Tetap Cantik Menawan dengan Wajah Bulat Kamu Lewat 11+ Langkah Makeup untuk Wajah Bulat dalam Tutorial Berikut Ini

Tetap Cantik Menawan dengan Wajah Bulat Kamu Lewat 11+ Langkah Makeup untuk Wajah Bulat dalam Tutorial Berikut Ini

Sumber gambar cultbeauty.co.uk

Punya wajah bulat sebenarnya bukan kekurangan, loh. Kamu yang punya wajah bundar cenderung terlihat lebih imut dan bisa tampak segar. Namun, jika ingin terlihat lebih tirus tanpa harus suntik sana sini, kamu bisa mengaplikasikan makeup dengan teknik-teknik tertentu. Tata rias yang tepat dapat membuat wajah kamu lebih ramping dan tetap kelihatan segar seperti dalam tutorial berikut ini.

Punya Wajah Bulat Bukan Alasan untuk Minder, Loh

Sumber gambar fanpop.com

Bagaimanapun bentuk wajah dan rupa kita, tetap harus kita syukuri. Sayangnya banyak wanita yang masih merasa kurang percaya diri dengan bentuk wajahnya atau bagian wajahnya. Segala macam cara pun dilakukan untuk membuat wajahnya jadi lebih menarik, mulai dari perawatan alami hingga operasi plastik.

Sebenarnya, kita tak perlu minder dengan bentuk wajah seperti apa pun. Ini karena zaman sudah makin canggih dan kita bisa melakukan hal mudah yang tak berisiko tinggi seperti operasi plastik. Salah satu cara mudah untuk mengubah tampilan wajah supaya menjadi seperti yang kita inginkan adalah dengan memakai makeup.

Jika kamu memiliki wajah bulat, maka bukan alasan untuk jadi minder dan akhirnya malas keluar rumah. Banyak kok selebriti ternama yang memiliki wajah bulat, misalnya saja Selena Gomez, Emma Stone, bahkan Mila Kunis. Kamu tetap bisa tampil cantik dengan wajah bulat kamu dengan tip makeup dari BP-Guide berikut ini.

Tips Makeup untuk Wajah Bulat

Jangan Takut Pilih Warna Lipstik

Sumber gambar goodhousekeeping.co.za

Kamu tenang saja, karena pemilik wajah bulat bisa cocok memakai lipstik warna apa saja. Kalau kurang berani dengan pilihan warna lipstik merah merona, kamu bisa pilih warna nude pink atau beige.

Sesuaikan juga nih pilihan warna lipstik dengan warna kulit kamu. Bagi yang berkulit kuning langsat, kamu bisa memilih warna deep brown red atau dark berry. Kamu yang berkulit cerah bisa memakai warna lipstik yang cerah dan terang seperti plum red, pink, cokelat, dan lainnya. Untuk yang berkulit kecokelatan paling pas memakai warna rich brown, wine red, atau coffee brown.

Fokuskan pada Riasan Mata

Sumber gambar youtube.com

Untuk menghindarkan pandangan orang dari bentuk wajahmu yang bulat, maka kamu bisa alihkan perhatian mereka pada riasan mata. Gunakan riasan mata lengkap supaya mata terkesan jadi lebih besar. Kamu bisa memakai eyeliner dan membuat garis mata yang melengkung seperti cat eyes atau mata kucing.

Gunakanlah eyeliner yang paling mudah untuk kamu aplikasikan. Lanjutkan dengan memakai mascara untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan panjang. Jangan lupa juga untuk memakai eyeshadow. Pilih rangkaian warna gelap supaya membuat ilusi wajah yang terlihat lebih tirus.

