10 Rekomendasi Smartphone 5G Dengan Spesifikasi Mumpuni (2021)

10 Rekomendasi Smartphone 5G Dengan Spesifikasi Mumpuni (2021)

Masuknya sinyal 5G di Indonesia membuat banyak orang mulai berminat dengan smartphone 5G. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi smartphone 5G dengan berbagai spesifikasi untuk kebutuhan Anda. Yuk, simak bersama!

Kehadiran HP 5G Disambut Baik Oleh Masyarakat

Smartphone dan internet sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Baik anak-anak maupun orang dewasa menggunakan smartphone dan internet untuk melakukan berbagai kegiatan, dari bekerja hingga mencari hiburan.

Perkembangan teknologi smartphone pun terus berkembang pesat, hingga yang terbaru adalah layanan jaringan internet 5G dengan koneksi internet berkecepatan tinggi.

Kabar baiknya, teknologi 5G ini sudah masuk ke Indonesia dan sudah bisa diakses sejak Mei 2021. Namun, belum semua orang dapat langsung menikmati teknologi 5G ini. Agar dapat merasakan fasilitas internet yang ngebut ini, Anda harus mempunyai smartphone yang mendukung spesifikasi 5G.

Kelebihan Jaringan 5G

Monitor Jarak Jauh

Beberapa orang atau pekerjaan memerlukan sebuah fitur berupa monitoring jarak jauh. Nah, kabarnya jaringan 5G ini sangat mendukung fungsi ini. Hal ini disebabkan karena jaringan 5G dirumorkan dapat memonitor perangkat lain dari jarak yang jauh secara langsung (real time) tanpa mengalami jeda.

Bayangkan, Anda dapat memantau ruangan yang jauh di sana hanya dengan menggunakan smartphone dalam genggaman. Para orang tua yang sedang ada urusan ke luar rumah pun dapat memantau kondisi rumah dengan mudahnya.

Gaming Makin Lancar

Teknologi 5G juga memberikan kemudahan bagi para gamers karena dapat memainkan game online dengan lancar tanpa mengalami lag yang sangat mengganggu.

Jaringan 5G juga dapat mengoptimalkan aplikasi yang memanfaatkan virtual reality (VR) ataupun augmented reality (AR) karena memiliki koneksi yang lebih kencang. Cocok banget nih buat para gamers!

Koneksi Lebih Cepat

Peningkatan kecepatan jaringan 5G yang jauh melampaui 4G tentu merupakan kabar baik karena menjawab kebutuhan akan koneksi yang cepat dan stabil, terlebih bagi yang bekerja atau belajar dari rumah.

Kecepatan jaringan 5G ini menghalau kekhawatiran akan koneksi buruk atau terputus ketika sedang mengadakan meeting online, atau meng-upload tugas. Koneksi yang lebih cepat akan melancarkan segala aktivitas.

Automobil

Teknologi automobil ini dapat melakukan proses data secara lebih cepat, bahkan digadang-gadang bisa menyamai kecepatan refleks dari manusia. Kabarnya, teknologi automobil ini bisa membaca sensor di jalan-jalan raya, dan dapat difungsikan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas. Semua kecanggihan tersebut bisa direalisasikan dengan sinyal 5G.

Lebih Banyak Perangkat yang Bisa Terhubung

Jaringan 4G dapat menghubungkan perangkat secara mudah, namun masih terbatas. Jaringan 5G hadir untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh jaringan 4G. Kabarnya, jaringan 5G ini mampu menghubungkan hingga jutaan perangkat dalam skala kilometer persegi.

Setiap perangkat yang terhubung itu akan memiliki akses berbagi informasi yang sangat cepat secara realtime. Teknologi 5G ini memungkinkan kita untuk saling bertukar data secara cepat.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli HP 5G

Kapasitas Penyimpanan

Kecepatan yang dimiliki oleh jaringan 5G yang akan memudahkan pengguna untuk mengunduh dan mengunggah file berukuran besar dalam waktu singkat. Itulah sebabnya tips membeli HP 5G terbaru juga mengutamakan kapasitas penyimpanan internal yang besar.

