Ingin Memberi Kado untuk Anak Lelaki Usia 6 Tahun? Intip 11+ Rekomendasi Mainan yang Menyenangkan dan Imajinatif di Sini!

Ingin Memberi Kado untuk Anak Lelaki Usia 6 Tahun? Intip 11+ Rekomendasi Mainan yang Menyenangkan dan Imajinatif di Sini!

Sumber gambar yandex.ru

Mainan bagi anak-anak adalah hal yang sangat menyenangkan. Tidak ada anak-anak yang bisa menolak mainan dan tentu saja, mereka nyaris selalu menginginkannya. Di era milenial, pemilihan mainan jadi lebih mudah karena saat ini, banyak jenis mainan yang tak hanya menyenangkan tapi juga bersifat edukatif dan bisa membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitas. Bagi anak laki-laki, ada beberapa jenis mainan yang menarik minat mereka. Intip dalam rekomendasi berikut ini.

Mainan Anak Bisa Dijadikan Salah Satu Pilihan Kado yang Sangat Berkesan

Sumber gambar amazon.com

Anak Anda akan berulang tahun sebentar lagi? Anda mungkin sedang bingung menyiapkan kado ulang tahun yang tepat untuk anak Anda. Hari ulang tahun bagi anak selalu jadi momen spesial yang ditunggu-tunggu.

Maka, jangan sampai membuatnya merasa kecewa karena kado yang Anda berikan tak cocok untuknya atau bahkan malah tak ada kado yang sudah ia tunggu. Mainan menjadi salah satu pilihan kado yang mudah, sebab anak-anak memang identik dengan masa bermain.

Memberikan kado mainan pun tidak bisa sembarangan. Carilah mainan yang aman, apalagi untuk si kecil yang belum mengerti. Menurut pakar pendidikan, usia 7 tahun ke bawah suka bermain dengan imajinasinya.

Anda bisa memberikan hadiah mainan yang bisa meningkatkan dan mengembangkan imajinasi anak. Sehingga kreativitasnya semakin baik. Untuk kado anak laki-laki umur 6 tahun ke atas, game PSP bisa menjadi kado pilihan anak. Game tersebut sedang digandrungi oleh anak seusianya, atau bisa juga memberikan mainan otomotif seperti bis, mobil, dan lainnya.

Tips Memilih Mainan untuk Anak Laki-laki

Dapat Merangsang Tumbuh Kembangnya

Sumber gambar laughingsuid.com

Mainan anak laki-laki ada banyak sekali jenisnya. Hal ini tidak terlepas dari kesenangan anak-anak dengan dunia bermain. Umumnya, anak laki-laki menyukai mainan yang bersifat maskulin dengan karakter jagoan, perkasa atau gagah. Hal ini sudah menjadi fitrahnya sebagai anak laki-laki.

Mainan anak laki-laki seperti obot-robotan, mobil-mobilan, atau mainan pistol merupakan mainan yang populer di kalangan anak laki-laki. Mainan robot yang menyerupai tokoh superhero tertentu seperti Transformers atau Power Rangers menjadi kesenangannya.

Mainan ada yang berfungsi sekadar untuk bermain ada juga yang berperan dalam tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua hendaknya Anda memilihkan mainan yang tidak hanya mampu membuat si buah hati merasa senang, tetapi juga dapat merangsang tumbuh kembang si kecil.

Hal ini dilakukan untuk menjadikan imajinasi dan kreativitasnya berkembang. Sebab imajinasi anak memang kuat dibandingkan dengan orang tua. Ketika memilihkan mainan untuk anak, ada baiknya Anda berdiskusi dengannya sebelum memilih mainan. Anak Anda akan merasa senang jika dilibatkan diskusi untuk memilih mainan yang tepat untuknya.

Dapat Mengembangkan Logika Anak

Sumber gambar leapfrog.com

Ketika Anda memasuki sebuah toko mainan, Anda akan menemukan berbagai macam mainan yang jumlahnya semakin banyak. Semakin canggihnya dunia teknologi, juga berdampak pada mainan yang kian beragam macamnya.