Contouring Sangat Membantu Jika Ingin Wajah Terlihat Lebih Tirus

Sumber gambar youtube.com



Cara lainnya adalah dengan mengaplikasikan contouring. Ini merupakan cara simpel untuk mendapatkan wajah tirus. Fungsinya adalah untuk mempertegas bentuk wajah dengan menyamarkan bagian yang terlalu menonjol. Jangan lupa juga untuk memberi highlight usai contouring sehingga bisa menciptakan wajah tirus pada bentuk muka yang bulat.

Pilih Blush On dengan Matte Finish

Sumber gambar all4women.co.za

Pipi tembem jangan langsung disesali karena kamu selalu bisa menyiasatinya. Kamu tinggal memakai makeup untuk menyamarkannya sehingga wajah terlihat cantik dan proporsional. Saat memakai blush on pada pipi tembem juga ada tekniknya sendiri.

Kamu tinggal mengisap kedua pipi ke dalam mulut sampai terlihat bentuk lengkungan pipimu. Pulaskan blush on hanya di bagian tulang pipi paling depan wajah dekat hidung. Gunakan warna blush dengan yang sedikit gelap misalnya saja bronze atau peach. Pakailah yang memberikan hasil matte finish supaya pipi terkesan lebih tirus.

Tutorial Makeup untuk Wajah Bulat yang Bisa Kamu Praktikkan

Selalu Mulai dengan Wajah yang Bersih

Sumber gambar pluspng.com

Memakai makeup memang bukan suatu keharusan. Namun, jika ada yang bikin kamu kurang percaya diri pada wajahmu, kamu bisa menutupinya dengan bantuan makeup. Untuk wajah bulat, kamu bisa memulai ruinitas makeup kamu dengan membersihkan wajah terlebih dahulu.

Cuci muka atau gunakan pembersih muka dan toner untuk menjadikan wajah lebih bersih dan terbebas debu dan minyak. Masalah kulit seperti jerawat tak akan muncul jika kamu memulaskan makeup pada wajah yang bersih. Dengan membersihkan wajah sebelum makeup, maka riasan tidak mudah terhapus dan cenderung tahan lama.

Gunakan Makeup Dasar

Sumber gambar tokopedia.com

Usai membersihkan wajah, kini kamu bisa mulai untuk memakai makeup. Gunakan makeup dasar sebagai langkah awal riasan kamu. Pakailah pelembap dan juga primer untuk memaksimalkan hasil dari riasan kamu.

Fungsi dari pelembap dan juga primer adalah untuk mempersiapkan kulit wajah untuk lebih siap dibubuhi makeup. Wajah jadi lebih lembut dan tampilan riasan akan jauh lebih berkesan mulus.

Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini bisa kamu jadikan pilihan. Produk yang satu ini dipersembahkan brand Wardah yang dikenal sebagai merek halal Indonesia. Hadir dalam bentuk gel, produk ini bisa kamu gunakan sebagai pelembap untuk awalan riasan kamu. Bisa melembapkan kulit, gel ini hadir dengan triple shooting agent untuk merawat kulit yang teriritasi dari polusi dan sengatan matahari. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 34.000.

Mulai Lapisi dengan Foundation Andalan

Sumber gambar gogobli.com

Lanjut ke tahap riasan selanjutnya untuk wajah bulat, kamu bisa mulai melapisi wajah dengan foundation andalan kamu. Produk foundation alias alas bedak wajib digunakan. Fungsinya adalah untuk meratakan warna kulit wajah. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan wajah kamu ya.

Hindari foundation berbentuk krim jika kulitmu jenis berminyak supaya hasil riasan tidak cakey. Kamu bisa gunakan foundation yang cair supaya lebih mudah dibaurkan. Bagi yang berkulit kering, bisa memakai foundation bertekstur krim atau padat.

Mineral Botanica Original Loose Foundation varian Beige ini bisa jadi andalan kamu. Produk foundation ini hadir dengan kandungan mineral. Mudah diaplikasikan dengan kuas. Produk ini bisa mencerahkan kulit dengan sempurna. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 65.900.

