10 Rekomendasi Smartphone Layar Lebar Untuk Berbagai Aktivitas (2021)

10 Rekomendasi Smartphone Layar Lebar Untuk Berbagai Aktivitas (2021)

Menggunakan smartphone layar lebar memberikan keuntungan tersendiri karena tampilannya yang luas dan lega. Smartphone ini benar-benar bisa menunjang berbagai macam aktivitas Anda, lho! Yuk, simak rekomendasinya di artikel BP-Guide berikut ini!

Smartphone Layar Lebar Memberikan Tampilan yang Lebih Lega

Selain performa yang kencang ataupun kamera yang unggul, hal yang menjadi pertimbangan saat membeli smartphone adalah layarnya yang lebar. Smartphone dengan layar lebar dianggap istimewa karena memberikan grafis yang lebih tajam sehingga akan lebih nyaman untuk membaca, menonton, juga bermain game di ponsel. Tidak hanya itu, smartphone dengan layar yang lebar juga sangat cocok buat Anda para profesional yang menggunakan smartphone untuk keperluan pekerjaan.

Tips Memilih Smartphone Layar Lebar Terbaik

Tentukan Sistem Operasi yang Diinginkan

Saat ini, sistem operasi smartphone yang populer adalah Android dan iOS. Android adalah sistem operasi yang umumnya terintegrasi dengan layanan Google. Sementara iOS hadir eksklusif di perangkat keluaran Apple, seperti iPhone. Keduanya punya kelebihan masing-masing, mulai dari harga, fitur keamanan, tampilan, cara penggunaan, dan lain sebagainya.

Cek Dulu Chipset-nya

Chipset atau SoC (System on Chip) merupakan otak inti dari sebuah sistem smartphone android. Chipset yang tangguh akan membuat sistem berjalan mulus, smartphone jadi tidak gampang lag atau lemot. Pilih prosesor dengan merk ternama seperti Snapdragon, Exynos, Nvidia. Namun, umumnya chipset saat ini sudah cukup bagus, jadi Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan.

Pastikan Kapasitas Baterai

Baterai merupakan hardware yang paling penting dalam smartphone. Pilihlah baterai sesuai dengan kebutuhan, tentu semakin besar kapasitasnya maka akan semakin baik, terutama bagi Anda yang suka bermain game, pilihlah baterai dengan kapasitas di atas 3.000 mAh. Selain itu, tipe baterai juga patut dipertimbangkan. Baterai dengan teknologi Li-Po umumnya akan lebih awet dibandingkan dengan Li-Ion.

Pilih Memori Sesuai Kebutuhan

Memori juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Memori di smartphone umumnya meliputi RAM (Random Access Memory) dan memori internal. RAM berguna ketika kita menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang Anda jalankan, maka semakin besar juga RAM yang dibutuhkan. Sementara memori internal berfungsi untuk menyimpan data seperti foto, video, dan sebagainya.

Hitung Budget yang Dimiliki

Peribahasa “Ada Uang Ada Kualitas” tentu akan berlaku, terutama jika Anda mau membeli smartphone keluaran baru, atau smartphone baru. Harga yang lebih tinggi akan menawarkan spesifikasi yang lebih mumpuni. Bagaimanapun, Anda harus mencocokkannya dengan budget yang Anda miliki untuk jenis smartphone yang Anda butuh atau inginkan.

Cara Merawat Smartphone Supaya Awet

Pakai Charger Original

Menggunakan charger original dapat menjaga umur baterai smartphone. Sebaliknya, menggunakan charger yang tidak original atau bukan bawaan berisiko merusak baterai juga sensitivitas layar karena ketidaksesuaian arus listrik yang masuk. Adapun penggunaan power bank dalam pengisian daya juga tidak disarankan jika terlalu sering, karena panas yang ditimbulkan juga dapat berakibat bagi smartphone.

Bersihkan dari Debu

Sudut-sudut smartphone yang berdebu juga bisa membuat masa pakainya semakin pendek. Karena itu, Anda seharusnya rutin membersihkan benda kesayangan ini. Untuk alat pembersihnya sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan apapun jenis lap.

Namun, jika menginginkan hasil pembersihan yang maksimal, gunakanlah lap microfiber atau lap kacamata. Anda juga dapat menggunakan kuas untuk menjangkau celah-celah kecil.

