8+ Aspek Penting Dalam Memilih Tas Anak Perempuan dan 10+ Pilihan Tasnya 2018

8+ Aspek Penting Dalam Memilih Tas Anak Perempuan dan 10+ Pilihan Tasnya 2018

Anda bingung saat hendak memilih tas anak perempuan untuk menemani mereka bersekolah? Jangan lagi, sebab BP-Guide menghadirkan artikel berikut untuk membantu Anda memilih tas anak anak perempuan yang tepat. Nah, ini dia 8+ aspek penting saat memilih tas anak perempuan!

Tas Anak Perempuan Cantik Bikin Anak Makin Semangat Sekolah

Pada saat sekolah, tidak lengkap rasanya bila anak perempuan tidak didandani dengan cantik. Tidak perlu dengan make up, tapi cukup dengan penampilan rapi dan aksesoris yang menarik. Tidak lupa tentunya sebuah tas yang cantik. Tas cantik dan lucu pilihannya, akan membuat anak Anda semakin semangat ke sekolah. Kepercayaan dirinya semakin bertambah dan anak Anda akan terlihat semakin lucu.

Fungsi tas sekolah bukan lagi hanya sebagai wadah penampung. Akan tetapi juga harus disesuaikan dengan model dan kebutuhan tas. Bila dulu model tas anak adalah berbentuk ransel, saat ini bentuk dan model tas juga lebih stylish. Terdapat pula gambar-gambar lucu karakter kesukaan anak. Namun jangan sembarangan memilih tas anak. Ada banyak yang harus pula diperhatikan untuk memilih tas untuk anak, terutama anak anak perempuan. Anda perlu mempertimbangkan panduan dari BP-Guide berikut ini.

Cara Memilih Tas Anak Perempuan yang Kece

Dengan beragam model yang telah disesuaikan dengan fashion dan kebutuhan anak, maka tas anak anak perempuan tidak hanya bisa digunakan untuk sekolah saja. Ada beragam keperluan lain misalnya les, renang atau pergi bermain bersama teman yang juga perlu diakomodir. Kenyamanan sangat harus diperhatikan dalam memilih tas anak. Ingat, anak kecil tubuhnya lebih rentan dan mudah cedera. Untuk itu, beberapa hal berikut harus diperhatikan dalam memilih tas untuk anak perempuan.

Pilih Desain dan Model Serta Sesuaikan dengan Usia

Perhatikan model dan desain agar disesuaikan dengan usia anak. Selain itu, jangan membelikan motif tas yang tidak disukainya, sebab akan mengurangi kepercayaan dirinya. Apalagi anak perempuan, yang suka dengan warna bergambar tokoh princess kesukaan dan warna yang cerah.

Tas anak-anak perempuan sangatlah beragam dari model, warna dan gambar yang ditampilkan. Untuk anak-anak usia TK, tentu mereka akan senang bila Anda belikan tas dengan gambar kartun yang ramai. Tapi untuk yang lebih dewasa seperti anak SD yang menginjak SMP atau anak SMP itu sendiri, itu akan membuatnya malu. Selain itu, desain juga berpengaruh terhadap kebutuhan. Anak TK atau anak yang baru SD tidak membutuhkan tas dengan desain yang terlalu banyak kantong. Karena kebutuhan mereka hanya menyimpan bekal, minuman dan sedikit buku. Berbeda dengan yang lebih dewasa, dan diwajibkan membawa banyak barang.

Perhatikan ukurannya, sesuaikan dengan usia sekolah anak. Karena kebutuhan dan ukuran tubuh yang berbeda, maka ukuran tas juga berbeda. Anak SD tidak boleh membawa tas besar dengan isi yang banyak, karena bisa berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Berbeda dengan anak SMP dan SMA. Beli tas yang simpel dan ukurannya tidak terlalu besar.