Sebaiknya, ketika memilihkan mainan untuk anak Anda, jangan hanya sekedar untuk bersenang-senang tetapi juga dapat dijadikan sarana belajar. Mainan anak, dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengeksplorasi kecerdasan anak dan melatih logikanya untuk berpikir.

Contoh permainan edukasi yang dapat mengasah kecerdasan yaitu lego, puzzle, atau permainan teka-teki lain. Jenis permainan ini selain memiliki gambar yang menarik dan lucu, juga bisa mengasah kecerdasan si kecil. Permainan tersebut mengajak anak untuk berpikir dan juga menyelesaikan gambar menjadi satu kesatuan yang utuh. Sehingga ia sekaligus berlatih untuk mampu menyelesaikan masalah dengan cepat. Selain jenis permainan tersebut,

Anda juga memilihkan mainan yang membuat anak aktif bergerak sehingga mengembangkan saraf motoriknya. Misalnya saja dengan bermain sepeda bersama-sama. Atau permainan yang mengajarkannya menyusun strategi atau kerja sama misalnya saja papan mainan ular tangga atau permainan kartu.

Dapat Mengembangkan Kemampuan Visual Anak

Sumber gambar talentunikid.com

Bermain adalah aktivitas yang disukai oleh anak-anak. Hal ini dapat menjadi salah satu strategi Anda untuk merangsang kecerdasan dan kemampuan visual sang buah hati. Jenis permainan yang Anda pilih untuk anak hendaknya disesuaikan dengan usia sang buah hati. Sebab kebutuhan dan kemampuan si anak sesuai dengan usianya.

Bermain sembari belajar bisa Anda lakukan bersama anak dengan menggambar. Sediakan kertas kosong dan pensil warna, dan biarkan anak mengeksplorasi kemampuan menggambarnya agar kemampuan visualnya berkembang.

Selain menggambar, Anda juga bisa memberikan mainan sebagai kado ulang tahunnya yaitu dengan karakter mainan super hero. Mainan super hero seperti yang mereka lihat dalam film sangat disukai oleh anak laki-laki. Mereka berimajinasi sebagai sosok super hero yang membela kebenaran.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan lego atau monopoli untuk mengasah imajinasi dan kreativitasnya. Mainan lego menjadikan anak mampu menyusun mainannya sesuai dengan imajinasi yang ia miliki seperti memuat mobil-mobilan atau rumah. Sedangkan permainan monopoli akan mengasah jiwa sosialnya dengan bermain bersama teman-temannya.

Dapat Mengembangkan Keterampilan Spasial Anak

Sumber gambar kqed.org

Memilihkan mainan untuk anak wajib unik mempertimbangkan sifat edukatif juga keamanannya sehingga Anda akan merasa aman membiarkan anak Anda bermain. Sesuaikan juga dengan usia sang anak agar tumbuh kembang kreativitas dan motoriknya dapat terasah.

Perkembangan usianya juga akan menunjukkan minat mereka pada sesuatu, seperti kegemaran musik, kegemaran membaca atau yang lainnya. Selain usia, aktivitas di sekolah juga mampu membuatnya paham pada lingkungan sekitar dan sosial. Anak akan lebih mudah menguasai keterampilan baru seperti menangkap bola atau permainan lain yang membutuhkan banyak teman.

Atau mainan edukatif lain yang bisa Anda pilih yaitu lilin dan lego. Permainan lilin membantu merangsang saraf motorik anak sehingga lebih kuat. Lego dan lilin dapat meningkatkan imajinasi juga mengembangkan keterampilan sang buah hati dengan membuat bentuk-bentuk yang diinginkannya.

11 Ide Kado Mainan untuk Anak Laki-laki Berumur 6 Tahun

PLAYMOBIL Soldiers' Lookout with Beacon

Sumber gambar amazon.com

Ketika ingin membeli kado untuk anak laki-laki, maka sesuaikan pula dengan usianya. Jangan lupa untuk memilihkan mainan yang aman, sebab kini ada banyak juga mainan yang mengandung bahan kimia berbahaya atau berbentuk tajam sehingga bisa melukainya.

