Dapur Makin Kinclong dengan 10 Rekomendasi Tisu Dapur Termurah Berkualitas (2022)

Dapur Makin Kinclong dengan 10 Rekomendasi Tisu Dapur Termurah Berkualitas (2022)

Tisu dapur atau sering disebut dengan paper towel (handuk kertas) merupakan salah satu produk yang berkaitan erat dengan kegiatan dapur. Entah untuk membersihkan permukaan dari kotoran atau membungkus makanan. Berikut rekomendasi tisu dapur termurah versi BP-Guide untuk kamu yang masih bingung memilih tisu dapur yang tepat. Simak sampai akhir ya!

Makin Praktis Membersihkan Dapur dengan Tisu Dapur

Salah satu item yang tidak dapat diragukan manfaatnya untuk keberlangsungan aktivitas dapur adalah tisu dapur. Tisu ini memiliki fungsi untuk membantu membersihkan permukaan kotor di area dapur maupun peralatannya.

Memiliki daya serap yang tinggi terhadap air dan minyak kerap membuat tisu ini digunakan untuk membersihkan tumpahan ataupun menyerap minyak pada gorengan. Tisu dapur tidak mudah robek dan bisa dicuci sehingga dapat digunakan lebih dari sekali.

Untuk menggunakan tisu dapur secara maksimal perlu mengetahui jenis ukuran maupun jumlah helainya. Beberapa di antaranya ada tisu dapur berjenis soft paper towels, the white paper hand towel, 1 ply dan 2 Ply rolls, dan paper hand towel hasil daur ulang.

Fungsi Tisu Dapur Selain untuk Kebersihan

Membantu Menyerap Minyak Makanan

Fungsi tisu dapur yang paling sering digunakan selain untuk kebersihan adalah untuk menyerap kelebihan minyak pada makanan, utamanya gorengan. Tisu dinilai lebih aman daripada koran atau kertas bekas. Hal tersebut tentu saja karena koran bekas dinilai tidak higienis dan tinta yang menempel di koran tersebut dapat menjadi racun dan pemicu kanker saat menempel pada makanan yang termakan.

Namun tentu tisu dapur yang digunakan juga harus dipilih dengan baik, tidak boleh sembarangan. Pilih tisu dapur yang berkualitas dan terbuat dari 100% serat alami tanpa bahan kimia tambahan. Termasuk pewarna putih yang unsur kimia berbahayanya juga dapat mencemari makanan.

Tisu dapur yang baik untuk menyerap makanan adalah tisu yang juga telah memiliki sertifikat food safe atau food grade yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti misalnya logam berat. Pertimbangan lain adalah memilih tisu dapur yang kuat dan tidak mudah sobek.

Menjaga Kesegaran Buah, Sayur, dan Rempah

Salah satu tips untuk menjaga kesegaran sayur dan buah dalam kulkas adalah membungkusnya dengan tisu dapur. Mengapa? Karena tisu dapur dapat menjaga tingkat kelembaban sehingga sayur dan buah tetap segar dan lebih lama umur simpannya.

Sisi positif yang dapat diambil adalah sayuran tersebut tidak cepat kehilangan nutrisi berharga seperti misalnya vitamin A, C, dan E. Cara menyimpan bahan makanan dengan menggunakan tisu dapur adalah dapat membungkusnya dalam kondisi utuh atau tidak terpotong.

Selain itu jangan gunakan tisu dapur bekas pembungkus sayur untuk membungkus sayur atau buah yang baru. Tak hanya untuk pembungkus, tisu dapur juga dapat digunakan menjadi alas laci kulkas agar permukaannya tetap kering dan bersih.

Media Pengoles Minyak ke Wajan Antilengket

Saat kamu tidak memiliki kuas untuk mengoles sedikit minyak pada wajan antilengket, tisu dapur dapat menjadi alternatif pengganti kuas. Hal ini dikarenakan tisu jenis ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga mampu mengunci minyak di permukaan. Cukup celupkan tisu dapur ke dalam minyak secara langsung dan segera oleskan ke permuakaan wajan antilengket secara merata.

Sebagai Alas Talenan Plastik

Secara umum, talenan plastik tidak memiliki fitur anti selip di bagian bawahnya sehingga membuatnya sedikit licin dan mudah bergeser saat digunakan. Untuk mengatasinya, letakkan tisu dapur si bagian bawah talenan untuk dijadikan alas. Hal tersebut akan memudahkan pekerjaan dapurmu karena talenan tidak lagi licin, tidak bergeser, dan lebih stabil saat digunakan untuk memotong bahan makanan.