Utamakan Tas Ransel

Jangan salah, kini ransel juga digunakan sebagai tas anak perempuan. Mengapa tas ransel paling bagus untuk anak sekolah? Selain karena modelnya lucu, tas ransel juga paling aman digunakan. Tas ransel dapat membantu untuk menyeimbangkan berat dari tubuh anak secara merata pada bahunya. Selain itu, kapasitas dari tas ransel juga banyak, dan memiliki kantong yang banyak untuk menyimpan peralatan sekolah.

Pilih tas ransel dengan selempang yang empuk. Bila menggunakan selempang satu, jangan memilih selempang yang keras, karena bisa membuat bahu menjadi tidak nyaman. Selain itu, pastikan bila bagian belakang dari tas, dilapisi dengan bantalan empuk. Dengan begitu, anak Anda bisa terhindar dari tertusuk benda-benda tajam dari dalam tas,seperti ujung pensil, pulpen penggaris dan barang lainnya.

Pilih yang Awet dan Tahan Lama

Perhatikan kualitas dari tas pilihan anak Anda. Mulai dari kerapian jahitan, serta ukuran tas. Cek pula resletingnya, apakah memiliki tali yang kuat dan berjalan dengan lancer. Pastikan sebelum membeli, sehingga anak Anda bisa merasa nyaman menggunakan tasnya.

Tas yang memiliki bahan berkualitas dapat digunakan paling cepat satu tahun atau lebih. Tas dengan bahan yang jelek akan mudah rusak bila membawa beban terlalu banyak. Pilih tas dengan bahan yang kuat dan berkualitas yang baik agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Sayang sekali rasanya jika tas anak anak perempuan yang lucu dan menarik, namun ternyata mudah rusak.

Anak Perempuan Biasanya Suka Kartun Lucu

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak menyukai tas dengan gambar karakter yang disukainya. Terutama anak perempuan. Tokoh-tokoh kartun lucu seperti Sponge Bob dan Doraemon biasanya menjadi favorit. Selain itu, tokoh-tokoh princess juga sedang digemari saat ini. Itu sebabnya tas anak anak perempuan memiliki motif dengan gambar karakter yang sangat lucu dan menarik untuk anak. Selain itu juga dari warna. Biasanya warna-warna cerah seperti kuning, biru muda dan pink disukai oleh anak perempuan.

Perhatikan Kesehatan Anak agar Tas yang Dipilih Sudah Tepat

Anda tidak dapat sembarangan memilih tas untuk anak, terutama tas anak-anak perempuan. Tas yang salah bisa mencederai tubuh anak. Bahkan menghambat pertumbuhan mereka. Jangan asal melihat trend dan model yang cantik. Namun, perhatikan pula kesehatan anak Anda. Tas yang berat bisa menyebabkan anak menderita tegang punggung, keretakan pada punggung dan bahu, keseleo dan memar. Dalam jangka panjang hal ini akan mempengaruhi kesehatan tulang dan perkembangan otot.

Untuk itu, penjelasan berikut akan memaparkan apa saja yang yang harus diperhatikan untuk memilih tas sekolah untuk anak.

Perhatikan Talinya, Apakah Bisa Menopang Beban dengan Benar?

Hal utama memilih tas, terutama tas anak anak perempuan adalah dengan memperhatikan talinya. Tali yang lebar, berkontur serta memiliki bantalan yang empuk dapat membantu untuk mendistribusikan berat terhadap wilayah yang luas dari bahu. Pengikat tali bahu atau jangkar juga harus dalam posisi satu hingga dua inci berada di bawah bagian atas dari bahu. Jadi anak Anda akan merasa nyaman untuk menopang tas. Untuk itu, pilih tas dengan jenis yang bantalan strapnya dapat digeser untuk disesuaikan dengan panjang tali strap.