Ketika membeli mainan, bacalah aturan yang tertera pada kemasan mainan mengenai usia yang cocok untuk memainkan mainan tersebut. Anak tidak bisa mengontrol keinginan untuk selalu bermain, maka dari itu Anda sebagai orang tua perlu untuk mengontrol apa yang baik untuk sang anak.

Begitu juga ketika hendak memberikan kado untuk anak laki-laki umur 6 tahun. Mainan dengan banyak warna akan sangat disukainya. Pilih warna mainan yang cerah agar si anak menyukainya dan juga dapat melatih kepekaannya pada warna.

Salah satu mainan yang bisa Anda pilih yaitu PLAYMOBIL Soldiers' Lookout with Beacon. Tokoh superhero ini cocok untuk anak usia empat sampai 10 tahun. Satu set mainan terdiri dari dua tentara, pedang, batu, menara pengintai, meriam, peti harta karun dengan harta karun juga permata dan aksesoris lain.

Tokoh bisa dibungkukkan, berdiri, duduk, atau memutar kepalanya. Dibutuhkan dua baterai AAA untuk bisa memainkan mainan ini. Anda bisa bermain sembari belajar dengan anak-anak. Harganya $24.99 atau berkisar Rp 342.950 di Amazon.

Parking Fire Station

Sumber gambar aliexpress.com

Kado untuk anak laki-laki umur 6 tahun bisa Anda sesuaikan dengan minat si anak. Pertimbangkan untuk memilih mainan yang mampu mengembangkan intelegensia si kecil dan juga keamanannya saat bermain.

Salah satu mainan yang bisa Anda pilih yaitu mainan mobil-mobilan, pesawat atau bola yang banyak disukai oleh anak-anak dan juga bisa melatih fokus dan keterampilan. Parking Fire Station adalah mainan anak laki-laki yang dapat melatih keterampilan anak.

Kombinasi antara trek balap dan garasi parkir yang dapat dirakit sehingga membuat sang anak bermain dan belajar. Set kendaraan mobil juga dilengkapi dua mobil yang dapat dipencet. Ukuran rakitan yaitu 31 cm x 21cm x 28 cm. Sangat cocok untuk anak usia 18 bulan. Harganya Harga $38.87 atau berkisar Rp 533.433 di Aliexpress.

Mainan Anak Drum Big Band

Sumber gambar bukalapak.com

Anak Anda memiliki minat pada musik? Anda bisa memberinya kado Big Band Drum DT2880 untuk mengasah bakatnya. Mainan drum anak ini dapat membantu tumbuh kembang anak, sehingga mereka tak perlu memukuli meja, kursi atau pun alat-alat dapur.

Satu set Big Band Drum DT2880 terdiri dari o 1 buah Bass Drum, 1 buah Tom-tom kecil, 1 buah Tom-tom besar, 3 buah Tom-tom mini, 1 buah Cymbal, 1 buah pedal mekanik, 2 drum stick dan 1 buah kursi. Ukuran drumnya sekitar diameter 40 cm dan tinggi 60 cm.

Tersedia pilihan warna biru, merah, dan hijau yang bisa Anda dan sang buah hati pilih. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 187.000 di Lazada.

Mobil Beko Tunggang

Sumber gambar tokopedia.com

Mainan tidak hanya sekadar untuk bermain, tetapi juga bisa dijadikan media belajar yang mampu merangsang potensi buah hati. Permainan ada banyak ragamnya, beberapa memiliki manfaat edukatif untuk merangsang keterampilan anak atau meningkatkan kemampuan sosialisasinya.

Memilih mainan yang tepat, sangat penting untuk Anda perhatikan sebagai kado ulang tahun anak laki-laki umur 6 tahun atau lainnya. Salah satu mainan yang bisa Anda pilih yaitu Mobil Beko Tunggang. Mainan ini terbuat dari bahan plastik tebal berukuran 51 cm x 34 cm x 63,5 cm.

Mainan berkualitas SNI dengan maksimal berat 40 kg ini, juga dilengkapi dengan helm, back hoe, dan tongkat dorong. Keruknya bisa digerakkan naik turun, kiri dan kanan. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 180.000 di Tokopedia.

