Berenang Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Baju Renang Berikut (2020)

Berenang Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Baju Renang Berikut (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Baju renang jadi salah satu peralatan renang wajib pakai. Karena itu, kamu wajib tahu cara memilihnya dengan tepat. Kami sudah menyiapkan tips memilih baju renang yang baik. Selain itu, ada juga deretan produk rekomendasi dari kami.

Berenang Adalah Salah Satu Hobi Menyenangkan yang Menyehatkan

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Setiap orang tentu memiliki hobi tersendiri yang bisa membuat mereka merasa rileks. Setiap hobi memiliki kelebihan dan manfaat tersendiri untuk pelakunya. Salah satu hobi yang punya banyak manfaat dan sangat menyenangkan untuk dilakukan adalah berenang. Dengan berenang, pikiran lebih rileks dan otot yang tegang jadi lebih santai.

Untuk kamu yang baru belajar berenang, ada baiknya tidak perlu terburu-buru. Lakukan perlahan dan pastikan kamu memahami irama dari gerakan dan pernapasan. Semisal belum berani memasukkan wajah ke air, maka bisa mengawali dengan merendam badan hingga bagian leher atau berjalan di kedalaman kolam yang lebih dangkal. Jika sudah terbiasa, barulah kamu bisa mulai belajar berenang.

Tentukan jadwal sendiri untuk berenang. Ini akan membuat kamu jadi terbiasa untuk berenang. Teruslah motivasi dirimu untuk belajar berenang. Selain itu, ketahui berbagai manfaat berenang agar lebih semangat untuk berenang.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Sumber gambar https://www.freepik.com

Memiliki hobi berenang bikin kamu bisa lebih sehat. Ini karena berenang bisa juga membantu untuk melancarkan sirkulasi darah saat jantung memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Kamu yang rutin berenang bisa mendapatkan peningkatan darah sebanyak 18 % dari yang dipompa jantung.

Berenang juga bisa jadi sarana kamu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan berenang selama 1 jam maka kamu sudah bisa membakar sebanyak 100 hingga 200 kalori. Tentunya ini tergantung dengan rutinitas latihan yang kamu jalani.

Hobi berenang bisa membantu kamu untuk membentuk dan menguatkan otot. Kamu yang sedang ingin menguatkan otot tricep bisa berenang dengan rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih. Berenang juga akan bikin tubuh jadi lebih rileks. Tubuh lebih bugar dan segar sehingga kamu jadi lebih siap menghadapi tantangan baru.

Tips Memilih Baju Renang

Pilih Bahan yang Nyaman

Baju renang menjadi salah satu perlengkapan renang yang paling dibutuhkan. Maka dari itu pemilihan baju renang tidak boleh sembarangan saja karena akan mempengaruhi kenyamanan saat berenang.

Hal paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih baju renang adalah pemilihan bahan baju renangnya. Pastikan bahannya lentur dan bisa mendukung gerakan kamu di dalam air dengan leluasa. Beberapa bahan yang disarankan adalah poliester, nilon, lycra, atau perpaduan dari nilon dan lycra. Bahan–bahan tersebut lembut, ringan, dan lebih elastis sehingga bisa nyaman digunakan berenang.

Pastikan juga bahan baju renang yang kamu pakai tidak terlalu berat karena bisa menyulitkan saat berenang. Selain itu, baju yang terlalu berat juga bisa membuat kamu lebih cepat lelah.

Kenali Bentuk Tubuh dan Kekurangannya

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Sebelum membeli baju renang, ada baiknya mengenali bentuk tubuh kita. Ini penting supaya kita bisa menyesuaikan baju renang dengan tubuh dan supaya bisa menutupi kekurangan yang ada pada tubuh.

Ada beberapa bentuk tubuh yang wajib diketahui. Pertama, ada bentuk tubuh buah pir yang memiliki bagian pinggul lebih lebar dari bagian dada dan pinggang. Bentuk tubuh pir paling pas memakai baju renang dengan aksen rok di bagian bawah untuk menyamarkan pinggul.