Isi Daya Sesuai Kapasitas

Jika Anda termasuk yang mengisi daya smartphone semalaman, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini. Usahakan untuk tidak mengisi daya hingga mencapai 100 persen, karena apabila sudah 100 persen, ponsel akan menghentikan proses charging, dan pengisian daya saat 100 persen membuat daya naik turun 99 ke 100 persen.

Ini dapat membuat baterai umur baterai menjadi lebih singkat. Dalam beberapa kasus, pengisian daya juga akan membuat baterai menjadi panas.

Rekomendasi Smartphone Layar Lebar Untuk Semua Kebutuhan

Xiaomi Mi 11 5G

Xiaomi menghadirkan Mi 11 yang merupakan salah satu smartphone layar lebar dengan harga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan rilisan flagship milik vendor lainnya. Smartphone yang rilis pada awal tahun 2021 ini pun menyokong konektivitas 5G.

Mi 11 yang hadir sebagai seri flagship ini tentu hadir dengan spesifikasi menarik. Pada sektor layar, Xiaomi menyematkan panel AMOLED di layar Mi 11 yang memiliki dimensi 6,8 inci dan desain yang tipis.

Terlebih, Mi 11 mengusung desain curved-display dimana layar dibuat melengkung untuk menciptakan ilusi layar yang lebih luas. Baterainya Li-Po berkapasitas 4600 mAh, non-removable, didukung oleh teknologi fast charging, yang mampu mengisi daya penuh hanya dalam 45 menit untuk cas biasa, dan 53 menit untuk wireless charging.

Untuk dapur pacunya, Mi 11 disokong oleh Snapdragon 888 yang mampu menampilkan performa yang ngebut. Sementara kapasitas memorinya, meskipun smartphone ini tidak menyediakan slot memori eksternal, namun memiliki kapasitas memori internal yang terbilang besar. Mi 11 tersedia dalam beberapa pilihan 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM.

Dari segi kamera, smartphone ini memiliki triple kamera dengan 108 MP untuk kamera utamanya, dan 20 MP untuk kamera depan.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

Infinix Note 10

Dikenal memiliki beragam smartphone layar lebar harga 1 jutaan, Infinix kembali meramaikan pasar dengan merilis Infinix Note 10 yang kali ini hadir dengan perombakan yang cukup besar di bagian desain.

Infinix Note 10 ini dibekali layar seluas 6,9 inci dengan resolusi 1080 piksel yang mampu menampilkan warna dan gambar cukup vivid meskipun panel layar yang digunakan masih berjenis IPS. Meski begitu, penggunaan panel tersebut membuatnya relatif lebih irit daya.

Pengalaman menggunakan HP untuk aktivitas multimedia seperti menonton film hingga bermain game pun semakin memuaskan karena Infinix mengadopsi punch-hole display yang memberi kesan layar lapang.

Untuk penggunaan sehari-hari, Infinix Note 10 mampu menunjukkan daya tahan baterai Li-Po 5000 mAh yang impresif. Smartphone ini juga mendukung fitur Fast Charging. Chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio G85 dengan pilihan memori 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM.

Dari sektor kamera, Infinix menyematkan modul triple camera. Untuk lensa utamanya sendiri memiliki sensor 48 MP yang cukup jernih mengambil gambar standar sepenuhnya, sementara untuk kamera depan, smartphone ini memiliki sensor 16 MP.

Harga Rp. 2.000.000-3.000.000

iPhone 12 Pro Max

Hype yang besar terhadap produk Apple bukan tanpa alasan. Apple selalu sukses menghadirkan produk yang mencuri perhatian tak terkecuali seri terbarunya saat ini, iPhone 12 Pro Max yang mengunggulkan sektor layar.

iPhone 12 Pro Max tampil begitu premium lewat balutan body dengan sudut mengkotak. Dari segi display-nya Apple membekali iPhone 12 Pro Max ini dengan panel layar OLED beresolusi 1284 x 2778 piksel berpadu kerapatan piksel 458 ppi yang menghasilkan output warna dan gambar super tajam.

Resolusi layar besar yang diusung iPhone 12 Pro Max series menjadikannya sebagai seri iPhone dengan bentang layar paling lebar saat ini.

Untuk baterai, smartphone ini memiliki baterai Li-Ion 3687 mAh, non-removable, dan mendukung fitur fast charging 50% dalam 30 menit. Ditambah lagi dengan penggunaan chipset Bionic terbaru dan penyimpanan yakni 128GB 6GB RAM, 256GB 6GB RAM, 512GB 6GB RAM.