Untuk Filter Kopi

Selain menjadi pengganti kuas, dalam keadaan darurat tisu dapur maupun towel napkin juga dapat menjadi pengganti paper filter. Mungkin memang terdengar aneh, tapi ampas kopi juga akan dapat tersaring sempurna dengan menggunakan tisu dapur.

Meskipun tidak perlu selalu menggunakan tisu dapur sebagai pengganti filter kopi, tetapi hal ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika kamu butuh asupan kafein dan kehabisan stok paper filter.

Rekomendasi Tisu Dapur Termurah Versi BP-Guide

Nature Tisu Kompor

Rekomendasi pertama tisu dapur termurah adalah tisu kompor serbaguna Nature. Tisu yang berukuran 20x20 cm ini dapat digunakan untuk lap kompor ataupun pembersihan dapur lainnya.

Kelebihannya, tisu dapur ini dapat dicuci dan digunakan hingga 4 atau 5 kali. Untuk kekuatannya tidak perlu diragukan lagi karena tisu Nature tidak mudah robek baik dalam keadaan basah ataupun kering.

Selain memiliki daya serap yang tinggi, produk ini juga tidak mengandung zat perekat maupun pengikat. Nature Tisu Kompor yang tahan terhadap solvent dan tidak bersifat abrasif ini juga sudah food safety sehingga aman untuk bayi atau anak kecil.

Harga Rp. 4.000-13.500

Jolly Kuliner Tisu

Jolly Kuliner Tisu terbuat dari 100% serat alami (Virgin Plantation Pulp yang diproses secara higienis. Meskipun memiliki tekstur yang kasar khas tisu dapur, Jolly memiliki tekstur yang kuat dan tidak sobek.

Selain cocok digunakan untuk keperluan dapur rumah tangga, produk ini juga dapat dijadikan alternatif pilihan untuk kamu yang bergerak di bisnis kuliner. Selain memiliki manfaat untuk membersihkan permukaan dari kotoran, tisu Jolly juga tepat digunakan di toilet sebagai lap tangan. Satu pack Jolly Kuliner Tisu berisi 240 sheets.

Harga Rp. 7.999-15.000

Neabeauty Tisu Dapur

Selain Nature, Neabeauty Tisu Dapur juga merupakan salah satu produk tisu yang dapat dicuci beberapa kali sehingga dapat menghemat biaya bulanan kamu. Tisu yang terbuat dari bahan terbaik berkualitas grade A ini memiliki bahan dasar yang halus dan lembut.

Alasan itulah yang membuat tisu ini nyaman digunakan. Neabeauty memiliki daya serap bagus dan mampu menyerap minyak dengan sekali usap, sehingga memudahkan pekerjaan kamu. Selain itu bahannya yang tebal membuat Neabeauty tidak mudah hancur ketika terkena air.

Harga Rp. 5.999-49.000

See-U Kitchen Towel

Kekuatan, daya serap yang baik, serta sentuhan kelembutan adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh See-U Kitchen Towel. Tisu yang memiliki ukuran 27,5x21 cm ini merupakan tisu sekali pakai yang diniliai lebih higienis dan bersih dalam penggunaan.

Selain dapat digunakan untuk semua pekerjaan dapur yang berkaitan dengan kebersihan, See-U Kitchen Towel juga cocok digunakan untuk meniriskan makanan dari minyak setelah proses penggorengan. Terbuat dari 100% virgin pulp, tisu See-U yang tebal dan tidak mudah sobek ini memiliki tampilan mewah sehingga dapat meningkatkan image para pengusaha kuliner yang menggunakannya.

Harga Rp. 11.000-24.000

Plenty Kitchen Towel Tissue

Rekomendasi tisu dapur murah selanjutnya adalah Plenty Kitchen Towel Tissue yang dijual dalam paket berisi 2 roll tisu di setiap penjualannya. Tisu yang terbuat dari bahan 100% serat alami ini memiliki daya serap yang tinggi terhadap minyak dan air.

Untuk itulah Plenty cocok digunakan untuk menyerap minyak pada makanan, membungkus makanan, membersihkan atau mengeringkan buah, hingga membersihkan dan mengeringkan tangan kamu. Tisu yang hadir dalam bentuk 2 ply ini berjumlah 70 sheets di setiap kemasannya.

