinggi.

Sementara, lantai granit sendiri merupakan jenis batuan yang mudah terkikis bila terkena cairan yang mengandung asam.

Panggil Jasa Pemoles Granit

Pemolesan granit berguna untuk membersihkan, menjaga kualitas, hingga membuat kilap granit menjadi tahan lama. Proses pemolesan granit dilakukan dengan alat khusus dan tidak bisa dilakukan sendiri jika tak berpengalaman, sehingga mungkin Anda perlu memanggil jasa pemolesan. Namun, jangan lupa juga siapkan budget lebih untuk membayar jasa mereka ya!

Siapkan Keset di Atas Lantai

Sepele, tapi tak kalah penting. Keberadaan keset di depan pintu masuk dapat mencegah lantai pijakan kaki yang kotor berdebu. Lantai mana saja akan terlindungi dengan keset, apalagi lantai granit yang membutuhkan perhatian khusus ini.

Jangan Meletakkan Barang yang Ujungnya Tajam

Barang dengan permukaan yang tajam dan kasar dapat menimbulkan goresan pada lantai. Jika sudah muncul goresan, hal tersebut akan sulit dihilangkan dan membutuhkan penanganan khusus untuk menghilangkannya.

Benda yang dihindari ini juga termasuk vacuum cleaner. Roda vacuum cleaner dapat menimbulkan goresan pada lantai granit.

Cara Membersihkan Lantai Sesuai Jenisnya

Granit

Lantai granit memiliki tampilan yang indah. Banyak orang memilihnya untuk menambah keindahan ruangan. Hanya saja, untuk mempertahankan tampilannya tersebut, Anda harus membersihkan lantai dengan metode khusus.

Sebenarnya, membersihkan lantai granit tidak jauh berbeda dengan lantai pada umumnya, yakni cukup disapu dan dipel saja. Namun, Anda harus memastikan bahwa lantai harus dilap kering setelah dipel agar tidak meninggalkan noda. Lantai granit pun harus dilap menggunakan kain yang lembut atau microfiber dan cairan khusus.

Marmer

Tidak jauh berbeda dengan granit, marmer juga membutuhkan penanganan khusus untuk membersihkannya, seperti menggunakan kain yang lembut dan cairan pembersih khusus.

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan noda membandel yang terdapat pada permukaan lantai. Caranya tinggal mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, lap permukaan marmer dengan pasta tersebut menggunakan kain yang lembut. Setelah itu, bilaslah hingga bersih.

Keramik

Dibandingkan dengan granit dan marmer, keramik lebih umum digunakan sebagai material lantai karena harga yang lebih terjangkau dengan motif dan tekstur yang beraneka ragam. Satu hal yang menjadi perhatian utama ketika membersihkan lantai keramik adalah pada nat atau celah sambungannya, karena disinilah kotoran banyak bersarang.

Sikatlah nat keramik secara rutin menggunakan cairan pembersih lantai terbaik. Sementara itu untuk permukaan keramiknya itu sendiri, Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya secara teratur setiap hari. Bila perlu, pilihlah kain pel dengan bahan microfiber agar debu dan kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

Rekomendasi Pembersih Lantai Granit Agar Rumah Tetap Kinclong

Primo Prime Floor

Jika Anda memiliki kulit yang mudah terkena iritasi, Anda bisa memilih Primo Prime Floor. Produk ini juga memiliki klaim ramah lingkungan. Primo Prime Floor tidak memiliki kandungan phospate sehingga lebih aman bagi kulit sensitif.

Cairan ini juga diformulasikan agar lebih ampuh dalam mengangkat noda membandel, membunuh kuman, cepat kering, serta memiliki wangi yang menyegarkan. Kemasannya dirancang dengan botol yang memiliki tutup ulir, jadi lebih aman dan tidak mudah tumpah jika botol tidak sengaja jatuh.

Pada kemasannya tertera bahwa cairan pembersih ini tidak hanya dapat diaplikasikan pada lantai granit, tapi juga marmer, parquet, maupun lantai keramik biasa sekalipun.

Harga Rp. 65.000-100.000

Fason Gratine

Jika Anda membutuhkan produk pembersih granit yang memiliki daya bersih kuat, Fason granit merupakan produk yang ideal. Produk ini memiliki kandungan yang lembut dan tidak mengikis ataupun mengubah warna permukaan granit, tetapi dapat mengangkat noda dengan lebih maksimal.

Tidak seperti pembersih lain yang dilarutkan dalam air, pembersih lantai ini cukup diaplikasikan dengan kuas pada noda yang ingin dihilangkan, sehingga jadi lebih mudah dan praktis. Meskipun begitu, Anda tetap harus menunggu untuk membiarkan produk bisa bekerja dengan maksimal.

Dilihat dari kemasannya, produk ini menggunakan botol berbahan plastik yang memiliki tutup ulir untuk menjaga agar isi cairan tidak mudah tumpah.

Harga Rp. 30.000-100.000

Home Cleaning

Produk Home Cleaning ini juga dapat menjadi solusi pembersih bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah terkena iritasi. Cairan pembersih Home Cleaning ini memiliki kandungan khusus yang lembut dan tanpa zat asam, sehingga tidak akan menimbulkan gatal maupun iritasi jika terkena kulit.

