10 Rekomendasi Smartphone Gaming Mumpuni Untuk Anda Para Gamers (2021)

10 Rekomendasi Smartphone Gaming Mumpuni Untuk Anda Para Gamers (2021)

Bermain game di smartphone memang sangat menyenangkan. Tapi, pastikan smartphone Anda punya spesifikasi yang mumpuni ya! Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi smartphone gaming buat Anda para penggila games.

Smartphone Gaming Harus Punya Spesifikasi Mumpuni

Menjamurnya tren mobile gaming membuat vendor ponsel berlomba-lomba menghadirkan ponsel gaming dengan spesifikasi yang tinggi. Termasuk menghadirkan fitur yang mendukung saat bermain game, sehingga dapat memuaskan hasrat para pemain mobile gaming.

Buat Anda yang suka nge-game lewat smartphone, spesifikasi yang mumpuni akan mendukung kelancaran saat bermain game. Dengan demikian, smartphone tidak akan nge-lag dan delay terutama ketika Anda sedang bertempur.

Mobile Game Terpopuler yang Bisa Dimainkan di Smartphone

PUBG

Sumber gambar flamepedia.com

PlayerUnknown's Battlegrounds atau disingkat sebagai PUBG ini merupakan mobile game bergenre battle royale yang sangat menarik. Karena, player akan disuguhkan oleh gameplay tembak menembak yang apik.

Dalam game ini, para pemain akan dipertemukan di suatu area besar untuk bertarung, dan pemain terakhir bertahan adalah pemenang. Saking populernya, ada banyak turnamen PUBG yang diselenggarakan di berbagai penjuru dunia.

Mobile Legends

Sumber gambar dotesports.com

Mobile legends adalah salah satu game yang sukses membuat para pemainnya kecanduan untuk memainkannya. Game ini berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) sangat seru untuk dimainkan bareng dengan teman-teman untuk mengatur strategi melawan musuh.

Game ini juga bisa dijadikan bisnis dengan cara menjual diamonds yang bisa digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan di dalam game. Bahkan ada juga jasa jokinya.

Free Fire

Sumber gambar www.cnnindonesia.com

Satu lagi game bergenre battle royale yang populer, yaitu Free Fire. Sebagai pemain game online, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan game ini.

Karena sama-sama bergenre battle royale, Free Fire kurang lebih memiliki game play yang sama dengan PUBG. Namun juga terdapat beberapa perbedaan yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti grafis, kestabilan, kemudahan akses saat bermain game, dan lain sebagainya.

Dragon Ball Online Zenkai

Sumber gambar twitter.com

Ada 3 ras atau bangsa dan 12 kelas yang tersedia di dalam game Dragon Ball Online Zenkai ini. Setelah mencapai level 30, Anda akan menjadi seorang yang lebih kuat dan sudah bisa masuk ke salah satu dari dua kelas master.

Pilihlah kelas yang benar-benar cocok dengan Anda. Meskipun, pada dasarnya, kekuatan dan skill Anda itu bergantung pada Anda sendiri. Jadi, belajar dan berlatihlah untuk menjadi pemain yang terkuat dalam game ini.

Lords Of The Arena

Sumber gambar youtube.com

Lords Of The Arena merupakan game bergenre RPG. Anda dapat memilih karakter hero yang Anda inginkan dari 30 karakter lebih yang tersedia. Walaupun sebagian besar game ini merupakan strategi online, Anda juga bisa berpetualang menjelajahi ruang bawah tanah tersembunyi dan puncak gunung yang tinggi untuk naik level dan mencetak beberapa item lainnya untuk karakter Anda agar bisa membantunya berjuang untuk menjadi pahlawan dunia.

Tips Bermain Game di Smartphone

Terapkan Setting Grafis Minim

Kualitas grafis yang detail emang memanjakan mata karena membuat game semakin nyata. Namun, bagi smartphone yang spesifikasinya tidak begitu tinggi, grafis yang tinggi ini akan membuat menjadi tidak stabil.

Bahkan beberapa developer game sengaja memberikan pilihan kualitas grafis yang “low” agar pengguna dengan smartphone kurang memadai tetap bisa memainkan game yang mereka rilis. Tapi tenang, beberapa game dengan grafis fantastis tetap menyuguhkan kualitas grafis yang keren meski sudah menggunakan setting low.

Gunakan Game Booster

Game Booster digunakan untuk menghentikan aplikasi background dan menghemat penggunaan RAM. Penggunaan Game Booster juga dapat mematikan sementara notifikasi yang mengganggu konsentrasi saat bermain.

