10 Rekomendasi Game Android Seru yang Bisa Dimainkan Gratis! (2021)

10 Rekomendasi Game Android Seru yang Bisa Dimainkan Gratis! (2021)

Bermain game bisa jadi hiburanjika kita sudah lelah beraktivitas. Untungnya, sekarang ini untuk bermain game tidak hanya bisa dilakukan di konsol atau PC. Lewat smartphone pun kamu sudah bisa memainkan game yang seru. Nah, intip yuk deretan game Android yang bisa kamu mainkan gratis kapan saja dan dimana saja kamu butuh hiburan.

Lepaskan Stress Sejenak, Yuk, Main Game!

Bermain game merupakan sebuah aktivitas yang dinikmati semua orang. Mulai dari game yang sederhana dan mudah memainkannya, hingga game strategi yang penuh pemikiran untuk memainkannya. Bermain game dilakukan banyak orang, mulai dari usia muda hingga yang usianya tak lagi muda. Orang dengan berbagai latar berbeda pun juga bermain game. Memainkan game membuat kita bisa terlepas dari stres dan kepenatan hidup sehari-hari.

Meski ada dampak negatifnya, namun bermain game juga punya sederet manfaat positif yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya tentu saja bikin kita jadi istirahat sejenak dari aneka tugas dan aktivitas yang sedang kita lakukan. Dengan berhenti sejenak lalu main game, pikiran kita bisa terasa lebih fresh dan rileks. Setelah bermain game, kita bisa kembali melanjutkan aktivitas dengan lebih bersemangat karena pikiran sudah kembali fresh.

Manfaat lainnya adalah pola pikir kita jadi lebih cepat. Jika kita rutin bermain game yang mengasah otak, game strategi, dan lainnya maka kemampuan kita untuk berpikir cepat jadi makin teruji. Kita juga dituntut untuk segera cepat mengambil keputusan. Dengan begini, jika dalam kehidupan kita butuh pemikiran dan pengambilan keputusan cepat, kita sudah banyak terlatih.

Bermain game juga bisa membuat kita mendapatkan teman baru. Dengan main game yang bisa dimainkan online dan beregu, biasanya kita bisa mendapatkan kenalan baru. Circle pertemanan kita pun jadi bertambah.

Tak jarang kita memainkan game dimana kita harus memahami instruksi dan juga percakapan karakter dalam bahasa Inggris. Ini secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Selain itu, jika bermain dengan kelompok, biasanya satu kelompok ada juga yang dari negara lain. Untuk berkomunikasi, kita memakai bahasa Inggris. Hal ini tentu saja akan menambah keberanian kita memakai bahasa Inggris dan melatih kita untuk terus belajar bahasa Inggris.

Bermain game juga bisa melatih kesabaran kita. Ada kalanya game sangat sulit sehingga butuh waktu untuk menyelesaikannya. Kesabaran dalam menyelesaikan game tentu akan sangat berguna dalam kehidupan nyata kita nantinya.

Kelebihan Game Android Dibanding Game PC

Banyak Game Gratis

Salah satu alasan mengama game Android banyak diminati adalah karena ada banyak game gratis yang tersedia. Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmatinya. Beda halnya dengan game konsol atau game PC. Selain harga perangkat yang lebih mahal, kita juga masih harus mengeluarkan uang untuk membeli gamenya. Harga game juga sangat mahal untuk satu judulnya.

Game Android tersedia dalam aneka genre. Kita bisa pilih mana yang kita ingin mainkan tanpa takut harus bayar karena kebanyakan memang gratis. Jikalau ada yang mengharuskan membayar, harganya juga tidak semahal game konsol atau game PC.

Fleksibel

Game Android dimainkan melalui smartphone Android. Ini membuatnya sangat fleksibel. Kita bisa memainkan kapan saja dimana saja. Saat jenuh atau suntuk menunggu sesuatu, saat berada dalam perjalanan jauh, saat santai, dan lain sebagainya kita bisa memainkan game Android.

Kita tidak akan terikat pada satu tempat saja. Ketika bosan main di suatu tempat, kita bisa ke tempat lainnya untuk bermain tanpa ribet dengan kabel-kabel yang harus tercolok. Memainkan game Android bisa dilakukan dalam waktu lama karena kita tidak butuh colokan listrik layaknya game PC.