Contouring dengan Creamy Foundation

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kamu yang berwajah bulat bisa menyiasati wajah memakai contouring supaya terlihat tirus. Teknik ini akan mempertegas struktur tulang wajah kamu. Contouring bisa menonjolkan fitur terbaik di wajah sekaligus bisa juga untuk menutupi kekurangan yang ada di wajah. Pulaskan contour membentuk angka 3 di dahi, pipi, dan dagu supaya terkesan lebih tirus.

RMS Beauty "Un" Cover-up ini bisa menjadi produk untuk contouring kamu. Multifungsi karena selain bisa dipakai sebagai alas bedak, juga bisa dipakai sebagai concealer. Hasil riasannya menjadi dewy dan lembap.

Berbahan alami dari minyak kelapa, beeswax, cocoa seed butter, minyak jojoba, dan ekstrak rosemary, produk ini aman digunakan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 580.000.

Jika Perlu, Lakukan juga Contouring di Bagian Dagu

Sumber gambar blog.beautybridge.com

Wajah bulat memiliki ciri lebar dan panjang wajah hampir sama. Selain itu tulang rahang biasanya agak lebar untuk yang berwajah bulat. Yang paling menonjol adalah bagian pipi maka dari itu kamu bisa melakukan shading atau contouring pada bagian tersebut.

Gunakan shading di bagian tulang pipi dari dekat telinga turun ke pinggiran terluar bibir. Selain itu baurkan juga shading pada bagian dagu untuk mempertegas kesan wajah tirus.

Ulangi juga untuk Bagian Dahi

Sumber gambar marieclaire.com

Wajah dengan bentuk kecil dianggap lebih menarik bagi orang Asia. Makanya, banyak wanita yang ingin menyulap wajahnya yang bulat untuk terkesan lebih kecil. Untuk menciptakan ilusi wajah yang lebih kecil, maka teknik shading bisa digunakan.

Kamu bisa pulaskan shading pada sisi kanan dan kiri dahi. Ini bisa memberi kesan area dahi lebih sempit. Kamu juga bisa memulaskan shading pada bagian atas dahi juga supaya wajah terkesan lebih kecil.

Lakukan Shading pada Hidung agar Terlihat Lebih Mancung

Sumber gambar idn.thehijab.info

Jangan lupa untuk melakukan shading di daerah hidung juga ya. Ini penting dilakukan bagi kamu yang memiliki wajah bulat. Shading hidung akan membuat hidung berkesan jauh lebih mancung.

Kamu bisa memakai contour krim untuk shading hidung. Ini bisa tahan lama dan hasil akhirnya juga lebih soft. Kamu bisa memakai kuas atau sponge untuk meratakan shading pada hidung.

Make Over Face Contour Kit ini bisa kamu lirik. Produk ini bisa digunakan untuk semua warna kulit. Mudah diaplikasikan, produk ini bisa untuk highlight dan menonjolkan karakter wajah. Memiliki 2 warna di dalam 1 palet, produknya punya warna creme dan dark brown. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 100.000.

Rias Mata dan Alis

Sumber gambar katvondbeauty.com

Lanjutkan riasan pada bagian mata dan alis. Untuk wajah bulat, bagian ini menjadi sangat penting karena bisa membuat wajah lebih proporsional jika pemakaiannya sudah tepat. Kamu bisa memakai softlens jika ingin mata tampak terlihat lebih besar.

Aplikasikan eyeliner, kamu bisa memilih bentuk pensil jika pemula, namun yang sudah biasa bisa memakai bentuk cair karena lebih mudah dipulaskan. Gambar garis menyerupaai cat eye supaya bisa membuat wajah tampak lebih tirus.

Kamu bisa aplikasikan eye shadow dengan warna gelap natural seperti hitam, cokelat, atau abu-abu. Lanjutkan dengan merapikan bagian alis. Kamu bisa menyisir bulu alis dulu baru kemudian menggambar alis dengan tipis saja supaya terkesan natural.