Bahan tali pada tas juga harus diperhatikan. Tali yang bahannya terlalu tebal dapat menambah beban pada anak Anda. Akan tetapi, tali dengan bahan yang terlalu tipis tidak dapat mengatur beban secara merata. Pilihan tas ransel paling baik dibandingkan tas selempang. Ini dikarenakan keduanya mempunyai perbedaan untuk melakukan penopangan pada bahu Anak. Tas ransel menggunakan otot terkuat pada tubuh seperti otot-otot perut dan punggung untuk menunjang berat dari isi ransel. Bila digunakan dengan benar, maka berat pada ransel dapat tersebar secara merata pada seluruh tubuh, sehingga mengurangi cedera pada leher dan bahu.

Tas Beroda akan Lebih Baik

Kini tas anak-anak perempuan dengan model tas beroda telah banyak di pasaran. Tas ini memang lebih cocok untuk anak perempuan yang fisik dan struktur tulangnya lebih rentan dari anak lelaki. Tas beroda lebih baik untuk anak Anda. Dengan bentuk seperti mini koper, anak Anda tidak perlu membawa beban berat, cukup dengan menariknya saja. Jadi pertumbuhan anak Anda tidak akan terganggu.

Terdapat dudukan plastik pada tempat roda,dengan pegangan berada di belakang tas. Bahkan, saat ini telah banyak tas beroda yang beredar di pasaran dengan bentuk dan terdapat karakter kartun lucu kesukaan Anda. Untuk tas beroda ini, perlu diperhatikan roda pada tas. Roda yang kuat akan membuat tas menjadi lebih ringan ketika ditarik atau didorong.

Perhatikan Berat Tas

Tas yang terlalu berat dapat membuat punggung anak menjadi cedera. Untuk itu, perhatikan pula ukuran dari tas. Seorang dokter anak dan remaja dari Georgia Health Sciences System, bernama Dr. Kathryn McLeod, berpendapat bila ukuran maksimal dari tas sekolah untuk anak yaitu sebesar 75% dari punggung anak. Ini berarti, untuk tas sekolah yang digunakan anak maksimal besarnya sepanjang pinggang hingga bahu. Di mana dianjurkan oleh para ahli bila tas sekolah anak tidak boleh lebih dari 15% berat anak. Idealnya bahkan 10% dari berat anak.

Bila tas sekolah terlalu berat untuk anak, terlihat bila anak Anda harus sampai membungkuk ketika membawa tas sekolahnya. Untuk itu, bila ia harus membawa seluruh buku tersebut, maka anjurkan agar 1 atau 2 buku yang paling tebal dibawa dengan tangan. Untuk itu, sebagai pedoman Anda harus ketahui ukuran lebar dan panjang dari buku pelajaran paling besar yang anak Anda miliki.

Penggunaan Tas dengan Benar Juga Perlu Diperhatikan

Anak memiliki kebiasaan buruk untuk membawa tas dengan beban besar hanya pada satu sisi. Ini berbahaya, karena dapat memicu cedera pada bahu. Selain itu, dampaknya, anak dapat mengalami otot pada punggung dan leher serta ngilu pada pundak. Pastikan anak memakai tas dengan menyelempangkan kedua selempang tas. Pastikan pula bila tas yang digunakan tidak terlalu kendur juga tidak terlalu ketat.

Hindari agar anak menggunakan tas punggung yang terlalu berat. Bila beban dari tas anak berat, Anda dapat mengajarkan pada anak untuk menekuk kedua lutut ketika mengambil dan meletakkan tas tersebut. Cara mengangkat tas juga menggunakan kedua tangan, lalu secara bersamaan, selempangkan tali tas pada pundak.

Pilihan Tas untuk Anak Perempuan yang Bisa Dijadikan Rekomendasi

Telah banyak tas branded untuk anak, dengan gambar dan bentuk yang lucu, namun aman dan nyaman untuk digunakan. Misalnya saja tas gendong yang pada bagian belakang dilapisi bantalan empuk sehingga membuat punggung anak nyaman dan aman tertusuk benda-benda di dalam tas. Atau ransel yang multifungsi namun dengan gambar dan model yang keren. Tidak hanya untuk anak pria, tapi juga cocok untuk anak perempuan. Berikut beberapa pilihan tas yang bisa jadi rekomendasi.