Ada juga bentuk buah apel dengan bagian pinggang lebih lebar dari pinggul dan bagian dada. Bentuk tuubuh ini bisa memakai baju model boyshort yang akan membuat pinggangmu. Untuk yang memiliki bentuk pinggang besar bisa memakai model one piece.

Sementara untuk para pria, celana renang model selutut paling pas untuk yang bertubuh tinggi. Celana renang pendek cocok untuk yang bertubuh pendek. Untuk yang memiliki perut besar, sebaiknya memakai atasan tanpa lengan dengan celana renang berwarna gelap.

Pilih Motif dan Warna

Sumber gambar https://www.freepik.com

Hal berikutnya yang bisa dipertimbangkan saat memilih baju renang adalah memilih motif dan warna yang tepat. Hindari motif yang terlalu ramai jika tubuhmu tergolong berisi. Ada baiknya memilih motif polos atau motif kecil jika ingin memakai baju renang motif.

Untuk warna juga perlu dipertimbangkan karena bisa berpengaruh pada siluet bentuk tubuh kamu. Baju renang berwarna gelap bisa membantu kamu yang memiliki tubuh besar agar terlihat lebih ramping. Namun, untuk kamu yang ingin tampil memukau, tidak ada salahnya jika memakai baju dengan warna cerah seperti merah, kuning, dan juga biru.

Kamu juga bisa menyesuaikan warna baju renang dengan warna kulit. Jika kamu memiliki kulit putih, kamu bisa memakai warna hitam, biru donker, atau merah marun. Untuk kamu yang memiliki kulit gelap bisa memilih warna terang agar lebih menarik.

Ini Dia Deretan Baju Renang Terbaik untuk Kamu

Mad Wave Bodyshell Jammer Multi Fina Approved

Kamu bisa lirik Mad Wave Bodyshell Jammer Multi Fina Approved sebagai pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari kombinasi bahan poliamide dan elastan. Motifnya keren dengan warna dominasi biru.

Dibuat khusus untuk berenang, produk ini dijamin bisa menunjang gerakanmu. Baju renang ini memiliki lapisan PTFE yang bisa memperingan gerakan kamu di dalam air.

Harga Rp. 2.380.000-2.800.000

Speedo Athletic Celana Renang

Berikutnya, ada Speedo Athletic Celana Renang yang bisa jadi milik kamu. Celana renang yang satu ini akan menjamin kenyamanan pemakainya. Bahan celana ini fleksibel dan bisa menunjang gerakan di dalam air. Ukuran yang tersedia mulai dari M hingga XXL. Produk ini hadir dengan warna kombinasi hitam dan merah.

Harga Rp. 45.000-65.000

Tiento Diving Wetsuit Swimwear

Tiento Diving Wetsuit Swimwear adalah produk selanjutnya yang bisa dilirik. Ini adalah baju renang pria yang nyaman untuk berbagai kegiatan di dalam air.

Produk ini keren juga untuk dipakai berenang di laut dan melakukan diving. Baju renang yang satu ini dibuat dengan bahan spandeks impor yang tahan air garam dan kaporit.

Bahannya tebal namun ringan sehingga nyaman digunakan. Ada juga risleting sebagai bukaan baju ini.

Harga Rp. 475.000-613.000

Mares Men Wetsuit

Mares Men Wetsuit adalah pilihan baju renang pria yang bagus untuk kamu. Baju ini cocok juga dipakai untuk diving. Baju renang ini memiliki ketebalan 3 mm.

Meski tebal, namun baju ini ringan sehingga memudahkan pergerakan di dalam air. Produk ini stretch dan cocok untuk berbagai suhu air. Jahitannya kuat dan rapi sehingga tidak mudah sobek. Baju ini memakai zip puller sebagai pembuka dan penutupnya.

Harga Rp. 2.025.000-2.700.000

Godive Shorty Wetsuit

Godive Shorty Wetsuit menjadi produk selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini cocok untuk digunakan di area yang tropis.