Spesifikasi lainnya seperti kamera tentu tak perlu diragukan lagi. Smartphone ini mempunyai triple camera dengan kamera utama dan kamera depannya memiliki sensor 12 MP.

Harga Rp. 20.000.000-26.000.000

Vivo Y20

Hadir dengan harga 2 juta lebih sedikit di pasaran, Vivo Y20 memiliki banyak keunggulan untuk tipe handphone di kelasnya. Smartphone ini memiliki layar lebar berukuran 6,51 inci. Untuk keamanan, smartphone ini memiliki fitur fingerprint scanner di samping bodi, digabung dengan tombol power, sehingga bagian belakang bodi pun tampak lebih bersih tanpa kehadiran sensor tersebut.

Perangkat Vivo Y20 ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh yang bahkan bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya perangkat lain. Caranya dengan menyiapkan kabel OTG dan perangkat-perangkat seperti smartwatch, earphone, dan lainnya bisa diisi daya.

Smartphone ini memiliki chipset Snapdragon 460 dengan kapasitas memori 64GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, atau 64GB 6GB RAM. Anda bisa memilih kapasitas RAM sesuai kebutuhan. 64GB terbilang relatif besar untuk ukuran memori internal smartphone. Namun jika Anda merasa tidak cukup, Anda dapat menambahkan kartu memori eksternal karena ponsel ini memberikan slot kartu memori eksternal.

Bicara soal kamera, Vivo mengandalkan kamera 13 MP f/1.8 yang sudah termasuk fitur PDAF, kamera 2 MP f/2.4 makro untuk mengambil gambar close-up, dan lensa super bokeh berkekuatan 2 MP dengan bukaan f/2.4. Dengan kapasitas memori internal 64 GB tersebut dan dukungan memori eksternal hingga 256 GB. Kamu bisa mengisi handphone ini dengan berbagai aplikasi, foto, maupun video.

Harga Rp. 1.500.000-2.500.000

Samsung Galaxy M02

Pilihan lainnya ada Samsung Galaxy M02 yang memiliki layar 6,5 inci HD PLS LCD Infinity-V. Smartphone ini dual-SIM Micro SD Slot up to 1TB dengan baterai 5.000 mAh. Sistem operasinya menggunakan Android 10.0, One UI Core 2.5. Smartphone ini tentunya cukup menarik untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan layar yang lebih luas untuk bermain smartphone.

Harga Rp. 1.300.000-3.000.000

Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy M02 juga hadir dengan layar berukuran 6,5 inci yang lega yang nyaman digunakan untuk menonton video, berselancar di dunia maya, dll. Smartphone ini ini tampil cukup berkarakter dengan pilihan warna solid dan bagian belakang bertekstur yang enak dilihat.

Salah satu yang menjadi kelebihan Samsung Galaxy M02 adalah kapasitas baterainya yang jumbo dan tahan lama, yaitu baterai tanam Li-Po 5000 mAh. Dalam satu kali pengisian penuh, baterai Samsung Galaxy M02 ini dapat mendayai perangkat selama seharian bahkan lebih untuk pemakaian standar.

Smartphone dengan chipset Mediatek MT6739W ini menyediakan memori internal sebesar 32GB dan pilihan RAM yang tersedia ada 2GB dan 3GB. Anda dapat menambahkan kartu memori pada smartphone ini karena tersedia slot untuk kartu memori eksternal.

Kamera utama smartphone ini memiliki sensor 13 MP yang dilengkapi dengan fokus otomatis, layak untuk memotret momen sehari-hari. Lalu ada kamera makro untuk foto jarak dekat, dan kamera selfie dengan sensor 5 MP.

Harga Rp. 20.000.000-25.000.000

Infinix Smart 4

Infinix Smart 4 menawarkan layar 6,6 inci dengan rasio layar ke bodi sebesar 82.9%. Layar smartphone ini hadir dengan panel IPS LCD dengan resolusi 720 x 1600. Layarnya memiliki rasio 20:9 dengan kerapatan layar 266 ppi.

Dengan layar yang luas tersebut, tentu membuat smartphone ini tergolong lega dan nyaman digunakan menonton video. Apalagi smartphone ini dibekali dengan baterai tanam Li-Po berkapasitas 4.000 mAh yang membuat acara menonton video di smartphone Anda tidak akan diinterupsi oleh baterai lemah dengan mudahnya.

Smartphone ini memiliki chipset Mediatek MT6761 Helio A22 dengan pilihan memori 16GB 1GB RAM dan 32GB 2GB RAM. Tersedia juga slot untuk tempat kartu memori eksternal.