Jansport Superbreak Backpack Coral Peaches

Sumber gambar www.blibli.com

Bila Anda sering mengajak anak untuk traveling atau berkemah, maka sebaiknya memilih tas ini. Tas keluaran Jansport ini sebenarnya dibuat untuk travelling. Ini karena tas Jansport Superbreak memiliki kompartemen yang luas untuk menyimpan barang. Dimana telah dipastikan bila tas ini juga nyaman untuk digunakan sebagai tas sekolah. Sebagai tas ransel yang dibuat dengan bahan denier polyester, tas ini tidak mudah rusak. Terutama sebagai tas anak-anak perempuan, berbagai model tas Jansport ini bisa menjadi rekomendasi :

  • Jansport Super Break School Bag Backpack in Coral Peaches/Orange - Spring (NWT) hadir dengan warna-warna soft yang lembut seperti coral peaches dan orange. Bila membeli tas dengan kapasitas 1550 cu in/ 25 L ini, Anda akan mendapatkan garansi seumur hidup dari oleh JanSport. Anda dapat membelinya di eBay dengan harga Rp. 266.533.
  • Jansport LBJST5019SA Superbreak Backpack - Coral Peaches juga hadir dengan warna yang lembut dan desain trendi yang akan disukai oleh anak perempuan. Bila membeli di Blibli Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 375.200.

Leaper Causal Style Lightweight Canvas Bag

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Leaper secara khusus telah menciptakan berbagai model ransel selama lebih dari 15 tahun demi memuaskan kebutuhan dari setiap pelanggan. Berbagai produk Leaper tidak hanya ransel kasual saja, tetapi juga ransel untuk sekolah, daypack, tas travel, hingga tas Laptop dan tas perlengkapan mandi.

Produk Leaper telah diekspor ke berbagai negara, seperti Amerika, Timur Tengah, Eropa, dan Australia. Tas-tasnya terbuat dari bahan kanvas yang tidak mudah rusak. Modelnya yang kasual bisa digunakan untuk segala situasi. Selain itu, desain talinya dibuat untuk mengurangi tekanan pada bahu dan nyaman bila digunakan dalam waktu yang lama. Tidak salah jika tas ini dipilih untuk tas anak Anda.

Berikut beberapa pilihan model yang cocok sebagai tas anak-anak perempuan :

  • Leaper Casual Lightweight Canvas Laptop Bag Cute School Backpack Travel Bag memiliki desain unik dengan adanya bordiran pada bagian depan dan kantong yang berbeda. Ransel ini memiliki volume yang cukup besar tinggi dan dapat menampung beban hingga seberat computer 14 inch. Terdapat logo leaper pada bagian depan. Di Elevenia bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 904.500.
  • Leaper Causal Style Lightweight Canvas Laptop Bag/Cute backpacks/ Shoulder Bag/ School Backpack/ Travel Bag Water Blue tersedia dengan ukuran medium dan large. Juga memiliki aneka pilihan warna dan motif, seperti Purple Flower, Black Flower, Water Blue, Navy Blue, dan Khaki Flower. Saat ini telah ada produk terbaru dengan dekorasi berbentuk berlian yang berada di tengah bagian atas tas. Anda bisa membelinya di luggage-sets.net dengan harga Rp. 415.870.

Brand New Vintage Retro Floral School Bag

Sumber gambar www.lazada.co.id

Ini dia tas anak-anak perempuan yang cocok dipakai sekolah bagi anak SMP atau SMA. Tas ini mampu memuat beban seperti kalkulator dan notebook, tapi masih terasa ringan. Terbuat dari bahan dasar kanvas berkualitas tinggi yang tidak mudah rusak dan nyaman digunakan. Memiliki model dengan nuansa retro floral, cocok untuk anak Anda yang aktif dan ingin tetap gaya.