Game Booster juga mampu memfokuskan internet ke game yang sedang dimainkan. Beberapa smartphone sudah memiliki aplikasi Game Booster bawaan. Jika ponsel tidak memiliki aplikasi bawaan ini, Anda dapat mengunduhnya.

Pastikan Baterai Lebih dari 18 Persen

Sebenarnya, persentase baterai pun 18 sudah termasuk sedikit. Namun, setidaknya untuk sistem operasi Android terkini, sudah memiliki fitur mode power saving, dimana ketika baterai sudah 18 persen ke bawah kemampuan hardware akan dibatasi demi mengirit baterai.

Jadi, 18 merupakan batas mode power saving. Maka, jangan paksakan bermain game ketika baterai sedang low ya! Kalau bisa, daya baterai Anda lebih dari 30 persen saat memainkan game.

Rekomendasi Smartphone Gaming Dengan Spesifikasi Mumpuni

ASUS ROG Phone 5s

Sedikit di bawah ASUS ROG Phone 5s Pro, namun ASUS ROG Phone 5s tidak banyak memiliki perbedaan dengan kakaknya tersebut.

Sama dengan kakaknya, ASUS ROG Phone 5s juga membawakan chipset Snapdragon 888 Plus. Bedanya, ia kini menghadirkan ragam pilihan RAM dan memori internal yaitu 128GB 8GB RAM, 128GB 12GB RAM, 256GB 12GB RAM, 256GB 16GB RAM, 512GB 16GB RAM, dan seperti kakaknya, 512GB 18GB RAM.

Dari segi bodi, ASUS ROG Phone 5s tidak menampilkan ROG Vision yang dapat memberikan tampilan gambar dan teks bergerak. Sebagai gantinya, smartphone ini menampilkan kilauan lampu RGB yang memukau di belakangnya, semakin membuatnya sungguh terasa ponsel gaming.

Baterainya merupakan Li-Po 6000 mAh, non-removable yang didukung oleh teknologi fast charging, dapat mengisi daya penuh dalam waktu 52 menit. Lebar layarnya 6,78 inci, dan mendukung jaringan 5G yang akan memberikan konektivitas internet yang sungguh berkelas.

Harga Rp. 10.000.000-15.000.000

Xiaomi 11T Pro

Smartphone yang satu ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888, yang membuat Xiaomi 11T Pro mampu menyuguhkan kinerja gahar yang sangat cocok buat aktivitas gaming. Smartphone ini dibekali dengan pilihan RAM 8 GB atau RAM 12 GB dan penyimpanan internal hingga 128 GB atau 256 GB.

Dari segi baterai, smartphone ini mempunyai baterai Li-Po 5000 mAh, non-removable. Juga mempunyai fitur fast charging yang mampu mengisi daya secara gila-gilaan, yaitu 100 persen dalam 17 menit!

Game grafis terberat di Android pun bisa dengan sangat lancar dimainkan di HP yang satu ini. Belum lagi, layarnya yang berjenis AMOLED true-color 10bit berukuran 6,67 inci dengan fitur refresh rate AdaptiveSync hingga 120Hz.

Berjalan di MIUI 12.5 terbaru, smartphone ini sudah disematkan fitur Game Turbo yang memberikan peningkatan saat bermain game supaya lebih baik. Smartphone ini memiliki lebar layar 6,67 inci dan juga mendukung 5G yang akan memberikan konektivitas internet yang lebih canggih.

Harga Rp. 5.500.000-7.000.000

Vivo iQOO 8 Pro

Dengan kamera utama yang memiliki sensor 50 MP + 16 MP + 48 MP, ponsel Vivo iQOO 8 Pro ini sebenarnya lebih ditujukan sebagai ponsel fotografi. Namun tidak ada salahnya menggunakannya untuk bermain game.

Pasalnya, smartphone ini ditenagai oleh chipset snapdragon 888 plus yang memang siap menjalankan beragam game berat tanpa kendala sama sekali. Kapasitas memorinya juga lumayan besar, tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, 512GB 12GB RAM.

Karena bukan ditujukan sebagai ponsel gaming, ponsel ini memang tidak dibekali dengan fitur-fitur gaming. Namun, layarnya sungguh menunjang untuk kebutuhan multimedia. Dengan layar LTPO AMOLED yang mendukung Dolby Vision dan laju penyegaran 120 Hz, seluruh kejadian pada permainan akan tampak seperti nyata.