Kapasitas penyimpanan yang besar membuat pengguna jadi lebih leluasa dalam mengunduh, menyimpan, serta mengirim berbagai file penting, mulai dari gambar, audio, video, atau dokumen lainnya dengan berbagai format. Hal ini akan sulit dilakukan pada HP dengan kapasitas penyimpanan yang kecil.

Performa

Performa HP sebaiknya tidak luput dari pertimbangan saat memilih atau membeli HP. Pilihlah HP dengan prosesor yang canggih, terlebih untuk mendukung teknologi terbaru seperti jaringan 5G ini.

Jaringan 5G dan prosesor canggih yang powerful akan mendukung kelancaran segala aktivitas mobile. Bayangkan jika konektivitas internet yang tinggi tidak diimbangi dengan kemampuan HP dalam memproses aplikasi yang ada. Waktu yang seharusnya dapat dihemat jadi sia-sia karena menunggu loading dari aplikasi.

HP untuk aktivitas multitasking sangat dibutuhkan berjalan tanpa lag baik untuk bekerja, melakukan panggilan suara atau video call, berselancar di dunia maya, bahkan untuk bermain game sekaligus.

Harga

Sudah rahasia umum bahwa harga HP 5G masih terbilang mahal. Hingga menjelang akhir tahun 2021, perbedaan harganya berkisar antara 1,5 juta hingga 3,5 juta rupiah dibandingkan versi HP biasa.

Mayoritas hp yang mendukung jaringan 5G bahkan berasal dari jajaran flagship sehingga harganya mencapai belasan juta rupiah.

Wajar saja, karena teknologi 5G ini terbilang masih baru. Jika Anda ingin membeli HP 5G pada tahun 2021 ini, sebaiknya Anda tidak mudah tergoda dengan ketakutan akan ketinggalan teknologi terbaru. Sebaiknya uang yang Anda keluarkan tidak menguras tabungan.

Rekomendasi HP 5G Super Cepat Untuk Segala Aktivitas

Samsung Galaxy A22 5G

HP 5G Samsung terbaru di 2021 ini dimasukkan dalam kategori terjangkau. Samsung Galaxy A22 5G sudah mendukung jaringan 5G di band n3 dan n40. Jadi sudah bisa digunakan untuk operator 5G di Indonesia.

Untuk spesifikasi yang dimilikinya, Samsung Galaxy A22 dibekali oleh layar berukuran 6,6 inci FullHD+ dengan refresh rate 90Hz yang nyaman untuk streaming di jaringan 5G atau juga main game.

HP ini juga memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP (f/1.8), kamera Ultra Wide 5 MP (f/2.2) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4). Sedangkan kamera depannya memiliki kapasitas resolusi 8 MP. Pas banget untuk selfie atau video call.

Performa Samsung Galaxy A22 5G sendiri ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 700 yang didukung RAM 6 GB dan ROM 128 GB yang bisa ditambah sampai 1TB.

Kemudian, kapasitas baterainya adalah sebesar 5.000 mAh dengan dukungan teknologi Fast Charging 15W.

Harga Rp. 3.500.000-4.000.000

Redmi Note 10 5G

HP 5G lainnya ialah sepupu Xioami, yaitu Redmi Note 10 5G. HP yang satu ini memiliki performa yang tangguh dengan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700 yang memang banyak dipakai HP 5G di kelas menengah.

Dengan kecepatan hingga 2.2GHz, tentunya bisa memberikan kelancaran dalam menjalankan semua aktivitas. Di samping itu, HP ini didukung dengan RAM LPDDR4X dan UFS 2.2 WriteBooster.

Redmi Note 10 5G ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya cepat 18W.

HP Redmi Note 10 5G ini memiliki layar berukuran 6.5 inci dengan resolusi FHD+ dan sudah mendukung refresh rate 90Hz serta dipadukan dengan teknologi AdaptiveSync.

Teknologi AdaptiveSync tersebut mampu menyesuaikan konten secara otomatis saat streaming video pada 30Hz dan 60Hz ataupun saat berselancar di internet.

Untuk kameranya, Redmi Note 10 5G menghadirkan konfigurasi triple kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, dengan dukungan kamera makro dan depth sensor 2 MP.

Harga Rp. 2.800.000-3.500.000

vivo V21 5G

Vivo V21 5G merupakan salah satu hp 5G terbaru di 2021. Yang menarik adalah, HP ini sudah mendukung jaringan 5G Telkomsel dan Indosat.