Terhubung dengan Banyak Orang

Ada banyak sekali game online Android yang tersedia dan bisa dimainkan dari berbagai merek smartphone. Game Android menghubungkan kita dengan banyak orang. Memainkan game online Android akan membuat kita terhubung dengan pemain lainnya. Ini bisa jadi tempat bersosialisasi meski hanya dalam game.

Kamu tidak hanya bisa bersosialisasi dengan orang yang kamu kenal secara pribadi di luar game, namun kamu juga bisa berkenalan dengan orang lain di dalam game. Selanjutnya, kamu juga bisa berbagi item dan lain sebagainya saat bermain game dengan genre adventure atau action.

Mudah Diinstal dan Dimainkan

Kelebihan game Android selanjutnya adalah mudah untuk diinstal dan di uninstal semisal kamu sudah selesai memainkan atau sudah bosan memainkannya. Beda dengan game PC dimana kadang kita masih harus melakukan verifikasi serial number. Atau ada juga game yang masih harus memakai software pendukung atau launcher tambahan. Tentunya ini tidak praktis dan terbilang ribet.

Selain itu, game Android juga sangat mudah untuk dimainkan. Umumnya gameplay yang tersedia tidak terlalu rumit. Kontrol yang mudah membuat kita jadi lebih enjoy memainkannya.

Ini Dia Deretan Game Android yang Bisa Kamu Mainkan

Genshin Impact

Sumber gambar genshin.mihoyo.com

Salah satu game Android yang populer dan bisa kamu pilih untuk mainkan adalah Genshin Impact. Keunggulannya terletak pada karakter yang mirip anime. Visual game juga sangat baik sehingga para pemainnya betah memainkannya dalam waktu lama. Game sistem combat ini genrenya termasuk action RPG sehingga cocok untuk kamu yang gemar main RPG.

Game yang dikembangkan oleh miHoYo ini terbilang sukses besar di pasaran. Meski developer game terbilang baru, namun game ini berhasil meraih perhatian besar. Untuk memainkannya, smartphone kamu harus punya spesifikasi mumpuni yang besar supaya lancar bermainnya, ya.

Gangstar Vegas Mafia

Sumber gambar dafunda.com

Berikutnya, kamu wajib lirik Gangstar Vegas Mafia sebagai game Android paling populer. Game open world ini temanya mirip dengan GTA. Dalam game yang satu ini, kamu bisa melakukan apa saja di jalanan kota. Selain menyerang orang yang sedang berlalu-lalang menggunakan berbagai macam senjata, kamu juga bisa melakukan aneka jenis misi yang tersedia. Senjata yang disediakan lengkap dan beragam, mulai dari senapan mesin, shotgun, senjata genggam, atau bahkan bisa juga dengan tangan kosong.

Di dalam game juga ada banyak misi seperti membunuh, mengejar kendaraan, menculik, dan lain sebagainya. Nah, selama menjalankan misi yang ada, kamu bisa juga meminta kiriman senjata dan kendaraan.

Call of Duty Mobile

Sumber gambar www.callofduty.com

Kamu bisa juga pilih Call of Duty Mobile sebagai salah satu game Android paling seru untuk dimainkan. Game yang satu ini kualitasnya tidak perlu diragukan. Developernya, yakni CODM berhasil mentranslasikan elemen gameplay yang menyenangkan dari seri COD ke dalam format mobile. Kita jadi lebih nyaman memainkannya dalam waktu lama.

Uniknya, di sini, selain mode PvP biasa, kamu juga bisa menjajal mode battle-royale. Pada mode ini 100 pemain akan dipertemukan sekaligus. Game ini bisa kamu download gratis di Playstore, ya.

Mobile Legends: Bang Bang

Sumber gambar www.mobilelegends.com

Mobile Legends: Bang Bang adalah game Android yang bikin lupa diri. Termasuk sebagai salah satu game MOBA mobile yang sangat populer, game yang satu ini dikeluarkan oleh Moonton. Dengan analog virtual, kamu jadi lebih mudah mengendalikan hero jagoan kamu. Meski bukan terbilang sebagai game baru, game ini masih sering update hingga saat ini. Kamu bisa mendapatkan game ini di Playstore, ya.

eFootball PES 2020

Sumber gambar www.konami.com

Bagi pecinta sepak bola, tentu kurang afdol jika belum bermain game sepak bola di smartphone Android. Kamu bisa lirik eFootball PES 2020 sebagai salah satu game Android yang wajib kamu coba. Di dalam game ini, kamu akan fokus di eSports. Jadi skill kamu akan sangat berpengaruh. Dibuat hampir sama dengan versi konsol, game ini memanjakan mata dan juga bikin kamu jadi ketagihan main dalam waktu lama. Konami sebagai pengembangnya sukses menjadikan game ini sebagai salah satu game terbaik Android saat ini.