Harga Rp. 13.250-27.000

Tessa Nature Kitchen Towel

Tessa Nature Kitchen Towel yang terbuat dari 100% serat alami dengan proses higienis hadir dalam bentuk tisu 2 ply dengan jumlah 150 sheets di setiap kemasannya. Setiap lapisan tisunya yang lembut dan berdaya serap tinggi memang memiliki kemampuan menyerap minyak dan cairan dengan level yang menakjubkan.

Kamu dapat menggunakan tisu ini untuk menyerap minyak makanan, membersihkan dapur ataupun wastafel, mengeringkan alat makan, menyerap cairan yang tumpah, mengelap tangan, hingga membungkus makanan.

Harga Rp. 17.600-27.340

Livi Evo Kitchen Towel

Rekomendasi tisu dapur murah selanjutnya yang juga memiliki sertifikat halal dari MUI adalah Livi Evo Kitchen Towel. Tisu food grade by ISEGA serta ISO 22000 ini aman digunakan untuk makanan karena sudah memenuhi standar internasional FDA. Di sisi lain Livi Evo juga bersifat hipoalergenik sehingga aman ketika digunakan secara kontak langsung dengan kulit.

Livi Evo Kitchen Towel yang lebih tebal dan kuat ini memiliki ukuran 26,7x22,8 cm. Selain digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, tisu yang terbuat dari 100% serat alami dan tanpa bahan pemutih ini juga cocok digunakan untuk keperluan bisnis kuliner.

Harga Rp. 17.200-35.000

EOU Home Reusable Paper

Selain tisu See-U, rekomendasi tisu dapur murah sekali pakai berikutnya adalah EOU Home Reusable Paper. Tisu yang dinilai lebih higienis ini dapat digunakan untuk segala macam kebutuhan, mulai dari kebutuhan dapur hingga membersihkan perabot rumah.

Terbuat dari bahan berkualitas menggunakan wood pulp dan material non-woven, tisu EOU mampu menyerap air dan minyak tanpa robek. EOU Home Reusable Paper hadir dalam ukuran 25x25 cm sebanyak 50 helai dalam 1 roll.

Dengan ketebalan yang mumpuni, kamu bisa menggunakannya hingga berulang-ulang kali selama seharian penuh sebelum akhirnya membuangnya.

Harga Rp. 17.500-54.000

Paseo Calorie Absorb Kitchen Towel

Salah satu tisu dapur termurah yang juga didesain khusus untuk menyerap minyak makanan penyuka gorengan adalah Paseo Calorie Absorb Kitchen Towel. Tisu ini mampu menyerap minyak dalam gorengan hingga 234 KCL per lambar.

Penyerapan maksimal ini juga didukung oleh tekologi Double-Embossing yang terlihat di permukaan tisu. Tisu berkategori food grade ini sudah mengantongi standar Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Terbuat dari 100% serat alami tanpa tambahan pemutih, tisu dapur Paseo diproses dengan temperatur tinggi untuk hasil yang higienis. Selain itu produk ini juga memiliki lapisan lembut yang tidak akan menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada kulit.

Harga Rp. 28.250-35.500

Tisoo Kitchen Paper

Rekomendasi tisu dapur termurah terakhir adalah Tisoo Kitchen Paper yang terbuat dari 100% bambu. Tisu Tisoo tidak lengket jika terkena air dan juga tidak mudah hancur menjadi serpihan. Aman digunakan untuk bayi serta pengguna yang memiliki kulit sensitif atau rentan terkena alergi.

Memiliki daya serap yang tinggi membuat produk ini lebih hemat dibandingkan tisu biasa. Komitmen Tisoo Kitchen Paper untuk bebas plastik membuat produk ini dibungkus menggunakan kertas bersertifikat FSC, tidak menggunakan plastik.

Selain itu produk ini juga ramah lingkungan karena proses produksinya menggunakan teknologi Total Chlorine Free) (TCF) Bleach yang bebas klorin.

Harga Rp. 28.200-52.000
From our editorial team

Pilih Tisu Tanpa Pemutih

Fungsi lain dari tisu dapur yang digunakan untuk bungkus atau penyerap minyak makanan membuatmu perlu teliti dalam memeriksa bahan. Hindari tisu yang mengandung bahan kimia pemutih atau Optical Brightening Agent (OBA). Bahan kimia tersebut umum digunakan untuk memutihkan tisu yang terbuat dari bahan hasil daur ulang. Tentu kita tidak ingin ada perpindahan zat berbahaya dari tisu ke makanan bukan?