Untuk kamera belakang, smartphone ini memiliki sensor 8 MP, dan kamera depan dengan sensor 5 MP.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Xiaomi Black Shark 3 Pro

Xiaomi Black Shark 3 Pro ini hadir dengan layar lebar 7 inci. Jika mencari mana yang cocok untuk gaming lewat dimensi layar yang luas, Xiaomi Black Shark 3 Pro tentu menjadi salah satu yang layak untuk dipertimbangkan.

Black Shark 3 Pro ini dipersenjatai spesifikasi mumpuni di bagian layar dimana ia hadir dengan panel AMOLED seluas 7,1 inci dengan resolusi 1440 x 3120 piksel yang nyaman untuk dipakai bermain game maupun untuk menonton video dan kegiatan multimedia visual lainnya.

Apalagi smartphone ini dibekali dengan chipset Snapdragon 856 yang mampu melibas game apa saja.

Ditambah lagi dengan kapasitas baterainya yang besar, yakni Li-Po 5000 mAh, non-removable. Smartphone ini mendukung teknologi fast charging yang mampu mengisi daya penuh 100% hanya dalam waktu 38 menit.

Smartphone ini juga memiliki kapasitas memori yang terbilang besar, yang tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, dan 512GB 12GB RAM.

Soal kamera, kombinasi 64MP + 13MP + 5MP disematkan di belakang dengan bagian depan memakai 20MP wide lens.

Harga Rp. 10.000.000-15.000.000

Oppo Reno 4 Pro

Oppo Reno 4 Pro menghadirkan layar lebar 6,5 inci. Smartphone layar lebar ini memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel. Sementara itu, rasio aspeknya berada di angka 20:9 dengan kerapatan piksel sebesar 411 ppi. OPPO juga mengklaim layar ini menawarkan tingkatan local peak brightness sebesar 800 nits yang dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5 agar lebih tahan dari goresan ataupun benturan.

Smartphone ini memiliki baterai Li-Po 4000 mAh, non-removable, dan mendukung teknologi fast charging. Pengisian daya penuh dapat dilakukan hanya dalam waktu 36 menit.

Untuk chipset-nya, smartphone ini memiliki chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G dengan kapasitas RAM sebesar 8 GB. Memori internalnya tersedia dalam dua pilihan yaitu 128 GB dan 256 GB.

Konfigurasi kameranya juga memukau, ada empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, Ultra Wide-angle 8 MP, kamera Makro 2 MP dan kamera Mono 2 MP, sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi sebesar 32 MP. Variasi teknik memotret dijamin semakin beragam dan kamu dapat menciptakan aneka foto-foto cantik.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra didesain dengan sedemikian rupa untuk memberikan kesan modern, mewah, dan elegan. Layarnya memiliki bentang 6,8 inci dengan menggunakan panel dynamic AMOLED.

Refresh rate-nya 120 hz sehingga tidak membuat mata mudah lelah. Pada sekujur bodinya, diberikan lapisan gorilla glass paling tangguh saat ini, demi melindungi dari goresan dan tekanan ketika disimpan.

Ponsel pintar ini memiliki baterai dengan ketahanan yang begitu mempesona, yaitu baterai tanam Li-Ion dengan kapasitas 5000 mAh. Tidak lupa ada fitur super fast charging yang menghemat waktu Anda saat mengisi daya ponsel ini.

Smartphone ini didukung oleh chipset Exynos 2100 (5 nm) - International dan Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm) - USA/China. Kapasitas memorinya tersedia dalam beberapa pilihan, yakni 128GB 12GB RAM, 256GB 12GB RAM, 512GB 12GB RAM, dan 512GB 16GB RAM. Jadi, walaupun tidak memiliki slot kartu memori, smartphone ini tidak gampang penuh.

Kameranya menggunakan teknologi terbaru untuk memberikan hasil indah dalam dunia fotografi. Kamu dapat merekam video hingga resolusi 8K dan foto berkualitas detail dan tajam. Sensor kamera utamanya sebesar 108 MP dan sensor kamera depannya ialah 40 MP.

Harga Rp. 17.000.000-22.000.000
From our editorial team

Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Smartphone memang menjadi alat komunikasi yang sangat dibutuhkan hampir seluruh masyarakat. Namun, Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal saat membeli smartphone. Salah satunya dengan membeli smartphone sesuai kebutuhan. Pastikan juga Anda membeli smartphone yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.