Tertarik untuk membelinya? Ada beberapa pilihan yang cocok untuk anak Anda :

  • BestHope High Quality & Brand New Vintage Retro Floral Ladies Canvas Bag /School Bag/Backpack (A-Black) merupakan retro backpack yang terbuat dari kanvas dan kulit. Di Amazon Anda bisa membelinya dengna harga mulai dari Rp. 228.000 – Rp. 259.000.
  • Bravo Women Girl Vintage Retro Floral Bag Bookbag Backpack -Water Lily/Aqua-1017 dengan desain desain vintage memiliki gambar bunga lili sebagai polanya. Cocok bagi anak Anda yang feminism. Di eBay, tas ini dibanderol dengan harga US $19.99 atau Rp. 266.533.33.
  • Ladies Girls Vintage Floral Diamond Grid Canvas Travel School Bag Backpack Rucksack,Black Red (Intl) memiliki desain yang tidak hanya simpel dan kasual, tapi juga tetap fashionable. Cocok untuk anak Anda yang suka berpetualang, karena selain untuk sekolah, tas ini cocok juga digunakan untuk shopping, hiking dan traveling. Harganya Rp. 258.800 di Lazada.

J World New York Sunrise Rolling Backpack

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Untuk anak yang memiliki karakter unik dan suka fesyen, bisa menggunakan tas J World New York Sunrise Rolling Backpack. Memiliki desain yang canggih serta pola tebal yang terinspirasi dari gaya hidup New York City. Dimana pada setiap koleksinya bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan dari tiap orang yang berbeda dan sadar akan fesyen. Berbagai seniman dari seluruh dunia ikut bekerjasama untuk menyempurnakan desain tas tersebut sehingga menjadi lebih unik dan inovatif. Tidak hanya jenis ransel, tersedia juga pilihan jenis tas seperti tas koper dan tas tas tote cocok untuk mereka yang gaya.

  • J World New York Sunrise Rolling Backpack berbentuk koper ini terbuat dari 100% bahan Polyester. Memiliki banyak saku, serta fob kunci, tempat pensil, dan saku berresleting. Tas ini memiliki tali bahu yang empuk, sehingga aman untuk anak. Terdapat pula mesh saku untuk menyimpan botol air minum. Di Amazon bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp. 466.700.
  • J World New York Sunrise Rolling Backpack – 18 memiliki kapasitas yang luas, sehingga selain buku dan alat tulis dapat menampung barang lain seperti aksesoris atau pakaian. Di Ebags, bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 714.870.
  • J World New York Sunrise Rolling Backpack, Love Purple, One Size/215713 memiliki warna cerah yang cocok untuk anak perempuan yang ceria. Terdapat tombol push untuk tiga tahap penguncian tas. Selain itu tas ini memiliki roda dengan gerakan stabil dan terkendali. Di Elevenia harganya Rp. 1.411.200.

Jansport Big Student Multi Stickers Backpack

Sumber gambar www.blibli.com

Backpack yang terbuat dari bahan denier polyester ini memiliki desain yang trendi serta motif yang unik. Memiliki kompartemen utama yang luas, cocok untuk membawa berbagai barang. Produk dan kualitasnya terjamin. Tas ini cocok untuk anak Anda yang suka menyimpan banyak barang, karena tersedia dengan banyak kantong. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp. 639.200 dan Amazon dengan harga Rp. 559.000.

Abshoo Canvas Cute Laptop Backpacks for Girls

Sumber gambar www.amazon.com

Merupakan tas yang terbuat dari kanvas yang berkualitas tinggi, tas sekolah backpack ini didesain dengan sangat lucu dan cocok untuk anak perempuan usia sekolah dasar, terutama kisaran 10 tahun. Cocok dengan gaya kasual, tas ini memiliki compartment yang luas, cukup untuk menampung peralatan sekolah, bahkan laptop. Selain dapat membuat anak tampil gaya, tas ini juga dilapisi bantalan empuk pada bagian belakang, sehingga dapat menjaga keamanan punggung ketika membawa barang yang berat. Anda dapat membelinya di Amazon dengan harga Rp. 324.870.