Kat Von D Shade Light Eye Contour Palette bisa jadi pilihan kamu. Cocok untuk kamu yang suka matte eyeshadow. Ada 3 bagian yakni netral, cool, dan warm tone. Di dalamnya ada warna untuk highlighter, medium color, dan warna untuk bagian crease dan lid. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 1.130.000.

Berikan Highlight

Sumber gambar docolor.hk

Kita lanjutkan makeup dengan memulaskan highlight. Fungsinya adalah untuk memberi dimensi pada wajah. Berikan highlight pada bagian wajah yang bisa menambah definisi wajah.

Kamu bisa aplikasikan highlighter di bagian bawah mata dengan membentuk segitiga supaya mata terlihat lebih terang. Aplikasikan juga pada bagian tengah dahi dengan membentuk garis segitiga supaya bisa memancarkan kilau saat terkena cahaya.

Lanjut dengan mengaplikasikan highlight pada hidung di bagian tengah supaya terkesan mancung. Lalu aplikasikan juga di bagian tulang pipi dengan menarik garis natural di bawah tulang pipi. Usai mengaplikasikan, kini kamu tinggal membaurkannya. Kamu bisa memakai spons dengan gerakan menepuk-nepuk supaya merata.

Sapukan Blush On

Sumber gambar tokopedia.com

Wajah bulat kamu juga perlu diberi blush on ya. Ini supaya wajah tetap berkesan segar dan sehar. Kamu bisa memilih warna blush on yang sesuai warna kulit. Gunakan warna yang tidak terlalu gelap atau terlalu merona supaya terkesan lebih natural. Pakailah brush yang khusus untuk blush on. Miringkan sedikit sehingga bisa dengan mudah mengikuti garis tulang pipimu.

Emina Cheek Lit Pressed Blush Sugarcane ini bisa jadi pilihan kamu. Produk ini dipersembahkan Emina yang dikenal sebagai merek kosmetik lokal untuk pasar remaja. Blush on yang satu ini bentuknya padat dan desain kemasannya simpel. Hadir dalam enam warna berbeda yang dapat disesuaikan dengan suasana hati. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 34.000.

Terakhir, Aplikasikan Lipstik

Sumber gambar bukalapak.com

Jika riasan mata kamu kurang berani, kamu bisa mengaplikasikan lipstik yang menarik perhatian. Aplikasikan lipstik berwarna bold pada bibir. Wajah akan terkesan lebih ramping kala kamu bisa menarik perhatian dengan riasan bibir kamu.

Gunakan lipstik berwarna natural jika kamu kurang berani dengan warna bold. Kamu bisa memilih warna orange, pink, dan lainnya. Sesuaikan dengan warna bibir dan warna kulit kamu ya.

Charlotte Tilbury Matte Revolution Lipstick The Queen bisa jadi pilihan kamu. Kaya akan ekstrak lipstick tree yang melindungi bibir dan merupakan antioksidan alami. Hadir dengan ekstrak anggrek yang melembutkan dan menghidrasi bibir, produk ini bikin bibir terlihat lebih penuh dan merekah. Memberikan hasil matte, lipstik ini tahan lama warnanya. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 635.000.

From our editorial team

Selalu Bersihkan Makeup Saat akan Tidur

Tampil cantik sepanjang hari sebaiknya ditunjang dengan kebersihan wajah. Maka, saat kamu selesai beraktivitas, bersihkan wajah sebelum tidur agar kulit bisa bernapas. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah berbasis minyak untuk mengangkat makeup yang melekat kemudian cuci wajah menggunakan facial wash dan akhiri dengan toner untuk mengangkat sisa-sisa produk tata rias. Kamu bisa melanjutkan perawatan dengan menggunakan sleeping mask, esense, pelembap atau serum sesuai kebutuhan agar kondisi kulit kamu tetap sehat terjaga keesokan paginya.

Tag