Kapasitas baterainya pun terbilang besar, yaitu baterai tanam Li-Po 4500 mAh. Jika Vivo iQOO 8 Pro kehabisan baterai karena keseringan dipakai main, Anda dapat mengisinya kembali sampai penuh dalam waktu 18 menit berkat fast charging 120W.

Kualitas layar premium berukuran 6,78 inci, dapur pacu buas, dan ketahanan baterai yang kuat. Tentu membuat vivo iQOO 8 Pro ini juga dapat digunakan sebagai ponsel untuk gaming yang solid.

Harga Rp. 13.000.000-15.000.000

Samsung Galaxy Z Flip3

Smartphone unik yang bisa dilipat ini mengusung spesifikasi kelas atas yang cocok banget buat main game dengan grafik terbaik Android.

Membahas soal spesifikasi utamanya, Samsung Galaxy Z Flip3 didukung oleh prosesor Snapdragon 888 yang sangat bertenaga. Chipset tersebut diperbantukan dengan pilihan RAM 8 GB/12 GB, serta memori penyimpanan 128 GB/256 GB.

Smartphone ini memiliki baterai Li-Po 3300 mAh dan juga memiliki fitur Fast charging 15W dan Fast wireless charging 10W.

Samsung Galaxy Z Flip3 dilengkapi dengan layar utama di dalam berukuran 6,7 inci. Layar tersebut berjenis Dynamic AMOLED 2X dengan teknologi Infinity Flex display dengan resolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate 120Hz.

Layarnya berukuran besar dan memanjang, tentu cukup memuaskan untuk bermain game FPS terbaik ataupun game online yang bisa mabar dengan teman.

Harga Rp. 10.000.000-15.000.000

ASUS ROG Phone 5s Pro

ASUS ROG Phone 5s Pro merupakan sebuah pengganti untuk ASUS ROG Phone 5 Pro. Perbedaan keduanya pun tidak begitu banyak. Versi 5s ini hanya menghadirkan chipset Snapdragon 888 Plus yang lebih baru serta peningkatan RAM yang semula 16 GB menjadi 18 GB. Ponsel gaming dengan ukuran layar 6,78 inci ini dilengkapi oleh berbagai fitur gaming.

ASUS ROG Phone 5s Pro ini membawakan tombol bahu bernama AirTrigger 5 yang bisa di-custom sesuka hati. Tidak hanya dapat ditekan, kedua tombol ini juga bisa di-slide ke kiri dan kanan ataupun di-swipe ke atas dan bawah untuk memberikan jenis perintah yang lebih beragam.

Tidak perlu khawatir soal isu overheating, karena Anda bisa kombinasikan kipas pendingin internal dengan aksesoris tambahan bernama AeroActive Cooler 5 untuk pembuangan panas yang lebih optimal.

Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur gaming asik lainnya, seperti konektivitas WiFi 6 dan 5G yang kencang, serta dua biji USB-C agar pengguna dapat mengecas saat memakai HP pada mode portrait maupun lanskap.

Dari segi baterai, ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar yaitu baterai tanam Li-Po 6000 mAh. Juga dilengkapi fitur Fast charging 65W yang mampu mengisi daya 100% dalam waktu 52 min.

Harga Rp. 10.000.000-17.000.000

Vivo X70 Pro

Meski menitikberatkan pada sektor kamera sebagai fitur utamanya, Vivo X70 Pro juga dapat Anda gunakan sebagai sebagai ponsel gaming karena ponsel ini berbekal dapur pacu bertenaga untuk menunjang aktivitas gaming para pengguna.

Vivo X70 Pro ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 1200 5G yang punya kinerja cepat. Belum lagi, terdapat memori yang mumpuni yang tersedia dalam berbagai pilihan, yaitu 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, 256GB 16GB RAM, 512GB 12GB RAM.

Ponsel ini memiliki baterai tanam Li-Po berkapasitas 4450 mAh yang dapat memuaskan Anda dalam bermain dalam waktu yang lama. Ditambah lagi dengan fitur fast charging 44W.

Di bagian layar, smartphone ini mengusung layar berjenis LTPS AMOLED yang hemat daya. Layar tersebut berukuran 6,56 inci dengan resolusi Full HD+ dan sudah mendukung refresh rate 120Hz serta HDR10+.