Marvel-BLP Figure VIB Black Panther 1360

Sumber gambar bukalapak.com

Sebagai orang tua, sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilihkan mainan untuk kado anak. Perhatikan label yang tertera pada kemasan mainan meliputi nama barang, spesifikasi mainan, simbol bahaya, negara pembuatan barang, juga informasi umur penggunanya. Lalu bagaimana cara mengetahui mainan tersebut tidak menggunakan bahan berbahaya?

Anda bisa mencium bau mainan tersebut. Jika tercium bau menyengat, maka bisa jadi mainan tersebut menggunakan cat yang tidak aman untuk mewarnai mainan, biasanya hal tersebut terjadi pada mainan yang murah.

Salah satu jenis mainan yang aman untuk buah hati yaitu Marvel Avengers Titan Hero Series 12-Inch Black Panther Action Figure. Dimensi mainan adalah 2 x 4 x 12 inch dan direkomendasikan untuk anak usia 4 tahun ke atas. Setiap seri Marvel Titan Hero memiliki 5-titik dasar artikulasi dan sudah dilengkapi dengan busur yang kuat. Harganya Rp 279.000 di Bukalapak.

Robot Transformation King Burst Rider 4pcs

Sumber gambar jakmall.id

Mainan ada banyak sekali ragamnya, maka sebagai orang tua Anda perlu memilihkan mainan yang tepat untuk anak Anda. Pilih mainan edukatif yang dapat merangsang motorik dan keterampilan anak Anda sehingga bermain juga menjadi bermanfaat. Mainan edukatif, ketika dipegang dapat merangsang motorik halus anak, dan ketika digerakkan dapat merangsang motorik kasar anak.

Salah satu mainan yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu Robot Transformation King Burst Rider 4pcs. Robot ini memiliki tinggi 10cm dan ukuran 11,5x5,5x3cm saat jadi mobil.

Ada empat model karakter yang bisa menjadi koleksi yaitu Troopers gaddi, Red shadow queen bee, Oklahoma city hos Blast veyron. Bahannya dari plastik yang halus, kokoh dan aman. Robot ini cocok untuk usia anak 3 tahun. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 235.000 di Belanjaqu.

Mainan Anak Serangga Luncur

Sumber gambar blibli.com

Mainan edukasi selain menyenangkan juga bisa menjadi sarana untuk belajar. Apalagi jika mampu dijadikan alat peraga untuk bercerita. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan si kecil dalam berbahasa dan menambah pengetahuannya. Anak-anak lebih tertarik pada gambar dan juga warna sehingga akan mudah menangkap apa yang sedang dipelajari.

Mainan edukatif contohnya mainan Kayu Alat Peraga Edukatif Serangga Luncur. Mainan ini dibuat dari kayu pinus natural dengan tebal 9mm. Cara memainkannya yaitu dengan meletakkan roller bergambar serangga di atas, kemudian lepaskan secara bergantian agar meluncur dari atas ke bawah. Lakukan berulang.

Mainan ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas. Dengan bermain ini, ia bisa belajar mengenal binatang serangga, melatih motorik halus juga koordinasi yang baik antara tangan dan mata. Bentuknya yang elegan, menarik, kualitas kayu bagus dan tahan air menjadi daya tarik mainan ini. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 187.900.

Thomas & Friends Minis Twist-N-Turn Stunt Set

Sumber gambar walmart.com

Mainan edukatif merupakan mainan yang memiliki aspek hiburan untuk anak-anak. Hal tersebut terlihat dari komposisi bentuk, warna, bunyi atau pun geraknya. Hal ini berguna untuk menghibur dan menyenangkan anak-anak ketika dimainkan. Hal ini juga bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan untuk buah hati agar melatih logika berpikirnya.

Salah satu mainan yang bisa Anda pilih yaitu Thomas & Friends MINIS Twist-n-Turn Stunt Train Playset. Mainan dengan karakter kartun yang sedang trend ini sangat cocok dimainkan oleh anak usia 3 tahun ke atas.