Spesifikasi vivo V21 5G sendiri ditenagai chipset Mediatek Density 800U yang disandingkan dengan memori RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Untuk layarnya berukuran 6,44 inci dengan resolusi 1080 x 2400 pixel, menggunakan panel AMOLED dan mendukung refresh rate 90Hz.

Di sektor kamera, hp 5G vivo ini hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera macro 2 MP. Sementara di bagian depan resolusinya cukup besar yaitu 44 MP.

Harga Rp. 4.500.000-6.000.000

Poco M3 Pro 5G

Meski harganya terbilang relatif murah untuk HP 5G, namun spesifikasi Poco M3 Pro 5G tetap bisa diandalkan. Performanya ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 700 yang disokong memori RAM 4 GB dan ROM 64 GB serta RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Layarnya hadir dengan bentang seluas 6,5 inci dan resolusi FullHD+. Layar ini juga sudah didukung refresh rate 90Hz.

Ada tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Kameranya didukung fitur Night mode, video Time-lapse dan Time burst. Sangat memanjakan pengguna yang senang mengambil foto-foto.

Sementara itu, sumber dayanya mengandalkan baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W.

Harga Rp. 2.700.000-4.600.000

Xiaomi 11T

Xiaomi 11T ditenagai oleh MediaTek Dimensity 1200 Ultra. Harganya sekitar 5,9 jutaan rupiah.

HP ini mempunyai konfigurasi RAM dan memori 8/256 GB, Xiaomi 11T boleh dijadikan salah satu pilihan buat Anda yang tengah mencari HP 5G harga termurah dan bertenaga yang beredar resmi di Indonesia.

Lebih baik dari seri sebelumnya, Xiaomi 11T kini menampilkan layar AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate mencapai 120Hz dan touch sampling rate hingga 480Hz. Layarnya juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

Soal kamera, Xiaomi 11T ini dilengkapi dengan pengaturan tiga kamera belakang yang menampung sensor utama 108MP, kamera ultrawide 8MP dan bidang pandang 120 derajat, dan kamera telemakro dengan lensa f/2.4. Sementara di depan, tersemat kamera 16MP. Sungguh memanjakan bagi pengguna yang suka dunia fotografi lewat HP.

Harga Rp. 6.000.000-8.000.000

Samsung Galaxy A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki HP 5G terjangkau dan sudah bisa digunakan untuk jaringan operator di Indonesia, karena berada pada pita jaringan band n3 dan n40.

Harga HP 5G ini juga masih cukup terjangkau, yaitu hanya 3 jutaan. Selain bisa internetan cepat, Galaxy A32 5G ini juga punya spesifikasi yang bisa diandalkan.

Ada empat kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera Ultra Wide 8 MP, kamera macro 5 MP dan kamera depth 2 MP. Serta di bagian depan ada kamera selfie 13 MP.

Performanya dipercayakan pada prosesor MediaTek Dimensity 720 yang disokong RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Samsung Galaxy A32 5G sendiri dibekali layar 6,5 inci TFT berkualitas HD+.

Yang terakhir yaitu baterai berkapasitas besar yakni 5.000 mAh dan Fast Charging 15W siap menemani berbagai aktivitas sepanjang hari.

Harga Rp. 3.500.000-4.000.000

Oppo Reno5 5G

OPPO Reno 5 5G mengusung layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+ 2.400 x 1.800p dan refresh rate 90 Hz. Reno 5 5G juga hadir dengan empat kamera belakang dengan konfigurasi 64 MP (kamera utama), 8 MP (ultra wide ), 2 MP (makro) dan 2 MP (mono).

Kamera ini dilengkapi oleh fitur Dual-view Video yang memungkinkan pengguna merekam video memakai kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Untuk performa, OPPO Reno 5 5G diotaki prosesor Snapdragon 765G yang disokong RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Tertanam juga baterai 4.300 mAh lengkap fast charging 65W Super VOOC 2.0.

Harga Rp. 4.000.000-6.000.000

realme GT Master Edition

Desain realme GT Master Edition diciptakan oleh seorang desainer ternama asal Jepang, Naoto Fukasawa. Dimana ia terinspirasi oleh sebuah koper, maka hadirlah hp realme ini menjadi bentuk “koper” dengan mereplikasi grid horizontal koper.