Abshoo Lightweight Canvas Backpacks for Girls School Rucksack Bookbags

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Tas ransel ini memiliki tali yang kuat dan aman untuk digunakan. Kompartemennya yang luas, memungkinkan anak untuk membawa berbagai barang seperti laptop 14 inch, kunci, majalah, payung, ponsel dan berbagai barang lainnya. Memiliki kantong dua sisi untuk menyimpan air minum dan satu saku di depan.Cocok untuk anak yang suka berkegiatan outdoor dan bersepeda. Harganya dibanderol Rp. 445.886 di eBay. Dan Di Elevania dengan harga Rp. 766.400.

Fjallraven Kanken Classic Backpack Blush Pink

Sumber gambar www.blibli.com

Merupakan tas yang dibuat dengan desain yang sesuai dengan anak-anak sekolah di Swedia pada tahun 1978. Tas berbahan Ninylon-F ini kini memiliki desain yang trendy dengan kompartemen yang luas.

Beberapa jenis yang bisa dipiliih antara lain :

  • Women Men Fjallraven Backpack Kanken 23510 Classic Handbag School Pink New Color bisa digunakan oleh anak wanita dan lelaki. Memiliki warna pink, dan dapat dibawa dengan cara sebagai ransel ataupu tas jinjing. Harganya di eBay adalah Rp. 799.866 di eBay.
  • Fjallraven Kanken 23510 Tas Ransel – Pink merupakan backpack dengan desain yang trendy. Sangat manis untuk anak perempuan yang ceria. Di Blibli tas ini dibanderol dengan harga Rp. 1.399.000.

HotStyle 936 Plus College Backpack Violet/ Red

Sumber gambar www.amazon.com

Ini dia tas hujan anti air yang cocok sebagai tas anak-anak perempuan pada hari hujan. Dibuat dengan bahan yang kuat dan tahan lama. Pada bagian bawah dibuat dengan kulit yang kasar sehingga tas dapat tetap stabil ketika diletakkan di atas tanah. Selain itu tas bisa terlindungi dari basah dan kotor. Memiliki kompartemen yang luas dan resleting yang rusak. Jadi tidak usah khawatir bila tas ini digunakan untuk bermain di segala medan. Di Amazon tas ini diberandol dengan harga Rp. 389.870 sedangkan di Elevenia dengan harga Rp. 807.300.

Mamagreen MC8R

Sumber gambar www.lazada.co.id

Ini dia ras ransel ramah lingkungan yang memang disediakan sebagai tas anak. Terbuat dari bahan daur ulang, namun memiliki model yang lucu dan unik. Terdapat logo brand Mamagreen yang lucu dilengkapi dengan aksen berupa garis yang berwarna-warni. Memberikan kesan cerah dan ceria. Dengan membelikan tas ini, Anda sekaligus dapat mengajarkan anak untuk cinta lingkungan. Tidak hanya untuk sekolah, tapi juga cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Tersedia dengan warna merah. Bisa Anda dapatkan di berbagai online store seperti Lazada, dengan harga dari Rp. 469.000 hingga Rp. 550.000.

From our editorial team

Tas sekolah berkualitas membuat si kecil makin semangat belajar

Semangat belajar si kecil bsa dipengaruhi oleh tas yang mereka gunakan lho. Karena itu, dalam memilih tas untuk anak perempuan untuk kegiatan sekolah mereka, perlu dilakukan dengan sepenuh hati dan tidak main-main. Semoga produk-produk yang telah kami rekomendasikan di atas bisa menjadi pilihan Anda dalam memberikan warna dalam aktivitas sekolah anak Anda. Produk-produk terbaik di atas tentu dapat mendukung aktivitas dan semangat belajar mereka.