Bahannya tidak terlalu tebal dan bisa membuat kamu nyaman meluncur di air. Jahitannya rapi dan pastinya tidak mudah sobek.

Produk yang satu ini memakai velcro closure sehingga lebih nyaman digunakan. Ada 4 ukuran yang tersedia mulai dari S hingga L yang bisa dipilih.

Harga Rp. 559.000-1.169.000

Lee Vierra Kynex Unitard

Lee Vierra Kynex Unitard menjadi rekomendasi pertama untuk baju renang wanita. Produk yang satu ini terbuat dari bahan kombinasi nilon dan elastan.

Bahan ini tentu sangat nyaman saat dipakai berenang karena bisa melindungi tubuh dari sianr matahari dan juga klorin. Ada ukuran M hingga XL yang bisa dipilih.

Baju renang ini memiliki resleting depan dan removable cup bra. Kamu bisa memasang cup tersebut bila ingin berenang dengan lebih nyaman.

Harga Rp. 202.000-675.000

Madwave Bodyshell Kneeskin Open Back Limited

Madwave Bodyshell Kneeskin Open Back Limited menjadi produk selanjutnya untuk dimiliki. Baju renang yang satu ini tidak menyerap air sehingga tidak berat digunakan.

Baju ini terbuat dari bahan kombinasi poliamide dan elastan. Bahannya tipis sehingga bagaikan kulit kedua kita saat dipakai. Tingkat kekencangannya pas sehingga tidak terasa sesak saat digunakan. Ada ukuran XS hingga L yang tersedia.

Harga Rp. 1.850.000-2.590.000

Jaimelavie Baju Renang Muslimah Jumpsuit

Berikutnya, ada Jaimelavie Baju Renang Muslimah Jumpsuit yang bisa dipilih. Baju ini trendi modelnya dan pastinya bikin lebih percaya diri. Bajunya terdiri dari atasan dan celana namun dalam satu potongan.

Ada aksen rempel one shoulder yang bisa menambah kesan manis pada pemakainya. Resletingnya bisa dibuka cukup lebar agar lebih mudah dipakai.

Terbuat dari bahan spandeks, baju renang ini pastinya bikin nyaman pemakainya. Ada ukuran S hingga XL yang bisa digunakan untuk bobot 40 kg hingga 85 kg.

Harga Rp. 495.000-817.000

Baju Renang Muslimah Premium Rocella Swimwear Marina

Ada juga Baju Renang Muslimah Premium Rocella Swimwear Marina yang bisa diandalkan. Baju renang yang satu ini jahitanya kuat dan rapat.

Model bajunya terusan dengan detail layer di bagian dada. Produk ini tidak mudah menyerap air dan mudah kering karena terbuat dari bahan scuba. Bahannya tebal namun ringan sehingga bikin mudah saat berenang.

Harga Rp. 315.000-524.000

Lee Vierra Thayana Ladies Burqini

Lee Vierra Thayana Ladies Burqini juga bisa jadi pilihan tepat. Baju renang yang satu ini terbuat dari bahan nilon kombinasi elastan yang bikin kamu lebih bebas bergerak dalam air.

Selain itu juga tidak mudah kusut karena memiliki fitur four way stretch. Baju renang yang satu ini bisa melindungi kulit dari bahaya air klorin atau air kaporit dan sinar matahari.

Dalam satu set sudah lengkap terdiri dari atasan, bawahan, dan hijab. Ada ukuran S hingga XL yang bisa dipilih.

Harga Rp. 675.000-1.095.000
From our editorial team

Pilih Baju yang Tidak Terlalu Ketat atau Terlalu Longgar

Idealnya baju renang harus menempel sempurna di tubuhmu. Sebaiknya baju renang tidak terlalu ketat karena bisa membatasi gerak. Hindari juga baju renang yang terlalu longgar karena akan membuat penampilanmu kurang oke. Ada baiknya kamu mencoba dulu baju renang yang akan kamu beli. Ini supaya kamu tahu pas atau tidaknya pakaian tersebut.