COLINA: Legacy

Sumber gambar www.colinagame.com

Game Android selanjutnya yang jadi rekomendasi kami adalah COLINA: Legacy. Game horor dengan sudut pandang orang ketiga ini akan membuat kamu berperan sebagai karakter yang bernama Alex. Karakter Alex adalah anak yang ditinggal oleh keluarganya. Ia menyadarinya saat terbangun di rumah neneknya.

Kamu akan membantu Alex keluar dari rumah sang nenek. Tentu saja tidak mudah karena kamu harus melewati malam di sana dengan aneka horor yang mencekam dan mengagetkan. Atmosfer horornya juga begitu memukau sehingga bikin kamu yang pecinta horor ketagihan memainkannya. Ada juga puzzle yang harus diselesaikan dan bisa menguras kemampuan analisa terbaikmu.

GRID Autosport

Sumber gambar www.codemasters.com

GRID Autosport sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Game yang dirilis tahun 2019 ini terbilang sebagai game Android yang bagus. Kualitasnya sebaik dengan game versi PC dan konsol yang sudah dirilis lebih dulu di tahun 2014. Dari segi visual, koleksi mobil, dan dukungan kontroler sangat menarik. Selain itu, mode balapan hingga kepadatan konten juga sangat mengagumkan. Pantas saja jika game tipe premium tanpa iklan dan pembayaran ini banyak disukai.

Black Desert Mobile

Black Desert Mobile adalah rekomendasi game Android selanjutnya dari kami. Game yang satu ini termasuk sebagai versi HP dari MMORPG populer Black Desert Online. Dengan grafis yang mengagumkan, game juga mampu menghadirkan fitur character creation yang sangat komprehensif. Sayangnya, layaknya game online pada umumnya, kamu bisa kecanduan memainkannya karena butuh komitmen waktu yang tinggi.

Update juga selalu ada untuk game yang rilis mobile tahun 2020 ini. Kamu bisa mendapatkannya gratis di Playstore, ya.

Free Fire

Sumber gambar ff.garena.com

Sejak PUBG mobile booming, banyak yang mencoba memainkannya. Sayangnya, ada juga yang menganggap game tersebut terlalu rumit dimainkan. Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa coba Free Fire. Game Android yang satu ini menawarkan konsep game yang mirip dengan PUBG, hanya saja konsepnya lebih simpel dan lebih mudah dimengerti.

Untuk memainkannya kamu butuh 10 menitan saja. Kamu akan melawan 50 orang pemain lainnya. Developernya, yakni Garena International sukses membuat game ini banyak disukai. Untuk memainkannya minimal harus memakai Android 4.0.3+. Kamu bisa mendapatkan game ini secara gratis, ya.

PUBG Mobile

Sumber gambar www.pubgmobile.com

PUBG Mobile tentu saja bisa dibilang sebagai salah satu game Android terpopuler. Game yang satu ini banyak dimainkan baik oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. Setelah game PC dan konsolnya mendulang sukses, tentu saja versi game Android-nya tidak kalah populer. Dalam sekali permainan ada 100 pemain. Kamu harus menjadi orang terakhir yang bertahan hidup. Kamu bisa juga memainkannya dalam mode Duo atau Squad.

From our editorial team

Waspada Efek Buruk Terlalu Lama Main Game

Segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik. Sama halnya dengan bermain game, jika terlalu lama, ada banyak efek buruk yang kita dapatkan. Pertama, kita jadi bisa kecanduan. Ini akan berbahaya karena kita jadi bisa lupa tugas dan tanggung jawab kita. Selain itu, kecanduan game juga bikin malas karena sudah terlena dengan main game jadi malas melakukan aktivitas lainnya. Main game juga bisa bikin kita jadi kurang tidur. Terlalu asyik main game akhirnya kita lupa waktu dan bahkan berkurang waktu tidurnya karena lebih memilih bermain game.