Tidak main-main, realme GT Master Edition memenangkan penghargaan desain iF 2021, yang setara penghargaan Oscar untuk industri desain.

Yang menarik, ada teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE), yaitu sebuah teknologi yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM untuk memperluas RAM.

Misal, dengan teknologi ini kita bisa mengubah kapasitas RAM 8 GB di hp menjadi 11 GB yang diambil dari kapasitas ROM. Untuk teknisnya, kita bisa mengubah memori internal atau ROM menjadi RAM hingga 5 GB.

Harga Rp. 2.500.000-5.000.000

Poco F3

Poco F3 juga sudah didukung oleh jaringan 5G, tapi sementara ini hanya bisa digunakan untuk 5G Indosat karena hanya mendukung jaringan band n3.

Meski demikian, spesifikasi yang ditawarkan cukup apik. Hadir dengan layar AMOLED seluas 6,67 inci dan sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5. Tidak hanya itu, layar Poco F3 juga mendukung refresh rate 120Hz dan tampilan HDR10+.

Di Bagian belakang terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera wide 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 5 MP yang menggunakan lensa 50mm. Sementara itu, untuk kamera depannya memiliki resolusi 20 MP.

Poco F3 sendiri berjalan dengan sistem operasi Android 11 yang memiliki tampilan antarmuka MIUI 12. Performanya ditenagai prosesor Snapdragon 870 yang didukung RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Hp 5G Xiaomi terbaru ini menggunakan baterai berkapasitas 4520 mAh dengan teknologi fast charging 33W, yang diklaim mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Harga Rp. 4.000.000-6.000.000

realme 8 5G

Pilihan HP 5G berikut yaitu realme 8 5G. Selain harganya yang murah, spesifikasinya juga mumpuni. Namun, belum semua realme 8 mendukung jaringan 5G, jadi ketika membeli, pastikan terlebih dahulu.

Selain beda dukungan jaringan, masih ada beberapa perbedaan realme 8G dan realme 8. Sebut saja penggunaan prosesor MediaTek Dimensity 700 5G yang mendukung jaringan 5G.

Prosesor ini didukung oleh pengolah grafis Mali-G57 dan memungkinkan realme 5G untuk dapat menampilkan gambar dengan refresh rate tinggi namun punya daya secara lebih efisien.

Performanya makin apik dengan RAM 8 GB dan didukung kapasitas memori internal sebesar 128 GB. realme 8 5G mengusung triple kamera dengan resolusi kamera utama 48 MP serta dua buah kamera beresolusi 2 MP dan kamera depan 16 MP.

Realme 8 5G dibekali layar LCD IPS beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan mendukung refresh rate 90Hz. realme 8 5G menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah mendukung fast charging 18W.

Melihat spesifikasinya, realme 8 5G sendiri sudah mendukung jaringan band n3 dan band n40, jadi seharusnya sudah bisa digunakan untuk 5G Telkomsel dan Indosat.

Harga Rp. 3.500.000-3.700.000

OPPO A74 5G

OPPO A74 5G juga berjalan di pita band n3 dan n40 yang dibanderol dengan harga 3 jutaan. Performanya diotaki prosesor Snapdragon 480 5G dengan sokongan RAM 6 GB dan ruang penyimpanan internal 128 GB.

Hadir dengan layar berukuran 6,43 inci dengan resolusi full HD+ 2400 x 1080 pixel. Layar ini juga sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz untuk sensitivitas yang lebih baik.

HP 5G OPPO dengan teknologi 5G ini dibekali empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/17), kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), kamera mono 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4) serta kamera selfie beresolusi 16 MP.

Berjalan dengan antarmuka ColorOS 11.1.v2.1 berbasis Android 11, hp OPPO ini juga menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 18 watt.

Harga Rp. 3.200.000-4.000.000
From our editorial team

Jangan Asal Beli, Baca Dulu Review-nya!

Berbagai rekomendasi HP 5G dari BP-Guide di atas bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan Anda. Harganya memang sedikit mahal, karena disesuaikan dengan spesifikasi masing-masing produknya. Agar tahu mana yang paling terbaik buat Anda, jangan lupa untuk mencari review-nya dulu ya!