Harga Rp. 8.000.000-10.000.000

Oppo Reno 6 Pro 5G

Ponsel mewah Oppo memang dikenal memiliki desain yang premium serta nyaman untuk digenggam di berbagai posisi, termasuk landscape untuk bermain game FPS terbaik.

Oppo Reno 6 Pro 5G contohnya. Smartphone ini mempunyai layar 3D curve dengan ukuran 6,5 inci. Dengan layar berjenis AMOLED, resolusinya sudah Full HD+ dan dilindungi dengan lapisan kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Tidak ketinggalan hadirnya fitur refresh rate hingga 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz, yang menjanjikan tampilan konten bakal lebih smooth.

Dari sektor dapurnya juga lebih powerful berkat dibenamkannya chipset kelas atas dari Qualcomm, yakni snapdragon 870. Belum lagi kapasitas RAM 12 GB, memori internal sebesar 256 GB.

Baterainya Li-Po 4500 mAh, non-removable yang didukung oleh teknologi fast charging 65W.

Ponsel ini juga didukung oleh sistem pendingin Multi Cooling System terbaru yang dipadukan dengan Pro Gamer Mode pada sistem operasinya.

Harga Rp. 6.000.000-10.000.000

Realme GT Neo2

Realme GT Neo2 ini hadir dengan kinerja yang lebih ngebut berkat prosesor Snapdragon 870. SoC kencang ini dipadukan dengan beberapa pilihan memori, yaitu 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, dan 256GB 12GB RAM.

Ponsel ini disokong oleh baterai Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan dukungan Fast charging 65W yang mampu mengisi daya penuh dalam waktu 36 menit saja.

Realme GT Neo2 mengusung layar 6,6 inci berjenis AMOLED E4 dengan resolusi Full HD+. Layarnya memiliki kecerahan maksimal sampai 1.300 nits, mendukung refresh rate hingga 120Hz, touch response rate sampai 600Hz, serta sudah mengantongi sertifikasi HDR10+.

Ponsel ini juga dibantu oleh fitur gaming yang dapat meningkatkan performanya ke level maksimal. Ada fitur GT Mode 2.0, sistem pendingin terbaru, dan aplikasi Game Space yang dapat dimanfaatkan oleh para gamer.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

Asus Zenfone 8

Kalau Anda mencari HP gaming kencang berukuran kompak, Asus Zenfone 8 bisa jadi pilihan. Meski ukurannya kecil, jeroan smartphone ini tergolong sangat mantap untuk kebutuhan gaming.

Asus Zenfone 8 ini dibekali dengan chipset Snapdragon 888 dan kapasitas memori yang besar. Anda dapat memilih 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, atau 256GB 16GB RAM pada saat akan membelinya.

Ponsel ini disokong oleh baterai Li-Po 4000 mAh, non-removable serta teknologi Fast charging 30W yang dapat mengisi daya 100% dalam waktu 80 menit.

HP Asus yang satu ini mengusung layar AMOLED E4 buatan Samsung dengan ukuran 5,9 inci. Resolusinya Full HD+, sudah mendukung refresh rate 120Hz, mendukung HDR10+, dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus yang kuat.

Harga Rp. 7.000.000-9.000.000

Nubia Red Magic 6

Nubia resmi membawa ponsel gaming terbarunya ke Tanah Air. Red Magic 6 menjadi varian standar yang dibawa perusahaan asal China itu ke Indonesia.

Ponsel ini memiliki chipset Snapdragon 888 yang kinerjanya turut ditopang RAM berjenis LPDDR5 dengan pilihan memori yaitu 128GB 8GB RAM, 128GB 12GB RAM, 256GB 12GB RAM.

Baterainya merupakan Li-Po 5050 mAh, non-removable, didukung oleh fitur Fast charging 66W yang mampu mengisi daya penuh dalam waktu 38 menit.

Red Magic 6 ini menggunakan layar berjenis AMOLED berukuran 6,8 inci dan beresolusi Full HD+. Layarnya sudah mendukung refresh rate terkencang 165Hz dan touch sampling rate mencapai 500Hz.

Harga Rp. 9.000.000-12.000.000
From our editorial team

Tidak Ada Salahnya Membawa Power Bank Saat Bepergian

Anda suka main game saat sedang menunggu atau berada di perjalanan? Hati-hati kehabisan baterai ya! Rekomendasi smartphone gaming dari BP-Guide di atas memang sangat mumpuni, tapi tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan membawa power bank saat bepergian. Dengan demikian, Anda tetap bisa lancar nge-game kapan saja dan di mana saja!