Fitur permainan dilengkapi Full playset mencakup Percy dengan dekorasi pertambangan yang bagus, terdapat putaran engkol untuk mengirim Thomas & Friends MINIS ke poros tambang, dua rel fitur track yang terhubung ke plastik I-beam dan mesin yang bisa berubah terbalik saat balapan di sepanjang balok.

Mesin akan tetap berada di sisi kanan sepanjang balok lainnya. Anak-anak pasti akan terhibur dengan mainan ini. Anda bisa mendapatkannya dengan harga $14.98 atau berkisar Rp 205.578 di Walmart.

Green Toys Train Blue

Sumber gambar amazon.com

Membelikan banyak mainan untuk Anda sebenarnya bukan merupakan pilihan yang bijak. Apalagi mainan yang dibelikan hanya sekedar untuk bermain tanpa ada manfaat edukatif untuk si kecil. Maka pilihlah mainan yang tepat untuk si kecil yang memiliki kemampuan merangsang ketangkasan dan daya kreatifnya. Mainan edukatif selain menjadi sarana bermain juga bisa menjadi sarana belajar untuk si kecil.

Salah satu contoh mainan edukatif yaitu Green Toys Train Blue. Mainan ini unik sebab terbuat dari 100% keranjang susu plastik daur ulang yang menghemat energi dan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca. Mainan yang aman untuk anak usia 2 tahun ke atas sebab tidak ada BPA dan memenuhi standar kontak makanan.

Mainan terdiri dari satu set mainan kereta dan lengkap dengan gerobak terbuka dan gerbong yang atapnya bisa dilepas. Sangat menyenangkan untuk dimainkan. Harganya $ 29,99 atau sekitar Rp 411.568 di Greentoys.

Vespa Tunggang Mini

Sumber gambar bukalapak.com

Jika Anda menyadari anak Anda memiliki bakat atau minat tertentu, maka dukung minatnya dengan membelikan mainan yang sesuai. Misalnya saja si kecil tertarik pada musik, maka belikan satu set mainan musik. Pada kelompok usia 5-9 tahun, anak begitu kreatif dan aktif. Maka pilihkan mainan yang sesuai dengan usianya.

Salah satunya mainan vespa tunggang anak. Mainan ini digerakkan dengan cara didorong. Dilengkapi fitur musik di depan, lampu depan menyala seiring irama musik, terdapat spion, bagasi jok yang bisa dibuka dan berukuran 73cmx29cmx33cm. Anda bisa mendapatkannya sebagai kado untuk sang buah hati dengan harga Rp 215.000 di Bukalapak.

Mainan Anak Lego Transformers Oktra02

Sumber gambar bukalapak.com

Ketika membelikan mainan untuk anak, yang penting untuk Anda perhatikan yaitu disesuaikan dengan usia, fisik, emosi dan kemampuannya. Sebab setiap anak memiliki kecerdasan, minat dan keunikannya masing-masing. Hal terpenting yaitu, memilihkan mainan edukatif yang dapat merangsang kecerdasan dan kreativitasnya.

Salah satu jenis permainan edukatif adalah lego. Anda bisa memilih Lego Transformers Warrior Scout 3 In 1 sebagai mainan untuk anak Anda. Mainan rakitan ini, selain sebagai sarana bermain dan belajar juga keren dijadikan koleksi pajangan. Mainan ini dapat berubah menjadi tiga variasi berbeda yang bisa Anda dapatkan seharga Rp 30.500 di Bukalapak.

From our editorial team

Dampingi Anak Saat Bermain

Jika anak Anda sedang bermain, cobalah tanyakan apa dia bersedia ditemani. Waktu bermain bisa dimanfaatkan oleh para orang tua sebagai waktu berkualitas untuk menjalin ikatan dengan buah hati mereka. Bermain dengan anak juga bisa jadi langkah pembelajaran agar mereka tak cuma bersenang-senang tapi bisa mengambil nilai-nilai seperti kreativitas, sosialisasi hingga edukasi. Peran orang tua dalam memberikan jenis mainan yang aman dan mendidik sangat penting dan oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menemani si kecil bermain bersama.

Tag