Selain bisa digunakan untuk membersihkan lantai granit, cairan pembersih ini juga bisa Anda gunakan untuk jenis lantai lainnya seperti marmer, terraso, vinyl, keramik, porselen, ataupun kayu.

Bahkan tidak hanya untuk membersihkan lantai, Anda dapat menggunakan produk ini untuk membersihkan fiber, logam, karpet, kaca, maupun plastik. Satu produk untuk banyak hal.

Harga Rp. 50.000-100.000

Astonish Pro Granite

Brand pembersih asal Inggris ini dapat menjadi andalan Anda dalam membersihkan lantai granit. Produk ini memiliki kandungan khusus, seperti aliphatic hydrocarbon dan non-ionic surfactant yang mampu membuat lantai lebih bersih, bebas kuman, dan mengkilap seperti kaca.

Produk yang satu ini juga memiliki kandungan parfum yang dapat membuat ruangan jadi lebih wangi, meskipun belum tersedia dalam beragam pilihan aroma. Tak hanya bisa untuk lantai, cairan pembersih ini juga bisa Anda pakai untuk membersihkan kaca.

Uniknya, Astonish Pro Granite sangat memperhatikan tampilannya dengan menggunakan botol sebagai wadahnya. Tidak sampai disitu saja, botolnya juga dibekali dengan tutup fliptop sehingga lebih praktis ketika digunakan namun tetap aman saat ditutup.

Harga Rp. 250.000-400.000

MR. MUSCLE Marmer & Granit

Sesuai dengan namanya, Muscle Marmer & Granit ini memang dirancang khusus untuk lantai granit, sehingga aman dan tidak akan mengikis permukaan.

Meskipun belum memiliki varian wangi khusus, namun produk ini memiliki klaim mampu menjadikan lantai lebih wangi, tampak bersih, dan bebas dari kuman penyebab penyakit, tanpa meninggalkan rasa lengket setelahnya.

Dengan kandungan paraffin wax sebanyak 7,3%, cairan pembersih ini juga berfungsi untuk melindungi lantai dari goresan dan memberi lapisan khusus supaya lantai tidak mudah kotor dan terhindar dari debu serta kusam.

Sayangnya, produk ini masih dikemas dalam packaging pouch yang rawan tumpah. Sebaiknya, setelah kemasan dibuka, pindahkan isi cairan ke dalam botol atau jerigen dengan tutup sehingga lebih terlindungi dan tidak mudah tumpah.

Harga Rp. 25.000-50.000

Mill Floor Cleaner

Mill Floor Cleaner mempunyai formula yang menjadikannya sebagai produk multifungsi, sehingga tidak hanya dapat diaplikasikan pada lantai, tapi juga digunakan pada dinding, wastafel, bath up, ataupun kloset.

Selain itu, juga bisa diaplikasikan pada lantai selain granit, seperti vinyl, marmer, teraso, ataupun jenis lainnya. Produk ini juga menawarkan 3 varian aroma buah dan bunga berbeda yakni apel, lemon, dan lavender yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Anda bisa membeli produk ini yang dikemas dengan jerigen 4 liter. Kemasannya menggunakan tutup ulir, jadi cairan pembersih pun dijamin tidak tumpah dan tetap aman.

Harga Rp. 35.000-100.000

Klin's Pembersih Lantai

Apabila Anda mencari produk pembersih yang memiliki keharuman floral, Klin’s Pembersih Lantai adalah jawabannya. Sebab, produk yang satu ini dirancang dengan wangi lavender. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai aroma segar khas floral.

Dengan kandungan special protection agent yang dimilikinya, Klin’s Pembersih Lantai ini dapat mengangkat debu, kotoran, dan noda membandel dengan lebih maksimal, sekaligus melindungi permukaan lantai dan membuatnya jadi lebih mengkilap.

Terdapat pula kandungan anti-bacterial yang menjadikan cairan pembersih ini juga ampuh untuk membunuh kuman penyebab penyakit, jadi lantai pun higienis. Bukan hanya untuk granit, cairan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan lantai berbahan marmer dan teraso.

Cairan pembersih ini dikemas dalam kemasan botol yang dilengkapi dengan tutup ulir, sehingga lebih aman dari resiko tumpah jika tersenggol.

Harga Rp. 30.000-90.000

Johnson Marble Klin

Buat Anda yang sedang kesulitan mengatasi masalah kusam pada lantai granit, Anda dapat menggunakan Johnson Marble Klin sebagai solusinya. Johnson Marble Klin memiliki pH yang seimbang dan bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan lantai selain granit, seperti keramik, vinyl, maupun teraso.

Produk pembersih lantai ini hanya memiliki 1 varian, sehingga tidak tersedia varian aroma lain yang bisa kamu pilih sesuai selera. Anda bisa mendapatkan produk ini dalam kemasan 4 liter, yang dikemas dalam jeriken.

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Pastikan Anda Mengikuti Cara Membersihkan Granit yang Benar Ya!

Punya lantai granit memang sedap dipandang. Tapi ada cara membersihkannya sendiri, seperti yang sudah dituliskan oleh BP-Guide di atas. Jangan asa membersihkan, pastikan Anda juga menerapkan cara yang benar agar lantai granit tetap awet dan kinclong!

Tag